cara mengobati batuk pilek pada anak usia 2 tahun

9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak Secara Alami

Posted on

9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak – Anak yang mengalami masalah batuk pilek, memang sudah bukan hal yang mengherankan lagi jika anak mengalaminya. Namun yang menjadi permasalahannya disini adalah, para orang tua yang seketika langsung mengambil penanganan dengan cara memberikan anak obat batuk pilek. Padahal dibalik itu, sebuah resiko besar menanti, apabila si anak terlalu sering mengkonsumsi obat batuk dan juga pilek. Lalu apa hal terbaik yang harus dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi batuk pilek untuk sang buah hati ?

Tentu saja sangat sederhana, yakni melakukan cara alami dalam menyembuhkan batuk pilek yang sedang diderita oleh si anak. Selain itu, orangtua diminta harus lebih bijak lagi dalam memilih solusi terbaik untuk mengatasi masalah batu pilek anak mereka, yakni pada tahap awalnya adalah dengan menggunakan obat tradisional atau cara-cara tradisional yang bisa membantu meringankan atau mengatasi masalah batuk pilek yang sedang dialami oleh si kecil.

Baca Juga : 13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

Pemilihan cara tradisional ini dalam mengatasi batuk pilek, tak lain karena tidak adanya efek samping yang berarti, atau setidaknya bisa meminimalisir efek samping yang timbul akibat penggunaan obat-obatan kimia. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan informasi untuk kamu semua, tentang cara atasi batuk pilek pada anak secara alami dan sederhana. Dimana cara ini menjadi langkah awal untuk mengobatu batuk pilek yang dialami oleh si kecil. Yuk lihat !!

Cara mengobati batuk pilek pada anak dengan bahan tradisional

cara mengobati batuk pilek pada anak secara alami

1. Madu dan lemon

Disaat si kecil mengalami masalah batuk pilek, biasanya mereka akan merasa kesulitan dalam bernafas dikarenakan hidung mereka yang tersumbat. Namun kamu bisa memanfaatkan campuran kedua bahan alami ini, yakni antara madu dan juga lemon, guna untuk melegakan tenggorkan serta mengatasi infeksi yang terjadi disana. Yang perlu kamu lakukan hanyalah cukup dengan mencampurkan satu sendok teh madu kedalam 1 gelas air hangat serta berikan juga perasan sari lemon. Aduk hingga merata dan berikan kepada si kecil.

2. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Salah satunya ialah sebagai cara menghilangkan batuk pilek pada anak secara alami. Caranya sangat sederhana, silahkan kamu campurkan sebanyak satu jemput bubuk kunyit kedalam segelas susu biasa, dan silahkan berikan ke sikecil. Lakukan pemberian ini sebanyak dua kali dalam seharinya.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan & Pengobatan

3. Memperbanyak minum air putih

Air putih memang menjadi salah satu kebutuhan bagi seorang manusia, guna untuk membantu kinerja tubuh. Salah satunya adalah untuk meringankan batu pilek yang dialami oleh seseorang, terutama anak kecil. Walaupun cara ini sering kali disepelekan oleh banyak orangtua, akan tetapi disaat seseorang anak terserang penyakit maka mereka akan banyak sekali mengeluarkan cairan, sehingga tubuh akan sangat rentan untuk dehidrasi. Oleh sebab itu, air putih menjadi pilihan yang utama untuk memenuhi kebutuhan cairan mereka. Selain itu cara ini juga membantu untuk mempercepat proses pemulihan mereka yang sedang sakit. Oleh sebab itu memperbanyak konsumsi air putih untuk anak adalah cara termudah dan sederhana dalam meredakan batuk pilek.

4. Sup ayam

Tentunya kita sudah sering membaca atau menonton film fiksi anak yang memperlihatkan sup ayam yang menjadi menu disaat si anak sedang sakit ? Hal ini bukan tanpa alasan, seperti yang dilansirkan oleh doktersehat.com, sup ayam memiliki kandungan rempah-rempah dalam pembuatannya dan menjadi penguat rasa. Rempah-rempah inilah yang memberikan peranan penting dalam mengusir penyakit dari tubuh, termasuk juga penyakit batuk pilek yang diderita oleh anak.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

5. Uap air

Uap air bisa membantu untuk melancarkan hidung si kecil yang sedang tersumbat, yang mana hal ini disebabkan oleh batu pilek yang sedang mereka derita. Cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat uap ini adalah dengan cara menyalakan air panas dikamar mandi hingga mengeluarkan uap. Lalu kamu bisa menutup pintunya dan menyuruh si kecil untuk berdiam disana selama kurang lebih 15 menit lamanya. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari guna untuk meringankan batuk pilek dan hidung tersumbat yang sedang mereka alami.

6. Uap kayu putih

Hampir sama dengan cara no 5, namun kali ini ditambahkan dengan minyak kayu putih, caranya adalah : Silahkan kamu siapkan sebuah baskom yang berisikan air panas, lalu berikan sebanyak 7-8 tetes minyak kayu putih. Selanjutnya kamu bisa taruh dikamar si kecil, agar nantinya bisa dihirup oleh si kecil uapnya. Hal ini bisa lebih efektif untuk mengatasi hidung tersumbat.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

7. Pijatan lembut dengan minyak telon

Faktanya resep obat tradisional minyak telon memiliki banyak efek baik dalam mengurangi batuk pilek yang diderita oleh si kecil. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang dihasilkan dari minyak telon, sehingga membuat si kecil merasa lebih rilek dan membantu untuk meredakan hidung tersumbat. Pemijatan lembut yang bisa kamu lakukan adalah pada dada bayi/anak, menggunakan minyak telon guna untuk membantu mereka untuk beristirahat dengan mudah disaat sakit.

8. Berjemur

Hal ini bisa kamu lakukan pada si kecil yang masih bayi atau balita. Waktu berjemur yang baik adalah pada pukul 7 sampai dengan 9 pagi. Jika perlu silahkan tepuk lembut punggu, bagian bawah ketiak kanan serta kirit dan juga dada si kecil. Guna untuk membantu dalam meredakan lendirnya.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

9. Pakaian

Pakaian memang menjadi hal terpenting yang harus dijaga kebersihannya. Terutama disaat si kecil sedang sakit. Kamu sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman untuk si kecil, dan usahakan untuk menghindari pemakaian pakaian yang membuat si anak kepanasan.

Cara mengatasi batu pilek pada anak Alodokter

cara mengobati batuk pilek pada anak bayi

Seperti yang kami kutip dari situs alodokter.com, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan batuk pilek pada anak, silahkan disimak.

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

  • Tempatkanlah si kecil pada ruangan tanpa AC, guna untuk mengurangi masalah hidung tersumbat yang sedang mereka alami. Jika seandainya si bayi/anak lebih nyaman pada ruangan berAC maka gunakan mesin pelembab udara atau juga bisa dengan memanfaatkan uap air panas dengan menambahkan minyak esensial seperti misalnya mentol.
  • Jika seandainya si kecil yang sedang pilek sudah merasa tengganggu, maka kamu bisa mengencerkan lendirnya dengan memanfaatkan air garam yang diteteskan di lubang hidung. Lalu silahkan gunakan alat penyedot ingus untuk anak, guna untuk membersihkan hidung mereka.
  • Tepuk secara perlahan-lahan bagian punggung bayi/anak, guan untuk meringankan masalah pernafasan yang sedang tersumbat. Baringkan si kecil dengan posisi tengkurap pada lutut atau juga bisa dengan membiarkan bayi duduk di pangkuan dengan posisi condong kedepan.
  • Guna untuk menghindari masalah iritasi, maka silahkan oleskan petroleum jelly dibagian luar lubang hidung
  • Jangan lupa untuk membersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung bayi, dengan memanfaatkan kapas yang dibasahi dengan air hangat.
  • Untuk anak yang berusia diatas 6 bulan, kamu bisa memberikan teh hangat untuk mereka guna meredakan hidung tersumbat.

Cara mudah lainnya untuk atasi batuk pilek anak

cara mengobati batuk pilek pada anak 1 tahun

Merdeka.com, juga memberikan beberapa cara mudah untuk atasi batu pilek pada anak, berikut adalah caranya.

Baca Juga : 36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  • Silahkan oleskan minyak butbut atau minyak telon keseluruh tubuh anak sekalian dengan memberikan pijatan lembut termasuk juga bagian wajah tengkuk dekat hidung, leher belakang dan juga batang hidung.
  • Silahkan balurkan badan anak dengan bawang merah yang sudah diparut dengan mencampurkan dengan VCO (Virgin Coconut Oil).
  • Silahkan parut kencur atau pala, lalu silahkan taruh pada ubun-ubun si anak.
  • Taruh baskom di pojok ruangan, yang berisikan air panas dan 7 tetes minyak kayu putih.
  • Selanjutnya letakkan juga irisan bawang merah parut di pojok kamar untuk mematikan virus-virus yang ada di udara.
  • Berikan ASI secara lebih sering untuk bayi.
  • Jemur juga si anak saat pagi hari.
  • Bantu melegakan pernapasan dengan balsem baty transpulmin
  • Gunakan juga pengencer ingus yang berjenis breathy nasal drop atau larutan NaCI
  • Jauhkan kontak dari orang lain, dan selalu pakai masker saat dekat bayi.
  • Berikan si anak minum perasan kunyit atau bisa juga dengan diiris lalu dicampurkan dalam makanannya (> 6 bulan).
  • Minumkan perasan kencur dan jahe (> 6 bulan)
  • Berikan juga rebusan daun saga untuk meredakan batunya (> 6 bulan)
  • Tingkatkan asupan vitamin C, bisa dari buah-buahan (>6 bulan)
  • Tingkatkan imunitas si anak dengan memberikan sari kurma atau procumin propolis atau juga bisa dengan madu (> 1 tahun)
  • Berikan sup ayam untuk si anak.

Itu tadi beberapa cara mengatasi batuk pilek pada anak secara alami dah mudah. Dimana cara-cara ini bisa kamu terapkan sendiri dirumah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.merdeka*com/sehat/cara-mudah-atasi-batuk-pilek-anak.html
https://www.alodokter*com/bagaimana-cara-mengatasi-pilek-pada-bayi
https://www.motherandbaby*co.id/article/2016/8/39/6560/4-Tips-Meredakan-Batuk-dan-Pilek-pada-Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *