memijat leher tengeng

20 Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami, Medis & Altenatif + Cara Mencegahnya

Posted on

20 Cara Mengobati Leher Tengeng – Apakah kamu termasuk orang yang sering mengalami masalah leher tengeng atau leher kaku ? Mungkin kebanyakan dari kita pernah mengalaminya. Biasanya sering kali masalah leher tengeng atau leher kaku ini terjadi pada saat bangun tidur, dan terasa kaku disaat menggerakan ke kiri dan ke kanan. Orang Indonesia sering kali menyebut masalah ini dengan nama salah bantal atau leher tengeng tadi.

Didalam dunia medis masalah kesehatan ini disebut dengan nama tortikolis spasmodik. Dan untuk penyebabnya sendiri cukup beragam salah satunya yaitu karena salah posisi tidur. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cukup panjang mengenai leher tengeng ini, mulai dari penyebab leher tengeng, gejala leher tengeng, cara mengobati leher tengeng, hinga sampai ke cara mencegah leher tengeng ini. Seperti apa pembahasannya ? Yuk lihat !!

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia 30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Pencegahan)

Penyebab leher tengeng

Pada saat seseorang mengalami leher tengeng maka otot pada salah satu sisi dari lehernya akan membentang dari belakang telinga hingga sampai ke tulang selangkangan. Otot tersebut akan menjadi lebih pendek jika dibandingkan sisi lainnya. Berbagai kondisi juga bisa menjadi latar belakang otot bernama sternokleidomastoid ini menjadi lebih pendek. Salah satunya adalah kelainan genetik, masalah pada sistem saraf seseorang, masalah pada otot, hingga tulang bekalang bagian atas. Selain karena penyebab yang sudah disebutkan tadi, ada juga kasus tertentu yang menyebabkan tortikolis tidak diketahui penyebabkan, yang dikenal dengan istilah tortikolis idiopatik.

Selain itu ada juga kondisi bernama tortikolis kongenital yang terjadi biasanay pada posisi kepala dari bayi yang tidak normal saat di kandungan, misalnya sungsang sehingga menyebabkan peningkatakan terhadap tekanan pada salah satu sisi kepala dari janin tersebut dan membuat otot menjadi menegang. Tortikolis ini juga bisa terjadi disebabkan proses persalinan dilakukan dengan alat bantu vakum atau forsep, sehingga salah satu bagian dari leher mengalami tekanan yang lebih besar. Selain itu, kerusakan yang terjadi pada otot atau kurangnya pasokan darah kearea leher juga bisa menyebabkan timbulnya tortikolis ini.

Penyebab lainnya dari leher tengeng :

  • Posisi tidur yang tidak tepat
  • Kelelahan yang dialami
  • Jarang melakukan olahraga atau tubuh yang terlalu pasif
  • Panic secara tiba-tiba atau panic attack

Berdasarkan penyebabnya ada beberapa jenis tortikolis atau leher tengeng ini, yaitu :

  • Tortikolis temporer, yakni jenis tortikolis yang disebabkan oleh kelenjar getah bening yang membengkak, pilek, infeksi pada telingan hingga cedera pada area leher dan kepala yang menyebabkan bengkak. Tortikolis jenis ini biasanya akan hilang dalam waktu beberapa hari.
  • Tortikolis permanen, jenis tortikolis ini disebabkan oleh masalah pada area otot atau dari struktur tulang si penderitanya.
  • Tortikolis otot, sesuai namanya, tortikolis ini terjadi akibat dari jaringan parut atau otot yang mengalami pengerasan pada salah satu sisi dari leher.
  • Distonia tengkuk atau Tortikolis spasmodik, sebuah kondisi yang menyebabkan otot leher menjadi tegang dan mirip ke area samping, bawang, atas, serta terasa cukup menyakitkan. Biasanya masalah ini dialami oleh mereka yang berusia 40-60 tahun, dan lebih banyak diderita oleh para wanita.
  • Sindrom klippel-feil, sebuah kondisi yang terjadi akibat kelainan pada tulang leher bayi, biasanya penderita dari sindrom ini akan mengalami kesulitan dalam melihat dan mendengar.

Baca Juga : Mujarab, Ini Dia 32 Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Cepat & Ampuh Serta (Gejala & Pencegahannya)

Cara mengobati leher tengeng secara alami

leher tengeng lama

1. Kompres leher

Cara mengobati tengeng leher dengan cepat pertama adalah dengan melakukan kompres pada leher. Kamu perlu menyiapkan kompres dari air panas dan dingin, masing-masing kompres ini dilakukan secara bergantian selama 10 hingga 15 menit. Selain itu pastikan juga pada saat melakukam kompres kain yang kamu gunakan sudah benar-benar diperas agar air tidak menetes. Lakukan kompres ini secara bergantian dan berulang-ulang hingga rasa sakit hilang.

2. Peregangan

Gerakan peregangan bisa menjadi salah satu cara mengobati leher tegang, caranya adalah dengan melakukan gerakan kepala kearah belakang, depan, miring ke kiri dan juga kanan, lalu putar dari kanan ke kiri. Lakukan gerakan ini masing-masing sebanyak 1 set atau hitungan 1-8. Pada area yang sakit, lakukan secara perlahan-lahan.

3. Pijat lembut

Pijatan lembut juga membantu untuk menjadi cara mengobati leher tegang karena salah tidur. Penerapnnya sendiri akan semakin optimal jika kamu menggunakan bantuan dari minyak pada area leher yang sati, sesambil memberikan pijatan lembut dalam 1 arah.

4. Menjemur bantal

Pada saat menjemur bantal, maka bantal tersebut akan menjadi panas. Dan silahkan kamu gunakan bantal ini untuk berbaring senyaman mungkin. Karena akan meringankan rasa sakit akibat leher tengeng. Cara ini bisa kamu praktekkan sendiri dirumah.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis (Penyebab,Gejala,Pencegahan)

5. Handuk panas

Cara mengobati leher tegang dan sakit kepala selanjutnya adalah dengan memanfaatkan handuk panas. Kamu bisa memanfaatkan handuk ini untuk menghilangkan rasa sakit akibat leher tengeng. Silahkan aplikasikan handuk panas pada area leher secara melingkar selama 5-7 menit. Fungsinya hampir sama dengan bantal panas yang sudah dijelaskan diatas.

6. Mengurangi aktivitas berat

Leher yang tengeng bisa berlangsung selama beberapa hari, tergantung penyebab dan jenisnya. Dan salah satu cara mengatasi leher tengeng pada anak atau orang dewasa, adalah dengan mengurangi aktivitas yang berat. Khususnya aktivitas yang berhubungan langsung dengan tangan dan punggung sampai kebagian leher. Aktivitas yang berat ini akan menambah beban pada area leher dan membuat pengobatan menjadi menyulitkan.

7. Tidur dengan menyangga kepala

Berikutnya untuk cara mengobati leher tegang secara alami adalah dengan menyangga kepala. Salah satu penyebab leher tengeng adalah posisi tidur yang salah. Jadi kamu bisa memperbaiki posisi tidur dan bantal yang kamu gunakan. Manfaatkan bantal tersebut untuk menyangga kepalamu dengan posisi senyaman dan serileks mungkin, yakni dengan menggunakan bantal memory. Selain itu pastikan juga penggantian isi bantal secara teratur, paling tidak 1x dalam setahun agar kekerasan bantal dapat terjaga.

8. Tidur tanpa bantal

Jika kamu merasa tidur menggunakan bantal membuat sakit pada area leher semakin menjadi, maka lebih baik jangan gunakan bantal. Terkadang saat mengalami leher tengeng tidur tanpa menggunakan bantal menjadi solusi terbaik, sebagai cara mengobati leher tegang akibat salah tidur.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

9. Hindari tidur posisi telungkap atau tengkurap

Tidur dengan posisi ini tidak disarankan bagi kamu penderita leher tengeng. Karena pada posisi ini kepala tidak bisa disangga dengan baik. Selain itu banyak sekali organ tubuh menjadi tidak berfungsi dengan normak akibat posisi tersebut, karena posisi badan menjadi tertekan dari depan.

10. Akupuntur

Salah satu cara mengobati sakit leher atau tengeng yang bisa kamu coba adalah dengan akupuntur. Datangilah ahli akupuntur terdekat guna untuk menjadi solusi dalam mengatasi leher tengeng yang kamu alami. Akupuntur dapat membantu dalam membebaskan titik tertentu pada otot, sekaligus membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga sakit leher tengeng akan berangsur hilang.

11. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat akan memberikan manfaat yang sama dengan kompres pada area leher dan juga membalutkan handuk hangat keleher. Cara mengobati leher tegang akibat salah tidur yang satu ini akan membuat lehermu yang mengalami nyeri akan semakin nyaman. Selain itu demam panas yang mungkin saja kamu alami saat mengalami leher tengeng akan bisa diatasi dengan mandi air hangat ini.

12. Minyak zaitun

cara mengobati sakit leher atau tengeng selanjutnya ialah dengan mengoleskan minyak zaitun ke area leher kamu. Namun minyak zaitun disini adalah minyak yang hangat, kamu bisa memasukkannya sebentar kedalam mikrowave atau memanaskannya sesaat. Penerapan minyak zaitun ini untuk leher tengeng hampir sama caranya dengan minyak gosok penghangat lainnya.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Secara Sederhana & Gejala Kolik Yang Wajib Diwaspadai

13. Garam epsom

Garam jenis ini bisa kamu dapatkan di apotek, dimana dalamnya terkandung zat magnesium sulfat. Salah satu fungsi dari zat ini adalah untuk meringankan serta meregulasi aktivitas dari enzim sekaligus memperbaiki sirkulasi darah kamu. Kamu bisa menerapan cara mengobati tengeng leher belakang ini dengan mencampurkannya ke air mandi kamu, yaitu sebanyak 2 cangkir garam epsom kedalma bak mandi.

14. Cuka apel

Seperti namanya cuka apel berasal dari buah apel yang diketahui bisa menjadi salah satu obat tradisional sakit tengeng. Penerapannya sendiri sangatlah sederhana. kamu hanya perlu merendam tisu makan atau juga bisa dengan tisu kertas kedalam cuka apel ini. Selanjutnya silahkan aplikasikan tisu tadi ke area leher kamu selama beberapa saat. Lakukan cara ini hingga rasa nyeri mereda. Selain itu kamu juga bisa memasukkan cuka apel sebanyak 2 cangkir kedalam air bak mandi seperti cara penggunaan garam epsom.

Cara mengobati leher tengeng dengan obat medis

obat tengeng paling ampuh

15. Obat perileks

Salah satu obat tengeng di apotik yang bisa kamu dapatkan adalah obat perileks otot. Obat ini akan berguna untuk membuat otot menjadi lebih lemas dan sekaligus meredakan leher yang tegang serta kaku. Perlu kamu ketahui, bahwa obat ini hanya boleh digunakan sebagai pereda nyeri sementara, dan paling optimal jika kamu konsumsi sebelum tidur.

16. Ibuprofen dan aspirin

Masalah leher tengeng lama bisa kamu coba mengatasinya mengguanakn obat aspirin dan ibuprofen. Obat ini bersifat AINS atau antiinflamasi yang cukup ampuh untuk atasi rasa sakit akibat leher tengeng. Kedua jenis obat ini bisa kamu temui dengan mudah di apotek, dan dijual bebas disana. Namun wajib kamu ketahui bahwa pastikanlah dosisnya sesuai yang dianjurkan.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi & Gejalanya

17. Salep analgesik topikal

Selain dengan memijat leher tengeng dan penggunaan obat minum diatas, kamu juga bisa mengobati tengeng di pundak denagn obat luar, yakni analgesik topikal. Ini merupakan salep balsem atau dengan kandungan mentol dan berbagai bahan lainnya yang berguna untuk menenangkan kulit serta otot. Selain itu beberapa jenis balsem yang terkenal ialah Aspercreme, Ben gay, dan icy hot.

Cara altenatif mengobati leher tengeng

leher tengeng tidak sembuh sembuh

18. Istirahat yang cukup

Kelelahan memang menjadi salah satu penyebab dari masalah tengeng leher ini. Oleh sebab itu jangan remehkan sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh pada saat lelah. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup dan perbaiki kualitasi tidurmu. Cara ini dilakukan untuk meringankan masalah leher tengeng yang kamu alami.

19. Pintar dalam menyikapi panic attack

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian penyebab leher tengeng, panic attack menjadi salah satu faktornya. Hal ini adalah salah satu gejala dari psikologis, yang berasal dari pikiran seseorang. Disaat panic attack seseorang bisa merasakan mual, pusing dan efek lainnya sepeti tegang otot dan leher tengeng. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah selalu bertindak tenang dan rilekskan dirimu. lalu kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

20. Rutin berolahraga atau kembali aktif

Orang yang jarang berolahraga, cenderung sering mangalami masalam ini atau setidaknya pernah mengalaminya. Leher teneng ini terjadi akibat malasnya seseorang dalam bergerak dan terlalu banyak istirahat. Mulai sekarang lakukan gerakan yang membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bugar seperi dengan stretching dan strengthening. Atau juga bisa dengan pilates, yoga atau olahraga ringan lainnya.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

Cara mencegah leher tengeng

  • Pastikan kamu selalu mengistirahatkan leher dari berbagai kegiatan yang memaksa leher berada dalam posisi yang sama untuk waktu lama.
  • Terapkan posisi postur yang baik, mulai dari berdiri, duduk hingga tidur.
  • Hindari penggunaan matras atau kasus yang lunak untuk menghindari posisi leher yang bengkok disaat tidur.
  • Lakukan relaksasi untuk mengatasi stres guna untuk menghilangkan ketegangan pada leher.
  • Gunakan bantal secukupnya, agar kepala sejajar dengan tubuh.
  • Sesuaikan tinggi meja, kursi hingga layar monitor kamu. Untuk monitor pastikan sejajar dengan mata, dan pastikan juga lutur selalu lebih rendah dari pinnggul saat duduk, dan selalu gunakan sandaran tangan di kursi.
  • Lakukan peregangan secara teratur disaat kamu sedang bekerja dalam keadaan duduk, seperti menggerakan bahu naik turun. Atau kamu juga bisa menggerakkan kepala ke samping, menunduk serta menengahkan kepada.
  • Selalu hindari menjepit telepon diantara telinga dan bahu pada saat menjawab panggilan jika sedang menggunakan telepon saat bekerja.
  • Hindari juga posisi tidur yang tengkurap karena akan memberikan tekanan yang kuat pada area leher, serta selalu gunakan bantal yang menopang lekukan lehermu sesuai dengan bentuk alaminya.
  • Jangan duduk terlalu lama, dan jika terpaksa maka istirahatlah sebentar dengan melakukan gerakan peregangan minimal 1 jam sekali.
  • Jangan terlalu sering melihat ponsel kearah bawah, menekukan leher kearah bawah dalam waktu yang lama bisa melukai leher secara perlahan.
  • Jangan kenakan tas yang berat sebelah baju
  • Gunakan teknik olahraga yang tepat agar beban yang ditopang oleh leher dan bahu sewajarnya.

Itu tadi beberapa penyebab, cara mengatasi leher teneng, serta cara mencegah leher tengeng yang bisa kamu terapkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.alodokter*com/sakit-leher
https://obatsakit*info/cara-mengobati-leher-tengeng/
https://id.wikihow*com/Mengatasi-Kaku-Leher
https://www.hipwee*com/tips/8-fakta-di-balik-sakit-leher-alias-tengeng-apa-harus-selalu-salah-posisi-tidur-yang-kau-salahkan/
https://halosehat*com/tips-kesehatan/kesehatan-otot/cara-mengobati-leher-tengeng
https://doktersehat*com/apa-itu-tengeng/
https://www.alodokter*com/tortikolis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *