cara mengobati alergi dingin dan debu secara alami

13 Cara Mengobati Alergi Dingin Dan Debu Secara Alami & Penyebab Serta Gajalanya !

Posted on

13 Cara Mengobati Alergi Dingin Dan Debu Secara AlamiAlergi merupakan sebuah reaksi yang dikeluarkan oleh tubuh manusia terhadap barang-barang atau lingkungan yang dianggap asing atau berbahaya. Masalah alergi ini cukup banyak macamnya dan beragam. Biasanya para dokter akan melakukan diagnosis dalam menemukan sumber masalah alergi yang dialami oleh seseorang. Mulai dari melakukan variasi tes guna mendiagnosais kondisi alergi seseorang, jika hal ini sudah dilakukan maka selanjutnya adalah mencocokkan dengan riwayat pasien.

Karena walaupun ditemukan hasil positif bukan berarti alergi tersebut pasti terjadi terhadap pasien.Tes-test ini meliputi peletakan alergen-alergen pada kulit si pasien dan melihat reaksi yang terjadi apakah ada pembengkakan atau tidak lalu selanjutnya juga bisa dengan melakukan tes darah guna untuk menemukan IgE spesifik alergen.

Baca Juga : Cara Mengobati Vertigo Dengan Jahe & Manfaat Jahe Untuk Vertigo

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati alergi dingin dan debu secara alami, sekaligus beserta penyebab dan gejala dari alergi debu serta alergi dingin ini. Seperti apa pembahasannya ? Silahkan disimak berikut ini. Yuk Lihat !!

Penyebab alergi

obat alami batuk alergi debu

Penyebab alergi debu

Seperti namanya alergi debu, alergi ini disebabkan oleh debu. Disaat seseorang yang memiliki alergi debu menghirup udara yang mana bercampur dengan alergen atau zat pemicu alergi yang dalam kasus ini adalah debu atau tungau, maka sistem kekebalan tubuhnya akan memproduksi sebuah reaksi kekebalan terhadap zat tersebut, yang mana pada umumnya tidak berbahaya. Respon dari imun yang berlebihan inilah yang memberikan efek hidung meler atau bersin-bersin

Penyebab alergi dingin

Reaksi dari alergi dingin ini terjadi disaat pelepasan histamin serta zat kimia lainnya kedalam aliran darah yang dipicu oleh adanya cuaca dingin. Beberapa hal yang diduga menjadi penyebab dari alergi dingin ini ialah faktor genetik yaitu memiliki kulit yang lebih sensitif, virus serta penyakit-penyakit tertentu. Namun untuk penyebab pasti dari alergi ini masih belum diketahui.

Gejala alergi

obat alergi debu di apotik

Gejala alergi debu

Alergi debu biasanya memberikan gejala seperti

Baca Juga : 14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Serta Penyebab & Apakah Normal ?

  • Bersih
  • Hidung yang berair
  • Hidung tersumbat
  • Mata yang gatal serta merah
  • Nyeri pada wajah
  • Batuk
  • Kulit dibawah mata menjadi berwana kebiruan dan mata bengkak
  • Gatal pada area hidung,tenggorokan serta langit-langit mulut

Gejala dari alergi debu ini bisa ringan dan bisa berat. alergi debu ringan biasanya si penderita akan merasakan bersin-bersin, mata berair serta pilek. Sedangkamn untuk yang berat si penderita akan mengalami bersin secara terus-menerus, hidung yang tersumbat, batuk, sesak napas hingga serangan asma berat.

Gejala alergi dingin

Gejala dari alergi dingin ini biasanya akan muncul disaat kulit terpaparkan air dingin atau cuaca yang dingin dengan suhu dibawah 4 derajat celsius. Namun kondisi yang berangin juga beresiko menimbulkan masalah ini. Beberapa gejalanya yaitu,

  • kulit berwarna kemerahan,
  • bibir serta tenggorokan yang terasa bengkak disaat mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin
  • Munculnya bilur yang terasa begitu gatal pada area kulit yang terpaparkan oleh udara dingin
  • Tangan yang terasa bengkak disaat memegang benda dingin.

Cara mengobati alergi dingin dan debu secara alami

Alergi memang membuat si penderitanya menjadi tidak nyaman akan kondisi tersebut, namun sebelum kamu memilih cara ilmiah dan menggunakan obat ilmiah, tidak ada salahnya kamu menerapkan Cara mengobati alergi dingin dan debu secara alami terlebih dahulu. Yuk Lihat !!

Cara mengobati alergi debu secara alami

obat gatal karena alergi debu

1. Bawang putih

Kandungan antibiotik alami didalam bawang putih ternyata bisa menjadi obat alami batuk alergi debu. Oleh sebab itu manfaat bawang putih ini sangat baik untuk atasi alergi. Selain itu sifat antivirusnya juga berperan disini. Dimana penerapannya sangatlah sederhana untuk kamu lakukan dirumah. Cukup siapnya sebanyak 3-4 siung bawang putih lalu kunyak dan makanan. Atau kamu juga bisa mencampurkannya dengan madu. Dapatkan manfaat bawang putih ini secara rutin setiap harinya dengan mengkonsumsi.

Baca Juga : 15 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan, Serta Harga & Cara Memasaknya

2. Jahe

Selain biasa digunakan sebagai obat alami, ternyata manfaat jahe juga ampuh untuk menggantikan obat alergi debu di apotik. Dengan sifat antihistamin serta dekongestan sangatlah bisa diandalkan disini. Kamu cukup mengiris jahe dan menambahkannya kedalam teh. Konsumsilah ramuan ini secara rutin untuk atasi alergi kamu.

3. Teh hijau

Teh hijau bisa bermanfaat sebagai obat gatal karena alergi debu yang alami. Kamu cukup menyediakan sekantung teh hijau lalu menyeduhnya. Selain bisa membantu mengatasi gatal alergi, teh hijau juga meredakan peradangan di saluran pernapasan. Selain dengan mengkonsumsinya, ampas teh hijau juga bisa kamu andalkan untuk mengatasi kulit memerah akibat alergi.

4. Madu murni

Madu sudah tidak perlu diragukan lagi tentang khasiatnya untuk kesehatan. Salah satunya sebagai cara mengatasi alergi debu pada anak dan orang dewasa. Cukup dengan meminum 1 sendok makan madu setiap harinya maka kamu sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Bersin-bersin serta gejala alergi lainnya juga bisa teratasi.

Baca Juga : 9 Cara Mencegah Stunting Pada Balita Serta Penyebab & Resikonya

5. Cuka sari apel

Dalam mengatasi alergi debu kamu bisa mencoba bahan alami dari cuka sari apel. Cuka apel bermanfaat sebagai pengganti obat batuk alergi debu di apotik serta mampu untuk mengatasi bersin-bersin dan hidung berair. Hal ini karena kandungan bai didalamnya. Selain itu metabolisme tubuh kita akan semakin baik sekaligus membantu dalam melancarkan pencernaan. Campurkanlah cuka sari apel dengan segelas air dan konsumsi sebanyak 3x dalam sehari.

6. Wasabi

Selanjutnya untuk cara mengobati alergi dingin dan debu secara alami adalah dengan menggunakan tanaman wasabi. Di Jepang sana wasabi menjadi hidangan makanan khas jepang yang melengkapi sushi. Namun selain itu wasabi juga memiliki khasiat untuk pengobatan. Salah satunya untuk atas alergi debu. Hal ini dikarenakan wasabi memiliki kandungan alil isothiocyanate yakni senyawa yang menjadi perangsang aliran lendir.

7. Teh pepparmint

Teh pepparmint memiliki sifat sebagai anti inflamasi serta anti bakteri yang membantu dalam meringankan serta menyembuhkan gejala alergi debu. Kamu bisa mengambil segenggam daun pepparmint lalu merebusnya. Tunggu 10 menit, saring lalu minumlah airnya.

8. Uap

Uap bisa menjadi solusi atasi alergi debu selanjutnya. Siapkan sebanyak 250 ml air panas didalam mangkuk atau baskom. Lalu silahkan hirup uap tersebut. Uap ini akan mengatasi hidung tersumbat akibat pilek, sekaligus meringankan alergi kamu.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Secara Alami & Obat Apotik

9. Minyak samin

Minyak samin atau disebut juga ghee merupakan salah satu bahan yang dapat menjadi cara mengobati alergi dingin dan debu secara alami. Yakni dengan meredakan intensitas bersin. Caranya adalah dengan mengisap sebanyak 1/4 sendok teh dari minyak samin ini. Maka nantinya rongga hidung akan terasa hangat dan bersih akan mulai berkurang. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan ke kulit yang ruam kemerahan atau gatal-gatal akibat alergi.

10. Konsumsi makanan dengan kandungan Quarcetin

Quarcetin sendiri merupakan senyawa flavanoid yang bisa kamu temukan pada beberapa jenis sayuran dan buah yang bisa mengendalikan serangan alergi debu secara baik. Beberapa jenis sayuran dan buah yang mengandung zat ini adalah tomat, apel, anggur merah, bawang, jeruk, serta brokoli. Selain itu senyawa ini juga mampu untuk melawan alergi debu pada kulit.

Cara mengobati alergi dingin secara alami

obat alergi debu dan hawa dingin

11. Buat tubuh tetap hangat

Cara mengatasi alergi dingin pertama yaitu dengan menerapkan cara ini. Buatlah tubuhmu selalu dalam kondisi hangat agar alergi tidak semakin buruk. Disaat memasuki cuaca dingin atau munsim hujan, maka pastikanlah kamu selalu menyediakan baju hangat/jaket, selimut serta kaus kaki. Setelah selesai bekerja atau pulang kerja maka selimuti tubuhmu dengan selimut agar kamu tetap dalam kondisi hangat.

12. Hindari pemicunya

Alergi dingin pastinya memiliki pemicunya, yaitu cuaca dingin, namun terkadang kamu yang sering bekerja diruangan yang ber-AC, sering berenang atau bahkan mandi-pun juga bisa menjadi pemicu alargi dingin. Usaha untuk menghentikan aktivitas yang bisa memicu alergi ini.

Baca Juga : 23 Cara Mengatasi Rambut Lepek Dan Bau & Mengapa Rambut Cepat Bau ? Padahal Sering Keramas !

13. Manfaatkan bahan-bahan alami

Selain menerapkan cara diatas, hal yang bisa menjadi obat alergi debu dan hawa dingin selanjutnya adalah memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini :

  • Minyak jarak (Mengoleskan hidung dan kulit)
  • Bawang putih (Mengolah dan mengkonsumsi)
  • Bawang merah (Mengolah dan mengkonsumsi)
  • Air kelapa muda (Mengkonsumsi)
  • Kayu manis (Mengolah dan mengkonsumsi)
  • Jahe (Mengkonsumsi)
  • Madu (Mengkonsumsi)
  • Cuka sari apel (Mengkonsumsi)
  • Oatmeal (Mengkonsumsi)
  • Jeruk nipis (Mengkonsumsi)
  • Wasabi (Mengolah dan mengkonsumsi)
  • Teh hijau (Mengkonsumsi)
  • Teh peppermint (mengkonsumsi)
  • Teh kamomil (Mengkonsumsi)
  • Minyak almond (Mengoleskan hidung dan kulit)

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai cara mengobati alergi dingin dan debu secara alami sekaligus mengenai penyebab dan gejala dari kedua jenis alergi ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengatasi-alergi-dingin/
https://halosehat*com/penyakit/alergi/obat-alergi-dingin
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/6-obat-alergi-debu-dan-mencegah-kambuh/
https://www.alodokter*com/komunitas/topic/obat-alergi-dingin-dan-debu
https://halosehat*com/penyakit/alergi/obat-alergi-debu
https://www.republika*co*id/berita/konsultasi/dokter-kita/12/06/07/m58q9y-alergi-hidung-ini-dia-tips-untuk-menghindari-debu
https://doktersehat*com/apa-dan-bagaimana-mengatasi-alergi/
https://bacaanku*com/menangani-alergi-debu
https://www.klikdokter*com/tanya-dokter/read/2742740/alergi-dingin-dan-debu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *