cara mengobati diare pada anak usia 2 tahun

6 Cara Mengobati Diare Pada Anak + (Gejala, Penyebab, Gejala Berbahaya, Cara Mencegah)

Posted on

6 Cara Mengobati Diare Pada Anak – Diare menjadi salah satu penyakit yang mudah dan banyak diderita oleh banyak orang, selain orang dewasa anak-anak pun juga bisa mengalami penyakit ini. Dan pada kesempan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab diare pada anak, gejala diare pada anak, cara mengobati diare anak, Kenali gejala dehidrasi yang berbahaya pada anak, hingga cara mencegah diare pada anak. Seperti apa pembahasannya ? Yuk Lihat !!

Sebenarnya apa itu diare ? Menurut wikipedia.org, diare adalah sebuah penyakit dimana feses atau tinja seseorang mengalami perubah tekstur, yakni menjadi lembek atau cair, dan biasanya semua ini terjadi sedikitnya sekitar 3x dalam 24 jam. Walaupun penyakit ini sering kali jumpai dan menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi, akan menurut kutipan dari hellosehat.com, sebanyak 1,5 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat masalah diare ini, dan korban terbanyak adalah anak-anak.

A. Apa penyebab diare pada anak ?

Pada dasarnya penyebab diare ini tergantung dari berapa lama diare tersebut berlangsung, apakah diare tersebut berlangsung 2 minggu yang disebut dengan diare akut atau bahkan lebih dari 2 minggu dikenal dengan diare kronis. Berikut adalah penyebab dua jenis diare tersebut.

Baca Juga : 19 Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi)

penyebab diare akut :

  • Keracunan makanan
  • Alergi makanan
  • Penggunaan antibiotik
  • Infeksi pada saluran pencernaan, dimana umumnya disebabkan oleh virus, namun juga ada dari infeksi parasit atau bakteri

penyebab diare kronis :

  • Infeksi parasit
  • Faktor makanan, misalnya intoleran terhadap makanan tertentu
  • Penyakit iritasi pada usus (Inflammatory bowel disease

B. Apa gejala diare pada anak ?

Masalah diare yang dialami oleh anak akan menimbulkan beberapa gejala yang wajib kamu ketahui, berikut adalah diantaranya :

  • Demam
  • Mencret
  • Mual
  • Muntah
  • Nafsu makan berkurang
  • Dehidrasi akibat kekurangan cairan

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami & Tradisional + (Penyebab & Gejala)

C. Bagaimana cara mengobati diare pada anak ?

cara mengobati diare pada anak

1. Tetap berikan makan dan minum

Cara menyembuhkan diare pada anak 1 tahun pertama adalah dengan tetap memberikan asupkan makan dan minum. Jika si kecil masih dalam tahap menyusui maka tetap berikan ASI padanya. Selain itu kamu juga harus memberikan ASI secara lebih sering ketimbang biasanya, hal ini bertujuan untuk menggantikan cairan yang hilang disaat anak diare. Dan apabila anak sudah tidak lagi menyusui maka penuhi asupan yang bernutrisi untuknya.

Selain itu, air adalah pengganti cairan tubuh yang baik, namun air disini ialah air tanpa kandungan garam dan elektrobnik, sehingga air saja tidak akan cukup bagi si kecil. Oleh sebab itu kamu harus menyiapkan makanan dengan nutrisi tinggi seperti sup untuk sodium daan juga jus untuk memenuhi kalium.

2. Jangan berikan air putih saja

Selanjutnya untuk cara mengatasi diare pada anak usia 3 tahun atau diatasnya adalah jangan hanya memberikan air putih saja. Pemberian air putih kepada si kecil yang sedang diare memang membantu dalam memenuhi cairannya. Akan tetapi kamu tidak bisa hanya mengandalkan air putih ini. Berikut juga nutrisi lainnya seperti teh manis dan oralit.

3. Larutan gula garam

Salah satu cara cepat mengatasi diare pada anak usia 2 tahun adalah dengan memberikan larutan gula garam. Caranya ialah dengan melarutkan sebanyak 1 liter air dengan enam sendok teh gula dan setengah sendok teh garam. Selain itu, kamu juga bisa memberikan oralit ke si kecil. Berikanlah cairan ini setiap kali si kecil buang air besar.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami & Medis + (Gejala, Penyebab, Komplikasi)

Namun bila anak muntah, awali dengan memberikan asupan cairan sedikit demi sedikit yaitu sekitar satu sendok teh selam 5 menit, selanjutnya kamu bisa menaikan jumlahnya secara perlahan-lahan. Dan setelah anak tidak muntah lagi, maka kamu tidak perlu membatasi lagi.

4. Perhatikan obat yang diberikan ke anak

Berikutnya untuk cara mengatasi muntah dan diare pada anak adalah dengan memperhatikan obat yang berikan ke si kecil. Oralit merupakan obat diare paling ampuh untuk balita yang bisa kamu pilih disaat anak menderita diare, dan sudah dianjutkan oleh WHO. Namun jangan sembarangan memberikan obat jenis lainnya. Pemberian obat-obatan antimotilitas yang dijual bebas di apotek seperti hyoscine, loperamide dll, akan memberikan efek mengurangi pergerakan usus. Dan akhirnya feses tidak lagi cair dan diare bisa mereda.

Akan tetapi pemberian obat ini juga bisa memberikan efek ileus paralitik atau usus berhenti bergerak/berkontraksi sama sekali. Dan hal seperti ini bisa berakibat fatal, bila usus menolak mengeluarkannya. Oleh sebab itu jangan sesekali memberikan obat anti diare yang dijual bebas di apotek atau toko obat, kecuali dari resep dokter.

5. Selalu perhatikan kotokan yang dikeluarkan

Hal selanjutnya yang harus diterapkan guna untuk menjadi salah satu cara cepat mengatasi diare pada anak usia 2 tahun adalah dengan memperhatikan kotokan si kecil. Orang tua harus selalu memperhatikan kotaran yang dikeluarkan oleh anak pada saat dia BAB. Apabila kotoran yang dikeluarkan oleh si kecil sudah mengeluarkan bercak darah maka pemberian oralit sudah tidak mencukupi lagi untuk si kecil. Maka segeralah bawa si kecil ke rumah sakit guna untuk mendapatkan penanganan yang serius.

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami, Medis & Altenatif + Cara Mencegahnya

6. Berobat ke dokter

Jika masalah diare pada anak tidak kunjung reda dan berlangkah lama, maka cara mengatasi diare pada anak usia 3 tahun yang terbaik adalah dengan membasanya ke dokter. Apabila diare tidak berhenti dan berlang sekitar 1-2 hari sekaligus membuat frekuensi kencing si kecil menjadi berkurang, maka segeralah untuk membawanya ke dokter.

D. Waspada gejala diare yang berbahaya !!

cara mengobati diare pada anak usia 3 tahun

Dehidrasi merupakan salah satu jenis komplikasi yang sering terjadi pada penderita diare termasuk diare pada anak. Dan jika masalah ini tidak segera diatasi bisa menimbulkan efek yang sangat membahayakan. Diantaranya seperti kerusakan pada otak, kejang-kejang, bahkan kematian. Kenalilah tanda-tanda dehidrasi berbahaya pada anak, dan segera larikan anak kerumah sakit jika mendapati gejala berikut ini :

  • Buah air kecil yang sedikit dan urine yang berwarna kuring gelap
  • Mulit kering
  • Lemas
  • Sedikit atau tidak mengeluarkan air mata disaat anak menangis
  • Kulit kering dan ujung-ujung pada jari terasa dingin
  • Muntah secara terus-menerus
  • Diare yang lebih dari 2 hari
  • Tinja yang bercampur darah
  • Demam lebih dari 39 derajat C
  • Anak haus namun menolaj untuk minum cairan atau air

E. Bagaimana cara mencegah diare pada anak ?

  • Siapkan makanan yang bergizi, sehat dan bersih
  • Jaga kebersihan
  • Penyediaan air minum yang bersih
  • Cuci tangan sebelum makan atau sebelum merawat anak
  • Berikan ASI eksklusif
  • Jaga lingkungan agar tetap sehat
  • Berantas lalat agar tidak menghinggapi makanan

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia 30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Pencegahan)

Itu tadi beberapa cara mengobati diare pada anak atau cara mengatasi diare pada anak lengkap dengan penyebab, gejala, dan gejala diare yang harus diwaspadai. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/parenting/kesehatan-anak/pertolongan-pertama-anak-diare/
https://www.sahabatnestle*co*id/content/gaya-hidup-sehat/tips-parenting/pencegahan-dan-pengobatan-diare-pada-anak.html
https://id.theasianparent*com/diare-pada-anak
https://www.motherandbaby/*co*id/article/2018/11/39/11258/Moms-Ini-Penyebab-dan-Cara-Mengatasi-Diare-pada-Anak
https://www.enfa*co*id/digestion-center/gangguan-pencernaan/diare/apa-penanganan-diare-pada-bayi-yang-bisa-ibu-lakukan-di-rumah
https://www.dancow*co*id/dpc/artikel/pertolongan-pertama-cara-mengatasi-diare-pada-anak
https://doktersehat*com/cara-mengatasi-diare-pada-anak/
https://www.mamibuy*co*id/talk/article/63394

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *