cara menghilangkan bekas luka di wajah

26 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Metode Medis

Posted on

26 Cara Menghilangkan Bekas Luka – Luka biasanya sering dialami oleh seseorang, tanpa adanya kesengajaan. Baik itu dikarenakan sebuah kecelakaan, ataupun sebuah tindakan yang dilakukan secara medis misalnya seperti operasi. Luka yang timbul pada bagian tubuh seseorang tentunya bisa meninggalkan jejak pada kulit, yakni sering disebut dengan bekas luka. Dan bekas luka inilah yang memberikan dampak buruk terhadap penampilan kulit seseorang, dimana kulit seseorang yang memiliki bekas luka akan tampak tidak mulus lagi.

Oleh sebab itu, tak heran, jika banyak orang yang merasa risih dengan adanya luka pada kulit ini. Dimana kebanyakan yang paling tidak menginginkan hal tersebut adalah kaum hawa. Walaupun bekas luka sama sekali tidak berbahaya, akan tetapi bekas luka ini akan memberikan efek terhadap penurunan rasa percaya diri orang yang mengalaminya.

Baca Juga : 22 Cara Memutihkan Ketiak Secara Cepat Dan Mujarab + 10 Tips Mencegah Ketiak Hitam

Lalu bagaimanakah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya ? Pada kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan bekas luka secara alami ataupun dengan metode medis, silahkan disimak berikut ini. Namun sebelum itu, marilah kita mengenal lebih jauh tentang bekas luka ini. Berikut adalah penjelasannya.

Mengapa luka bisa membekas ?

cara menghilangkan bekas luka di kaki

Bekas luka terjadi dikarenakan adanya kerusakan pada pada kulit seseorang, dan juga pada jaringan dari kulit yang berada dibawahnya. Biasanya bekas luka ini timbul disebabkan oleh adanya luka akibat dari bekas terpotong, terbakar, tergores, terkena zat kimia dan lainnya. Seperti yang dilansirkan oleh laman WebMD.com yang dikutip dari OhGitu.id, bahwasanya sebuah bekas luka yang terdapat pada kulit seseorang terjadi dikarenakan adanya reaksi biologis yang secara alami.

Dan reaksi biologis inilah yang menyebabkan terjadinya penggantian sel dan juga jaringan pada kulit yang mengalami kerusakan dengan sel dan jaringan kulit yang baru. Dan bekas luka ini bisa timbul dikarenakan adanya jaringan dermis atau sebauh lapisan yang terdapat pada kulit yang mengalami luka dan pada akhirnya tubuh akan menghasilkan sebuah serat kolagen baru.

Guna untuk membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi. Jaringan kolagen inilah yang nantinya akan membentuk bekas luka, setelah luka yang terdapat pada kulit tadi sembuh.

Jenis dan penyebab bekas luka

cara menghilangkan bekas luka secara alami

Ternyata ada beberapa jenis dan juga penyebab dari sebuah luka. Dimana dalam dunia medis sendiri dikenal dengan sebutan beberapa istilah berikus ini. Silahkan disimak

Baca Juga : 20 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Cepat Dan Efektif + 17 Tips Memiliki Lengan Proporsional

1. Atriphic

Luka jenis ini biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan pada jaringan kulit, dan luka ini akan terlihat rata atau sejajar dengan bagian area kulit yang berada disekitarnya, atau dalam artian lain tidak mengalami penonjolan. Bekas luka jenis inipun juga terlihat seperti sebuah goresan saja pada kulit seseorang serta lebih bergerigi.

Bagian yang mengalami bekas luka juga tampak lebih gelap, semua itu dikarenakan hiperpigmentasi yang terjadi disana, serta akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu, atau juga bisa dengan melakukan perawatan alami.

2. Keloid

Bekas luka jenis kedua ini akan terlihat lebih menonjol dari area kulit yang berada disekitarnya. Selain itu luka jenis keloid, juga akan lebih kenyal, kencang, dan terlihat lebih mengkilas. Jenis luka ini biasanya terjadi dikarenakan adanya tekanan atau sebuah mekanis seperti tergores dari benda tajam atau juga bisa karena penggunaan pisau bedah. Luka jenis ini juga akan terasa lebih getal, serta adanya rasa sedikit sakit dan memilikiwanta pink atau juga bisa coklat gelap.

3. Hypertropic

Bekas luka bernama hypertropic ini hampir sama dengan bekas luka jenis sebelumnya yakni keloid. Dimana tampak lebih mononjol dari area kulit yang berada disekitarnbya. Hanya saja ketinggia dari bekas luka ini tak lebih dari 4 milimeter.

Baca Juga : 40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

Selain itu bekas luka ini juga memiliki warna kecoklaran atau pink, serta memiliki tekstur keras dan terasa agak gatal. Jenis luka hypertropic ini sendiri lebih cenderung mudah untuk dihilangkan jika dibanding dengan bekas luka jenis sebelumnya yakni keloid.

4. Contracture

Berikut adalah jenis luka contracture, dimana biasanya timbul karena luka bakar pada area kulit, dan biasanya sering dialami oleh mereka yang menjadi korban kebakaran. Bekas luka jenis ini tak hanya terjadi pada area permukaan kulit seseorang saja, namun juga sudah masuk kedalam lapisan dari kulit. Dan bahkan juga bisa memberikan pengaruh yang cukup buruk terhadap sistem kerja dari saraf atau bahkan otot yang terdapat didalamnya.

Oleh karena itu, jenis luka yang satu ini akan membuat kulit menjadi lebih mengencang, serta membuat si penderitanya lebih sukar bergerak. Selain itu, jenis luka contracture ini juga lebih sulit untuk dihilangkan, akan tetapi masih bisa disamarkan dengan melakukan perawatan-perawatan yang tepat.

5. Acne

Selanjutnya adalah bekas luka bernama acne. DImana bekas luka ini disebabkan oleh infeksi atau sebuah perada ngan yang terjadi pada kulit seseorang, terkhususnya untuk kulit yang mengalami peradangan atau infeksi karena jerawat. Jerawat sendiri merupakan salah satu contoh dari inflamasi atau sebuah peradangan yang terjadi pada lapisan kulit yang disebabkan oleh adanya penumpukan dari sel-sel kulit mati dan juga para bakteri.

Dan cara yang dilakukan oleh tubuh, untuk membantu dalam menyembuhkan luka jenis ini adalah memproduksi senyawa dari kolagen. Dimana senyawa inilah yang nantinya akan membentuk seperti bekas pada permukaan kulit yang mengalami jerawat. Oleh sebab itulah, luka jenis ini lebih cenderung sulit untuk dihilangkan.

6. Stretch mark

Luka jenis stretch mark ini dikelompokkan kedalam salah satu jenis bekas luka yang tampak mengkerut atau seperti sebuah bekas luka pada umumnya. Jenis bekas luka ini terjadi karena adanya renggangan pada kulit karena tubuh yang mengalami pembesaran seperti pada kehamilan atau obesitas. Dan akibatnya seluit menjadi tampak hitam, keunguan atau memerah. Dan jenis luka ini bisa dibantu mengatasinya dengan cara yang alami maupun cara medis.

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

Cara menghilangkan bekas luka secara alami

Bekas luka sendiri, memang cukup sulit untuk dilakukan penghilangan. Akan tetapi hal tersebut bukanlah tidak mungkin untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan guna untuk membantu mengatasi dan menghilangkjan bekas luka secara cepat dam tepat. Dimana cara yang akan kita terapkan adalah dengan cara alami. Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba sendiri guna untuk menyamarkan bekas luka.

1. Minyak kelapa

minyak kepala, cara menghilangkan bekas luka bakar

Cara menghilangkan bekas luka secara alami pertama ialah dengan mengandalkan minyak kelapa. Didalam minyak kelapa terkandungan sebuah senyawa bernama asam lemak rantai medium. Dimana yang paling utama adalah asam palmitat yang mampu untuk menjadi pemicu dari pelepasan terhadap kolagen.

Membantu untuk menghaluskan bekas luka, serta membuat proses penyembuhan berlangsung lebih cepat. Berikut adalah cara penerapan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas luka secara alami.

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak kelapa :

  • Silahkan hangatkanlah sebanyak satu sendok dari minyak kelapa murni atau virgin coconut oil dengan menggunakan microwave atau juga bisa menggunakan pemanas lainnya.
  • Setelah itu silahkan kamu oleskan pada bekas luka yang kamu alami, serta dengan memberikan sedikit pijatan lembut pada area tersebut dengan menerapkan gerakan memutar.
  • Terapkanlah cara ini secara rutin dan teratur pada setiap harinya, agar manfaat dan khasiat minyak kelapa untuk menghilangkan bekas luka bisa lebih optimal.

2. Bawang merah

bawang merah, cara menghilangkan bekas luka gatal

Bawang memiliki kandungan sebuah senyawa yang bernama bioflavnoid, diantaranya seperti quercetin dimana zat ini mampu untuk mengatasi penampakan dari bekas luka yang terdapat pada kulit kamu. Seperti sebuah hasil penelitian yang simuat dalam ournal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Mengatakan bahwa dengan memanfaatkan gel dari bawang bisa membantu untuk menghaluskan permukaan kulit kamu yang menjadi bekas dari luka. Oleh sebab itu bawang merah menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka secara efektif dan mujarab. Berikut adalah caranya, silahkan disimak.

Baca Juga : 43 Cara Menghilangkan Kutu Yang Ampuh, Mujarab, Dan Efektif Beserta Telurnya

Cara menghilangkan bekas luka dengan bawang merah :

  • Silahkan kamu parut terlebih dahulu bawang merah, peras, lalu sari ambillah sarinya.
  • Berikutnya aplikasikanlah pada area kulit kamu yang mengalami bekas luka, sambil memberikan pijatan secara perlahan-lahan.
  • Langkah berikutnya adalah tunggu hingga mengering, lalu kemudian silahkan kamu bilas menggunakan air berih, dan keringkan.
  • Terapkan dan ulangilah cara ini secara rutin pada setiap harinya, dan lihatlah hasilnya sekitar 4 sampai 8 minggu kemudian.

3. Lidah buaya

lidah buaya, cara menghilangkan bekas luka hitam

Berikutnya untuk cara menghilangkan bekas luka secara alami adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Didalam lidah buaya terkandungan beberapa senyawa baik, seperti aloenin, lignin, saponin, mineral, dan juga vitamin. Senyawa-senyawa inilah yang nantinya akan memicu terjadinya regenerasi sel kulit baru, dan sangat bisa diandalkan untuk menghilangkan bekas luka.

Selain itu, kandungan bermanfaat yang terdapat didalam lidah buaya ini juga akan membantu untuk melembabkan bekas luka kamu, menghaluskan kulit kamu, serta membantu untuk memberikan pencegahan agar tidak terjadi inflamasi atau peradangan. Berikut adalah caranya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya :

  • Ambillah secukupnya gel dari lidah buaya ini.
  • Setelah itu, kamu tinggal mengoleskan gelnya tersebut pada bekas luka kamu, dan kemudian biarkanlah hingga nantinya mengering.
  • Lakukan cara ini secara rutin paling tidak dua hingga tiga kali didalam seharinya, agar bekas luka yang kamu alami bisa cepat mengering dan memudar.

4. Minyak pohon teh

minyak pohon teh, cara menghilangkan bekas luka hitam di wajah

Didalam minyak pohon teh atau juga sering disebut tea tree oil terkandungan beberapa senyawa alami yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami dan efektif. Minyak pohon teh ini akan membantu untuk menyembuhkan kulit kamu yang memiliki bekas luka. Berikut adalah cara penerapannya.

Baca Juga : 19 Cara Mengecilkan Paha Dengan Cepat Dan Alami

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak pohon teh :

  • Silahkan campurkan sebanyak dua tetes dari minyak pohon teh dengan segelas air hangat.
  • Setelah itu kamu bisa mengoleskannya pada bekas luka kamu dengan menggunaakn sebuah kapas.
  • Berikutnya biarkanlah selama beberapa waktu, kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
  • Terapkan cara ini pada setiap harinya selama beberapa minggu lamanya hingga nantinya bekas luka kamu memudar.

5. Minyak lavender

minyak lavender, cara menghilangkan bekas luka dengan cepat

Terdapatnya kandungan antioksidan didalam minyak lavender bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka secara alami yang bisa kamu terapkan. Senyawa aktif ini terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas luka, serta mencegah bekas luka jenis keloid membekas di kulit kamu secara permanen. Selain itu minyak lavender juga mampu untuk membuat kulit kamu menjadi lebih lembut dan membuat berkas luka lebih mudah untuk di hilangkan secara alami. Berikut adalah caranya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak lavender :

  • Pertama-tama, silahkan kamu oleskan beberapa minyak lavender ke bekas luka kamu.
  • Setelah itu kamu tinggal memijatnya dengan lembut menggunakan minyak lavender tadi selama 10 hingga 15 menit lamanya.
  • Terapkan cara ini secara rutin pada setiap harinya agar efeknya semakin maksimal.

6. Lemon

lemon, cara menghilangkan bekas luka jahitan

Selain bisa menggunakan lavender sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami, kamu juga bisa memanfaat lemon. Dimana didalam lemon terdapt senyawa bernama asam alpha hidroksi yang mampu untuk memicu regenerasi sel kulit kamu.

Serta membantu untuk memperbaiki dan menghilangkan sel kulit yang sudah mati dan menumpuk pada bekas luka kamu. Tak hanya itu, sari dari lemon ini juga memiliki manfaatkan untuk mencerahkan kembali bekas luka yang menghitam karean adanya kandungan vitamin C yang bisa menjadi bleaching alami.

Baca Juga : 7 Cara Diet 8 Jam Yang Benar Dan Aman Untuk Membakar Timbunan Lemak

Cara menghilangkan bekas luka dengan lemon :

  • Silahkan kamu peras sari lemon, lalu silahkan oleskanlah pada bekas luka kamu, sambil diberikan sedikit pijitan.
  • Setelah itu, lakukanlah perawatan ini pada setiap harinya agar bekas luka kamu bisa cepat memudar.
  • Selain bisa dengan memanfaatkan lemon saja, ternyata kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan madu, guna mempercepat manfaat yang didapatkan.

7. Madu

madu, cara menghilangkan bekas luka alami

Salah satu manfaat madu yang cukup terkenal ialah bisa menjadi pelembab alami yang sangat bisa diandalkan dalam menjaga kesehatan dari kulit kamu. Oleh sebab itu, madu sendiri bisa menjadi altenatif terbaik sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami dan tepat. Semua itu dikarenakan kandungan-kandungan baik didalam madu sendiri.

Yang mana mampu untuk menghambat dari produksi kolagen berlebihan sekaligus memberikan khasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bekas luka kamu. Berikut adalah cara pemakaiannya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan madu :

  • Silahkan kamu oleskan madu yang sebelumnya sudah dihangatkan pada bekas luka kamu.
  • Jangan lupa untuk memberikan beberapa pijatan halus selama beberapa menit.
  • Berikutnya diamkanlah selama kurang lebih 1 jam lamanya hingga mengering.
  • Setelah itu silahkan kamu bisa menggunakan air hangat.
  • Terapkanlah perawatan ini sebanyak dua hingga tiga kali didalam seharinya, hingga nantinya bekas luka yang kamu alami bisa menghilang dengan sepenuhnya.

8. Shea butter

shea butter, cara menghilangkan bekas luka

Shea butter merupakan sebuah olahan yang terbuat dari kacang khas Afrika, dimana didalamnya terkandung nutrisi asam lemak omega 3 dan juga antioksidan yang cukup kaya. Sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami dan cepat. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa salah satu manfaat dari anti oksidan sendiri ialah membantu untuk menangkal radikal bebas.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Perut Dengan Minum Jus Mentium Setiap Malam, Beserta Resepnya

Dan memberikan perlindungan kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh bakas luka. Oleh sebab itu, penerapan shea butter ini pada kulit kamu bisa menjadi pilihan kamu, karena bisa membantu untuk menghaluskan permukaan kulit yang mengalami bekas luka, sekaligus tetap menjaga kelembaban dari kulit itu sendiri. Berikut adalah cara penggunaannya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan shea butter :

  • Pertama, silahkan kamu basahi kulit yang terdapat bekas lukanya.
  • Berikutnya oleskanlah sebanyak satu sendok teh shea butter pada kulit kamu tersebut.
  • Setelah itu berikanlah sedikit pijatan pada area bekas luka tersebut, menggunakan shea butter sekitar 5 hingga 10 menit lamanya.
  • Ulangilah perawatan tersebut sebanyak dua hingga tiga kali didalam sehatinya, agar nantinya bekas luka yang kamu alami bisa cepat memudar.

9. Kapsul vitamin E

kapsul vitamin E, cara menghilangkan bekas luka akibat bawang putih

Tentunya kapsul vitamin E sekarang ini bisa kamu dapatkan dengan mudah. Dan sangat bisa diandalkan untuk membantu dalam menghilangkan bekas luka secara cepat dan efektif. Vitamin E sendiri merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kamu.

Dan bisa diandalkan untuk merangsang produksi dari kolegen yang terdapat di kulit. Sehingga sangat cocok menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Selain itu, vitamin E juga akan membantu untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan juga halus. Berikut adalah cara pemakaiannya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan kapsul vitamin E :

  • Silahkan kamu buka kapsul vitamin E dan kemudian keluarkanlah minyak yang terdapat didalamnya.
  • Berikutnya oleskanlah minyak tersebut pada bekas luka kamu, lalu kemudian berikan pijatan selama beberapa menit.
  • Lakukan cara ini menggumakan kapsul vitamin E ini sebanyak 2 sampai 3 kali didalam seharinya selama beberapa minggu hingga nantinya bekas luka kamu bisa memudar.

10. Cuka apel

cuka apel, cara menghilangkan bekas luka atau koreng

Cuka apel juga bisa menjadi pilihan kamu untuk menjadi cara menghilangkan bekas luka secara alami. Didalam cuka apel sendiri terkandung senya alami yang bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada bekas luka. Selain itu cuka apel juga berguna untuk mengurangi penampakan atau tonjolan yang disebabkan oleh bekas luka terutama untuk jenis luka koloid. Berikut adalah cara penerapannya.

Baca Juga : 4 Cara Diet Air Putih Menyenangkan, Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Cara menghilangkan bekas luka dengan cuka apel :

  • Silahkan kamu oleskan cuka apel pada kulit kamu yang memiliki bekas luka dengan menggunakan kapas.
  • Setelah itu kamu bisa membiarkannya mengerikan selama 10 sampai 15 menit lamanya.
  • Berikutnya silahkan kamu bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukanlah perawatan ini sebanyak dua kali atau tiga kali didalam seminggunya.
  • Jika seandainya luka kamu menjadi iritasi, maka larutkanlah cuka apel terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke luka kamu

11. Mentimun

mentimun, cara menghilangkan bekas luka air panas

Mentimun merupakan altenatif alami selanjutnya yang bisa kamu pilih sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami. Dimana kandungan dan manfaat baik didalam mentimun ini bisa membantu untuk memudarkan sisa-sisa bekas luka yang kamu alamai. Selain itu, buah mentimun juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai pengontrol dari minyak berlebih yang terdapat di wajah kamu. Berikut adalah cara penerapannya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan mentimun :

  • Siapkan mentimun yang masih segar, dan kemudian bersihkanlah hingga benar-benar bersih.
  • Silahkan kamu blender mentium hingga menjadi jus yan halus.
  • Berikutnya aplikasikan jus mentimun tadi pada bekas luka kamu hingga merata.
  • Diamkan selama beberapa saat, hingga nantinya penerapan jus mentimun pada bekas luka tadi bisa mengering sepenuhnya.
  • Setelah itu silahkan cuci menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih secara keseluruhan.

12. Minyak zaitun

minyak zaitun, cara menghilangkan bekas luka alergi

Selain kita bisa melakukan cara menghilangkan bekas luka secara alami menggunakan minyak kelapa dan minyak lavender. Kamu masih memiliki altenatif lain, yakni menggunakan minyak zaitun. Olive oil ayau minyak zaitun ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kulit.

Termasuk juga untuk mengatasi bekas luka yang membandel pada area tertentu di kulit kamu. Bahkan jika kamu menggunakannya secara terus-menerus bisa membuat kulit terhindari dari penuan dini dan membuat tetap awet muda. Berikut adalah cara penggunaanya.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Demam Secara Alami Menggunakan Bahan Dapur

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun :

  • Siapakanlah minyak zaitun secukupnya.
  • Setelah kamu sudah selesai mandi, maka terapkanlah minyak zaitun ini pada bekas luka kamu secara merata.
  • Dan kemudian diamkanlah sekitar 1 sampai 2 jam lamanya, agar nutrisi pada minyak zaitun bisa meresap kedalam kulit.
  • Setelah itu, barulah kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih.

13. Daun pare

daun pare, cara menghilangkan bekas luka akibat gatal

Mungkin jika mendengar sekilas dengan nama “pare” yang terlintas di pikiran banyak orang adalah rasanya yang pahit. Memang fakta ini tak bisa dibantahkan. Tapi ternyata salah satu bagian dari tanaman pare, yakni pada bagian daunnya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami yang sangat mudah untuk kamu lakukan. Berikut adalah caranya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun pare :

  • Siapkan beberapa lembar daun pare yang masih segar.
  • Dan kemudian bersihkanlah, lalu blender hingga halus.
  • Langkah berikutnya, kamu tinggal mencampurkan perasan daun pare yang sudah halus tadi dengan tepung beras hingga menjadi pasta.
  • Selanjutnya terapkan dan ratakan kepermukaan kulit kamu yang memiliki bekas luka.
  • Setelah 1 sampai 2 jam dididamkan dan sudah mengering, silahkan bersihkan menggunakan air.

14. Daun mint

daun mint, cara menghilangkan bekas luka akibat jerawat

Salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami adalah dengan memanfaatkan daun mint. Daun mint kerap kali digunakan di berbagai produk olahan. Misalnya saja pada pasta gigi, minyak angin, dan juga obat kumur.

Semua itu dikarenakan manfaat dan kandungan mineral alami yang terdapat didalamnya. Dimana kandungan ini sangat efisien untuk memaksimalkan sel kulit baru. Selain itu penggunaan daun mint secara teratur bisa membantu untuk memudarkan bekas luka yang kamu alami. Berikut adalah caranya.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun mint:

  • Silahkan kamu siapkan beberapa lembar daun mint yang masih segar.
  • Setelah itu tumbuk kasar daun mint secara menyeluruh.
  • Berikutnya kamu tinggal menggosokkan secara perlahan dengan menggunakan gerakan memutar kesisi kulit kamu yang memiliki bekas luka.
  • Terapkan cara ini sekitar 30 menit lamanya, dan kemudian basuhlah dengan menggunakan air hangat.

15. Teh hijau

teh hijau, cara menghilangkan bekas luka akibat kecelakaan

Teh hijau memang terkenal berkat kandungan anti oksidan yang tinggi didalamnya. Selain itu berbagai riset sudah dilakukan, dan mendapatkan hasil bahwasanya didalam teh hijau terkandung anti oksidan sebanyak 200 kali lebih baik dari pada vitamin E.

Dan beberapa fungsi dari anti oksidan ini ialah untuk membantu dalam menghindari perangfan, menjaga kesehatan kulit, dan menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Berikut adalah cara penerapan untuk menghilangkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka dengan teh hijau :

  • Silahkan kamu seduh teh hijau terlebih dahulu, namun jumlah airnya setengah dari penyeduhan untuk dikonsumsi.
  • Setelah itu siapkan kapas/handuk dan kemudian masukkan kedalam seduhan dari teh hijau tadi.
  • Berikutnya kamu tinggal mengoleskannya pada kulit kamu yang memiliki bekas luka secara merata.
  • Terapkan cara ini secara rutin selepas mandi.

16. Buah mengkudu

buah mengkudu, cara menghilangkan bekas luka ampuh

Tak hanya pada teh hijau saja, ternyata buah mengkudu juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dan manfaat dari buah mengkudu ini untuk kesehatan kulit sangatlah banyak, mulai dari membantu untuk menghilangkan jerawat membandel hingga sampai menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Berikut adalah caranya.

Baca Juga : 13 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Secara Alami Dan Tanpa Efek Samping

Cara menghilangkan bekas luka dengan buah mengkudu :

  • Pertama-tama kamu harus memastikan kulit, tempat dimana bekas luka kamu sudah bersih.
  • Kemudian haluskan buah mengkudu yang sudah matang, dan silahkan terapkan pada kulit kamu yang terdapat bekas lukanya secara merata.

17. Bawang putih

bawang putih, cara menghilangkan bekas luka akibat alergi

Jika pada awal pembahasan tentang cara menghilangkan bekas luka secara alami, kita sudah melihat penerapannya menggunakan bawang merah, maka kali ini adalah masih termasuk jenis bawang, yakni bawang putih. Didalam bawang putih terdapat bahan alami yang membantu untuk menyingkirkan bekas luka pada kulit kamu. Lalu bagaimana cara penerapannya ? Silahkan disimak berikut ini.

Cara menghilangkan bekas luka dengan bawang putih :

  • Kupaslah bawang putih yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Lalu kemudian kamu tinggal mengiriskannya.
  • Selanjutnya gosokan bawanhg putih tadi pada bekas luka kamu secara merata.
  • Terapkan cara ini secara teratur sebanyak 2 kali didalam seharinya.

18. Minyak biji pangkal bunga mawar

minyak bunga mawar, cara menghilangkan bekas luka lama

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya adalah dengan menggunakan minyak biji binga mawar. Didalam minyak ini terkandung nutrisi-nutrisi yang bisa diandalkan untuk menjaga dan mengatasi masalah kesehatan terhadap kulit. Salah satunya ialah untuk memudarkan bekas luka pada kulit kamu.

Baca Juga : 26 Cara Menebalkan Alis Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Efek Samping

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak biji pangkal bunga mawar :

  • Siapkan minyak biji pangkal mawar, dimana minyak ini bisa kamu dapatkan di supermarket atau apotik terdekat.
  • Berikutnya terapkanlah minyak ini pada kulit kamu yang memiliki bekas luka.
  • Jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut disaat menerapkannya.
  • Berikutlah setelah 1-2 jam lamanya, silahkan bersihkan menggunakan air dingin.

Cara menghilangkan bekas luka dengan metode medis

Setelah tadi kita melihat tentang beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan cara alami. Maka kali ini kita akan melihat caranya, namun dengan metode medis. Seperti apa saja metode medis yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka ? Silahkan disimak berikut ini.

19. Suntik kolagen

suntik kolagen, cara menghilangkan bekas luka yang menghitam

Mungkin kamu pernah mendengar istilah suntik kolagen. Dimana metode ini memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit dan membantu untuk mencegah penuaan dini, sehingga membuat kulit terlihat awet muda. Selain itu, suntik kolagen ini juga memabntu untuk memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas luka kamu.

Metode suntik kolagen ini biasanya digunakan untuk mengatasi bekas luka yang timbul, seperti bekas luka jenis hipertropik atau keloid. Namun menerapkan prosedur ini hanya bersifat sementara, sehingga harus perlu dilakukan penerapan secara berulang, guna untuk mempertahankan manfaatnya.

20. Suntik kortikosteroid

suntik kortikosteroid, cara menghilangkan bekas luka secara alami dalam waktu 1 minggu

Cara selanjutnya untuk mengatasi bekas luka membandel ialah dengan metode suntik kortikosteroid. Dimana metode ini ditujukan untuk jenis luka keloid atau hipertropi. Pada awalnya, pasien akan diberikan beberapa suntikan kecil.

Baca Juga : 29 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dan Cepat

Guna untuk membantu dalam meratakan luka dan mencegah terjadinya peradangan. Walaupun metode yang satu ini tidak bisa menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, akan tetapi bisa membantu untuk memperbaiki penampilan seseorang secara cukup signifikan.

21. Bedah plastik

bedah plastik, cara menghilangkan bekas luka knalpot

Jika seandainya seseorang mememiliki bekas luka jenis keloid pada bagian wajahnya, yang sangat sulit untuk dihilangkan, maka bedah plastik adalah pilihan medis yang sering dilakukan. Metode operasi bedah ini biasanya sering kali dikombinasikan dengan teknik suntik kartikosteroid.

Namun untuk bekas luka jenis hipertrofik, maka tidak akan dikombinasikan dengan metode lainnya. Namun walaupun demikian, bedah plasti tetap menjadi cara paling efektif untuk menghilangkan bekas luka yang membandel, akan tetapi memiliki efek samping, yakni bisa menimbulkan bekas luka baru akibat dari pembedahan.

22. Memakai teknologi laser

teknologi laser kulit. cara menghilangkan bekas luka bakar di wajah

Sekarang ini penerapan teknologis laser memang cukup banyak digandrungi. Dimana biasanya banyak orang yang memiliki metode medis ini untuk memudarkan bekas luka yang membandel. Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa metode teknologis laser ini mampu cukup signifikan dalam menghilangkan bekas luka pada wajah, maupun area kulit lainnya. Hanya saja, manfaatnya tergantung dari sebera parah luka yang dialami oleh si pasien.

Baca Juga : 5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui

23. Radioterapi

radioterapi, cara menghilangkan bekas luka bakar akibat bawang putih

Radioterapi bisa menjadi pilihan kamu, guna untuk mengatasi bekas luka membandel. Terutama untuk jenis luka keloid dan juga hipertrofi bekas dari operasi. Dan penerapan metode medis ini sangat efektif dan cukup banyak dipilih oleh banyak orang yang merasa risih dengan bekas lukanya. Hanya saja, sering kali metode ini bergantung pada seberapa parah luka yang dialami oleh seseorang.

24. Teknik skin needling

skin needling, cara menghilangkan bekas luka bakar di tangan

Metode medis berikutnya ialah bernama skin needling. Metode ini menggunakan sebuah alat yang memiliki ratusan jarum kecil. Walaupun sekilas terdengar menyeramkan, akan tetapi metode ini cukup populer di Amerika sana, dalam memudarkan bekas luka membandel. Dimana untuk mendapatkan hasil secara maksimal perlu dilakukan pemngulangan secara berkalan dan terarur.

Baca Juga : 15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat Serta Efektif

25. Membalut luka

membalut luka, cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam

Cara selanjutnya adalah dengan membalut luka. Penerapan ini bertujuan untuk membaluat luka kamu bisa lebih rata dan membantu untuk melembutkan bekas luka nantinya. Biasanya cara ini sering kali diterapkan pada luka berjenis luka bakar yang cukup parah.

Atau juga sering diterapkan pada orang yang menjalani cangkok pada kulitnya. Kelemahan dari metode medis ini adalah memakan lebih banyak waktu, yakni sekitar setengah tahun sampai satu tahun lamanya, atau tergantung dari seberapa parah luka yang dialami.

26. Menerapkan plester gel silikon

plaster gel silikon, cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami

Bekas luka yang berjenis keloid atau hipertropik bisa dibantu mengatasinya dengan menerapkan cara plester gel silikon. Dimana metode ini dilakukan guna untuk mengurangi efek dari kemerahan yang terdapat pada luka, serta membantu untuk memperkecil bekas luka.

Baca Juga : 10 Cara Melancarkan Haid Yang Terlambat Dengan Mudah Dan Alami

Cara ini terapkan dengan menempelkan silikon khusus tepat diatas luka si pasien selama 12 jam selama 1 harinya. Dan biasanya metode ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan lamanya, guan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami dan menerapkan metode medis. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *