bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang hitam

30 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat Dan Mujarab

Posted on

30 Cara Menghilangkan Kantung Mata – Tampil cantik dan tampan bagi para wanita dan pria memang memerlukan yang namanya sebuah usaha. Termasuk juga untuk menjaga kesehatan dari kulit serta wajah. Dari berbagai macam masalah yang muncul di wajah, kantung mata sering kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Dimana kantung mata ini membuat penampilan seseorang menjadi terganggung akibat dari warna gelap yang muncul pada sekitar area mata.

Selain menurunkan rasa percaya diri, kantung mata ini juga membuat seseorang menjadi merasa terganggu penampilan, dan bahkan bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari munculnya kantung mata ini.

Termasuk juga fakta mitos terkait kantung mata, serta yang paling penting ialah tentang bagaimana cara menghilangkan kantung mata ini, atau juga disebut dengan mata panda. Bagaimnana penjelasannya ? Silahkan disimak berikut ini.

Baca Juga : 30 Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat Dan Terbukti

Apa itu kantung mata atau mata panda ?

bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang besar

Jika kamu sering mendengar orang-orang mengatakan “kantung mata” atau “mata panda”, mungkin kamu akan langsung terbayang dengan mata yang menjadi bengkak dengan adanya garis atau lingkaran yang memiliki warna gelap. Seperti yang dilansirkan oleh laman Mayo Clinic, yang dikutip dari OhGitu.id.

Kantung mata sendiri merupakan sebuah kondisi dimana jaringan serta otot yang berada pada area sekitaran mata menjadi melemah, dan mengalami pembengkakan akibat dari beberapa faktor yang memperngaruhinya. Didalam medis sendiri, kantung mata atau mata panda ini dikenal dengan nama periorbital puffines. Lalu apa sih yang menyebabkan kantung mata atau mata panda ini bisa muncul ? Berikut adalah penjelasnnya.

Penyabab kantung mata

cara menghilangkan kantung mata cara alami

Orbit atau kantung yang mencul pada area sekitaran mata terjadi karena adanya penumpukan dari cairan yang terdapat didalam jaringan yang berada di area bawah dari mata seseorang atau disebut juga dengan nama edema. Selain dikarenakan oleh adema ini, kantung mata atau mata panda juga terjadi karena beberapa faktor lainnya, salah satunya karena jaringan lemak yang terakumulasi di sekitaran area mata.

Baca Juga : 21 Cara Memerahkan Bibir Secara Cepat Dan Ampuh

Biasanya, jaringan lemak yang berada disekitaran kulit bawah mata ini memiliki fungsi untuk memberikan dukungan terhadap organ mata seseorang. Namun seiring berjalannya usia atau akibat pengaruh lainnya, mengakibatkan jaringan kulit dibawah mata ini menjadi kosong. Sehingga terjadilah kantung mata, yang mana pada intinya disebabkan oleh adanya penurunan jaringan lemak yang terdapat pada area kulit disekitaran mata, atau juga disebut dengan istilah festoon.

Faktor pemicu kantung mata

bagaimana cara menghilangkan kantung mata kendur

Seperti yang disebutkan pada pembahasan sebelumnya, bahwa kantung mata terjadi dikarenakan edema serta jaringan lemak yang mengalami penuruna. Namun kedua hal ini tidak terjadi dengan begitu saja, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Apa saja itu ? berikut adalah penjelasannya.

1. Kurang tidur

Mungkin banyak orang yang menyadari bahwa faktor inilah yang menyebabkan terjadinya kantung mata atau mata panda. Menurut pendapat dari seorang ahli dermatology, yakni dokter Susan Van Dyke, MD, dari klinik Van Dyke Laser and Skin in Paradise Valley, Amerika yang dimuat dalam laman situs Everydayhealth.

Kurangan tidur hanya menyebabkan terjadinya edema disekitaran mata saja, namun juga menyebabkan pembuluh darah yang berada disekitaran area mata menjadi melebar dan menimbulkan sebuah noda gelap pada bawah kulit. Masalah tidur seperti insomia dan juga seringnya tidur larut atau bergadang juga akan menyebabkan lingkarang pada area sekitaran madam semakin parah dan sulit untuk dihilangkan.

2. Pola makan

Ternyata, pola makan kurang baik juga bisa menyebabkan masalah mata panda ini lho. Beberapa makanan yang terbukti menyebabkan kantung mata ialah makanan dengan kandungan sodium atau garam yang terlalu tinggi jumlahnya. Kandungan garam yang tinggi ini pada akhirnya akan memberikan efek terhadap pengeringan kulit sehingga memunculkan edema.

Guna untuk mengatasinya maka konsumsilah makanan-makanan yang sehat serta seimbang, serta perbanyak konsumsi air didalam setiap harinya. Dan hal yang harus kamu ingat ialah tidak adanya makanan khusus untuk menghilangkan masalah kantung mata ini, namun hanya bisa dibantu dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi, seperti protein, mineral, vitamin dan banyak cairan.

Baca Juga : 25 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Dan Ampuh

3. Alkohol dan rokok

Seperti yang diungkapkan oleh Dr Apratim Goel, seorang ahlid ermatologi dan bedah laser dari Cutis Skin Studio yang dikutip dari laman Indiatimes.com, mengatakan bahwa alkohol bisa memberikan efek terhadap penurunan dari hormon ADH atau antidiuretic hormone, dimana hormon ini memiliki fungsi untuk menahan cairan dari dalam tubuh.

Selain itu, alkohol juga memicu terjadinya retensi cairan atau disebut juga dengan edema pada area bawah mata. Dan hal inilah yang menyebabkan kulit yang berada pada area sekitaran mata menjadi tampak cekung dan kering. Sama seperti alkohol, rokok juga memiliki efek buruk pada kulit disekitaran area mata kamu.

4. Reaksi alergi

Reaksi alergi juga menjadi pemicu dari timbulnya mata panda atau kantung mata. Dimana disaat seseorang mengalami alergi yang disebabkan oleh zat bernama allergen, maka pembuluh darah kapiler yang berada disekitaran area kulit akan ikut mengalami pembengkakan, yang sekaligus diikuti oleh penimbunan cairan atau edema, dimana menjadi bagian dari reaksi peradangan yang terjadi tersebut.

5. Petambahan usia

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa seseorang yang semakin tua akan memiliki kantung mata pada wajahnya. Dimana kantung mata ini semakin hari akan semakin parah dan tampak jelas. Semua itu dikarenakan, disaat bertambahnya usia maka mata akan kehilangan volumenya dan juga lemak yang terdapat pada area sekitaran pipi menjadi lebih menyusut. Dan hal inilah yang menimbulkan lekukan pada area sekitaran mata dan juga sebagian dari pipi semakin terlihat jelas.

Baca Juga : 26 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Metode Medis

6. Kelainan dalam tubuh

Walaupun pada dasarkan kantung mata ini bukan menjadi sebuah masalah kesehatan yang berbahaya bagi tubuh. Pada kenyataannya timbulnya kantung mata atau mata panda ini bisa menjadi sebuah petanda bahwa tubuh seseorang mengalami masalah kelainan. Seperti nefritis syndrome atau disebut juga dengan infeksi pada ginjal serta dermatitis.

Jika seandainya kantung mata kamu tidak kunjung hilang juga walaupun sudah melakukan berbagai perawatan. Sebaiknya kamu segera melakukan konsultasi ke dokter guna untuk memeriksakan kondisi tubuh kamu.

7. Menangis

Kulit yang terdapat disekitaran area mata memang begitu sensitif dan jauh lebih tipis jika dibandinkan dengan kulit pada area lain dari tubuh kita. Dan jika kamu banyak menangis, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab dari timbulnya mata panda atau kantung mata ini.

Semua itu dikarenakan disaat menangis akan terjadi aktifitas dari kelenjar air mata kamu yang berada pada bagian bawah kulit secara berlebihan, dan hal ini akan menimbulkan sebuah peradangan serta pembengkakan pada area sekitaran mata kamu.

Fakta dan mitos seputar kantung mata

bagaimana cara menghilangkan kantung mata dengan alami

Seperti halnya masalah-masalah pada kulit lainnya, ada beberapa fakta dan mitos yang berkembang terkait dengan masalah kantung mata ini. Yuk lihat apa saja mitosnya, dan bagaimana faktanya, berikut ini. Silahkan disimak.

Baca Juga : 22 Cara Memutihkan Ketiak Secara Cepat Dan Mujarab + 10 Tips Mencegah Ketiak Hitam

  • Mitos : Kantung mata hanya terjadi karena kurangnya tidur pada malam hari.
    Fakta : Kenyataaannya kantung mata tidak hanya disebabkan oleh kurangnya istirahat, namun juga disebabkan oleh berbagai faktor, seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  • Mitos : Asam glikolat bisa membantu untuk mengatasi mata panda atau kantung mata.
    Fakta : Krim dengan kandungan zat tersebut, tidak cukup membantu untuk mengatasi kantung mata, dan sebaiknya kamu menggunakan pelembab yang tepat dan dengan kandungan alami, guna untuk membantu dalam menjaga kulit disekitaran mata.
  • Mitos : Semua masalah kantung mata atau mata panda bisa disebuhkan denagn bahan alami.
    Fakta : Tidak semua kantung matam bisa dihilangkan secara permanen dengan menggunakan bahan alami, terutama untuk kantung mata yang terjadi karena pertambahan usia.
  • Mitos : Diet rendah garam akan membantu untuk mengatasi kantong mata.
    Fakta : Makanan dengan rendah garam, tidak cukup untuk mengembalikan keadaa kulit yang berada disekitaran mata menjadi normal kembali.
  • Mitos : Sinar matahari bisa menghilangkan kantong mata.
    Fakta : Sinar matahari malahan justru memperburuk kondisi dari kantung mata, dan memicul masalah lain, yakni kerutan pada kulit wajah.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami

bagaimana cara menghilangkan kantung mata secara alami

Walaupun masalah kantung mata atau mata panda, karena penuaan tidak bisa dihilangkan begitu saja secara permanen, kamu masih bisa menerapkan cara menghilangkan kantung mata secara alami berikut ini, guna untuk membantu menyamarkan kantung mata atau bahkan membuat kulit disekitaran mata kamu tampak lebih segar. Apa saja caranya ? Yuk lihat

1. Kantung teh

Mulai sekarang, janganlah langsung membuang begitu saja, kantung teh hijau, ataupun teh hitam. Karena kantung teh atau teh sisa ini memiliki senyawa yang bersifat anti ititasi dan juga antioksdan, sehingga sangat baik diterapkan sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Selain itu kantungan vitamin C didalamnya juga membantu untuk meningkatkan kandungan dari kolagen. Dimana kolagen ini adalah sebuah senyawa yang memiliki peran penting didalam menjaga kekencangan dari kulit.

Cara menghilangkan kantung mata dengan teh basi :

  • Silahkan kamu siapkan teh bekas seduhan, setelah itu masukkanlah kantung teh bekas tersebut kedalam lemari es.
  • Diamkan kantung tersebut didalam lemari es selama beberapa jam.
  • Setelah beberapa jam, ambil dan kamu bisa melakukan kompres ke area kantung mata atau mata panda kamu selama 15 menit sebelum tidur.
  • Lakukan cara ini pada setiap harinya secara rutin, agar efek menghilangkan mata panda atau kantung mata semakin maksimal.

2. Mentimun

Mentimun sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kantung mata yang dialami oleh seseorang. Selain itu, didalam buah ini juga terdapat sebuah zat bernama astrighent dimana salah satu fungsinya untuk meredakan infeksi dan juga peradangan yang berada disekitara area mata kamu.

Oleh sebab itu mentimun ini cukup bisa diandalkan dalam menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata yang bengkak. Selain itu kandungan kafein dan juga asam askorbat didalamnya juga mampu untuk menenangkan pembuluh darah yang tegang akibat dari stres yang kamu alami, serta mentimun juga dapat mencerahkan kembali lingkaran pada sekitaran area mata kamu.

Baca Juga : 20 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Cepat Dan Efektif + 17 Tips Memiliki Lengan Proporsional

Cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun :

  • Silahkan siapkan beberapa potong dari irisan mentimun.
  • Setelah itu letakkan irisan tadi didalam lemari pendingin selama beberapa waktu.
  • Lalu setelah beberapa lama, kamu bisa menerapkannya pada sekitaran area mata dan kantung mata selama 15 hingga 20 menit lamanya.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar hasilnya semakin maksimal.

3. Putih telur

Putih telur bisa kamu jadikan masker pada wajah kamu. Selain membantu untuk menghilangkan jerawat dan komedo, masker ini juga ampu dalam menjadi cara menghilangkan kantung mata besar. Semua itu berkat kantungan vitamin, asam amino dan mineral yang terdapat didalamnya yang mana sangat efektif untuk mengencangkan kulit pada sekitaran area mata kamu.

Cara menghilangkan kantung mata dengan putih telur :

  • Silahkan kamu siapkan putih telur yang sudah dikocok
  • Setelah itu, oleskan pada kantung mata kamu, dan kemudian diamkan sekitar 10 sampai 15 menit lamanya.
  • Berikutnya silahkan bilas hingga bersih dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara ini setiap harinya.

4. Kentang

Jangan pernah meremehkan umbi yan g sati ini. Karena didalam kentang terdapat berbagai manfaat yang begitu berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya untuk mengatasi masalah kantung mata. Semua itu dikarenakan senyawa antioksidan dan juga katekolase yang terdapat didalam kentang ini.

Kedua senyawa ini akan membantu dalam menjadi cara menghilangkan kantung mata secara alami dan cepat karena memiliki sifat untuk mencerahkan lingkaran gelap yang berada pada sekitaran mata. Selain itu zat ini akan membantu dalam menenangkan peradangan yang terjadi pada area wajahkamu.

Cara menghilangkan kantung mata dengan kentang :

  • Silahkan siapkan kentang yang sudah diiris.
  • Selanjutnya silahkan kamu tempelkan pada area sekitaran kantung mata dan mata kamu selama 15 menit.
  • Terapkan cara ini pada setiap harinya, dan lihat hasilnya selama beberapa minggu kemudian.

5. Es batu

Walaupun sering dianggap remah, ternyata didalam es batu terdapat beberapa bahan yang mampu untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Es batu memiliki sifat dingin sehingga dapat membantu untuk menenangkan pembuluh darah kamu, sekaligus membantu dalam meredakan peradangan yang berada pada area sekitaran mata.

Baca Juga : 40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu :

  • Siapan beberapa buah es batu.
  • Kemudian kompreskan es batu tadi, ke area sekitara kantung mata kamu selama beberapa menit.
  • Atau juga bisa dengan cara memasukkan es batu kedalam sehelai kain, dan kemudian mengkompreskannya ke area kantung mata.
  • Terapkan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

6. Sendok dingin

Jika kamu tidak memiki es batu dirumah, dan tidak memiliki ruang pendingin lagi untuk membuatnya. Maka kamu bisa menggunakan sendok sebagai penggantinya. Sendok memiliki efek yang sama seperti es batu. Dan cara menghilangkan kantung mata yang kendur dengan sendok dingin ini sangatlah mudah untuk dilakukan sendiri.

Cara menghilangkan kantung mata dengan sendok :

  • Siapkan sebanyak 2 buah sendok atau lebih.
  • Kemudian masukkan kedalam lemari es, dan diamkan selama semalaman.
  • Pada keesokan harinya, kamu bisa menggunakan sendok untuk mengkompres area sekitaran mata panda kamu.
  • Lakukan cara ini secara rutin disetiap harinya.

7. Stroberi

Tak hanya memiliki rasa yang enak dan nikmat saja untuk disantap, ternyata buah stroberi juga memiliki manfaat yang kaya. Salah satunya untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dan alami. Stroberi mengantung nutrisi asam alpha hidroksi yang memiliki fungsi untuk menghaluskan kulit, dan juga membantu untuk menghilangkan kantung pada atau mata panda disekitaran area mata kamu.

Cara menghilangkan kantung mata dengan stroberi :

  • Siapkan beberapa buah stroberi, dan kemudian masukkan kedalam lemari es sekitar 30 menit lamanya.
  • Berikutnya silahkan kamu iris, stroberi yang sudah dingin tadi.
  • Dan kemudian terapkan pada area sekitaran mata kamu untuk menghilangkan kantung mata. Diamkan sekitar 20 menit lamanya.
  • Terapkan cara ini pada setiap harinya.

8. Lidah buaya

Berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan, gel dari lidah buaya memiliki kandungan sebanyak 18 asam amino penting didalamnya. Selain itu, kantungan senyawa antibakteri dan antioksidan juga terdapat didalam gel dari tanaman aloe vera ini.

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

Oleh sebab itu lidah buaya sangat ampun untuk menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami. Selain itu, terdapat juga nutrisi vitamin E yang mana mampu untuk memberikan peningkatan terhadap sirkulasi darah pada kulit dan membantu untuk mengatasi kantung mata bengkak.

Cara menghilangkan kantung mata dengan lidah buaya :

  • Siapkan gel dari lidah buaya, atau juga bisa dengan mengambil daging lidah buaya, lalu menghaluskannya dengan blender.
  • Setelah itu, terapkan gel lidah buaya ini pada area sekitaran kantung mata kamu disaat malam hari sebelum tidur.
  • Keesokan harinya silahkan bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.
  • Terapkan cara ini secara rutin.

9. Air garam

Jika makanan dengan kandungan garam tinggi harus kamu hindari agar kantung mata tidak semakin parah, lain halnya dengan pemanfaatan air garam. Campuran dari air hangar dengan garam justru bisa memberikan manfaat yang cukup efektif dalam menjadi cara menghilangkan kantung mata atas. Penerapan air garam ini akan membantu untuk menyerap cairan yang terkumpul disekitaran area mata kamu atau edema melalui sebuah proses bernama osmosis.

Cara menghilangkan kantung mata dengan air garam :

  • Larutkanlah garam dengan air hangat didalam sebuah mangkuk.
  • Kemudian silahkan celupkan kapas ke campuran air hangat dengan garam tadi.
  • Dan silahkan kamu oleskan pada area kantung mata, dan diamkan sekitar 15 sampai 20 menit lamanya.
  • Lakukan cara ini setiap harinya.

10. Bengkuang

Bengkuang atau juga ada orang yang menyebutnya dengan nama jicama ayau yam bean, merupakan salah satu buah yang ampuh untuk menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata akibat kurang tidur dan lainnya. Bengkuang kaya akan kandungan vitamin C dan B1, sehingga akan bermanfaat untuk menutrisi kilit wajah kamu. Selain itu bengkuang juga bisa diandalkan karena mengandung bleaching agent yang bisa membantu untuk mencerahkan kembali kulit dan mengatasi kantung mata atau mata panda.

Baca Juga : 43 Cara Menghilangkan Kutu Yang Ampuh, Mujarab, Dan Efektif Beserta Telurnya

Cara menghilangkan kantung mata dengan bengkuang :

  • Silahkan kamu parut dan haluskan bengkuang secukupnya.
  • Lalu kamu bisa mengoleskannya pada area sekitaran kantung mata, dan diamkan sekitar 15 sampai 20 menit lamanya.
  • Setelah itu silahkan bilas menggunakan air hangat dan kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
  • Terapkan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

11. Madu

Khasiat dari madu untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Madu mengandung berbagai macam senyawa yang sangat bisa diandalkan untuk meredakan berbagai peradangan karena memiliki sifat sebagai anti-inflamasi. Termasuk salah satunya sebagai cara menghilangkan kantung mata akibat menangis dan sebagainya.

Cara menghilangkan kantung mata dengan madu :

  • Siapkan madu sekitar 2 sendok makan.
  • Lalu oleskan atau aplikasikan pada area sekitaran kantung mata kamu, dan diamkan sekitar 15 menit lamanya.
  • Selanjutnya kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat lalu keringkan.

12. Minyak zaitun

Dengan cara mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada setiap bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata akut yang ampuh. Semua itu berkat kandungan asam lemak jenuh dan juga vitamin E didalamnya, yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit kamu, terutama untuk area sekitaran mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun :

  • Siapkan sekitar 2 sendok makan minyak zaitun.
  • Silahkan kamu gunakan kapas untuk mengoleskannya pada area mata panda atau kantung mata kamu secara merata.
  • Diamkan selama semalaman, dan pada keesokan harinya silahkan bilas dan bersihkan dengan air hangat.
  • Keringan dengan handuk, dan lakukan setiap harinya.

13. Air mawar

Air mawar juga bisa menjadi altenatif kamu untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata akibat bergadang secara efektif. Hal ini dikarenakan air mawar mengandung beberapa nutrisi baik, seperti flavanoid, vitamin A, dan juga C. Dimana kandungan-kandungan ini agan betindak sebagai astrigent atau senyawa yang menjadi anti peradangan, guna untuk mengatasi pembengkakan disekitaran area kantung mata.

Baca Juga : 19 Cara Mengecilkan Paha Dengan Cepat Dan Alami

Cara menghilangkan kantung mata dengan air mawar :

  • Silahkan siapkan kelopak dari bunga mawar ini secukupnya.
  • Lalu kemudian silahkan rebus dengan air selama beberap menit menggunakan api kecil hingga nantinya warna dari kelopak mawar menjadi memudar.
  • Setelah itu saring, dan kemudian terapkan pada area kantung mata kamu dengan bantuan tisu.
  • Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

14. Cuka apel

Cuka apel atau juga disebut apple cider vineger memiliki sifat sebagai detox pada kulit wajah kamu. Sekaligus memberikan efek baik untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata hitam. Selain itu kandungan vitamin enzim dan juga mineral yang ada didalam cuka apek juga akan membantu untuk mengurangi terjadinya pembengkakan dari pembuluh darah disekitaran mata, serta mengurangi cairan yang menumpuk pada area pembuluh darah tersebut.

Cara menghilangkan kantung mata dengan cuka apel :

  • Silahkan kamu larutkan sebanyak satu sendok teh cuka apel, didalam setengah gelas air.
  • Kemudian aplikasikan pada area kantung mata kamu dengan menggunakan kapas.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali didalam seharinya secara rutin.

15. Yogurt

Jika kamu termasuk orang yang gemar mengkonsumsi yogurt mungkin tak ada salahnya jika kamu menggunakan olahan susu ini untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata yang hitam. Yogurt mengandung beberapa jenis vitamin, mieral dan juga protein yang mampu untuk mengurangi pembengkakan akibat kantung mata. Sebagai olahan fermentasi susu, tentu yogurt ini kaya akan asam laktat yang bisa berguna untuk mengencangkan jaringan kulit kamu, sekaligus menghindarinya agar tidak iritasi.

Cara menghilangkan kantung mata dengan yogurt :

  • Silahkan campurkan sebanyak satu sendok yogurt dengan sedikit madu.
  • Kemudian campuran ini bisa langsung kamu aplikasi pada area sekitaran kantung mata, sekitar 15 sampai 20 menit lamanya.
  • Jika sudah, silahkan kamu cuci mungka dengan menggunakan air hangat dan keringkan segera dengan handuk.

16. Lemon

Masalah kulit mungkin sangat identik sekali dengan lemon. Berdasarkan penelitian buah lemon memiliki kandungan berbagai macam senyawa baik, salah satunya ialah vitamim C dan juga asam askorbat. Dimana kedua bahan ini cukup efektif untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata yang besar.

Baca Juga : 7 Cara Diet 8 Jam Yang Benar Dan Aman Untuk Membakar Timbunan Lemak

Cara menghilangkan kantung mata dengan lemon :

  • Siapkan 1 buah lemon dan silahkan peras airnya.
  • Selanjutnya terapkan air lemon ini pada area kantung mata kamu, dan hati-hati dalam melakukannya agar tidak terkena ke mata.
  • Diamkan sekitar 15 menit
  • Jika sudah silahkan bilas dan usap lembut menggunakan handuk hingga kering.

17. Minyak kelapa

Terdapatnya kandungan asam lemak didalam minyak kelapa terbukti ampu untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata bawah secara alami. Selain itu, kandungan baik didalam minyak kelapa juga bisa melembabkan dan menghaluskan kulit kamu, sehingga masalah seperti kantung atau lingkarang pada mata bisa disamarkan dengan cukup baik.

Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak kelapa :

  • Siapkan minyak kelapa sekitar 2 sendok makan
  • Oleskan minyak kelapa tadi, ke area sekitaran mata panda kamu hingga merata.
  • Selanjutnya keesokan harinya silahkan bersihnya dan keringkan.
  • Lakukan penerapan ini secara rutin.

18. Tomat

Didalam tomat terkandung nutrisi senyawa likopen yang kaya. Dan salah satu manfaatnya ialah bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan kantung mata berkerut yang kamu alami. Selain itu tomat juga bisa membantu untuk mengatasi pemicu dari pembengkakan pembuluh darah yang ada disekitaran kantung mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan tomat :

  • Siapkan sebanyak 1 buah tomat, dan kemudian haluskanlah tomat ini.
  • Setelah halus, oleskanlah pada area kantung mata kamu, dan diamkan sekitar 10 menit lamanya.
  • Berikutnya, kamu bisa membilasnya dengan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari.

19. Susu dingin

Susu dingin juga mengandung nutrisi vitamin A dan juga senyawa bernama retinoid yang sangat ampuh untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata dan hitam. Penerapannyapun cukup sederhana, yakni sebagai berikut :

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Perut Dengan Minum Jus Mentium Setiap Malam, Beserta Resepnya

Cara menghilangkan kantung mata dengan susu dingin :

  • Siapkan susu dingin secukupnya.
  • Setelah itu, oleskan susu dingin tadi ke sekitaran area kantung mata, dan pastikan bawah susu dingin yang sudah kamu siapkan adalah susu murni.
  • Untuk memudahkan kamu bisa menggunakan kapas untuk meratakannya.
  • Diamkan sekitar 10 menit lamanya.
  • Terapkan cara ini dua kali dalam seharinya, agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

20. Minyak almond

Bahan alami lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata bekas nangis dan akibat lainnya ialah dengan memanfaatkan minyak almond. Didalam minyak almond ini terkandung nutrisi penting seperti vitamin E, K dan nutrisi lainnya yang bisa membantu untuk mengatasi masalah kantung mata kamu.

Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak almond :

  • Siapkan minyak almond secukupnya, kemudiam terapkan minyak tadi disekitaran area kantung mata kamu.
  • Guna untuk mempermudah, gunakan kapas untuk meratakannya.
  • Terapkan cara ini pada saat malam hari sebelum tidur.
  • Dan pada keesokan harinya silahkan bersihkan dengan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin disetiap harinya.

21. Minyak witch hazel

Mungkin sebagian dari kamu akan sedikit asing dengan namanya minyak ini. Minyak witch hazel cukup bisa diharapkan dalam menjadi cara menghilangkan kantung mata bagian atas dan bawah. Minyak ini bisa kamu dapatkan di toko-toko kecantikan terdekat di tempat kamu. Caranya penerapannya sebagai berikut.

Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak witch hazel :

  • Siapkan minyak witch hazel secukupnya, kemudian letakkan dalam wadah
  • Siapkan juga bola kapas secukupnya, dan masukkan bola kapas kedalam minyak witch hazel yang sudah kamu letakkan didalam wadah
  • Diamkan selama beberapa saat, lalu ambil bola kapas dan terapakan pada area kantung mata yang menghitam.
  • Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

22. Ampas kopi

Selain bisa memanfaatkan ampas teh sebagai cara menghilangkan kantung mata bergaris yang kamu alami, kamu bisa mencobanya dengan menggunakan ampas kopi. Ampas kopi ini dipercaya memiliki nutrisi yang efektif untuk menghilangkan mata panda yang kamu alami. Berikut adalah cara penerapannya :

Baca Juga : 4 Cara Diet Air Putih Menyenangkan, Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Cara menghilangkan kantung mata dengan ampas kopi :

  • Siapkanlah ampas kopi secukupnya
  • Setelah itu, diamkan selama semalaman, dan selanjutnya kamu bisa memasukkan ampas kopi tadi pada sebuah kain tipis dan bersih.
  • Silahkan kamu melakukan pengompresan pada area sekitaran kantung mata kamu.
  • Diamkan sekitar 20 menit lamanya.
  • Dan kemudian bilas dengan air hangat.
  • Lakukan cara ini sebanyak tiga kali didalam seminggunya.

23. Air putih

Mungkin setiap orang mengetahui bahwa dia membutuhkan air setiap harinya. Air sendiri memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Salah satunya ialah untuk menjadi cara menghilangkan kantung mata besar sebelah atau kantung mata lainnya. Caranya sangatlah sederhana.

Cara menghilangkan kantung mata dengan air putih :

  • Silahkan konsumsilah air secara rutin pada setiap harinya
  • Paling tidak konsumsi air sebanyak 8 helas didalam sehari, guna untuk mencerahkan kulit dan membantu utnuk mengatasi masalah kulit. Termasuk salah satunya mata panda

24. Air bekas cucian beras

Walaupun terdengar sedikit tidak masuk akan, tapi faktanya air bekas cucian beras bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata berlebihan yang kamu alami. Banyak tata rias profesional yang mengungkapkan bahwa didalam air bekas cucian beras terkandung zat licorice, dimana bisa cukup diandalkan untuk mengatasi masalah kandung mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan air bekas cucian beras :

  • Silahkan kamu siapkan air bekas cucian beras secukupnya.
  • Selanjutnya siapkan kain keci, dan kemudian celupkan kain tersebut ke air bekas cucian beras
  • Setelah itu, kamu bisa melakukan pengompresan pada area sekitaran kantung mata.
  • Diankan sekitar 10 menit, dan kemudian bersihkan.

Cara altenatif menghilangkan kantung mata

bagaimana cara menghilangkan kantung mata dengan cepat

25. Krim retinol

Jika kamu adalah tipe orang yang suka dengan cara-cara yang praktis serta instan mungkin bisa menggunakan krim retinol sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata cekung. Krim retinol memiliki formula khusus dimana akan membantu untuk menghilangkan lingkaran gelap dan juga kantung mata yang kamu alami.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Demam Secara Alami Menggunakan Bahan Dapur

Retinol sendiri merupakan salah sati derivat dari vitamin A yang akan membantu untuk meningkatkan produksi dari kolagen didalam kulit, sehingga bisa membantu untuk menunda efek dari penuaan pada wajah kamu. Pilihlah jenis krim retinol yang sesuai dengan jenis kulitmu, dan gunakan secara sewajarnya.

26. Minyak vitamin E

Kapsul vitamin E bisa menjadi altenatif lainnya sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan cara alami. Minyak pada vitamin E biasa digunakan untuk menangani masalah kantung mata yang bengkak disekitaran mata. Caranya, adalah dengan mengeluarkan minyak dari kapsul vitamin E, dan kemudian oleskan sesaat sebelum kamu tidur. Vitamin E ini akan membantu untuk mengencangkan kulit sekitaran mata kamu, dan membuat kulit bawah matamu menjadi lebih berseri.

27. Serum EGF

Didalam sebuah penelitian yang hasilnya dimuat dalam The Journal of The Society of Translational Oncology menyebutkan bahwa, serum yang memiliki kantungn EGF didalamnya atau epidermal growth factor bisa merangsang pertumbuhan epidermis kulit, dan secara mengejutkan mampu untuk mengurangi kantu macam secara cukup signifikan. Saat ini zat EGF banyak digunakan sebagai salah satu komposisi dari krim topikal guna untuk mengatasi masalah kantung mata.

28. Eyes patch

Kamu yang tidak sempat atau tidak memiliki cukup banyak waktu bisa menerapakan cara menghilangkan kantung mata dengan cepat berikut ini, yakni dengan eyes patch. Biasanya produk ini dipasarkan dalam bentuk lembatan kecil yang menyerupai lekungan di bawah mata kamu. Dan nantinya akan direndam didalam larutan vitamin atau nutrisi baik lainnya. Dimana eyes patch ini akan membantu untuk menenangkan kulit disekitaran mata kamu.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

29. Eyes roller

Selain bisa dengan eyes patch, kamu juga bisa mengandal eyes roller sebagai salah satu cara cepat menghilangkan kantung mada dan mata panda. Alat ini memiliki bentuk seperti tongkat kecil atau seperti stik dimana ujungnya memiliki bentuk seperti bola kecil yang memiliki isi vitamin atau serum lainnya. Caranya adalah dengan melakukan pijatan dengan alat ini didaerah kulit kamu yang menghitam selama beberapa menit. Dan jangan lupa untuk memiliki eyes roller sesuai dengan jenis kulitmu.

30. Dermal fillers

Salah satu cara menghilangkan kantung mata dan keriput yang mujarab untuk kamu coba ialah dengan dermal fillers. Ini merupakan sebuah prosedur medis yang menerapkan tekni pengisian kembali cekungan bawah mata dengan menggunakan suntikan gel asam hialuronat. Senyawa ini nantinya akan menambah volume dari sel pada kulit tempat kantung mata kamu berada. Biasanya prosedur ini akan memekan waktu sekitar 15 hingga 20 menit lamanya dalam sekali suntikan.

31. Bhleparoplasty

Bhleparoplasty merupakan sebuah teknik operasin plastik yang digunakan untuk mengangkat bagian-bagian kulit yang mengendur. Serta juga untuk mengangkat bagian jaringan lemak berlebih disekitaran are pipi yang membuat mata menjadi berkantung. Teknik medis ini menggunakan sinar laser yang digunakan untuk mengangkat jaringan sel lemak di kulit sekitaran mata. Dan hasilnya sangat manjur untuk membuatmu menjadi terlihat lebih muda. Namun kamu harus menyiapkan budget sebesar $5,000 atau jika dirupiahkan sekitar Rp.70 juta.

Baca Juga : 13 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Secara Alami Dan Tanpa Efek Samping

32. Yoga facelift

Mungkin kamu akan sedikit asing mendengar istilah ini. Yoga facelift merupakan sebuah tekni senam dan juga pijakan yang dilakukan diwajah, guna untuk menguatkan dan mengencangkan area kulit wajah kamu. Terutama untuk kulit yang berada disekitaran area mata. Selain itu tekni ini juga akan bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan kantung mata atau mata panda dengan cara alami dan cara altenatif. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang sedang kamu butuhkan terima kasih atas kunjungannya dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *