cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan cepat

20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

Posted on

20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami – Seiring dengan betambahnya usia seseorang, maka dari sana bertambah pula tanda-tanda penuaan yang muncul di diri orang tersebut. Dan salah satu tandanya ialah munculnya kerutan atau keriput pada area sekitaran mata. Sayangnya, masalah kerutan ini sering kalin muncul dengan begitu cepat walaupun usia seseorang masih sangat begitu muda. Selain salah satu faktornya adalah karena usia, ternyata keriput yang muncul pada area dibawah mata ini juga bisa disebabkan oleh adanya aktivitas atau kebiasan yang buruk, dimana sering kali kebiasaan ini tidak disadari oleh banyak orang.

Misalnya saja seperti sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan merokok atau minum-minuman beralkohol atau bahkan sering terpapar sinar matahari. Selain itu, ternyata faktor keturunan juga menjadi penyebab lainnya dari masalah keriput di dbawah mata ini. Lalu langkah apa sajakah yang bisa kita lakukan guna untuk menjadi cara mengatasi kerutan dibawah mata ini ? Kali ini Yuklihat.com akan merangkumnya untuk kamu. Apa saja caranya ? Silahkan disimak dibawah ini.

Baca Juga : 10 Gejala Penyakit Jantung Usia Muda + Penyebabnya !!

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Secara Alami

menghilangkan kerutan dibawah mata dengan cepat

1. Minyak kelapa

Didalam minyak kelapa terdapat kandungan vitamin E dan juga antioksidan yang baik untuk mengurangi masala keruta di bawah mata. Kamu hanya perlu melakukan pijitan dibagian bawah mata dengan menggunakan minyak kelapa ini. Dan lakukanlah kebiasaan ini pada setiap malamnya sebelum kamu tidur. Selain itu altenatif lainnya yang bisa kamu coba ialah dengan membuat masker menggunakan campuran minyak kelapa dengan kunyit.

Silahkan masukkan sebanyak 1 sendok makan minyak kelapa dengan sejumput kunyit. Dan kemudian oleskan pada area kerutan dibawah mata, diamkan sekitar 20 menit lamanya. Lakukan kemudian cuci bersih menggumakan air biasa.

2. Mnyak zaitun

Terdapatnya kandungan vitamin C dan juga E didalam minyak zaitun ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya ialah untuk membantu dalam menghilangkan keriput yang berada disekitaran mata. Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun setiap harinya guna untuk mengatasi masalah ini, yakni dengan mengoleskannya secara langsung.

Atau dengan cara lain, yakni mencampurkan minyak zaitun dengan jus lemon. Campurkan sebanyak 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok teh jus lemon. Dan silahkan kamu oleskan pada area sekitaran bawah mata, dan diamkan sekitar 15 menit lamanya. Setelah itu cuci bersih dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini pada setiap harinya.

3. Yogurt

Kandungan asam laktar didalam yogurt bisa membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di bagian kulit wajah. Selain itu kandungan ini juga berperan dalam mengencangkan kulit kamu. Silahkan kamu jadikan penerapan yogurt ini sebagai salah satu rutinitas sehari-hari kamu, agar hasilnya semakin terlihat dengan jelas. Siapkan 1 sendok makan yogurt, madu, dan air mawar. Selanjutnya campurkan kesemua bahan ini. Dan aplikasikan pada area dibawah mata dengan memberikan sedikit pijatan lembut. Diamkan sekitar 15 menit dan bersihkan menggunakan air dingin.

Baca Juga : 15 Makanan Yang Dihindari Saat Malam Hari

4. Lidah buaya

Aloe vera memiliki kandungan vitamin E dan C didalamnya, yang mana kandungan akan sangat bermanfaat untuk menjaga agar kulit kamu tetap dalam keadaan kencang dan juga tetap dalam keadaan teridrasi. Lidah buaya ini sangat baik dalam menyehatkan dan memperbaiki sel kulit kamu sehingga akan membantu dalam mengatasi masalah kerutan di sekitaran mata. Siapkan beberapa potongan kecil daging dari lidah buaya, ambil gelnya, dan oleskan pada area bawah mata, dan diamkan sekitar 5 menit lalu kemudian cuci dengan air biasa hingga bersih.

5. Pepaya

Potongan dari buah pepaya akan membantu kamu dalam mengurangi masalah kerutan dan keriput dibawah mata. Bahan alami ini akan bekerja dengan cepat dalam mengurangi masalah tersebut. Caranya, dengan memotong kecil buah pepaya, lalu membuatnya menjadi bubur. Kemudian oleskanlah pada area kerutan, diamkan sekitar 15 menit, dan setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.

6. Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat sebagai anti-penuaan yang akan membantu dalam mengatasi garis-garis kerut yang terjadi pada area sekitaran bawah mata. Hal ini karena teh hijau kaya dengan kandungan antioksidan yang salah satu manfaatnya ialah untuk mengencangkan kulit sekitaran mata kamu. Siapkan teh hijau, lalu dinginkan. Selanutnya usapkan pada area kerutan hingga seluruh wajah. Penerapan ini juga akan membantu dalam mengatasi keriput di wajah kamu.

7. Jus lemon

Jus lemon memiliki kandungan agen yang akan berperan dalam mengencangkan kulit dibawah mata kamu. Selain itu kandungan vitamin C nya juga berperan aktif dalam menangkal radikal bebas. Siapkan jus lemon, lalu oleskan pada area bawah mata kamu. Lalu cara ini seriap harinya sebelum kamu tidur. Langkah ini akan membantu dalam menghilangkan kerutan dibawah mata karena penuaan.

Baca Juga : 10 Manfaat Tidur Bersama Bayi Bagi Mental & Fisik Untuk Ibu & Anak

8. Madu

Madu juga memiliki agen yang bermanfaatkan untuk mengencangkan kulit, serta mencerahkan kulit. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya secara langsung pada area bawah mata. Atau juga bisa dengan mencampurkannya dengan tepung beras guna untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Hal ini karena tepung beras juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa menghidrasi kulit kamu.

Silahkan campurkan sebanyak 1 sendok makan tepung beras dengan 1 sendok makan madu. Kemudian aduk hingga menjadi pasta. Silahkan oleskan pada area kerutan, dan diamkan hingga mengering. Setelah itu bersihkan dengan air biasa, dan lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

9. Pisang

Didalam pisang terdapat beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Oleh sebab itu, kamu bisa mengolah bisa menjadi masker yang akan berperan dalam mengatasi keriput atau kerutan di bawah mata. Caranya dengan melumatkan pisang sebanyak 1/4 buah, hingga teksturnya menjadi pasta. Lalu kemudian oleskan pada area kerutan sekitar 15 sampai 20 menit lamanya, setelah itu bilas dengan air hangat.

10. Putih telur

Putih telur bisa menjadi salah satu bahan yang berguna untuk mengatasi keruta di bawah mata, serta sekaligus untuk meningkatkan produksi dari kolagen di kulit kamu, guna untuk menjaga kelenturan kulit. Caranya adalah dengan membuat putih telur menjadi masker, yakni dengan mencapurkannya dengan 1 sendok teh lemon, dan juga 5 sendok teh madu. Oleskan campuran bahan-bahan ini pada area sekitaran bawah mata kamu. Diamkan sekitar 15 menit lamanya dan kemudian bilas menggunakan air bersih.

11. Mentimun

Bahan dapur ini memang terkenal dengan kandungan airnya yang begitu banyak dan tinggi. Sehingga sangat bermanfaat untuk memberikan kelembaban ke kulit. Selain itu mentimun juga bisa mengembalikan elastisitas kulit bawah mata, dan cara pemanfaatan-nya pun juga sangat sederhana. Yakni dengan memotong tipis buah mentimun yang masih segar, lalu silahkan kamu tempelkan pada area sekitaran mata. Diamakan sekitar 15-20 menit lamanya.

Baca Juga : 26 Makanan Penambah Darah Secara Alami

12. Alpukat

Selain sering dimanfaatkan untuk diet, ternyata buah alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kerutan. Caranya yaitu dengan mengambil seperlunya daging buah alpukat yang matang, hancurkan hingga benar-benar halus. Selanjutnya silahkan oleskan pada area bawah mata. Diamkan sekitar 15-20 menit agar minyak alami yang terkandung didalamnya meresap, kemudian bersihkan dengan air bersih.

13. Nanas

Rasanya yang asam memang begitu terkenal dari buah nanas. Namun ternyata selain itu, buah nanas juga bermanfaat untuk penuaan dini, serta mengatasi kerutan dibawah mata. Hal ini karena buah nanas memiliki enzim aktif yang bernama Bromelain. Dimana ini merupakan zat yang sering dimasukkan kedalam bahan farmasi guna untuk membuat kosmetik untuk anti-aging. Pemanfaatan dari nanas ini untuk kerutan dibawah mata juga sangat sederhana, yakni kamu hanya perlu menghaluskannya dan mengunakannya untuk menjadi masker. Diamkan sekitar 20 menit setelah itu, dan bersihkan dengan air biasa.

14. Susu kacang

Kedua bahan ini akan membantu dalam membangun kembali sel kulit mati, sehingga kulit kamu akan menjadi lebih sehat. Hal ini karena kandungan vitamin A dan juga B6 yang terdapat di kedua bahan ini. Sementara itu disisi lain kandungan kacang yang khususnya kacang almond memiliki nutrisi yang banyak sekali, seperti asam folat, kalsium, zinc, asam oleat, dan juga vitamin E.

Selain dengan cara mengkonsumsinya secara langsung, kamu juga bisa memperoleh manfaat dari kedua bahan ini dengan membuatnya menjadi pasta, lalu oleskan di area sekitaran wajah. Dan diamkan sekitar 20-30 menit lamanya. Lalu bersihkan dengan air hangat, dan lakukan pada setiap harinya agar manfaatkan yang didapat semakin maksimal.

Baca Juga : 11 Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Dengan Gaya Hidup Sehat

obat tradisional menghilangkan keriput dibawah mata

15. Berhenti merokok

Penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic seperti yang dilansirkan oleh wolipop.detik.com, menemukan bahwa selain karena faktor usia, merokok juga menjadi salah satu faktor terbesar untuk seseorang mengalami kerutan di wajahnya. Hal ini dikarenakan saat asap rokok mengenai kulit seseorang, maka kulit orang tersebut akan mengalami yang namanya stres oksidatif yang akan memberikan efek kerusakan pada elastin dan juga kolagen. Selain itu, merokok juga memberiken efek penyempitan pada pembuluh darah wajah, sehingga menghalangi peredaran darah, dan membuat kulit kekurangan vitamin A.

16. Beristirahat dengan cukup

Banyak orang tak menyadari bahwa disaat mereka kurang beristirahat, maka akan membuat tubuh lebih banyak memproduksi hormon stres atau kortisol. Produksi dari hormon ini yang berlebihan akan menyebabkan pecahnya jaringan dan juga sel-sel kulit orang tersebut, sehingga akan menyebabkan munculnya kerutan. Dan cara yang paling cocok untuk mengatasi masalah ini adalah dengan beristirahat dengan cukup.

17. Mengatur posisi tidur

Walaupun beristirahat dengan cukup menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah kerutan di bawah mata, namun kamu juga perlu menerapkan posisi tidur yang benar. Posisi tidur yang miring atau tengkurap ternyata bisa meninggalkan lipatan pada area mata kamu, dan pada akhirnya akan berakhir menjadi kerutan di area tersebut.

18. Menghindari kontak langsung dengan matahari

Salah satu penyebab kerutan yang tak banyak orang menyadarinya adalah kontak lanusng dengan matahari. Hal ini dikarenakan matahari memiliki sinar ultraviolet yang memberikan peningkatan terhadap resiko kerutan pada kulit. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menghindari kontak lansung dari matahari dengan mengyunakan Sunglasses jika sinar matahari sangat terik.

Baca Juga : 12 Manfaat Bermain Game Untuk Kesehatan

19. Menghindari kebiasan mengernyit

Biasanya disaat cuaca terik, kita sering kali melakukan kebiasan mengernyit. Namun ternyata sebaiknya kebiasan ini harus segera kamu hindari. Pasalnya kebiasan ini bisa memberikan masalah kerutan di bawah mata yang akan mengganggi penampilan kamu. Dan solusinya adalah dengan selalu membawa kacamata hitam.

20. Perbanyak konsumsi air putih

Memperbanyak konsumsi air putih merupakan cara sederhana namun efektif yang bisa kamu terapkan. Hal ini karena tubuh manusia tersusun dari 70% air, termasuk juga kulit. Dan tanpa adanya cairan, maka kulit tidak akan bisa bekerja dengan optimal, dan akan membuat kulit menjadi tidak sehat. Oleh sebab itu, mulai sekarang perbanyak konsumsi air putih, apalagi disaat cuaca lagi terik-teriknya.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan kerutan dibawah mata secara alami yang bisa kamu terapkan sendiri dirumah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://doktersehat*com/mengatasi-kerutan-sekitar-mata/
https://www.fimela*com/beauty-health/read/3514892/5-bahan-dapur-untuk-mengatasi-keriput-di-bawah-mata
https://www.thebodyshop*co*id/blog/cara-menghilangkan-kerutan-di-bawah-mata
https://wolipop.detik*com/makeup-and-skincare/d-4739941/9-cara-menghilangkan-kerutan-di-bawah-mata-dengan-alami
https://lifestyle.sindonews*com/read/1302962/155/8-cara-atasi-kerutan-di-bawah-mata-1525408616

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *