obat batu ginjal yang sudah besar

14 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami & Tradisional + (Penyebab & Gejala)

Posted on

14 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami – Batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak diketahui oleh orang-orang. Sebenarnya apa itu batu ginjal dan penyebabnya ? Seperti apa gejala batu ginjal ? Dan Bagaimana cara mengatasi dan mencegah penyakit batu ginjal ? Hingga penyakit batu ginjal obatnya apa ? atau cara mengobati batu ginjal seperti apa ? Semua pertanyaan-pertanyaan ini akan kita bahas pada artikel kali ini. Seperti apa pembahasannya ? Yuk Lihat !!

Wikipedia.org, menyebutkan bahwa batu ginjal adalah batu-batu utine atau piala ginjal. Disisi lain seperti yang dilansir dari laman alodokter.com, batu ginjal atau nama lainnya nefrolitiasis adalah sebuah pembentukan materi keras yang mirip dengan batu, dimana semua itu berasal dari mineral dan garam didalam organ ginjal kita. Batu ginjal ini akan terbentuk sepanjang saluran urine dari ginjal atau ureter, kandung kemih, serta ureter. Materi keras yang disebut batu ginal ini terbuat dari limbah dalam darah yang kemudian membentuk kristal dan pada akhirnya menumpuk di ginjal. Seiring dengan berjalnnya waktu, materi tersebut semakin lama akan semakin keras dan pada akhirnya menyerupai batu.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami & Medis + (Gejala, Penyebab, Komplikasi)

Apa penyebab batu ginjal ?

Penyebab batu ginjal atau kencing batu bisa terjadi karena adanya urine atau air kencing yang memiliki kandungan bahan kimia yang terlalu banyak. Bahan kimia ini diantaranya, asam urat, kalsium, struvite(campuan magnesium, fosfat dan ammonium), dan sisin. Selain itu melakukan diet yang sangat tinggi protein atau sedikit mengkonsumsi air juga bisa menjadi penyebab meningkatnya risiko dari batu ginjal.

Dan faktanya sebanyak 85% batu di ginjal yang menyebabkan kencing batu terbuat dari zat kalsium. Dan bagi mereka penderita encok, batu asam urat malahan lebih sering terjadi. Sedangkan batu stuvite lebih sering terbantuk dari urine yang terinfeksi (batu infeksi).

Apa gejala batu ginjal ?

Seperti yang dikutip dari hellosehat.com, sepertiga dari seluruh orang didunia memiliki kondisi adanya batu ginjal didalam ginjal mereka, akan tetapi hanya setengahnya saja yang memiliki gejala dari batu ginjal. Walaupun tanpa adanya gejala, akan tetapi batu ginjal ini bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti infeksi dan penyumbatan pada saluran kencing.

Gejala batu ginjal yang biasanya muncul ialah sakit luar biasa yang datang serta pergi. Dan biasanya si penderita akan merasakan sakit yang bergerak dari bagian samping bekalang ke arah bagian bawah perut. Berikut adalah gejala batu ginjal yang umum :

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami, Medis & Altenatif + Cara Mencegahnya

  • Sakit pada area pinggang, selangkangan, paha, dan kemaluan
  • Mual dan muntah-muntah
  • Sering sakit disaat buang air kecil
  • Warna urine yang berubah menjadi keruh serta mengeluarkan bau yang tidak sedap
  • Gelisah
  • Gejala flu
  • Buang air kecil yang disertai darah

Cara mengobati batu ginjal secara alami

cara mengobati penyakit batu ginjal secara

1. Air putih

Minum air putih adalah cara mengobati batu ginjal yang alami dan mudah diterapkan. Dan bahkan air putih ini juga bisa mencegah batu ginjal kembali terbentuk. Guna untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, silahkan konsumsi air putih paling tidak 8 gelas dalam seharinya, dengan begitu air putih bisa membantu dalam meringankan kerja dari ginjal kamu.

Sementara itu beberapa ahli juga menyebutkan bahwa minum air putih sebaiknya 12 gelas perhari, karena akan membantu dalam memperlambat tumpukan mineral di dalam ginjal. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan warna dari urine kamu, apabila warnanya kuning pekat, maka itu tandanya tubuh sedang mengalami dehidrasi dan bisa membuat tumpukan mineral semakin membesar.

2. Cuka apel

Cara mengobati batu ginjal pada pria atau wanita pertama adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Cuka apel ini bisa dijadikan obat karena kandungan asam sitratnya, yang mana kandungan ini bisa melarutkan batu ginjal. Cuka apel ini juga bisa meningkatkan asam pada lambung si penderita guna untuk mencegah pembentukan batu baru. Selain itu cara ini juga bisa untuk membantu dalam mengeluarkan zat keluar dari ginjal agar lebih mudah.

Tak hanya itu, cuka apel juga bisa dalam meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh adanya batu disekitaran area saluran kencing. Kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi cuka apel lebih dari 8 ons setiap harinya. Apalagi bagi penderita diabates, karena bisa menyebabkan kadar dari kalium dan osteoporosis menjadi lebih rendah, oleh sebab itu pantau selalu gula darah kamu sepanjang hari. Hindari juga pengkonsumsian campuran air dan cuka apel jika kamu sedang mengkonsumsi beberapa jenis obat berikut ini :

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia 30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Pencegahan)

  • Digoxin (digox)
  • Insulon
  • Diuretik seperti spironolakton (aldactone)

3. Air lemon

Selain cuka apel cara mengobati batu ginjal dengan herbal lainnya adalah dengan air lemon. Kamu bisa mengkonsumsi air yang dicampur dengan lemon segar setiap harinya. Karena lemon memiliki kandungan sitrat, dimana akan membantu dalam mencegah pembentukan batu kalsium didalam tubuh. Sitrat ini juga berperan dalam memecah batu-batu kecil, sehingga memungkinkan pecahan baru kecil tersebut untuk dapat melewati ginjal dengan mudah. Sehingga cara mengobati batu ginjal dengan bahan alami ini bisa menjadi pilihan kamu dapat mengatasi batu ginjal. Berikut adalah beberapa resep lemon untuk mengobati batu ginjal yang bisa kamu pilih :

  • Jus lemon
  • Jus lemon dan cuka apel
  • Jus lemon, daun kemangi dan rumput gandum
  • Jus lemon dan miyak zaitun

4. Jus seledri

Berikutnya untuk cara mengatasi batu ginjal kambuh adalah dengan memanfaatkan jus seledri. Jus seledri ini dianggap sebagai jus yang bisa membersihkan racun didalam tubuh, termasuk juga jenis mineral yang bisa mengkristal didalam ginjal. Semenjak lama jus seledri memang dikenal sebagai salah satu cara mengobati batu ginjal secara tradisional, dan sudah tak asing lagi. Didalam seledri terkandung antioksidan serta senyawa yang bisa meningkatkan urin seseorang, sehingga bisa membantu dalam mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal baru.

5. Jus buah delima

Jus buah delima menjadi salah satu cara mengobati batu ginjal tanpa operasi dan tradisional yang sering disarankan. Bahkan selama berabad-abad buah ini juga sering dipakai untuk pengobatan tradisional. Buah delima ini diyakini mampu untuk meningkankan kembali fungsi dari ginjal kita secara keseluruan. Dimana hal tersebut akan membantu dalam melarutkan batu ginjal dan juga berbagai racun didalam tubuh. Selain itu, buah delima juga bisa menurunkan tingkat keasaman dari urin. Yang mana tingkat keasaman yang rendah akan membantu dalam mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal baru.

6. Apel

Didalam apel terdapat kandungan antioksidan yang cukup baik. Beberapa senyawa antioksidan tersebut ialah vitamin A dan juga vitamin C. Jenis vitamin-vitamin ini bisa membantu dalam meluruhkan batu ginjal. Sehingga apel sangat cocok menjadi jawaban dalam pertanyaan ” bagaimana cara mengatasi batu ginjal ? “. Pemanfaatannya sendiri sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengkonsumsi apel sebanyak 2 buah secara rutin setiap harinya. Dan jika bosan, maka kamu bisa mengolahnya menjadi minuman.

Baca Juga : Mujarab, Ini Dia 32 Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Cepat & Ampuh Serta (Gejala & Pencegahannya)

7. Semangka

Buah semangka bisa menjadi makanan altenatif bagi kamu yang sulit untuk minum. Hal ini karena semangka kaya akan kandungan air didalamnya yang mana akan membantu untuk meluruhkan batu didalam saluran kemih. Selain itu mengkonsumsi buah semangka juga akan membantu dalam membilas bagian didalam ginjal tanpa adanya rasa sakit. Guna untuk bisa merasakan manfaatnya, kamu perlu mengkonsumsi semangka sebanyak 300-500 gram pada setiap harinya, oleh sebab itu semangga menjadi salah satu resep obat tradisional batu ginjal yang mudah untuk didapatkan. Dan usahakan jangan lebih lebih takaran tersebut, karena semangka bisa memicu tekanan darah rendah dan diare.

8. Anggur

Salah satu penyakit yang bisa diobati dengan cara memanfaatkan anggur adalah batu ginjal. Guna untuk bisa mendapatkan manfaatnya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengkonsumsi buah anggur ini beserta kulit serta bijinya pada setiap harinya. Kenapa harus dengan bijinya ? karena biji anggur mengandung antioksidan yang bisa membantu penyembuhan penyakit batu ginjal ketimbang buah anggur itu sendiri. Sehingga anggur menjadi salah satu metode pengobatan batu ginjal tanpa operasi yang bisa kamu coba.

9. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang tergolong memiliki tunas. Walaupun belum begitu banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, akan tetapi keberadaannya sudah bisa didapatkan di berbagai supermarket. Didalam asparagus terdapat senyawa bernama asparagin. Dimana senyawa ini dapat berfung untuk memecahkan batu ginjal, sehingga bisa keluar melalui saluran keming si penderitanya. Oleh sebab itu, silahkan konsumsi asparagus ini setiap harinya untuk mengobati penyakit batu ginjalmu secara alami.

10. Ceri

Biasanya buah ini sering kali dijadikan hiasan pada cake tertentu atau diletakkan sebagai penghias makanan. Namun taukah kamu, ternyata selain itu ceri juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah batu ginjal. Silahkan konsumsi buah ini dalam berbagai olahan setiap harinya untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis (Penyebab,Gejala,Pencegahan)

11. Kumis kucing

Cara mengobati batu ginjal dengan kumis kucing adalah pilihan selanjutnya yang bisa kamu coba. Tanaman ini biasanya dikenal untuk pengobatan herbal, dan salah satu manfaatnya adalha untuk mengatasi masalah batu ginjal. Semua itu karena sifat anti-peradangan yang ada didalam tanaman ini, dimana sifat tersebut akan membantu dalam melancarkan kembali keluarnya kencing seseorang. Selain itu kumis kucing juga memiliki kandungan garam kalium dan ortosifonim yang bisa melarutkan oksalar, fostat dan asam urat, sehingga bisa mengatasi pengendapan batu di ginjal. Pemanfaatannya adalah sebagai berikut

  • Silahkan ambil beberapa lembar daun kumis kucing
  • Lalu, kemudian rebuslah daun tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas saja.
  • Selanjutnya matikan api, dan silahkan konsumsi air rebusan tersebut secara rutin
  • Ramuan ini juga cocok, bagi penderita yang tinggi kadar asam uratnya.

12. Buah mengkudu

Mengkudu merupakan salah satu tanaman herbal yang sering kali dijadikan obat altenatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dan salah satunya sebagai cara mengatasi batu ginjal saat kumat. Selain itu buah mengkudu ini juga bisa dalam mengobati tekanan darah tinggi, gula darah, radang pad ginjal dll. Berikut adalah cara pengolahannya

  • Siapkan buah mengkudu dan silahkan cuci bersih
  • Potong kecil-kecil lalu masukkan kedalam blender
  • Berikutnya tambahkan air matang dan silahkan blender hingga halus
  • Konsumsilah ramuan ini secara teratur setiap harinya.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

13. Mahkota dewa

Tanaman mahkota dewa bisa menjadi salah satu cara mengatasi batu ginjal saat kumat. Walaupun sudah begitu dikenal dalam dunia pengobatan, namun masih cukup banyak orang yang belum mengetahuinya. Beberapa kandungan yang bermanfaat dari tanaman ini diantaranya polifenol, flavanoid, alkaloid, saponin dan lainnya. Dimana salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi penyakit batu ginjal secara alami. Pengolahannya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 5 buah mangkota dewa
  • Silahkan iris tipis-tipis
  • Silahkan rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih
  • Tunggu hingga menyisakan setengahnya
  • Silahkan konsumsi air rebusan ini sebanyak 3x dalam sehari

14. Daun binahong

Berikutnya untuk cara mengobati batu ginjal pada wanita dan pria adalah dengan daun binahong. Daun binahong juga menjadi salah satu tanaman herbal yang sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah batu ginjal. Bahkan daun ini juga dipercaya mampu untuk memperbaiki fungsi dari ginjal kita yang bermasalah, semua itu karena kandungan kreatinin darah. Kamu bisa mengolahnya sebagai berikut :

  • Siapkan 10-15 gram daun binahong dan cuci bersih
  • Silahkan rebus daun ini dengan 1 gelas air
  • Biarkan hingga mendidih lalu dinginkan
  • Selanjutnya silahkan saring dan konsumsi
  • Minumlah sebanyak 2-3 kali sehari sebelum makan.

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai apa itu batu ginjal, penyebab batu ginjal, gejala batu ginjal, hingga cara mengobati batu ginjal secara alami. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://gaya.tempo*co/read/891181/4-resep-lemon-untuk-mengobati-batu-ginjal/full&view=ok
https://hellosehat*com/penyakit/batu-ginjal-kencing-batu/
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-batu-ginjal-tanpa-operasi/
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-batu-ginjal-alami/
https://www.alodokter*com/batu-ginjal
http://www.manfaattanamanobatherbal*com/tanaman-obat-batu-ginjal-tradisional/
http://jabar.tribunnews*com/2018/08/25/5-makanan-yang-biasa-dikonsumsi-ini-ternyata-ampuh-keluarkan-batu-ginjal-tanpa-operasi?page=all
https://www.idntimes*com/health/fitness/patricia-firscha/7-gejala-awal-batu-ginjal-ini-bisa-menyerang-siapa-saja/full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *