obat mata ikan di kaki paling ampuh

15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis (Penyebab,Gejala,Pencegahan)

Posted on

15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis – Mata ikan dikenal juga dengan nama clavus, merupakan sebuah penebalan yang terjadi di kulit akibat dari tekanan atau gesekan secara berulang kali dan sering. Biasanya mata ikan ini berbentuk bulat dan berukuran kecil jika dibandingkan dengan kapalan. Selain itu mata ikan juga memiliki bagian tengah yang dikelilingi kulit yang meradang. Penebalan pada bagian kulit ini juga disertai dengan rasa nyeri yang muncul. Dan bagian tubuh yang paling sering dihinggapi oleh mata ikan adalah kaki.

Jika dilihat dari kebanyakan kasus, seperti yang dilansirkan oleh alodokter, masalah mata ikan sering kali diderita oleh banyak wanita jika dibandingkan dengan pria. Hal ini disebabkan karena wanita cenderung lebih sering menggunakan sepatu yang tertutup dengan ukuran yang cenderung tidak nyaman.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai masalah ini, yakni mulai dari penyebab mata ikan, gejala mata ikan, cara mengobati mata ikan di kaki, hingga sampai ke metode atau cara pencegahan mata ikan yang bisa kamu terapkan sendiri. Seperti apa pembahasan mengenai hal ini. Silahkan disimak berikut ini. Yuk Lihat !!

Penyebab mata ikan

Mata ikan pada umumnya disebabkan oleh adanya gesekan atau tekanan pada area kulit secara sering dan berulang kali. Namun ternyata selain itu, ada beberapa hal lagi yang menjadi penyebab dari mata ikan ini. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

  1. Pemakaian sepatu yang kurang nyaman
    Sepatu yang terlalu sempit atau yang memiliki hal tinggi, bisa memberikan efek tekanan pada kaki. Dan sebaliknya, sepatu yang longgar-pun juga bisa memberikan beberapa gesekan pada area kaki secara berulang-ulang dengan bagian yang ada pada sepatu. Oleh sebab itu carilah sepatu yang pas untuk kamu.
  2. Sering menggunakan peralatan atau sering bermain alat musik menggunakan tangan
    Penebalan yang terjadi pada kulit bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan alat musik`atau perkakas tangan yang digunakan sehari-hari.
  3. Tanpa kaus kaki
    Tidak menggunakan kaus kaki atau memakai kaus kaki dengan ukuran yang tidak pas bisa memberikan peningkatan resiko terjadinya gesekan pada kaki dengan alas kaki.
  4. Perokok
    Orang yang merokok dan sering menggunakan pemantik api, juga bisa menyebabkan mata ikan di jempolnya. Kondisi ini akibat dari gesekan jempol dengan pemantik api secara berulang-ulang.

Beberapa kondisi yang menyebabkan meningkatkan risiko terkena mata ikan :

  • Kebiasaan berjalan dengan sisi dalam atau sisi luar dari kaki.
  • Memiliki kutil atau bekas luka
  • Orang yang memiliki kelainan kelenjar keringan
  • Bunion, yakni kondisi dimana penonjolan pada sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang.
  • Tidak menggunakan sarung tangan, kegiatan yang memebutuhkan keterampilan tangan dan tidak menggunakan warung tangan dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko mata ikan.
  • Hammertoe, kondisi atau cara pada area jari kaki yang bengkok dan juga berbentuk seperti cakar.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Secara Sederhana & Gejala Kolik Yang Wajib Diwaspadai

Gejala mata ikan

Masalah mata ikan memberikan efek kelainan para area kulit, yaitu diantaranya, pengerasan, penebalan serta penonjolan pada area kulit. Selain itu kulit seseorang yang mengidap masalah ini juga bisa menjadi kering, berminyak hingga bersisik. Tak hanya itu, gejala lainnya yang bisa ditimbulkan dari mata ikan ini adalah bisa menyebabkan rasa nyeri apabila ditekan. Dan hal yang membedakan mata ikan ini dengan kapalan ialah timbulnya rasa nyeri atau perangan tadi.

Cara mengobati mata ikan secara alami

obat mata ikan di apotik

1. Lemon

Cara mengobati mata ikan alami pertama ialah dengan memanfaatkan lemon. selain menjadi bahan masakan atau minuman, lemon juga memiliki manfaat lain yakni sebagai obat mata ikan. Selain itu lemon juga lebih cenderung untuk tidak memiliki efek samping yang berlebihan. Penerapannya sendiri sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengambil air lemon secukupnya, lalu oleskan pada area mata ikan, diamkan hingga kering. Dan lakukan cara ini hingga bagian tengah mata ikan keluar.

2. Bawang merah

Kandungan asam kuat didalam bawang merah juga cukup ampuh dalam menjadi cara mengobati mata ikan di jari tangan atau dikaki. Hal ini dikarenakan nutrisi asam tadi bisa menetralisir infeksi yang terjadi dari mata ikan. Selain itu, mata ikan juga berfungsi untuk melembekkan kulit kapalan dan membuat kulitnya menjadi lebih mudah terkelupas. Penerapannya bisa kamu lakukan dengan cara mengoleskan bawang merah yang sudah dihaluskan ke area mata ikan, lalu kemudian silahkan tutup dengan kain selama dua hari.

3. Minyak jarak

Selain untuk kesehatan rambut, minyak jarak ternyata juga bisa menjadi cara mengobati mata ikan di tangan atau di kaki kamu. Kamu hanya perlu menyiapkan minyak jarak, air panas, dan sabun, lalu sediakan juga batu apung. Silahkan campurkan minyak jarak dengan air panas yang ditetesi sabun. Setelah itu, silahkan gosokkan batu apung sembari menyiram bagian yang terkena mata ikan dengan campuran tadi.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi & Gejalanya

4. Minyak vitamin E

Selanjutnya untuk cara mengobati mata ikan tanpa operasi adalah dengan menggunakan minyak vitamin E. Kandungan antioksidan didalamnya bisa berguna untuk menyembuhkan dan mengobati mata ikan. Dengan cara sebagai berikut. Keluarkan terlebih dahulu minyak vitamin E dari akpsulnya, dan silahkan kamu oleskan ke area mata ikan, dan tutup dengan kain atau kaus kaki. Lakukan cara ini setiap kali kamu hendak tidur malam hari.

5. Bawang putih

Bawang putih memang terkenal dengan kandungan nutrisi baik yang banyak didalamnya. Oleh sebab itu tak heran jika bawang putih ini sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi dan mengobati masalah kesehatan, termasuk juga sebagi cara mengobati mata ikan dengan bawang putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan didalam bawang putih yang bisa meredakan mata ikan secara alami dan membunuh jamur atau bakteri penyebab infeksi. Caranya, adalah dengan membuat pasta bawang putih, dan silahkan aplikasikan ke bagian mata ikan. Tutup dengan handuk atau kais kasa, dan diamkan semalaman. Keesokan harinya cuci dan bilas hingga bersih.

6. Baking soda

Salah satu obat mata ikan di kaki paling ampuh dan alami adalah baking soda. Dimana baking soda memiliki zat eksfoliasi kulit secara alami, yang bisa mengangkat lapisan kulit mati. Selain itu, baking soda juga memiliki kandungan antijamur dan antibakteri yang sangat cocok untuk mengatasi masalah mata ikan. Hampir sama dengan penerapan minyak jarak, baking soda juga membutuhkan batu apung. Silahkan rendam kaki dengan air yang sudah diberikan larutan beking soda selama 15 meni. Selanjutnya gosok bagian mata ikan dengan batu apung selama beberapa menit hingga mata ikan reda.

7. Nanas

Selain banyak obat mata ikan di apotik yang dijual, kamu juga bisa mengatasi mata ikan dengan bahan alami, yakni dengan nanas. Silahkan kamu potong nanas dan tempelkan pada area mata ikan, dan silahkan balut dengan kain kasa atau perban. Diamkan selama semalaman, dan cuci hingga bersih.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

8. Getah pepaya

Buah pepaya biasanya sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Namun tak hanya buahnya saja, getahnya pun juga bisa menjadi salap mata ikan yang alami. Caranya adalah dengan membersihkan terlebih dahulu area mata ikan dengan campuran air hangat dan garam. Rendam didalam air tersebut selama 15 menit, dan barulah oleskan getah pepaya secara merata hingga masalah mata ikan membaik.

9. Getah kamboja

Cara menghilangkan mata ikan lunak atau keras selanjutnya adalah menggunakan getah kamboja, yaitu dengan menerapkan getah dari tanaman kamboja ini ke area dimana mata ikan kamu berada. Ratakan dan lakukan cara ini secara rutin hingga mata ikan kamu hilang.

10. Daun dewa

Salah satu khasiat dari daun dewa adalah untuk cara mengobati mata ikan secara alami. Kamu perlu mengambil 5 helai daun dewa dan silahkan haluskan. Selanjutnya balurkan ke area mata ikan secara merata, dan bungkus dengan perban atau kain kasa.

11. Cuka apel

Hampir sama dengan lemon, cuka apel juga bisa membantu untuk mengatasi mata ikan. Caranya ialah dengan merendam area mata ikan di kulitmu dengan campuran air dan cuka apel selama 20 menit. Selanjutnya silahkan gosok dengan batu apung.

Baca Juga : 21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

12. Batu apung

Selanjutnya untuk cara mengatasi mata ikan adalah dengan menggunakan batu apung. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu area mata ikan, dan selanjutnya gosokkan dengan batu apung hingga penebalan kulit menjadi menipis.

Cara altenatif mengobati mata ikan

cara menghilangkan kutil atau mata ikan di tangan

13. Menggunakan obat-obatan

Cara mengeluarkan mata ikan atau menghilangkan mata ikan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat. Kamu bisa membeli obat penghilang mata ikan di apotek. Ada juga jenis obat mata ikan yang seperti plaster dan langsung ditempelkan pada area mata ikan, biasanya obat jenis ini mengandung asam salisilat yang bersifat panas dan membakar kulit atau membuat kulit menjadi kemerahan. Penerapan obat jenis plaster ini harus mengikuti aturan pakainya, dan apabila kamu mengalami keluhan yang aneh pada kulit segera hentikan pemakaian dan kunjungi dokter.

14. Mengkonsumsi obat dari resep dokter

Biasanya setelah konsultasi ke dokter, kamu akan diberikan rekomendasi obat atau prosedur medis yang berguna untuk membuang mata ikan yang kamu alami. Dokter juga akan membantu dalam mencari penyebab dari mata ikan tersebut.

15. Menggunakan antibiotik dengan rekomendasi dokter

Kamu juga bisa mengandalkan antibiotik dari dokter untuk mengatasi infeksi atau mencegah infeksi didalam penanganan masalah mata ikan yang kamu lakukan sendiri.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

Cara mencegah mata ikan

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, guna untuk mencegah mata ikan datang kembali atau bagi kamu yang belum mengalami agar tidak terkena mata ikan.

  • Gunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki
  • Membeli sepatu pada saat siang hari, karena pada saat siang hari kaki berada dalam ukuran terlebar
  • Mengoleskan krim pelembab khusus kaki
  • Selalu menggunakan sarung tangan atau kaus kaki agar bagian tubuh tersebut terhindar dari gesekan.

Peringatan untuk membuang mata ikan sendiri dirumah

Seperti yang dilansirkan oleh wikihow, berikut adalah beberapa peringatan yang harus kamu ketahui sebelum menerapkan cara membuang mata ikan sendiri dirumah.

  • Luka yang kecil pada kaki bisa menyebabkan infeksi dan masalah serius. Jadi hati-hati dalam membuat mata ikan dirumah, jangan menggunakan gunting, siler atau benda tajam lainnya.
  • Kondisi tertentu bisa meningkatkan resiko infeksi. Oleh sebab itu, penderita gangguan sirkulasi atau diabetes, haruslah berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Karena tidak boleh sembatangan membuang mata ikan sendiri.
  • Bagi penderita diabetes, dilarang untuk menggunakan asam salisilat tetes untuk mengobati mata ikan. Koreng pada kulit bisa memberikan efek samping yang lebih serius.

Itu tadi beberapa cara mengatasi mata ikan, gejala, penyebab, hingga peringatan penting jika menerapkannya sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.alodokter*com/cara-menyembuhkan-mata-ikan-di-telapak-kaki
https://hellosehat*com/hidup-sehat/fakta-unik/mengobati-mata-ikan-di-kaki-2/
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-mata-ikan/
https://www.alodokter*com/mata-ikan
https://meramuda*com/beauty-health/7-cara-tradisional-mengatasi-kapalan-dan-mata-ikan/
https://kamini*id/cara-menghilangkan-mata-ikan/
https://id.wikihow*com/Menyembuhkan-Mata-Ikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *