cara mengatasi tumit pecah pecah

21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

Posted on

21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Tumit adalah salah satu bagian dari sistem pertulangan yang ada pada tubuh kita, dimana tumit ini seperti yang sudah umum diketahui, terletak di bagian kaki. Ada salah satu masalah tumit yang sering membuat risih para penderitanya, yaitu tumit pecah-pecah. Walaupun terletak pada area kaki, akan tetapi tumit pecah-pecah membuat banyak orang merasa kurang percaya diri disaat menggunakan sandal atau sepatu yang memperlihatkan tumitnya.

Terutama yang sering merasa risih dibuatnya ialah kaum wanita. Biasanya pada saat musim hujan atau udara seperti ini, kulit kita akan lebih mudah untuk menjadi kering, dan inilah yang menjadi salah satu penyebab dari timbulnya masalah kumit pecah-pecah. Sering kali orang-orang yang mengalami masalah ini menggunakan cream tumit pecah-pecah atau menggunakan bahan-bahan yang bisa menghaluskan tumit pecah-pecah secara alami.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab tumit pecah pecah dan cara mengatasinya, sekaligus mengenalkan kepada kamu semua tentang cara atau langkah terbaik dalam mengatasi masalah pada tumit ini, baik itu dengan cream untuk tumit pecah-pecah ataupun menggunakan obat-obat yang bisa mengobati tumit pecah pecah parah ataupun biasa. Yuk lihat !!

Penyebab tumit pecah-pecah

Permasalah pada kaki terutama tumit yang sering dialami oleh banyak orang terutama wanita ialah tumit pecah-pecah. Namun sebenarnya apa saja hal-hal yang menyebabkan itu semua terjadi, berikut adalah penyebab tumit pecah-pecah.

  • Cuaca dingin
  • Penggunaan sabun tanpa moisturizer (pelembab)
  • Faktor usia
  • Kelebihan berat badan
  • Aktivitas berlebihan menggunakan kaki
  • Terpapar air secara terus-menerus
  • Penggunaan alas kaki yang salah
  • Menderita eksim
  • Diabetes
  • Berjalan atau berdiri di permukaan yang kasar dan keras
  • Terpapar bahan kimia
  • Terpapar sinar matahari
  • Tingkat kelembaban yang rendah

Cara mengatasi tumit pecah-pecah secara alami

cream untuk tumit pecah pecah

1. Jeruk nipis

Salah satu cara mengatasi tumit pecah pecah secara tradisional ialah menggunakan jeruk nipis. Bahan ini mampu untuk mengembalikan kelembaban kulit kamu seperti semula. Dengan membelah jeruk nipis lalu menerapkannya pada kaki kamu yang mengalami pecah-pecah membantu dalam mengembalikan sel-sel kulit pada tumit secara berkala. Walaupun nantinya akan terasa sedikit perih karena jeruk nipis, namun kamu bisa merasakan manfaatnya jika menerapkan secara rutin.

2. Air mawar

Penerapan kedua bahan ini (Gliseri dan air mawar) bisa merawat dan mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Caranya ialah dengan mencapurkan kedua bahan ini, lalu kemudian mengoleskannya pada area kaki kamu yang mengalah pecah-pecah. Usahakan untuk melakukan cara ini setiap malam sebelum kamu tidur dan juga sebelum melakukan aktivitas di pagi harinya.

Baca Juga : Penyebab & 13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan

3. Pisang

Pisang mengandung nutrisi vitamin c yang baik didalamnya, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk atasi tumit pecah-pecah. Pengolahannya ialah dengan menghaluskan buah pisang dan mengaplikasikan ke bagian tumit kami yang bermasalah. Jangan lupa untuk memberikan juga pijatan lembut, dan terakhir silahkan bilas dengan air hingga bersih.

4. Mentimun

Mentimun sering kali dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kecantikan, termasuk juga untuk atasi tumit pecah-pecah. Silahkan haluskan mentimun, lalu oleskan para area tumit sambil memberikan pijatan lembut. Selanjutnya diamkan selama beberapa saat, dan bilas dengan air hingga bersih. Kandungan baik dan air yang kaya didalma mentimunlah yang berperan dalam menghaluskan dan melembabkan tumit kamu secara alami.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal berkat manfaatkan untuk kesehatan, namun tak hanya itu saja. Minyak yang satu ini juga ampuh dalam merawat kecantikan seseorang salah satunya pada tumit. Minyak zaitun bisa membantu melembabkan kulit pecah-pecah dan membuat tumit menjadi lebih halus.

6. Alpukat

Buah yang sering dimanfaatkan untuk jus ini, ternyata memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi permasalahan tumit pecah-pecah. Caranya ialah dengan menghaluskan buah alpukat hingga menjadi pasta. Selanjutnya silahkan aplikasikan pada area tumit kamu yang pecah-pecah.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Sakit Gusi Saat Hamil & Bahayanya !

7. Madu

Mungkin kamu sudah sering mendengar manfaat madu untuk kulit wajah, namun ternyata selain itu, tumit yang pecah-pecah juga bisa dibantu mengatasinya dengan madu ini. Hal ini karena sifat pelembab alami dan antibakteri yang terkandung didalamnya. Penerapannya sendiri bisa kamu lakukan dengan merendam kaki pada 1 baskom air yang dicampur dengan 1 cangkir madu, atau juga bisa dengan mengoleskannya secara langsung ke area tumit kamu.

8. Cuka putih

Cara mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar selanjutnya ialah dengan memanfaatkan cuka putih. Hal ini karena cuka bisa membuat pengelupasan sel kulit mati pada tumit jadi lebih mudah dan mengatasi masalah pecah-pecag karena zat asam asetatnya. Caranya ialah dengan merendam kaki kamu pada 2 cangkir air yang dicampur dengan 1 cangkir cuka putih, dan menggosoknya selama 10-15 menit lamanya. Atau juga bisa dengan mencampurkan cuka dengan tepung beras dan madu hingga membentuk pasta dan mengoleskan pada tumit.

9. Garam

Bahan dapur ini ternyata juga bisa dijadikan solusi mengatasi tumit pecah-pecah. Garam akan membantu dalam menjaga kelembaban kaki dan melancarkan peredaran darah pada kaki secara alami. Siapkan setengah cangkir garam dan masukkan kedalam 1 baskom air hangat, aduk hingga larut, dan rendam kaki selama 10 menit.

10. Minyak kelapa

Selain garam dan cuka yang menjadi bahan dapur untuk solusi tumit pecah-pecah, ternyata masih ada minyak kelapa. Hal ini karena minyak kelapa dapat melembabkan tumit seperti minyak zaitun. Caranya ialah dengan mengoleskan minyak kelapa pada tumit kamu yang pecah-pecah dibarengi dengan pijitan lembut.

Baca Juga : 13 Cara Mengobati Alergi Dingin Dan Debu Secara Alami & Penyebab Serta Gajalanya !

11. Tepung beras

Bahan ini bisa mengeksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati) kulit tumit kamu yang mengalami pecah-pecah. Selain mengatasi, tepung beras juga bisa mencegah masalah tersebut, kamu cukup mengolahnya menjadi scrub, dengan mencapurkannya ke madu dan cuka hingga menjadi pasta, dan oleskan pada tumit dan diamkan selam 10 menit.

12. Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bisa bermanfaat untuk memutihkan kulit dan mengatasi tumit pecah-pecah. Selain itu kandungan asamnya juga bisa menghilangkan kulit kasar dan kering. Penerannya sendiri sangat sederhana yakni bisa dengan mengoleskannya secara langsung kearea tumit, atau juga bisa dengan mencampurkannya dengan air lalu merendam kaki disana.

13. Air hangat

Air hangat bisa menjadi cara bersihkan tumit pecah-pecah yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Penerapannya sendiri sangatlah gampang dan mudah, yakni kamu hanya perlu merendamkan kaki kedalam baskom yang berisikan air hangat selama beberapa menit sebelum kamu tidur pada setiap malamnya.

14. Minyak wijen

Hampir sama khasiatnya dengan minyak zaitun dan kelapa, minyak wijen bisa diandalkan sebagai salah satu bahan salep buat tumit pecah-pecah. Yang mana minyak wijen akan mengembalikan kelembaban kaki kamu yang kering dan kasar. Caranya ialah dengan mengaplikasikannya ke tumit yang mengelami pecha-pecah dan diamkan hingga kering.

Baca Juga : Cara Mengobati Vertigo Dengan Jahe & Manfaat Jahe Untuk Vertigo

15. Perbanyak minum air putih

Walaupun terdengar simpel namun hal ini bisa menjadi cara menghilangkan tumit pecah-pecah dengan bahan alami. Kamu setidaknya harus mengkonsumsi sebanyak 8-10 gelas air putih perharinya, guna untuk menghindari dehidrasi dan melembabkan tumitmu secara alami.

16. Gandum

Gandum bermanfaat sebagai penyingkir sel-sel kulit mati secara alami dan menjaga kulit agar tetap segar. Cukup dengan mencampurkan gandum dengan minyak jojoba aduk lalu gosokkan pada tumitmu. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Cara lain mengatasi tumit pecah-pecah

cream tumit pecah pecah

17. Oatmeal

Sering kali oatmeal dimanafaatkan untuk kesehatan, namun selain itu juga bisa diandalkan untuk menjadi krim tumit pecah-pecah alami. Caranya ialah dengan membuat oatmeal menjadi scrub yang bisa membnaut untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kaki menjadi lembut. Silahkan campurkan oatmeal dengan minyak jojoba hingga membentuk pasta lalu oleskan pada tumit.

18. Gliserin

Sifat sebagai pelembab alami dan humektan didalam glisering bisa bermanfaatkan untuk menjadi cara mengobati tumit pecah pecah secara tradisional yang bisa kamu coba sendiri. Kamu cukup mencampurnya dengan lemon atau air mawar dan mengaplikasikannya ke tumit.

Baca Juga : 14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Serta Penyebab & Apakah Normal ?

19. Petroleum Jelly

Selain cara tradisional diatas, ternyata masih ada cara alami lainnya untuk atasi kulit pecah-pecah, yakni dengan Petroleum Jelly. Kamu bisa mengoleskan zat ini ke bagian tumit yang pecah-pecah agar masalah tumit tersebut bisa teratasi.

20. Batu apung

Batu apung bisa menjadi cara untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang bisa mengobati tumit pecah-pecah kamu. Tetapkan batu apung dengan menggosokkan ke tumit secara rutin dan teratur agar masalah tumit kamu cepat teratasi.

21. Parafin Wax

Masalah tumit pecah-pecah bisa kamu coba mengatasinya dengan menggunakan parafin wax atau lilin parafin, dimana bahan ini bisa menjadi emolien alami yang bisa lemembutnya kulit kamu yang pecah-pecah, kasar dan kering. Caranya adalah dengan mencampurkan lelehan lilin parafin dengan minyak mustard, lalu silahkan masukkan kaki kamu kedalamnya dan rendam selama 10 detik lalu angkat dan diamkan hingga beberapa saat, lalu lepaskan dan bersihkan.

Itu tadi beberapa penyebab tumit pecah-pecah, serta cara mengatasi tumit pecah-pecah secara alami dan tradisional. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cara. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://halosehat*com/tips-kesehatan/kesehatan-kaki/penyebab-kaki-pecah-pecah-dan-cara-mengatasinya
https://klinikkecantikan*co*id/perawatan/kaki/cara-mengatasi-kaki-pecah-pecah
https://www.liputan6*com/fashion-beauty/read/2894218/9-bahan-alami-untuk-atasi-tumit-kaki-kering-dan-pecah-pecah
https://www.idntimes*com/hype/fun-fact/tita/8-cara-mengatasi-tumit-pecah-pecah
https://feed.merdeka*com/bugar/hanya-dalam-10-menit-tumit-pecah-pecah-hilang-dengan-cara-alami-ini-171220b.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *