cara menyembuhkan pilek dalam sehari

Mujarab, Ini Dia 32 Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Cepat & Ampuh Serta (Gejala & Pencegahannya)

Posted on

32 Cara Mengobati Pilek Secara Alami – Menurut wikipedia, pilek merupakan sebuah penyakit menular yang terjadi akibat dari virus pada area sistem pernapasan, dimana virus ini menyerang tenggorokan, hidung, sinus dan kotak suara. Penyakit ini sangat umum diderita oleh kebanyakan orang, di Indonesia sendiri pilek diderita lebih dari 2 juta orang pada setiap tahunnya. Masalah pilek ini sering kali dipengaruhi oleh faktor cuaca yang hujan atau dingin. Dimana pada musim tersebut virus penyebab pilek sangat mudah berkembang dan menyebar.

Namun walaupun demikian penyakit pilek sering kali membuat para penderitanya merasa tidak nyaman akan semua itu. Baik itu anak-anak, balita hingga orang dewasa, laki-laki ataupun perempuan. Selain faktor cuaca, daya tahan tubuh seseorang yang melemah juga bisa menjadi alasan seseorang terkena pilek. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai masalah penyakit pilek ini, mulai dari gejala, hingga cara mengobati pilek secara alami, cepat dan ampuh yang bisa kamu coba sendiri. Bagaimana pembahasannya ? Silahkan disimak berikut ini.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis (Penyebab,Gejala,Pencegahan)

Gejala pilek

Gejala penyakit pilek ini sangat mudah didiagnosa, yakni bersin-bersin dan kongesti. Dan apabila pilek diderita oleh anak-anak dan memperlihatkan gejala berat seperti demam tinggi, maka segeralah bawa kedokter. Selain gejala umum tadi, ada beberapa gejala lainnya yang dialami oleh para penderita pilek yaitu.

  • Nyeri otot
  • Batuk berdahak
  • Hidung tersumbat
  • Kurangnya kemampuan penciuman
  • Hidung kemerahan
  • Demam
  • Kelelahan
  • Panas dingin
  • Mata berair
  • Mara kemerahan dan gatal
  • Penyumbatan atau tekanan sinus
  • Iritasi tenggorokan

Cara mengobati pilek dengan bahan alami

cara menyembuhkan flu dalam semalam

1. Jahe

Cara menyembuhkan pilek dalam sehari pertama ialah dengan menggunakan bahan alami jahe. Jahe akan membantu untuk membuat otot pada area saluran pernapasan seseorang menjadi lebih rileks. Serta membantu dalam merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menjadi lebih aktif. Tak hanya itu, jahe juga memiliki kemampuan untuk menangkal rasa mual dan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Kamu bisa mengoleh jahe dengan membuat air rebusan jahe, atau juga bisa memasukkan jahe kedalam teh. Untuk air rebusannya, kamu cukup merebus jahe selama 20 menit, saring dan sajikan.

2. Madu

Madu yang memiliki sifat antimikroba, antivirus dan antibakteri sangat bisa diandalkan dalam menjadi cara menyembuhkan flu dalam semalam akibat pilek. Dengan sifat alami ini, maka madu akan membuat tubuh kamu menjadi lebih mendingan. Selain itu, madu juga bisa meredakan gejala batuk akibat pilek dengan cara melarutkannya dengan air hangat didalam gelas guna untuk diminum pada pagi dan malam hari. Segelas madu ini juga mencegah kamu dari dehidrasi, namun perlu kamu ketahui sebaiknya madu jangan diberikan pada anak usia kurang dari 1 tahun.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

3. Sup ayam dengan bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan kimiawi yang bisa diandalkan untuk melawan virus serta meningkatkan sel kekebalan tubuh seseorang. Tak heran jika bawang putih bisa menjadi salah satu obat flu tradisional untuk dewasa akibat pilek. Pengolahan efektif dan lezat yang bisa kamu pilih adalah dengan membuat sup ayam. Paduan ayam dan bawang putih akan semakin efektif mengatasi pilek karena kedua bahan ini sama-sama mengandung carnosine yang bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala pilek. Selain itu sup ayam juga membantu dalam melegakan hidung tersumbat dan membuat sel darang putih lebih leluasa dalam melawan virus penyebab pilek.

4. Jamur

Jamur memiliki nutrisi vitamin serta mineral yang bisa diharapkan untuk melawan masalah pilek. Beberapa jenis jamur yang bisa kamu andalkan yaitu, jamur tiram, enoki, serta shiitake. Selain itu jamur ini juga meningkatkan sistem imun tubuh, kaya vitamin B, serat dan juga mineral kalium. Bahkan beberap jenis jamur juga memiliki kandungan antioksidan alami didalamnya.

5. Ramuan ginseng

Salah satu cara mengobati pilek menahun secara alami yang bisa kamu pilih adalah dengan mengandalkan ramuan ginseng. Hal ini karena ginseng bisa melawan virus penyebab dari pilek yang kamu derita. Caranya cukup dengan mengkonsumsi ramuan ginseng atau teh dengan kandungan ginseng. Studi yang dilakukan di Universitas Alberta, Kanada menunjukkan bahwa ginseng bisa melawan infeksi yang terjadi secara alami.

6. Telur

Didalam telur terdapat kandungan protein dan asam amino yang cukup baik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melawan virus pilek. Kamu bisa merebus telur guna untuk mendapatkan nutrisi yang semaikin optimal untuk atasi pilek yang sedang kamu derita.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Secara Sederhana & Gejala Kolik Yang Wajib Diwaspadai

7. Jus elderberry

Jus elderberry juga bisa menjadi solusi untuk tasi pilek yang sedang kamu derita. Buah berbentuk kecil dan berwarna ungu ini mengandung karotenoid yang bisa melawan infeksi oleh virus. Selain itu kandungan vitamin C didalamnya juga tinggi, dan bisa diandalkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Tiram

Tiram menjadi pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi disaat pilek. Tiram memiliki kandungan seng yang tinggi dan bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan pilek. Selain itu tiram juga bisa mengurangi infeksi yang disebabkan oleh pilek. Pada saat mengolahnya pastikan tiram benar-benar matang, dan tambahkan sedikit bumbu guna untuk menambah rasanya.

9. Teh licorice

Teh dari akar tanaman licorice atau akar manis ini cukup mujarab dalam mengatasi pilek. Karena kandungan senyawa baik yang bisa melawan infeksi pilek dan memecahkan lendir didalam hidung dan tenggorokan. Selain itu teh ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan demam saat pilek.

10. Paprika merah

Paprika merupakan salah satu bahan yang sering diolah menjadi masakan. Tanaman ini ternyata juga bisa menghilangkan masalah pilek karena kandungan vitramin Cnya yang baik. Dimana vitamin C ini sangat bisa diandalkan untuk melawan virus penyebab pilek.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi & Gejalanya

11. Biji adas

Biji adas juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati pilek yang kamu derita. Biji adas akan membantu untuk mengatasi lendir atau cairan didalam tenggorokan dan hidung kamu. Selain itu biji adas juga membantu untuk menyembuhkan batu yang sedang kamu derita akibat pilek.

12. Minum teh hangat

Disaat pilek memilih untuk mengkonsumsi satu cangkir teh hangat mungkin akan membatu untuk meredakan pilek yang diderita. Teh hangat ini akan membantu dalam melawan virus pilek. Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard didalam teh terkandung senyawa polifenol yang seperti katekin. Dimana senyawa ini akan sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu senyawa ini juga bisa membuat tubuh menjadi merasa lebih enakan.

13. Banyak minum minuman hangat

Minuman hangat akan membantu untuk mengencerkan lendir pada hidung yang mengalami mapet akibat pilek, sehingga lendir tersebut lebih mudah keluar. Selain itu banyak minum air hangat juga menjadi cara mengatasi flu berkepanjangan dan membuat napas lebih lega. Tak selalu air mineral, kamu juga bisa memvariasikannya dengan minuman hangat lainnya, seperti lemon tea hangat, jahe hangat, teh hangat biasa, mint tea hangat dan minuman hangat lainnya yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami, guna untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara mengobati pilek dengan gaya hidup

cara menyembuhkan pilek dengan cepat tanpa

14. Hindari makanan yang mengandung susu

Pada dasarnya susu (lebih tepatnya, semua jenis dari lemak) bisa memberikan peningkatan terhadap jumlah dari lendir yang terdapat didalam hidungmu. Oleh sebab itu hindarilah makanan atau minuman seperti ini.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

15. Istirahat lebih lama

Langkah ini bisa kamu lakukan guna untuk mengatasi pilek secara alami dengan cepat. Pada umumnya setiap orang dewasa membutuhkan tidur selama 8 jam pada setiap malamnya untuk mendapatkan kondisi yang sehat. Namun jika kamu pilek mungkin tidur lebih lama menjadi pilihan yang bisa kamu terapkan.

16. Kumur-kumur dengan air garam hangat

Suhu dari air garam yang hangat bisa menjadi cara mengobati pilek menahun secara alami yang cukup efektif. Karena biosa membuat tenggorokan menjadi lebih lega dan batuk bisa berangsur membaik. Selain itu garam juga mengandung zat yang bisa melawan infeksi yang terjadi.

17. Tidur dengan bantal tambahan

Mungkin cara ini akan cukup membantu dalam mengatasi masalah pilek kamu. Kamu hanya perlu tidur dengan 2 buah bantal di kelapa guna untuk menjaga kepala kamu tetap miring, sehingga pernapasan yang terganggu karena pilek bisa lebih mendingan pada saat kamu tidur.

18. Memijat ringan hidung

Cara menyembuhkan pilek dengan cepat tanpa obat selanjutnya adalah dengan memijat ringan hidung kamu menggunakan jempol serta telunjuk tangan. Hal ini dilakukan untuk membantu hidung menjadi lebih lega dan mengeluarkan ingus lebih banyak. Lakukan gerakan memutar hingga hidungmu merasa lebih enakan.

Baca Juga : 21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

19. Sering berkumur dengan air bersih

Kamu yang sedang terserang pilek, bisa mencoba cara ini untuk mengatasinya. Dengan berkumur maka akan membantu untuk mengatasi lendir di jaringan sinus dan perkembangan virus pilek didalam tubuh kamu. Selain itu orang yang berkumur-kumur minimal 4x dalam, seharinya dengan air bersih bisa meminimkan resiko terkena pilek.

20. Tetap makan

Biasanya orang-orang menderita pilek akan berkurang nafsu makannya, namun hal ini tidak boleh kamu biarkan begitu saja. Tetaplah paksa untuk makan karena nutrisi yang diserap dari makanan akan membantu pemulihan tubuh saat terkena pilek semakin baik.

21. Konsumsi makanan tinggi seng

Mineral bernama seng bisa diandalkan untuk menurunkan resiko penyakit pilek. Makanan dengan kandungan ini akan membuat proses regenerasi sel tubuh menjadi lebih baik dan lebih bisa diandalkan dalam melawan virus. Beberapa sumber nutrisi seng yang mudah kamu temui ialah almond,lentil, kacang mete, ayam, dll.

22. Konsumsi makanan tinggi omega 3

Jenis makanan yang tinggi akan nutrisi omega 3 bisa membantu kamu dalam menangani masalah pilek. Omege 3 ini akan sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem imun, dan melawan infeksi yang terjadi. Selain itu omega 3 juga mmebantu dalam melawan berbagai jenis perangan yang terjadi termasuk juga pilek. Beberapa sumber omega 3 yang tinggi diantaranya seperti ikan tuna, salmon, ikan makarel dll.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

23. Mengkonsumsi makanan pedas

Cara ini mungkin lebih cocok untuk menghilangkan hidung mapet atau hidung tersumbat akibat pilek. Dan caranya pun sangatlah gampang dan menyenangkan bagi kamu pecinta pedas, Cukup mengkonsumsi makanan pedas hingga membuat lendir di hidung keluar dengan sendirinya pada saat kamu mengalami kepedasan.

24. Perbanyak konsumsi vitamin C

Selanjutnya untuk cara menyembuhkan pilek pada anak dan orang dewasa bisa dengan memanfaatkan vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup bisa mengurangi infeksi pada saluran pernapasan akibat pilek. Selain itu vitamin C juga mudah untuk ditemukan, seperti pada jeruk, tomat, jambu, belimbing, pepaya, stroberi, dll.

25. Membuang cairan hidung (ingus)

Kamu yang pilek dan memiliki cairan ingus yang banyak, maka solusi pertama yang bisa kamu coba adalah dengan membuang ingus tersebut. Hal ini cukup efektif dalam menjadi cara mengobati batuk dan pilek secara alami. Pastikan ingus didalam hidungmu keluar sepenuhnya, dan bagi bayi bisa menggunakan aspirator (alat penghisap cairan pada hidung) yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat.

26. Menghangatkan badan

Masalah pilek bisa kamu atasi secara cepat dengan menghangatkan badan, hal ini dikarenakan virus yang banyak terdapat pada ingus di hidung tersumbat akan dengan mudah dikeluarkan apabila kamu menghangatkan badan. Selain itu, matikan AC atau kipas angin agar semakin maksimal. Selimutkan tubuhmu dengan selimut yang cukup tebal dan hangat. Selain itu, kamu juga bisa mandi dengan air hangat untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : Penyebab & 13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan

Cara altenatif mengobati pilek secara alami

cara mengobati pilek menahun secara alami

27. Legakan pernapasan dengan kelembapan

Salah satu cara mengobati batuk pilek secara alami atau gejala pilek lainnya ialah dengan membuat pernapasanmu lega menggunakan kelambapan. Cobalah gunakan perangkan pelembab udara (humidifier) guna untuk menghasilkan udara yang lebih sejuk atau veporizer. Semakin baik udara didalam ruangan kamu berada maka akan semakin banyak juga energi yang bisa melawan virus penyebab masalah pilek ini.

28. Kompres hidung dengan air hangat

Berikutnya untuk cara menyembuhkan pilek dengan cepat tanpa obat adalah dengan mengkompres hidung kamu menggunakan handuk hangat. Siapkan handuk kecil, dan celupkan kedalam air hangat, letakkan diarea hidung, dan diamkan. Cara ini juga bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang efektif.

29. Menghirup uap air panas

Selain mengkonsumsi air hangat, kamu juga bisa menghirup uap air panas sebagai cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat, sekaligus mencairkan lendir dihidung. Berikut adalah caranya, masaklah air hingga mendidih, hirup uapnya dan jangan terlalu dekat agar hidung tidak melepuh.

30. Uap air panas dan minyak kayu putih

Campuran air panas dengan minyak kayu putih ternyata cukup dapat diandalkan untuk menjadi cara menghilangkan pilek dan bersin. Yakni dengan cara menghirup uap yang dikeluarkan dari campuran kedua bahan ini. Teteskan minyak kayu putih secukupnya kedalam baskom berisikan air panas, aduh dan hirup uapnya.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Sakit Gusi Saat Hamil & Bahayanya !

31. Semprotan saline

Larutan bernama saline ini ini membantu untuk mengencerkan lendir yang terdapat pada hidung yang tersumbat akibat pilek. Oleh sebab itu langkah ini menjadi cara mengobati batuk pilek secara alami yang bisa kamu terapkan sendiri. Kamu bisa mendapatkan semprotan ini di apotek terdekat.

32. Oleskan balsem di dada sebelum tidur

Cara mengobati pilek secara alami ini mungkin sudah umum diterapkan, namun memang ampuh dalam mengatasi pilek yang sedang kamu derita. Balsem akan membuat pernapasan menjadi lebih lega. Oleskan balsem pada dada dan silahkan hirup uap yang dikeluarkan balsem tersebut.

Cara mencegah pilek

Langkah pencegahan tentunya juga penting untuk kamu terapkan, guna untuk meminimalir permasalahan kesehatan ini. Berikut adalah beberapa cara mencegah pilek yang bisa kamu terapkan sendiri. Silahkan disimak :

  • Seringlah cuci tangan
  • Hindari kontak langsung dengan orang sakit
  • Perkuat sistem kekebalan tubuh dengan makanan bergizi
  • Atasi masalah stres kamu
  • Gunakan masker
  • Jangan terlu sering memegang wajah atau memasukkan tangan lubang kehidung
  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Hindari berbagi perlengkapan dengan orang lain
  • Hindari mandi dengan orang lain
  • Istirahat lebih banyak
  • Rutin olahraga

Itu tadi beberapa cara mengobati pilek secara alami, cepat dan ampuh yang bisa kamu terapkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.liputan6*com/health/read/3589690/11-cara-mengatasi-hidung-tersumbat-yang-terjadi-saat-pilek
https://id.wikihow*com/Menyembuhkan-Pilek
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-pilek-alami/
https://halosehat*com/penyakit/flu/cara-menghilangkan-pilek
https://www.republika*co*id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/10/06/pg5r3j328-cara-menghilangkan-pilek-dalam-24-jam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *