cara menghilangkan kutil di jari tangan

,

Ini Dia, 36 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami, Mujarab, Ampuh serta Efektif

36 Cara Menghilangkan Kutil – Kutil merupakan sebuah benjolan yang terjadi pada area sekitaran kulit seseorang. Dan untuk caranya-pun sangatlah beragam, mulai cara menghilangkan kutil dengan pasta gigi, cara menghilangkan kutil di dengan bawang putih, cara menghilangkan kutil dengan kapur sirih dan lain sebagainya. Dan biasanya kutil ini disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada kulit. Munculnya masalah kutil memiliki ciri-ciri kulit yang menebal, hal ini karena proses dari regenerasi kulit yang tidak sempurna dan berserta serangan dari infeksi oleh virus yang bernama HPV atau human papilomavirus.

Serangan dari virus yang menempel di bagian atas lapisan kulit ini akan masuk kedalam tubuh melalui perantara kulit yang sedang mengalami luka. Walaupun kutil memiliki bentuk dan ukuran yang kecil namun cukup mengganggu penampilan seseorang. Dan inilah yang menjadi alasan utama seseorang sangat ingin menghilangkan kutil, karean dianggap mengganggu penampilan walaupun tidak berbahaya.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Lalu bagaimana cara menghilangkan kutil secara alami ? Cara menghilangkan kutil di leher ? Cara menghilangkan kutil di wajah ? Cara menghilangkan kutil di ketiak ? Cara menghilangkan kutil di mata ? Serta cara menghilangkan kutil di selangkangan paha ? Berikut adalah pembahasannya. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis kutil. Berikut adalah pembahasannya.

Jenis-jenis kutil

cara menghilangkan kutil di kelopak mata

Sebagian besar dari masalah kutil memiliki bentuk yang bulat atau oval dengan permukaannya yang terperangkap pada kulit, sekaligus memiliki tekstur yang kasar. Namun selain itu juga terdapat jenis kulit lainnya, yaitu kutil yang memiliki tubuh yang masuk dan terdapat didalam kulit dengan bentuk pipih dengan permukaan yang lebih terlihat halus. Dan berikut adalah beberapa jenis kutil yang sebaiknya kamu ketahuhi.

1. Kutil biasa

Biasanya kutil jenis ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 0,1 cm hingga sampai 1 cm. Dan sering kali tumbuh pada area sekitaran lutut serta jari seseorang. Bintil paa kutil ini terasa keras dengan permukaan yang kasar.

2. Kutil periungual (kutil pada kuku)

Kutil priungual merupakan jenis kutil yang biasanya tumbuh pada area sekitaran kuku tangan hingga kaki seseorang. Dan kutil jenis ini memiliki tekstur permukaan yang terasa kasar. Dan kutil ini merupakan salah satu kutil yang cukup terasa sakit, sekaligus tumbuhnya kutil ini bisa memberikan pengaruh terhadap bentuk kuku seseorang.

3. Kutil filiformis

Jenis dari kutil ini memiliki bentuk yang lebih memanjang jika dibandingkan dengan kutil lainnya. Dan biasanya tumbuh pada area sekitaran wajah dan leher seseorang. Selain itu kutil filiformis juga sering kali muncul pada area kelopak mata.

Baca Juga : 22 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami & Efektif

4. Kutil plantar

Kutil plantar sering kali disebut sebagai “mata ikan” oleh orang-orang Indonesia. Dengan bentuk yang lebih pipuh serta memiliki warna putih sekaligus terdapatnya titik hitam di tengah dari kutil ini. Dan tempat kutil ini tumbuh ialah pada area telapak kaki atau telapak tangan.

5. Kutil pipih

Bentuk kutil yang kelima ini ialah datar dengan warna yang lebih terlihat kekuningan. Biasanya kutil pipih sering diidap oleh para anak-anak dan tumbuh pada area sekitaran telapak tangan, kaki serta wajah seseorang. Ukurannya pun mulai dari 0,2 hingga 0,4 cm.

Cara menghilangkan kutil dengan bahan alami

cara menghilangkan kutil atau mata ikan

1. Bawang putih

Didalam bawang putih terdapat senyawa yang memiliki sifat antivirus, antibiotik dan juga anti bakteri, serta kandungan alicin. Dimana kandungan-kandungan ini cukup ampuh dalam melawan virus penyebab kutil. Selain itu, bawang putih juga memiliki efek yang ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dalam melawan para virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih :

  • Siapkan 1 siung bawang putih, lalu silahkan kupas bawang tersebut.
  • Selanjutnya, kamu tinggal membelah bawang putih tadi menjadi dua bagian.
  • Dan silahkan gosokkan pada area kutil kamu.
  • Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya, dan akan lebih maksimal jika kamu melakukannya di sela-sela waktu senggang.

2. Wortel dan minyak zaitun

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A. Dan apabila wortel di kombinasikan dengan minyak zaitun, maka dipercaya bisa mengobati masalah kutil yang sedang diderita oleh seseprang. Berikut adalah pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan wortel dan minyak zaitun :

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

  • Silahkan potong wortel secukupnya.
  • Lalu silahkan parut hingga halus dan tambahkan sedikit minyak zaitun.
  • Kemudian aduk hingga merata dan membentuk seperti pasta.
  • Selanjutnya silahkan oleskan pasta tersebut secara rutin ke kutil kamu.
  • Lakukan selama 2 hingga 3 minggu, dan setelah menerapkannya, diamkan sekitar 30 menit.

3. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki manfaat serta khasiat yang cukup beragam dan banyak. Salah satunya adalah berkat kandungan minyak kastol, dimana bisa membantu untuk mengobati masalah kutil kamu. Minyak pohon teh juga memiliki sifat alami sebagai antivirus yang dapat melawan para virus penyebab kutil. Selain itu minyak pohon teh juga membantu untuk mencegah kutil berkembang menjadi kanker. Berikut adalah cara pemanfaatannya.

Cara menghilangkan kutil dengan minyak pohon teh :

  • Siapkan minyak pohon teh secukupnya.
  • Lalu ambil sedikit kapas, dan basahi kapas dengan minyak pohon teh.
  • Selanjutnya kamu tinggal mengoleskannya ke kutil kamu secara merata dan menyeluruh.
  • Berikutnya tutup kutil dengan plaster.
  • Dan lakukan penggantian plaster setiap kali kamu mengoleskan minyak pohon teh.

4. Lemon

Kandungan vitamin C yang kaya memang menjadi salah satu hal yang membuat lemon terkenal. Kandungan dari vitamin C ini merupakan salah satu antioksidan yang bisa membantu untuk melawan pada radikal bebas, virus dan juga bakteri secara alami. Selain itu, lemon juga cukup bisa diandalkan dalam mengatasi masalah kutil yang diderita oleh seseorang, hal ini berkat sifat lemon tadi, yaitu antivirus yaitu membunuh virus atau bakteri yang menjadi penyebab kutil. Tak hanya itu lemon juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan lemon :

  • Siapkan potongan lemon secukupnya.
  • Siapkan juga plester.
  • Kemudian silahkan letakkan irissan atau potongan lemon ke kutil kamu.
  • Dan silahkan tutup dengan plester.
  • Diamkan hingga air lemon mengering dan meresap ke kutil.

5. Daun kemangi

Tak hanya bisa diandalkan untuk bahan memasak saja, ternyata daun kemangi juga bisa menjadi cara menghilangkan kutil dengan cepat. Hal disebabkan karena daun kemangi memiliki kandungan dengan sifat antioksidan dan antivirus. Tentu saja seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya kedua sifat alami ini sangat bisa diandalkan untuk atasi masalah kutil dan berbagai penyakit lainnya. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan daun kemangi :

  • Siapkan daun kemangi secukupnya.
  • Lalu silahkan kamu haluskan daun kemangi tersebut.
  • Berikutnya kamu tinggal menempelkannya pada kutil.
  • Dan silahkan tutup menggunakan plester.
  • Diamkan hingga kering, lalu ganti kembali dengan daun kemangi segar secara bekala.

6. Jus nanas

Walaupun sering kali dijadikan sebagai minuman yang segar disaat cuaca panas. Ternyata jus nanas juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai cara menghilangkan kutil alami. Hal ini tak lain berkat kandungan antibiotik yang terdapat didalam buah nanas. Cara penerapannya ialah sebagai berikut.

Baca Juga : 36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Cara menghilangkan kutil dengan jus nanas :

  • Siapkan jus nanas secukupnya.
  • Selanjutnya silahkan kamu rendam kutil selama kurang lebih 1 jam.
  • Kemudian silahkan bias dengan air bersih.
  • Dan lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya guna untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Kulit pisang

Cara menghilangkan kutil di tangan atau dibagian lain selanjutnya ialah dengan memanfaatkan kulit pisang. Kulit pisang mengandung bahan-bahan alami yang bisa memberikan efek yang cukup mujarab dalam mengatasi masalah kutil. Pengolahannya ialah sebagai berikut ini.

Cara menghilangkan kutil dengan kulit pisang :

  • Ambillah kulit pisang yang bagian dalam, dengan cara mengerokkan.
  • Selanjutnya kamu tinggal menghaluskannya dengan cara menumbul atau memblendernya.
  • Kemudian sesudah halus dan menjadi seperti pasta, mala kamu tinggal mengoleskan ke area kutil berada.
  • Diamkan disana hingga kering, lalu kemudian bilas.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya hingga kutil menghilang.

8. Lidah buaya

Tak hanya sering dimanfaatkan untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat lain yang cukup ampuh, yakni untuk menghilangkan kutil yang terdapat di kulit. Lidah buaya memiliki senyawa-senyawa yang memiliki sifat sebagai antiinflamasi. Dimana sifat ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kutil di leher. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan lidah buaya :

  • Siapkan daun lidah buaya secukupnya, dan kemudian potong menjadi 2 bagian.
  • Selanjutnya ambilkan gel dari daun lidah buaya yang sudah kamu potong tadi.
  • Siapkan kapas yang bersih, guna untuk mengambil gel tadi. Berikutnya kamu tinggal menerapkannya pada area tempat dimana kutil kamu berada.
  • Berikutnya kamu tinggal membalutnya dengan perban guna untuk menahan kapas agar tidak lepas, atau juga bisa penggunakan plester.
  • Diamkan hingga gel nya mengering.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya sebanyak 2x sehari.

9. Minyak jarak

Biasanya minyak jarak sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam kelainan yang terdapat pada kulit, dan termasuk juga untuk masalah kutil pada kulit. Hal ini berkat kandungan senyawa bernama asam risinoleat yang bisa menjadi antibakteri dan juga antiinflamasi dalam mengatasi kutil. Dan minyak jarak bisa menjadi cara menghilangkan kutil di wajah. Berikut adalah cara pengolahannya. Silahkan disimak.

Cara menghilangkan kutil dengan minyak jarak :

  • Siapkan minyak jarak secukupnya. Lalu kemudian silahkan kamu oleskan ke kutil secara merata dan menyeluruh.
  • Lakukan cara ini sebanyak beberapa kali dalam seharinya.
  • Sebagai pelengkap, lakukan juga perawatan disaat sebelum tidur, dengan cara merendam bola-bola kapas ke dalam minyak jarak.
  • Lalu kemudian tempelkan ke kutil kamu, dan silahkan gunakan perban untuk membuat bola-bola minyak jarak bisa menempel dengan sempurna.
  • Diamkan selama semalaman, lalu keesokan harinya, silahkan bersihkan kutil yang sudah ditempelkan dengan bola-bola kapas yang menyerap minyak jarak tadi dengan air hangat.
  • Selanjutnya silahkan usapkan dengan batu apung, agar kulit mati bisa menghilang.
  • Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

10. Minyak oregano

Minyak ini berasal dari sebuah tanaman bernama oregano. Minyak oregano merupakan pilihan lain dalam menjadi cara menghilangkan kutil di kaki atau di tempat lain. Hal karena, minyak oregano memiliki beberapa senyawa yang memiliki sifat sebagai antioksidan, anti-inflamasi, antijamur, antivirus, antisepti serta penghilang rasa sakit. Namun bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, disaat menerapkan minyak ini akan merasakan sensasi terbakar serta menyebabkan kulit menjadi iritasi. Akan tetapi karena efek dari minyak ini yang cukup mujarab, maka pemilihan minyak oregani layak untuk dipertimbangkan. Berikut adalah cara pengolahannya.

Baca Juga : 37 Cara Menghilang Jerawat Secara Alami, Efektif Dan Mujarab

Cara menghilangkan kutil dengan minyak oregano :

  • Siapkan minyak oregano dan minyak zaitun secukupnya.
  • Silahkan campurkan kedua jenis minyak ini, lalu silahkan kamu oleskan secara merata ketempat dimana kutil kamu berada.
  • Guna untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, silahkan balut atau tutupi dengan perban.
  • Dan lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seharinya.

11. Daun kemangi

Daun kemangi terkenal berkat baunya yang harum dan sering dijadikan sebagai salah satu bahan dalam masakan. Selain itu, dengan memasukkan daun kemangi kedalam masakan, masakan akan semakin terasa nikmat dan lezat. Namun ternyata selain itu, daun kemana juga ampuh dalam menjadi cara menghilangkan kutil kelamin serta bagian lainnya. Dan lagi-lagi semua ini karena sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan juga antivirus didalamnya. Karena beberapa sifat tersebut mampu untuk menghilangkan masalah kutil dengan efektif. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan daun kemangi :

  • Siapkan sebanyak beberapa lembar daun kemangi yang masih segar.
  • Lalu kemudian silahkan tumbuk hingga halus.
  • Selanjutnya silahkan kamu oleskan atau tempelkan pada kulit tempat dimana kutil berada.
  • Berikutnya silahkan tutupi dengan perban, dan diamkan sekitar 20 sampai 30 menit.
  • Setelah itu, ssilahkan bersihkan dengan air hangat, dan lakukan penerapan ini sebanyak 2x dalam sehari.

12. Madu

Kandungan sifat antivirus dan juga antibakteri yang terdapat didalam madu bisa menjadi cara menghilangkan kutil di ketiak. Selain itu, madu juga bisa dijadikan sebagai “terapi oklusi: yang berarti bisa menghilangkan oksigen didaerah sekitaran kutil lalu membasminya. Ini ampir mirip dengan selotip, namun lebih mudah untuk dilepas. Berikut adalah cara penerannya.

Cara menghilangkan kutil dengan madu :

  • Siapkan madu sebanyak 1 sendok teh madu, perban, serta batu apung secukupnya.
  • Kemudian oleskan madu ke area disekitaran kutil.
  • Dan tutupi dengan perban secar rapat.
  • Selanjutnya diamkan selama 24 jam, dan kemudian gunakan batu apung untuk menghilangkan sel kulit mati.
  • Lakukan cara ini pada setiap harinya hingga kutil kamu hilang.

13. Air panas dan batu apung

Cara menghilangkan kutil di jari tangan lainnya ialah dengan memanfaatkan air panas dan batu apung. Kolaborasi kedua bahan ini bisa membantu untuk menghilangkan kutil dengan cepat, namun memiliki efek samping. Yaitu rasanya akan perih dan pedih. Berikut adalah cara penerapannya.

Cara menghilangkan kutil dengan air panas dan batu apung :

  • Silahkan rendam kulit kamu yang terkena kutil didalam air panas yang sudah hangat.
  • Diamkan hingga kutil menjadi pucat dan melunak.
  • Selanjutnya silahkan gosok dengan sebuah batu apung yang kasar, hingga nantinya kutil menjadi mengelupas.
  • Lakukan cara ini hingga kutil hilang dan rata dengan kutil yang ada disekitarnya.
  • Setelah itu celupkan cotton bud kedalam larutan pemutih, dan silahkan tempelkan ke bekas kutilmu. Diamkan sekitar 15 menit lamanya.
  • Setelah 15 menit, silahkan cuci disekitaran area kutil tersebut hingga benar-benar bersih.

14. Kulit jeruk

Cara menghilangkan kutil secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Hal ini dikarenakan jeruk memiliki sifat antioksidan, antivirus dan antibakteri. Dimana akan membantu untuk menghilangkan kutil secara alami dan cukup ampuh. Berikut adalah caranya, silahkan disimak.

Baca Juga : Tidak Selalu Jantung ! Yuk Kenali, 7 Penyebab Nyeri Dada Yang Kamu Alami

Cara menghilangkan kutil dengan kulit jeruk :

  • Silahkan belah kulit jeruk atau kulit lemon dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari kutil.
  • Kemudian tempelkan pada area tempat dimana kutil berada.
  • Selanjutnya tutuplah dengan plester luka atau perban.
  • Diamkan hingga mengering, dan lakukan cara ini secara rutin setiap harinya hingga kutil hilang.

15. Bawang merah

Salah satu manfaat lain dari bawang merah untuk mengatasi masalah kutil yang mengganggu. Bawang merah sendiri memiliki beberapa sifat yang bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati, dan membunuh virus atau bakteri penyebab kutil muncul. Berikut adalah cara pengolahan yang bisa kamu lakukan :

Cara menghilangkan kulit dengan bawang merah :

  • Siapkan bawang merah secukupnya, lalu silahkan haluskan.
  • Setelah itu tempelkan pada area sekitaran kutil berada.
  • Dan kemudian silahkan tutupi dengan perban atau plaster.
  • Diamkan hingga kering.
  • Dan lakukan secara rutin pada setiap harinya.

Cara menghilangkan kutil dengan bahan dapur

cara menghilangkan kutil besar

16. Cuka apel

Cuka apel sering kali dijadikan sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan, baik itu untuk wajah, rambut ataupun kulit. Namun selain itu, cuka apel juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kutil yang terdapat di kulit. Semua itu berkat beberapa kandungan dari berbagai zat aktif yang terdapat didalam cuka, yang bisa melawan virus penyebab kutil. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan cuka apel :

  • Siapkan cuka apel secukupnya dan juga bola kapas.
  • Selanjutnya celupkan bola kapas kedalam cuka apel.
  • Lalu silahkan oleskan ke tempat dimana kutil berada.
  • Rekatkan dengan plaster atau perban.
  • Dan tunggu hingga kering, hingga kutil sembuh.

17. Kapur sirih

Selain cuka apel, kapur sirih juga menjadi salah satu bahan dapur yang bisa membasmi kutil. Kapur sirih akan membantu untuk secara cepat meluturkan sel kulit mati dan membunuh virus penyebab kutil. Pengolahannya adalah sebagai berikut.

Cara menghilangkan kutil dengan kapur sirih :

  • Siapkan kapur sirih secukupnya, beserta deterjen.
  • Campurkan kedua bahan ini, dan silahkan ratakan di tempat kutil.
  • Diamkan selama kurang lebih 2 jam, dan silahkan bilas.
  • Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya, agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

18. Baking powder

Baking powder memiliki kandungan senyawa mineral yang bisa membantu untuk mempercepat proses dari pengelupasan kulit. Sehingga bahan dapur ini bisa cukup diandalkan untuk atasi kutil. Agar manfaatnya semakin maksimal, kamu bisa mencampurkannya dengan minyak kastor. Berikut adalah cara pengolahannya.

Baca Juga : Lakukan 6 Gerakan Sederhana Ini !! Agar Tubuhmu Tetap Bugar Saat “Ngantor”

Cara menghilangkan kutil dengan baking powder :

  • Siapkan sebanyak 1 sendok baking powder, dan juga 1 sendok minyak kastor.
  • Selanjurnya kamu bisa mencapurkan kedua bahan ini secara merata dan menjadi seperti pasta.
  • Berikutnya silahkan oleskan pada kutil, dan tutupi dengan plester.
  • Diamkan selama seharian, dan pada keesokan harinya silahkan buka plester dan bilas hingga bersih.

19. Pasta gigi

Selain biasa digunakan untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga memiliki manfaat lain yang cukup jarang diketahui. Yaitu bisa dimanfaatkan untuk obat penghilang kutil. Hal ini karena pasta gigi mengandung sebuah senyawa bernama asam salisilat, dimana memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan kutil. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan pasta gigi :

  • Siapkan pasta gigi secukupnya.
  • Selanjutnya silahkan oleskan pasta gigi ke kutil secara merata dan menyeluruh.
  • Diamkan olesan tersebut selama semalaman dan mengering.
  • Dan pada keesokan harinya, silahkan cuci hingga bersih.
  • Dan silahkan ulangi cara ini hingga kutil benar-benar hilang.

20. Baking soda

Tentunya sebagian dari kita sudah mengenal betul bahan yang satu ini. Bahan dapur ini ternyata juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Yaitu salah satunya untuk menjadi salah satu solusi untuk atasi kutil secara mudah. Hal ini disebabkan karena baking sodang memiliki kandungan sifat anti-inflmasi didalamnya beserta antiseptik yang dapat memerangi virus kutil. Berikut adalah cara penerapannya.

Cara menghilangkan kutil dengan baking soda :

  • Siapkan sebanyak 1 sendol makan baking soda, beserta 1 sendok makan cuka putih.
  • Setelah itu silahkan campurkan kedua bahan tersebut secara merata, hingga membentuk seperti pasta.
  • Setelah tercampur, silahkan oleskan pada kutil kamu, sebanyak 2 kali dalam sehari. Yakni pada pagi dan juga malam hari.

21. Garam

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan garam. Kandyngan bernama abrasif yang terdapat didalam garam bisa membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kutil. Dengan begitu kamu bisa berangsung-angsur menghilangkan kutil yang mengganggu penampilan tersebut. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menghilangkan kutil dengan garam :

  • Siapkan sebuah baskom, lalu silahkan masukkan air panas dan tambahkan garam secukupnya.
  • Aduk, lalu tunggu hingga air panas tadi menjadi lebih mendingan (hangat-hangat kuku) agar kaki/tangan kamu bisa masuk.
  • Silahkan rendam kaki kamu didalamnya selama 15 menit.
  • Dan silahkan ambil batu apung, dan gosokkan secara perlahan pada bagian kutil, hingga kulit kutil perlahan-lahan mengelupas. Dan cara ini sedikit terasa pedih.
  • Selanjutnya tekan kulit dengan kapas selama 10 menit lamanya, dan silahkan cuci bersih.
  • Berikutnya kamu tinggal plester guna untuk menutup kulit tadi, dan ganti secara rutin plester hingga kutil menghilang.

Cara menghilangkan kutil dengan vitamin

cara menghilangkan kutil biasa

22. Vitamin E

Hampir sama dengan vitamin C, vitamin E juga memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan kutil. itu semua karena beberapa sifat baik didalamnya. Seperti antioksidan yang mampu untuk melawan radikal bebas, dan virus. Sehingga virus penyebab kutil bisa mati. Kamu bisa mendapatkan vitamin E dengan lebih praktis dengan cara membeli tablet atau kapsulnya di apotek. Dan berikut adalah cara penerapannya untuk kutil.

Baca Juga : Jangan Remehkan, 5 Biji-Bijian Ini “Mujarab” Untuk Jaga Kesehatan Jantungmu !

Cara menghilangkan kutil dengan vitamin E :

  • Siapkan tablet atau kapsul vitamin E.
  • Dan kemudian tambahkan dengan sedikit air hangat.
  • Silahkan aduk, dan membentuk pasta.
  • Lalu, silahkan ratakan ke area kutil, dan tutupi dengan plester selama 12 jam lamanya.
  • Setelah itu, pada malam harinya silahkan buka dan biarkan terpapar udara.

23. Vitamin B12 dan suplemen folat

Kurangan kandungan vitamin B12 dan folat sangat berkatan erat dengan masalah kulit, salah satunya kutil. Karena tubuh akan lebih cenderung terserang kutil akibat kekurangan dua nutrisi ini. Oleh sebab lakukanlah langsung untuk menambah asupan folat dan vitamin B12 di setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan kedua nutrisi penting ini dari bahan-bahan seperti berikut. (ikan tuna, ikan salmon, sarden, kepiting, kerang, sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, kuning telur, sayur-sayuran hijau, hati hewan, dll).

24. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang cukup mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, vitamin C sendiri memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan cara merontokkan kutil dengan mudah. Namun untuk mendapatkan vitamin C ini kamu tidak perlu mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang memiliki kandungan vitamin C tingg. Kamu bisa dengan praktis mendapatkannya dengan cara membeli tablet vitamin C atau kapsulnya. Dan berikut adalah penerannya untuk mengatasi kutil silahkan disimak.

Cara menghilangkan kutil dengan vitamin C :

  • Siapkan tablet vitamin C, kemudian silahkan ancurkan dengan cara menumbuknya atau dengan mencampurkan dengan sedikit air.
  • Setelah halus dan menjadi pasta, silahkan oleskan ke area kutil secara merata.
  • Lalu silahkan tutupi dengan plaster atau perban.
  • Lakukan perawatan ini di pagi hari, dan buka disaat malam hari.
  • Namun jangan langsung dibersihkan, diamkan saja terbuka.
  • Setelah keesokan harinya, silahkan bersihkan dengan air hangat.

Cara altenatif menghilangkan kutil

cara menghilangkan kutil bawah mata

25. Perekat

Perekat atau juga sering disebut dengan nama solasi merupakan sebuah bahan yang sering digunakan untuk merekatkan sesuatu. Namun selain fungsi itu, alat ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutil. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara menghilangkan kutil dengan perekat :

  • Siapkan perekat atau solasi.
  • Dan silahkan kamu rekatkan ke area kutil secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 minggu lamanya.
  • Kemudian setelah itu, silahkan rendam dengan air hangat, dan lepaskan perekat dari kutil.
  • Disaat merendam gosok-gosok dengan batu apung, dan lakukan hingga kutil menghilang.

26. Air panas

Air panas merupakan cara menghilangkan kutil yang paling mudah didapatkan. Cara kerjanya sendiri ialah, air panas akan melelahkan akar-akar dari kutil dan membuatnya mudah terlepas dari kulit. Cara penerannya sangatlah mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu merendam bagian yang terkena lit ke air panas selama beberapa menit secara teratur pada setiap harinya. Namun pastikan hanya area kutil saja yang terendam air panas, karena jika tidak area lain yang terendam akan menimbukkan iritasi.

Baca Juga : Mengejutkan ! Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menjadi ‘Racun’ Saat Dimasak !

27. Asam salisilat

Salah satu cara untuk menghilangkan kutil yang bisa kamu coba ialah dengan melakukan perawat menggunakan asam salisilat. Namun sebelum melakukannya, silahkan kamu rendam kutil didalam air selama 15 menit. Dan setelah itu, silahkan kompres dengan kandungan asam salisilat didalamnya. Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

28. Teknik pembekuan

Teknik pembekuan merupakan salah satu cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi kutil dengan cepat. Caranya adalah dengan memberikan semprotan konsentrat udara dingin ke bagian kutil berada. Metode ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan kutil dengan cepat, namun tidak semua jenis kutil bisa hilang dengan metode ini.

29. Cantharidin

Cantharidin adalah cara lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutil dengan cepat. Karena cantharidi merupakan bahan kimia yang memiliki efek membakar pada kutil. Walaupun disaat penerannya akan menimbulkan rasa sakit, namun hasilnya bisa dilihat. Biasa dokter akan mengoleskan cantharidin secara langsung ke kutil, lalu membalutnya dengan perban ke bagian yang diolesi. Dan pada keesokan harinya tinggal buka perbannya. Namun ingat, cara ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli yaitu dokter.

30. Nitrogen cair

Dokter juga biasa memberikan nitrogen cair atau bahasa kerennya cryotherapy, guna untuk membekukan kutil, sehingga lebih mudah menghilangkannya. Penerannya sendiri akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, namun hasil yang didapatkan sangatlah efektif.

Baca Juga : Jangan Abaikan, 9 Jenis Rasa Sakit Ini Bisa Mengindikasikan Ada Masalah Serius Di Tubuhmu !

31. Metode pembakaran atau laser

Metode medis lainnya yang sering digunakan oleh dokter untuk menghilangkan kutil ialah dengan melakukan prosedur pembakaran atau laser. Metode ini nantinya akan memberikan efek rasa sakit, sekaligus meningkatkan bekas luka, sehingga hanya dokter yang sebaiknya menerapkan cara ini. Namun pengobatan ini cukup efektif dalam menghilangkan kutil.

32. Perawatan imunoterapi

Ada kemungkinan dokter akan menerapkan cara yang satu ini. Yaitu perawatan imunoterapi. Dimana petode ini akan memperkuat pertahanan tubuh dari serangan kutil, guna untuk membasmi virus kulit.

33. Salep veregen

Biasanya jenis pengobatan kulit ini sering kali digunakan untuk mengobati masalah kutil dengan jenis kutil kelamin atau beberapa jenis kutil lainnya. Dan cukup dapat diharapkan manfaatnya, karena dokter langsung yang menyarankan.

34. Imiquimod

Cara lain untuk menghilangkan kutil ialah dengan menggunakan krim topikal. Dimana krim ini bisa bermanfaat utnuk mengatasi beberapa jenis kutil dan kanker kulit. krim ini bekerja dengan cara memberikan rangsangan agar merespon kekebalan tubuh. Namun konsultasikanlah kedokter jika ingin menerapkan cara ini, agar hasilnya semakin maksimal.

Baca Juga : Sering Sakit Kepala Di Saat Hamil ? Yuk Kenali Alasannya

35. Aspirin

Kamu tinggal menyiapkan beberapa butir dari aspirin. Lalu selanjutnya silahkan kamu hancurkan dan tambahkan beberapa tetes air. Setelah menjadi pasta, maka silahkan tempelkan pada kulit kamu, dan kemudian tutup dengan plester luka. Diamkan selama semalaman.

36. Betadine

Betadine sering juga disebut dengan yodium, yang bisa membantu untuk atasi kutil. Caranya tinggal oleskan ke area kutil, lalu tutup dengan perban dan diamkan selama 1 hingga 2 hari lamanya.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan kutil secara alami yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *