obat ruam popok yang sudah parah

8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

Posted on

8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi – Masalah ruam popok pada bayi tentunya menjadi sebuah hal yang cukup sering dialami oleh ibu. Seperti yang dikutip dari hellosehat, ruam popok bayi merupakan sebuah iritasi yang terjadi pada area kulit bayi yang tertutupi oleh popok. Dalam dunia medisnya kondisi seperti ini biasa dikenal dengan istilah dermatitis atau diaper rash. Hal ini sering kali terjadi akibat dari pemakaian popok yang membuat kulit bayi yang tertutupi menjadi memerah mengkilat serta membuat bayi merasa tidak nyaman akan kondisi tersebut.

Masalah ruam ini sering kali terjadi akibat dari popok yang basah, atau jarang diganti, gesekan disekitaran area iritasi, serta sensitivitas kulit. Sebenarnya masalah ruam ini bukanlah kondisi yang seriys, namun juga tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena bisa memperparah kasus ini, dan bisa berubah menjadi infeksi bakteri atau jamur. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati ruam popok pada bayi, penyebab ruam popok, hingga obat ruam popok pada bayi yang bisa kamu terapkan. Seperti apa pembahasannya ? Silahkan disimak berikut ini.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Secara Sederhana & Gejala Kolik Yang Wajib Diwaspadai

Penyebab ruam popok bayi

Penyebab umum dari masalah ruam popok bayi ialah karean adanya masalah iritasi atau gesekan yang kemudian menyebabkan jamur bisa berkembang dan menginfeksinya, atau juga bisa dikarenakan bakteri yang terperangkap didalam popok dan membuat kulit bayi yang rentan dan sensitif menjadi ruam. Bahan seperti absorben sintetik yang biasa terdapat didalam popok sekali pakai serta sabun yang biasa digunakan untuk membunuh kuman juga bisa menjadi penyebab masalah iritasi ini.

Tanda-tanda & gejala ruam popok bayi

Kondisi ruam popok pada bayi pada umumnya memiliki gejala yang biasa terjadi pada masalah iritasi lainnya, yaitu kulit yang kemerahan disekitaran area popok, bagian bokong bayi hingga selangkangannya. Gejala ini biasanya akan diawali dengan timbulnya bintik-bintik merah muda yang samar-samar lalu mulai menonjol yang lama kelamaan mulai membesar dan menutupi area yang tertutupi oleh popok apabila tidak diobati.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi & Gejalanya

Bahkan dalam kasus terburuk, masalah ini bisa membuat kulit bayi mengelupas, lipatan menjadi kasar, serta bayi menjadi semakin rewel dan sering mangis, terutama disaat dia BAK atau BAB. Ruam popok ini biasanya tidak diiringi dengan demam.

Hal yang meningkatkan resiko ruam popok

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi faktor meningkatkan resiko ruam popok pada bayi :

  • Iklim lembab atau panas
  • Popok bayi yang terbuat dari bahan kasar
  • Bayi yang sedang mengalami diare
  • Tidak mengerikan bayi sebelum memakai popok
  • Bayi yang beriritasi oleh sabun cuci atau zat dalam popok
  • Tidak teratur dalam mengganti popok
  • Popok yang terlalu ketat

Cara mengobati ruam popok

mengatasi ruam popok dengan baby oil

1. Pastikan secara rutin mengecek popok si kecil

Hal pertama yang menjadi cara mengatasi ruam popok pada bayi baru lahir adalah dengan melakukan pengecekan popok secara rutin. Apakah popok tersebut sudah basah dan berat atau kotor. Selain itu kamu juga perlu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengganti popok si kecil. Bersihkan juga area kulit bayi yang tertutup oleh popok dengan kain yang halus serta lembut, sekaligus menyemprotkan air dari botol.

Selain itu kamu juga bisa mengelapnya menggunakan tissue, namun jangan menggosoknya terlalu kasar, hindari juga penggunaan tissue yang mengandung pewangi atau alkohol. Disaat memandikannya gunakan sabun yang lembut dan cocok dengan kulit bayi kamu, tepuk-tepuk juga pada bagian munculnya ruam. Serta carikanlah jam-jam dimana bayi tidak memakai popok, hal ini bertujuan untuk membuat kulit si kecil tetap kering dan bebas dari gesekan. Pada saat ini kamu bisa membaringkannya diatas handuk yang lembut.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

2. Rutin mengganti popok

Mengganti popok secara rutin merupakan salah satu cara mengobati ruam popok pada bayi laki-laki ataupun perempuan yang paling efektif. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir ruam menjadi lebih parah. Kamu bisa menggantinya sekitar 2-3 jam sekali.

Dan usahakan secepat mungkin diganti pada saat sudah kotor. Kondisi ruam serta ditambah dengan kulit yang lemam hanya akan memperparah ruam tadi, hingga membuat iritasi menjadi muncul dan menjadi-jadi. Pada saat mengganti popok, kamu juga harus memastikan bahwa popok tersebut tidak terbalut dengan ketat, agar kulit bisa bernafas dan ruam tidak semakin parah.

3. Perhatikan cara memilih popok

Cara mengatasi ruam popok pada bayi perempuan atau laki-laki berikutnya adalah dengan memastikan cara pemilihan popok yang tepat. Sering kali para orangtua meremehkan hal ini dan tidak mengetahui mana popok yang bisa mengurangi ruam bayi, berikut adalah tipsnya.

  • Kamu bisa mulai beralih menggunakan popok kain, atau popok yang sekali pakai juga namun dari merek yang berbeda dari sebelumnya.
  • Jika kamu mencuci popok kain bayi sendiri, maka ganti juga detergent atau sabun cucinya dengan sabun yang lembut serta hypoallergenic. Kamu juga bisa membilas popok kain tersebut dengan setengah cangkir cuka guna untuk memastikannya lagi apakan kuman dan bakterinya sudah benar-benar mati.

Baca Juga : 21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

4. Pililah pakaian yang menyerap udara

Selain tidak menggunakan produk yang mengandun zat parfum, cara mengatasi ruam popok pada bayi 2 bulan atau lebih juga bisa kamu terapkan dengan memanfaatkan pakaian yang menyerap udara. Jangan gunakan popok yang ketat karena bisa melembabkan pantat bayi, serta membuat bayi merasa kepanasan, apalagi disaat musim panas. Selain bisa mengobati dan mengatasi ruam hal ini juga membuat bayi lebih nyaman.

5. Gunakan krim atau gel untuk bayi

Obat iritasi kulit bayi akibat pampers atau cara mengobati ruam popok pd bayi juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan krim dan gel yang aman bagi si kecil. Yakni krim dengan kandungan zinc yang bisa membantu dalam meredakan ruam kulit, dan mencegah terjadi iritasi. Kamu juga bisa bertanya pada dokter atau apoteker tentang krim yang akan kamu gunakan apakah baik untuk kulit bayi atau tidak.

Selain itu, hindari penggunakan krim steroid (hydrocortisone) kecuali jika itu resep dari dokter. Selain menggunakan krim, kamu juga bisa memanfaatkan petroleum jelly agar krim tidak menempel di popok. Gel jenis vaseline juga bisa kamu aplikasikan, karena kandungan parfumnya yang sedikit serta harganya yang terjangkau dan aman bagi kulit bayi.

Cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami

cara mengobati ruam popok bayi

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa menjadi salah satu obat ruam popok pada bayi laki-laki atau perempuan secara alami. Hal ini karena kandungan nutrisi esensial didalam minyak kelapa. Seperti zat besi, protein, vitamin D, kalsium dan asam folat. Nutrisi ini sangat membantu sekali dalam melindungi kulit dari infeksi dan memperkuat imunitasi si bayi. Kamu bisa menerapkan minyak kelapa dengan cara mengoleskannya ke bagian kulit yang terkena ruam popok. Minyak kelapa ini juga memiliki sifat antisepti alami yang aman bagi kulit si kecil.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

7. Minyak zaitun

Hampir sama dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa menjadi obat tradisional lecet untuk bayi akibat ruam popok. Bedanya, minyak zaitun disini berperan sebagai pelembab yang akan membantu untuk menjaga kulit bayi agar tidak terkena air yang bisa menimbuatlan ruam.

8. Bubuk baking soda

Selain menerapkan cara mengobati ruam popok dengan baby oil, atau minyak alami lainnya. Kamu juga bisa mengandalkan baking soda untuk atasi ruam popok pada bayi. Selain dikenal sebagai pengembang kue, baking soda juga bisa menjadi obat tradisional untuk mengobati lecet pada selangkangan bayi akibat ruam popok. Caranya ialah dengan mencampurkan 2 sendok baking soda dengan air hangat, kemudian biarkan si kecil berendam selama beberapa waktu didalam air campuran tersebut, lalu silahkan bilas dan keringkan.

Ruam popok pada bayi yang harus diwaspadai

Bahaya atau tidaknya masalah ruam popok yang dialami oleh si kecil, pada dasarnya tergantung pada penyebabnya, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu waspadai.

  • Infeksi jamur
  • Infeksi bakteri
  • Reaksi alargi yang terlihat akibat popok
  • Diare
  • Lecet pada daerah sekitaran bekas popok
  • Demam
  • Kemerahan yang amat sangat
  • Bernanah atau keluar cairan disekitaran area ruam popok
  • Bengkak
  • Ruam memburuk dan tak kunjung hilang
  • Bayi merasa sakit ketika memakai popok
  • Ruam yang menjadi jamur serta infeksi ragi (candida)

Itu tadi beberapa cara mengobati ruam popok pada bayi, penyebab ruam popok pada bayi, tanda-tanda & gejala ruam popok pada bayi, hingga Ruam popok pada bayi yang harus diwaspadai. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.alodokter*com/bunda-lakukan-hal-ini-jika-bayimu-mengalami-ruam-popok
https://www.alodokter*com/ruam-popok
https://hellosehat*com/parenting/kulit-bayi/mengatasi-ruam-popok-bayi/
https://hellosehat*com/penyakit/ruam-popok/
http://nakita.grid*id/read/02903072/jangan-panik-moms-begini-cara-mudah-mengatasi-ruam-popok-pada-bayi?page=all
https://www.johnsonsbaby*co*id/artikel/ibu-jangan-biarkan-ruam-popok-ganggu-buah-hati-ini-cara-atasinya#xVxKdqBZFKjGqbSv.97

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *