cara mengobati cacar air pada anak dengan cepat

15 Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami & Medis + (Gejala, Penyebab, Komplikasi)

Posted on

15 Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara cukup menyeluruh mengenai salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh anak-anak, yaitu cacar air atau varisela. Di artikel ini kita akan mengenal mengenai gejala cacar air pada anak, penularan cacar air, cara mengobati cacar air pada anak, cara mengatasi rasa gatal cacar air, cara mencegah cacar air pada anak, hingga sampai ke komplikasi penyakit cacar air. Namun sebelum itu mari sama-sama kita mengenal tentang apa sebenarnya penyakit cacar air ini. Berikut adalah penjelasannya.

Menurut wikipedia.org, cacar air atau varisela simpleks, merupakan sebuah penyakit menular yang terjadi karena adanya infeksi oleh virus bernama varicella-zoster. Dan penyebarannya melalui sistem aerogen atau penyebaran melalui udara. Lalu seberapa umumkah penyakit cacar air ini ?

Seperti yang dilansirkan oleh hellosehat.com,cacar air ini adalah salah satu penyakit menular yang sering kali terjadi, dan bisa diderita oleh semua usia. Akan tetapi sebagian besar dari penderita cacar air adalah anak-anak usia dibawah 15 tahun, atau orang-orang yang sedang dalam kondisi imun yang lemah, seperti ibu hamil, bayi, dan lansia. Berikut ini adalah gejala cacar air pada anak.

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami, Medis & Altenatif + Cara Mencegahnya

Gejala cacar air

Berikut adalah beberapa cici-cici atau gejala cacar air pada anak yang harus kamu ketahui.

  • Timbulnya bentol-bentol berukuran kecil, yang lama-lama menjadi menebal dan terisi dengan cairan.
  • Setelah sekitar 1 sampai 2 hari, bintil tersebut mulai mengering, mengelupas dan mulai menjadi koreng.
  • Setelahnya sekitar 4-5 hari, kumpulan cacar baru akan mulai muncul.
  • Diameter dari bintil ini sendiri tidak lebih dari 0.5 cm.
  • Munculnya ruam kemerahaan pada area sekitaran punggung dan kepala, dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh sekitar 1-2 hari.
  • Demam mulai muncul, dan semakin banyak bintil cacar yang keluar, demam semakin tinggi. Namun anak mungkin saja tidak mengalami demam disaat hari pertama cacar atau jika seandainya bintil yang muncul tidak terlalu parah.
  • Ruam yang dialami anak juga bisa menyebar ke area kelopak mata, mulut hingga kelamin.
  • Anak kamu terkena kontak dengan anak penderita cacar air sekitar 10-21 hari sebelumnya.

Jika anak menunjukkan gejala yang berbeda dengan diatas, maka segelah hubungi dokter, guna untuk melakukan diagnosa terhadap gejala yang muncul pada anak. Namun pada umumnya diagnosa gejala cacar air pada anak bisa terbilang mudah.

Penularan cacar air

Berikut adalah beberapa cara penularan dari penyakit cacar air ini, Silahkan disimak.

  • Melalui kontak secara langsung dengan luka si penderita cacar air, atau terkena cairan yang terdapat pada kulit si penderita cacar air. Atau bisa juga dari kontak pada benda yang terdapat virus cacar air.
  • Melalui udara
  • Melalui sekresi lendir si penderita, seperti dahak, atau cairan yang keluar pada saat bersih.

Cara mengobati cacar air pada anak

obat cacar air di apotik

1. Berendam dengan air dingin

Air dingin disini berfungsi sebagai kompres untuk meringankan rasa gatal dan juga kemerahan yang terjadi akibat cacar air. Oleh sebab itu berendam dengan air dingin menjadi salah satu cara mengobati cacar air pada anak secara tradisional. Mintalah si kecil untuk berendam dengan air dingin setidaknya sekitar 10 menit setiap empat ham sekali pada beberapa hari pertama terkena cacar air. Berendam ini aman dilakukan untuk terapi rumahan akibat cacar air yang menular melalui udara dan bukan air.

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia 30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Pencegahan)

Jangan gosok dengan handuk guna melindungi bintil cacar agar tidak pecah. Kamu bisa menepuk perlahan-lahan dengan handuk hingga air mengering. Setelah mandi, jangan lupa untuk memberikan bedak calamine untuk meringankan rasa gatal, atau juga bisa dengan mengkompres bintil menggunakan es batu. Jika anak mengeluhkan rasa gatal yang amat sehingga mengganggu tidurnya, maka kamu bisa memberikan obat antihismatamin yang banyak dijual bebas di apotek.

2. Redakan demam

Cara mengobati cacar air pada anak dengan cepat juga bisa kamu terapkan dengan meredakan demam si kecil. Kamu bisa memberikan acetaminophen untuk beberapa hari pertama si kecil menunjukkan gejala demam, namun jangan memberikan ibuprofen. Didakutkan nantinya ibuprofen bisa menyebabkan risiko efeksamping yakni infeksi strep parah. Jangan lupa untuk memberikan juga aspirin pada anak kecil atau balita yang mengalami cacar air, akibat efek samping dari sindrom reye.

3. Makanan dingin

cara mengobati sakit cacar air pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan makanan yang tepat. Bentol dari cacar air pada anak juga bisa menyebar sampai kearea dalam mulut dan tenggorokannya. Oleh sebab itu rasa panas dan tidak nyaman akan ditimbulkan oleh ruam kemerahan, serta akan membuat si kecil menjadi sulit makan. Kamu bisa memberikan pilihan makanan dingin dan halus seperti, kentang tumbuk, agar-agar, puding, telur dan eskrim. Selain itu hindari juga untuk memberikan makanan asin dan bauh-buahan yang memiliki kandungan asam untuk sementara waktu.

4. Berikan minum dari sippy cup bukan dari botol (pada bayi)

Cacar air pada bayi 11 bulan atau dibawahnya bisa kamu ganti pemberian susu dari dot botol, karena akan menyebabkan rasa nyeri dalam mulutnya. Selain itu cara mengobati cacar air pada anak secara alami juga bisa terbantu dengan menganjurkan anak usia 4 tahun keatas yang mengeluhkan rasa sakit dalam mulutnya untuk berkumur-kumur. Anjurkan si kecil untuk berkumur-kumur dengan sesendok antasid cair, dan lakukan sebanyak empat kali sehari setelah dia makan.

Baca Juga : Mujarab, Ini Dia 32 Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Cepat & Ampuh Serta (Gejala & Pencegahannya)

5. Mengatasi nyeri pada kelamin anak akibat cacar air

Cara mengobati penyakit cacar air pada anak selanjutnya adalah dengan mengoleskan anestesi lokal, yang berupa salep dengan kandungan xylocaine 2.5% pada area kelaminnya. Biasanya si kecil akan merasakan nyeri pada area organ intimnya (terutama perempuan), kamu bisa memberikan salep diatas. Berikan salep tersebut pada area sekitaran kelaminnya sesering mungkin, setidaknya sekitar 2-3 jam sekali guna untuk meringankan rasa nyeri. Jangan lupa untuk tetap menyuruh si kecil untuk berendam air dingin.

6. Cegah anak untuk tidak menggaruk

Cara mengobati cacar air pada anak selanjutnya adalah dengan mencegah anak agar tidak menggaruk bentol cacar. Untuk mencegah infeksi dari bakteri, silahkan gunting kuku si kecil dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun antibakteri. Untuk bayi yang belum bisa mengontrol diri, silahkan bungkus tangan bayi dengan sarung tangan khusus bayi.

7. Karantina anak dirumah

Cacar air pada bayi baru lahir atau anak dibawah 15 tahun, segera lakukan karantina dirumah. Hal ini bertujuan agar cacar air yang diderita si kecil tidak menular ke anak lainnya yang berada disekitaran tempat tinggal kamu. Terutama pada saat hari-hari pertama terkena cacar, buatlah anak untuk beristirahat di dalam rumah setidaknya selama 1 minggu. Lebih dari itu, anak sudah bisa kembali ke sekolah atau menjalani aktivitas sehari-hari. Kamu tidak perlu kawatir jika masih melihat proses pengelupasan di kulit karena proses ini tidak menular, dan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 2 minggu.

Jangan bawa si kecil ke tempat rumah sakit atau praktek dokter anak guna menghindari penularan tadi, namun jika memang benar-benar dibutuhkan, titipkan untuk sementara waktu anak dimobil bersama orang yang kamu kenal sambil menunggu antrian. Selain itu hindari juga menitipkan anak yang terjangkit cacar air berdekatan atau bahkan seruangan denagn ibu hamil yang tidak terjangkir cacar air pada trisemester pertama kehamilan. Karena virus cacar air bisa berisiko dibawah oleh janin dalam kandungan.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis (Penyebab,Gejala,Pencegahan)

8. Hindari paparan dari sinar matahari

Selanjutnya untuk cara mengatasi cacar air pada anak 3 tahun atau diatasnya ialah mengindari si kecil dari paparan sinar matahari. Buntil akibat cacar bisa kembali muncul apabila si kecil berada di tempat atau tekena kontak langsung dengan sinar matari. Oleh sebab itu pastikan si kecil aman untuk sementara waktu dari sinar matahari.

9. Mengurangi gatal

Cara menghilangkan gatal cacar air pada anak adalah langkap penting untuk mengobati cacar air. Hal ini dikarenakan bintik cacar air yang muncul akan terasa begitu gatal dan membuat anak ingin menggaruknya sehingga menyebabkan terjadinya infeksi kulit, atau bekas luka yang muncul setelah sembuh. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan gatal tersebut, seperti mandi dengan oatmeal, mengaplikasikan kompres dingin atau juga bisa dengan menggunakan antihistamin. Selain itu, orangtua harus berdiskusi dengan dokter anaka, sebelum memutuskan untuk memberikan obat kepada anak.

10. Mengurangi ketidaknyamanan akibat cacar air

Beberapa obat cacar air di apotik atau dari dokter akan membantu dalam mengurangi tingkat keparahan dari cacar air, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Vaksin cacar air, jika seseorang terpapar oleh virus cacar air dan segera mendapatkan vaksi dalam waktu 3 hari, maka kemungkinan ia tidak akan terkena penyakit ini, atau paling tidak penyakitnya bersifat sakit ringan.
  • Imunoglobulin, injeksi dari imunoglobin akan membantu dalam mencegah cacar air menjadi semakin parah. Selain itu terkadang obat ini juga diberikan kepada ibu hamil, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemak dan bahkan bayi baru lahir yang sebelumnya sudah terpapar virus cacar air dan belum pernah terinfeksi sebelumnya.

11. Jangan kenakan pakaian ketat

Hal ini sangat perlu untuk diterapkan kepada anak yang mengalami cacar air. Pakaian yang ketat akan membuat kulit menjadi mudah lecet akibat gesekan atau bentol cacar air yang kan mudah pecah dan menyebabkan infeksi dikulit.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

12. Banyak minum

Salah satu cara mengatasi cacar air pada anak 3 tahun atau diatasnya yang bisa kamu terapkan sendiri ialah dengan memastikan konsumsi cairan untuk si kecil tercukupi. Ajaklah si kecil untuk banyak mengkonsumsi air putih agar tidak dehidrasi. Tubuh yang bisa terhidrasi dengan baik akan membantu dalam menyembuhkan penyakit cacar air ini.

13. Hindari makanan asin

Pada saat anak mengalami cacar air, jangan berikan makanan dengan rasa asin dan panas. Makanan asin akan membuat mulut anak yang sakit semakin parah. Lebih banyak berikan si kecil makanan yang dengan rasa sedikit manis. Kamu juga bisa memberikan bubur sedikit manis atau sup yang diganti dengan rasa manis.

14. Berikan acyclovir

Acyclovir merupakan salah satu jenis obat antivirus oral yang bisa gunakan sebagai obat untuk penyakit cacar air. Namun, obat ini hanya akan membatu jika diberikan dalam waktu 24 jam sebelum gejala pertama cacar air mulai tampak. Menurut sejumlah penelitian, obat ini juga bisa mengurangi jumlah dari bintil cacar hingga 20% dan mempersingkat waktu dari sakit. Akan tetapi tingkat komplikasi dari penyakit cacar air tidak bisa dikurangi. Kamu bisa memberikan acyclover secara rutin kepada si kecil dalam waktu 5 hari berutut-turut. Selain itu diketahui obat jeni ini juga memiliki lebih sedikit efek samping.

15. Perhatikan asupan makanan

Bentol dari cacar air juga bisa ditemukan pada area mulut dan tenggorokan. Dan rasa panas dan tak nyaman akan ditimbulkan oleh ruam tersebut, sehingga anak jadi tidak nafsu makan. Walaupun demikian pastikan anak selalu mendapatkan cairan yang banyak dari minum air, atau jika bayi dari ASI secara teratur. Selain itu, hindari anak untuk mengkonsumsi makanan dengan rasa yang kuat, asam, asin atau pedas. Karena bisa membuat mulut si kecil menjadi semakin sakit. Sebaliknya, kamu bisa memilih untuk memberikan anak makanan lembut seperti sup, esk krim bebas lemak, agar-agar, puding, bubur dan kentang tumbuk.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Secara Sederhana & Gejala Kolik Yang Wajib Diwaspadai

Cara menghilangkan gatal cacar air pada anak

  • Jagalah kuku agar selalu pendek dan bersih
  • Daripada digaruk, sebaiknya tepuk-tepuk pelan bagian kulit yang terasa gatal
  • Gunakan juga sarung tangan yang berbahan katun saat tidur
  • Berendam pada anak hangat
  • Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut
  • Gunakan sabun khusus untuk kulit sensitif
  • Berendam dengan air hangat yang dicampur oatmeal
  • Hindari paparan cahaya matahari, karena hal ini mungkin bisa menimbulkan rasa gatal.
  • Gunakan juga lotion pengurang rasa gatal yang sesuai dengan resep dokter.
  • Kompres bagian yang gatal dengan air yang sejuk
  • Gantilah pakaian anak secara teratur
  • Cuci tangan dengan sabun secara rutin

Cara mencegah cacar air pada anak

cara mengobati cacar air pada anak secara tradisional

Pencegahan cacar air yang paling ampuh untuk diterapkan adalah denagn memberikan vaksin cacar kepada si kecil (imunisasi). Selain itu, vaksin ini juga diberikan untuk meringankan tingkat keparahan dari cacar air yang sedang diderita anak. Vaksin ini diberikan selambat-lambatnya sekitar 5 hari setelah kontak pertama dengan virus. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menghubungi dokter.

Komplikasi penyakit cacar air

Pada umumnya penyakit cacar air bisa disembuhkan dengan baik, akan tetapi juga ada beberapa kasus yang berujung komplikasi. Infeksi pada kulit oleh bakteri merupakan komplikasi yang sering terjadi dan membuat si kecil perlu dirawat. Selain itu pneumonia atau radang paru-paru juga bisa memperbeda masalah cacar air. Gangguan seperti pada sistem saraf pusat seperti encephalitis juga perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan koma atau kejang-kejang. Komplikasi berat pada umumnya ditemukan pada anak yang memiliki gangguan pada imunistas sel serta anak yang sedang menjalani masa kemoterapi kanker.

Itu tadi beberapa pembahasan yang cukup mendalam mengenai penyakit cacar air pada anak hingga cara mengobati cacar air pada anak. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/parenting/tips-parenting/cacar-air/
https://hellosehat*com/penyakit/cacar-air/
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/mengatasi-rasa-gatal-saat-cacar-air/
https://hellosehat*com/parenting/tips-parenting/mengobati-cacar-air-pada-anak/
https://www.nutriclub*co*id/kategori/balita/kesehatan/kenali-penyakit-cacar-air-pada-balita-dan-cara-menanggulanginya/
https://www.idntimes*com/health/fitness/viktor-yudha/cara-paling-cepat-menyembuhkan-cacar-air/full
https://hamil*co*id/anak/kesehatan-anak/cara-mengobati-cacar-air-pada-anak
https://doktersehat*com/cacar-air-pada-anak/
https://hellosehat*com/parenting/kesehatan-anak/anak-cacar-air/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *