cara menghilangkan biang keringat pada wajah

10 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Muka Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Jenis, Cara mencegahnya)

Posted on

10 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Muka Secara Alami – Di artikel kali ini kita akan membahas secara cukup menyeluruh mengenai penyebab biang keringat di muka, gejala biang keringat di muka, cara menghilangkan biang keringat dimuka, hingga sampai ke cara mencegah biang keringat dimuka. Beberapa poin-poin ini akan kita bahas dalam beberapa bagian yang ada diartikel ini. Seperti apa pembahasannya ? Silahkan disimak berikut ini.

Seperti yang dimuat dalam laman wikipedia.org, biang keringat adalah sebuah ruam gatal, bintik-bintik merah berukuran kecil yang timbul dikulit sehingga menyebabkan rasa menyengat atau tertusuk pada kulit. Selain itu hellosehat.com juga menambahkan, biang keringat ini memiliki nama medis Miliaria.

Yang secara lebih sederhananya disebabkan oleh kelenjar keringat yang tersumbat pada saat seseorang mengeluarkan keringat yang lebih banyak sehingga keringat tersebut tidak dapat keluar terhambat disana yang menyebabkan timbulnya ruam atau iritasi pada kulit.

Baca Juga : 6 Cara Mengobati Diare Pada Anak + (Gejala, Penyebab, Gejala Berbahaya, Cara Mencegah)

A. Apa penyebab biang keringat ?

Seperti yang sedikit disinggung pada alinia sebelumnya, biang keringat ini terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar keringat. Namun yang perlu kamu ketahui adalah beberapa gejala mungkin akan memburuk karena tertutupi oleh pakaian. Selain itu ada beberapa hal yang meningatkan resiko terkena penyakit ini, diantaranya :

  • Sakit dalam waktu yang lama sehingga mengharuskan kamu untuk menghabiskan waktu yang lama diatas tempat tidur. Kondisi seperti ini mungkin akan menyebabkan keringat lebih banyak, terutama pada saat kamu sering menggunakan selimut yang tebal
  • Menggunakan terlalu banyak pakaian disaat cuaca dingin.
    Penderita obesitas atau kegemukan, karena tubuhnya lebih banyak dalam menghasilkan keringat.
  • Bayi dan anak-anak juga memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini karena kelenjar keringatnya belum bisa berkembang secara sempurna

B. Apa gejala biang keringat & jenisnya ?

Lokasi dari munculnya biang keringat pada orang dewasa maupun bayi sangatlah berbeda-beda, pada bayi biasanya akan muncul pada area leher ketiak, lipatan siku hingga selangkangan. Sedangkan untuk orang dewasa sendiri biang keringat akan akan muncul pada area-area lipatan kulit yang sering bergesekan dengan pakaian. Berikut ini adalah beberapa jenis biang keringat beserta dengan gejala serta tanda-tanda munculnya.

  • Milaria kristalina. Jenis ini adalah biang keringan paling ringan dan hanya memberikan pengaruh pada saluran keringan dari lapisan teratas kulit seseorang. Kondisi ini biasanya memperlihatkan gejala seperti bintil-bintil yang berisikan cairan berwarna jernih dan sangat mudha untuk pecah. Biang keringat jenis ini lebih cenderung dialami oleh bayi ketimbang orang dewasa. Selain itu Milaria kristalina juga tidak menimbulkan rasa gatal serta tidak terasa sakit.
  • Milaria rubra. Biang keringat jenis ini biasanya akan muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam dan umumnya akan terjadi pada daerah yang memiliki suhu lembap atau panas. Gejala yang diperlihatkan adalah sesansi gatal serta menyengat yang disertai dengan munculnya bintil merah. Kulit si penderita akan mengalami peradangan serta terasa sakit akibat dari keringan yang tidak dapat keluar dari permukan kulit si penderitanya.
  • Milaria pustulosa. Jenis ini adalah perkembangan dari milaria rubra yang mana bintil akan mengalami peradangan serta memiliki isi nanah.
  • Milaria profunda. Jenis biang keringat yang satu ini paling jarang terjadi dan hanya berdampak pada dermis atau lapisan kulit bagian lebih dalam. Jenis biang keringat ini bersifat kronis serta sering kambuh. Kondisi ini sendiri lebih cenderung dialami oleh orang dewasa setelah mereka melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan banyak keringat. Dan tanda-tanda yang muncul adalah bintil merah yang memiliki ukuran cukup besar dan lebih keras.

Baca Juga : 19 Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi)

C. Cara menghilangkan biang keringat dimuka

cara menghilangkan biang keringat di wajah.

1. Tanah liat/lempung

Lempung atau tanah liat merupakan salah satu cara menghilangkan biang keringat pada wajah yang bisa kamu terapkan. Tanah liat sendiri sudah cukup lama populer dan dipercaya ampuh untuk atasi biang keringat di wajah. Sekarang ini mungkin kamu sudah mudah dalam menemukan berbagai olahan tanah liat ini untuk kecantikan, seperti bubuk tanah liat atau maskernya.

Rasa dingin yang didapatkan pada saat mengaplikasikan tanah liat akan membantu dalam mengurangi rasa gatal yang dirasakan, serta membantu untuk mengatasi peradangan dan iritasi. Selain itu, lempung atau tanah liat ini juga memabntu dalam menyerap berbagai kotoran atau debu yang menyumbat pori-pori kamu.

Cara menggunakan lempung untuk menghilangkan biang keringat diwajah :

  • Siapkan lempung secukupnya beserta air mawar. Air mawar ini sendiri adalah air rendaman dari bunga mawar.
  • Selanjutnya campurkan kedua bahan ini didalam sebuah mangkok dan aduk hingga rata dan mengental
  • Berikutnya silahkan kamu aplikasikan ke wajah yang terkena biang keringat secara merata.
  • Diamkan hingga kering, lalu silahkan cuci hingga bersih dengan air.
  • Terapkan cara ini selama 1x dalam seminggu.

2. Oatmeal

Berikutnya untuk cara menghilangkan biang keringat di wajah bayi atau orang dewasa adalah dengan memanfaatkan oatmeal. Khasiat yang didapatkan dari oatmeal ini hampir sama dengan tanah liat, yaitu memiliki sifat yang dapat mendinginkan wajah, mengatsi isitasi dan rasa gatal serta peradangan akibat dari biang keringat. Berikut adalah cara penerapannya.

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami & Tradisional + (Penyebab & Gejala)

Cara mengolah oatmeal untuk mengobati keringat di wajah :

  • Siapkan oatmeal yang sudah dihaluskan menjadi tepung
  • Lalu ambil mangkok kecil serta kapas wajah
  • Berikutnya silahkan kamu campurkan oatmeal dengan air secukupnya hingga berwarna putih dan encer
  • Lalu kamu bisa mencelupkan kapas tadi, dan kompreskan ke wajah yang mengalami biang keringat
  • Diamkan sekitar 30 menit, setelah itu silahkan cuci hingga bersih
  • Keringkan wajah dengan handuk lembut dan terapkan cara ini sebanyak 2x dalam seminggu

3. Lidah buaya

Tak hanya terkenal sebagai bahan alami untuk rambut saja, lidah buaya ternyata juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan biang keringat di wajah remaja. Hal ini tak lain karena kandungan baik yang ada didalam lidah buaya. Selain itu sifat dingin lidah buaya juga ampuh untuk atasi rasa gatal di wajah akibat biang keringat. Berikut adalah cara penerapannya.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan biang keringat diwajah:

  • Siapkan lidah buaya, dan potong kecil lalu ambil dagingnya
  • Selanjutnya haluskan dan silahkan oleskan pada area biang keringat di wajah kamu
  • Diamkan selama 20 menit dan mengering
  • Lalu bersihkan dengan air, dan terapkan cara ini sebanyak 2x dalam sehari

4. Timun

Selain beberapa bahan alami diatas timun juga memiliki khasiat yang baik untuk atasi masalah biang keringat. Timun akan membantu dalam menghilangkan biang keringat secara alami, sekaligus mengurangi rasa gatal yang mengganggu. Oleh sebab itu, timun dipercaya cukup ampuh dalam menjadi cara menghilangkan biang keringat di wajah secara alami dan cepat.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami & Medis + (Gejala, Penyebab, Komplikasi)

Cara menggunakan Mentimun untuk menghilangkan biang keringat diwajah :

  • Siapkan timun, lalu potong-poting tipis
  • Selanjutnya rendam dengan air yang sudah diberikan sedikit air perasan jeruk nipis selama 10 menit
  • Berikutnya ambil timun lalu aplikasikan pada area biang keringat diwajahm
  • Biarkan sekitar 20 menit dan bersihkan
  • Lakukan cara ini sebanyak 3x sehari

5. Semangka

Kandungan air didalam semangka yang berkisar 90% sangat bisa diandalkan untuk menjadi cara menghilangkan biang keringat dalam semalam. Selain itu rasa gatal dan perih yang ditimbulkan dari biang keringat juga akan dibantu meredakannya oleh semangka, berikut adalam pengolahannya.

Cara menggunakan Semangka untuk menghilangkan biang keringat diwajah :

  • Siapkan semangka secukupnya
  • Lalu haluskan dengan memblendernya
  • Selanjutnya terapkan pada wajah yang terkena biang keringat
  • Diamkan hingga kering, lalu bersihkan
  • Sisa dari halusan semangka tadi bisa kamu konsumsi

6. Soda kue

Obat biang keringat tradisional selanjutnya yang bisa kamu coba adalah soda kue. Soda kue ini akan berperan untuk melepaskan sel-sel kulit mati serta kotoran yang menghambat keringat keluar. Selain itu soda kue atau yang biasanya disebut dengan baking soda ini juga mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan dari biang keringat

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami, Medis & Altenatif + Cara Mencegahnya

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan biang keringat diwajah :

  • Siapkan 1 sendok teh baking soda dan 1 gelas air didalam mangkok
  • Selanjutnya celupkan kapas kedalam air campuran baking soda tadi, lalu aplikasikan ke area ruam biang keringat
  • Diamkan sekitar 10 menitan, dan bersihkan dengan air
  • Terapkan cara ini sebanyak 2x sehari

7. Tepung besan atau gram flour

Obat biang keringat dewasa paling ampuh serta alami selanjutnya adalah tepung besan. Tepung besan merupakan tepung yang terbuat dari kacang arab. Tepung ini akan membantu dalam menyerap kotoran yang menyumbat pori-pori pada kulit. Sekaligus ampuh untuk atasi biang keringat. Berikut adalah pengolahannya.

Cara menggunakan tepung besan untuk menghilangkan biang keringat diwajah :

  • Campurkan sebanyak 3 sendok makan tepung besar dengan sedikit air, hingga adonan agak encer
  • Berikutnya oleskan pada area biang keringat diwajahmu
  • Diamkan selama beberapa saat sekitar 10 menit
  • Dan bersihkan dengan air dingin
  • Terapkan cara ini 1x sehari

8. Madu

Madu bisa menjadi salah satu cara menghilangkan biang keringat di wajah bayi atau orang dewasa. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan yang baik untuk kulit wajah. Selain itu madu juga bisa digunakan sebagai pelembab alami sereta humektan. Penerapannya sebagai berikut

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia 30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Pencegahan)

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan biang keringat diwajah :

  • Siapkan madu secukupnya
  • Bersihkan kulit wajah terlebih dahulu dengan air hangat
  • Selanjutnya oleskan madu di area biang keringat, dan diamkan hingga kering
  • Setelah kering bersihkan dengan air dingin.

9. Minyak jarak

Minyak jarak menjadi obat biang keringat tradisional yang memiliki efek yang cukup mujarap. Hal ini dikarenakan minyak jarak bisa mengatasi masalah kulit termasuk diantaranya biang keringat, sekaligus membantu dalam mengontrol produksi minyak dan keringat berlebih di wajah.

Cara menggunakan minyak jarak untuk menghilangkan biang keringat diwajah :

  • Siapkan minyak jarak secukupnya
  • Bersihkan wajahmu terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori
  • Selanjutnya oleskan minyak jarak di area tempat dimana ruam biang keringat berada
  • Diamkan hingga kering
  • Berikutnya bersihkan wajahmu dengan sabun wajah, serta menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori.

10. Es batu

Biang keringat memang sering menimbulkan sensasi gatal pada jenis-jenis tertentu. Dan rasa gatal ini bisa kamu kurangi dengan memanfaatkan es batu. Caranya cukup dengan menggosokkan es batu pada area kulit wajah yang mengalami ruam biang keringat hingga rasa gatalnya hilang.

D. Cara mencegah biang keringat di wajah

  1. Usahakan agar tubuh tidak mengalami kepanasan, khususnya pada saat musim panas
  2. Pilihlah sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering dan yang tidak mengandung parfum
  3. Jangan gunakan krim atau losion yang bisa menyumbat pori-pori
  4. Hindarilah menggunakan pakaian ketat karena bisa menghambat kulit dalam bernapas
  5. Jangan lakukan aktivitas fisik yang berat di tempat yang panas serta lembap
  6. Secara rutin jauhi panas selama 20 menit
  7. Tidurlah di kamar yang sejuk serta berventilasi baik

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai biang keringat, mulai dari gejala biang keringat di muka, cara menghilangkan biang keringat dimuka, hingga sampai ke cara mencegah biang keringat dimuka. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.alodokter*com/biang-keringat
https://www.alodokter*com/bunda-ini-dia-cara-mengatasi-biang-keringat-pada-bayi
https://alamiyes*com/menghilangkan-biang-keringat/
http://temancantik*com/cara-menghilangkan-biang-keringat-di-jidat/
https://www.zalfa*co*id/2015/08/cara-menghilangkan-biang-keringat-di-wajah/
https://brainly*co*id/tugas/16005904
https://id.wikihow*com/Mengatasi-Biang-Keringat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *