sakit pinggang hamil 8 bulan

Penyebab & 13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan

Posted on

13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan – Masalah nyeri punggung atau sakit pinggang merupakan rasa nyeri di area punggung yang terjadinya secara spontan namun memiliki derajat nyeri yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan kita sangat sulit dalam melakukan aktivitas serta postur tubuh. Namun masalah nyeri ini disebabkan oleh berbagai macam hal. Akan tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah masalah sakit pinggang hamil 8 bulan.

Masalah sakit pinggang hamil 8 bulan biasanya adalah masa-masa kehamilan yang sangat perlu kita perhatikan, karena pada saat itulah kita sangat wajib mempersiapkan disi untuk persalinan. Ada pula sebagian kasus terjadi masalah sakit pinggang hamil 6 bulan. Namun kasus ini hampir sama dengan sakit pinggang ke hamilan 8 bulan.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Sakit Gusi Saat Hamil & Bahayanya !

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara cukup mendalam mengenai penyebab sakit pinggang hamil 8 bulan, gejalanya, serta cara mengatasi sakit pinggang hamil 8 bulan serta beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa sakitnya. Seperti apa pembahasannya ? Yuk Lihat !!

Penyebab sakit pinggang hamil 8 bulan

sakit pinggang di tengah

Masalah sakit pinggang pada ibu hamil biasanya akan mulai terasa disaat memasuki usia 6-8 bulan kehamilan. Dan hal ini sebabkan oleh adanya peregangan otot pada area pinggang wanita hamil. Otot-otot ini akan semakin membesar sesuai usia kehamilan. Dan berikut adalah penyebab sakit pinggang hamil 8 bulan lainnya yang bisa kamu simak.

1. Rahim yang semakin membesar

Masalah sakit pinggang saat hamil pada umumnya bukanlah disebabkan oleh sakit pinggang karena ginjal, namun lebih kearah pertumbuhan dari rahim seorang wanita hamil. Semakin bertambahnya usia kehamilan maka tentu saja akan semakin wajar jika ukuran rahim semakin membersar. Dan keadaan seperti inilah yang membuat pinggang harus menopang itu semua.

Oleh sebab itulah kebanyakan para ibu hamil memiliki cara bejalan yang lebih condong kebelakang. Namun cara berjalan ini sangat kurang disarankan bisa menyebabkan sakit pinggang menjalar ke bagian punggung. Lalu apa solusinya ? Seperti yang dilansirkan oleh abiummi.com, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menerapkan senam hamil atau yoga hamil, guna melenturkan otot-otot yang kaku.

2. Hormon yang meningkat

Kadar hormon progesteron dan juga estrogen saat masa kehamilan akan semakin meningkat, karena peranannya yang begitu penting bagi masa kehamilan. Salah satu manfaatnya adalah membantu dalam melunakkan lihamen pada daerah panggul serta membantu dalam melunakkan sendi. Dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab sakit pinggang saat hamil tua. Karena adanya pergeserta dan juga pelonggaran ligamen. Dan inilah yang membuat banyak ibu hamil merasakan nyeri pada punggung dan pinggangnya.

Baca Juga : 13 Cara Mengobati Alergi Dingin Dan Debu Secara Alami & Penyebab Serta Gajalanya !

3. Postur serta kondisi tubuh yang salah

Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka secara perlahan berat badan kamu apakan semakin bertambah pula. Sehingga membuat para ibu hamil melakukan aktivitas dengan postur tubuh yang salah, dan inilah salah satu penyebab dari sakit pinggang saat hamil 9 bulan atau sebelumnya. Oleh sebab itu para ibu hamil harus memperhatikan postur yang benar terkait dengan masalah ini.

Cara mengatasi sakit pinggang hamil 8 bulan

sakit pinggang hamil 6 bulan

Rasa nyeri dan pegal yang biasa dirasakan oleh para wanita hamil pada area pinggangnya memang cukup mengganggu. Dimana saat hamil 8 bulan pinggang terasa sakit ini biasanya akan diiringi oleh masalah bokong sakit saat hamil 8 bulan. Dan hal ini disebakan oleh beberapa hal seperti yang dijelaskan diatas. Dan berikut ini adalah cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 8 bulan.

1. Kenakan sepatu yang tepat

Gunakanlah sepatu yang tepat dan nyaman, dimana sepatu yang tidak terlalu rendah ataupun tinggi. Sepatu tinggi (high heels) bisa memberikan efek penenakan pada tulang belakang serta panggul anda, sedangkan flat shoes juga bukanlah pilihan yang tepat. Pemilihan yang salah ini bisa memperparah pinggul sakit saat hamil 8 bulan ataupun sebelumnya.

Selain itu posisi kaki yang buruk juga menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan pada tubuh kamu yang menimbul nyeri pada pinggang. Sebaiknya gunakan sepatu dengan hak sekitar maksimal 5 cm, guna memposisikan secara optimal berat yang ditopang pada kaki kamu dan membuat berat badan semakin stabil.

2. Perhatikan postuh tubuh kamu

Bersamaan dengan berkembangnya janin, maka panggul kamu juga akan semakin tertekan oleh hal tersebut. Dan disaat hamil ini pula yang membuat tubuh kamu berada dalam kondisi yang tidak seimbang karena berat dari bayi. Oleh sebab itu banyak ibu hamil yang mengeluhkan sakit pinggang sebelah kanan saat hamil 8 bulan ataupun sakit pinggang sebelah kiri saat hamil 8 bulan bahkan sakit pinggang di tengah. Maka solusinya kamu harus memperhatikan postur tubuh kamu, misalnya saat berdiri berdirilah dengan tegang atau dada yang tegap. Lalu untuk mengurangi beban maka hindarilah berdiri terlalu.

Baca Juga : Cara Mengobati Vertigo Dengan Jahe & Manfaat Jahe Untuk Vertigo

3. Atur pola makan yang sehat

Disaat masa kehamilan tulang-tulang yang ada didalam tubuh sangat memerlukan asupan dari kalsium. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi para ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan ini, guna untuk mengatasi masalah sakit pinggang nyeri. Selain asupan dari makanan kamu juga membutuhkan cairan, dimana bisa kamu dapatkan dari meminum air putih secara rutin dan terpenuhi setiap harinya.

4. Lakukan olahraga ringan secara rutin

Hal ini perlu kamu terapkan guna untuk atasi sakit pinggang kanan ataupun kiri saat hamil. Kegiatan olahraga akan meredakan rasa sakit yang muncul dari pinggang kamu. Kamu bisa memulainya dengan melakukan jalan sekeliling komplek di setiap paginya. Ataupun bisa melakukan renang ataupun yoga yang bisa meringankan tekanan pada saraf-saraf yang ada pada tubuhmu. Sehingga masalah pinggul sakit saat hamil 8 bulan bisa teratasi

5. Tidur dalam posisi menyamping

Saat hamil kamu sebaiknya menghindari posisi tidur terlentang, karena posisi ini amat tidak baik bagi kamu dan bayi. Tidurlah dengan posisi menyamping serta letakkan bantal di antara lutut kamu guna untuk mengurangan adanya ketegangan yang terdapat pada area panggul dan punggung bawah kamu. Selain itu cara ini juga ampuh untuk meredakan nyeri pinggang saat hamil 7 bulan atau 8 bulan.

6. Akupunktur

Akupunktur bisa menjadi solusi dari ibu hamil sakit pinggang sebelah kiri atau kanan. Namun sebelum itu, konsultasilah terlebih dahulu ke dokter guna untuk memastikan mana akupunktur yang baik bagi kamu dan mana yang tidak. Lalu carilah para terapis yang berpengalaman dan bersetifikat bagi para ibu hamil.

Baca Juga : 14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Serta Penyebab & Apakah Normal ?

7. Pijatan

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pijatan ringan guna mengurangi rasa nyeri pinggang saat hamil 8 bulan. Kamu bisa melakukan cara ini dirumah sendiri, ataupun meminta suami untuk memijat pinggang kamu yang sakit. Selain cara memijat, kamu juga bisa meredakan rasa sakitnya dengan berendam pada air hangat atau meletakkan botol yang berisikan air hangat pada pinggangmu.

Cara lain mengatasi sakit pinggang hamil 8 bulan

Selain beberapa cara diatas ada juga cara mengatasi sakit pinggang hamil 8 bulan lainnya yang bisa kamu terapkan, yakni sebagai berikut.

8. Hindarilah mengangkat beban berat
9. Jangan sering membungkuk saat mengambil barang dilantai
10. Jangan sering duduk atau duduk dalam waktu lebih dari 30 menit
11. Gunakan minyak pijat/zaitun untuk memijit pinggang.
12. Gunakan bantal yang mengganjal punggu saat duduk ataupun berbaring
13. Lakukan setiap gerakan secara barhati-hati dan perlahan-lahan serta tidak mendadak.

Baca Juga : 15 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan, Serta Harga & Cara Memasaknya

Itu tadi beberapa cara mengatasi sakit pinggang hamil 8 bulan, sekaligus mengenal penyebabnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://abiummi*com/penyebab-cara-mengatasi-sakit-pinggang-pada-ibu-hamil/
https://www.alodokter*com/komunitas/topic/apakah-sakit-pinggang-sbelah-swaktu-hamil-8bln-itu-hal-yg-wajar
https://www.alodokter*com/komunitas/topic/hamil-8bulan-sakit-pinggang-kiri-sampai-kaki-kiri
http://ibuhamil*com/diskusi-umum/47014-kehamilan-8-bulan-tulang-rusuk-pinggang-semakin-sakit.html
https://babyologist*com/blog/sakit-pinggang-saat-hamil-8-bulan-n6950
https://www.solusisehatku*com/hamil-8-bulan-ini-dia-keluhan-yang-sering-dialami-oleh-ibu-hamil-8-bulan
http://jualbantalibuhamil*com/hamil-sakit-pinggang/7-tips-mengatasi-sakit-pinggang-ibu-hamil-tua-dan-muda/
https://ibubidan*com/113-3-tanda-tanda-akan-melahirkan.html
https://hamilplus*com/cara-mengatasi-nyeri-pinggang-saat-hamil/
https://kumparan*com/babyologist/sakit-pinggang-saat-hamil-8-bulan-1537344853210871512

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *