cara mengobati sakit gigi pada anak secara alami

15 Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Secara Alami & Obat Apotik

Posted on

15 Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Secara Alami – Siapa yang tidak kenal dengan masalah sakit gigi, yaitu rasa nyeri yang terjadi pada gigi seseorang, dimana semua itu disebabkan oleh berbagai masalah pada area rahang, gusi dan gigi. Sakit gigi ini bisa menimpa siapapun, baik itu orang dewasa, remaja atau bahkan anak-anak. Namun sangat berbeda dengan orang dewasa pengobatan yang diberikan kepada anak tentunya harus memberikan perhatian khsusus.

Rasa sakit yang muncul dan menghilang begitu saja akan sangat terasa mengganggu disaat malam hari. Dan dari itu banyak orang tua yang berusaha untuk mencari obat sakit gigi anak di apotik atau dengan menggunakan cara alami mengobati sakit gigi pada anak. Namun selain itu, makanan dengan suhu yang dingin atau panas sebaiknya dihindari, karena makanan jenis ini akan semakin memperburuk rasa sakit yang timbul.

Baca Juga : 23 Cara Mengatasi Rambut Lepek Dan Bau & Mengapa Rambut Cepat Bau ? Padahal Sering Keramas !

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara cukup mendalam mengenai cara mengobatai sakit gigi pada anak secara alami, obat sakit gigi berlubang, obat sakit gigi di apotik, obat sakit gigi berlubang tradisional, hingga menjawab pertanyaan ” obat sakit gigi untuk anak apa ? “. Semua poin-poin ini akan kita bahas pada artikel ini. Yuk Lihat pembahasannya dibawah ini, silahkan disimak.

Cara mengobati sakit gigi pada anak secara alami

cara alami mengobati sakit gigi pada anak

Memang jika ada yang bertanya tentang “bagaimana cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh” pada orang dewasa maupun anak-anak, sangat sulit sekali memastikan jawabannya. Karena pada dasarnya tidak semua obat bisa bekerja dengan semestinya atau dengan cepat, apalagi dengan cara alami. Yang perlu kita tingkatkan adalah rasa sabar dalam menerapkan obat-obat tersebut. Berikut adalah cara mengobati sakit gigi secara alami untuk anak.

1. Minyak cengkeh

Kamu bisa meneteskan minyak cengkeh pada bola kecil kapas, lalu selanjutnya letakkan bola kapas tadi ke bagian gigi anak yang sakit, sambil menyuruh si anak untuk menggigitnya. Efek hangat yang diberikan dari bola kapas yang sudah diteteskan minyak cengkeh tadi akan terasa. Dimana rasa nyeri yang timbul akan berangsur hilang dan membuat anak menjaid lebih rileks. Oleh sebab itu cara ini bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi tanpa obat pertama yang bisa kamu terapkan. Cara ini juga dijelaskan pada artikel alodokter dengan judul “Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Sebaiknya Orang Tua Berikan

2. Daun sirih

Kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadari akan manfaat daun sirih yang satu ini. Kamu hanya perlu melipat daun sirih menjadi kecil-kecil, lalu suruh anak untuk mengunyahnya dibagian gigi yang terasa sakit. Cairan merah yang keluar akan membantu dalam meredakan rasa nyeri yang muncul pada gigi. Selain mengunyahnya secara langsung. Kamu juga bisa mengolahnya dengan cara merebus daun sirih, dan gunakan airnya untuk kumur-kumur pada si kecil. Selain meredakan rasa sakit, daun sirih juga membantu dalam menghilangkan aroma tak sedap dari mulut, berkat kandungan chavicol yang memiliki sifat antiseptik pembunuh kuman.

Baca Juga : 9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Bayi & Apakah Salmon Bahaya Untuk Bayi ?

3. Es batu

Para orang tua bisa memanfaatkan es batu dalam meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Caranya dengan mengambil sepotong es batu lalu balut dengan kain, dan gunakan untuk mengkompress area sakit gigi dibagian pipi atau rahang si kecil. Es batu ini akan membantu untuk memberikan efek mati rasa sehingga nantinya rasa nyeri bisa berkurang.

4. Bawang putih dan bawang merah

Selanjutnya adalah cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih dan bawang merah. Kedua bahan ini memiliki efek pereda rasanyeri yang cukup membantu. Penerapannya sangatlah sederhana dan gampang untuk kamu lakukan sendiri dirumah. Yakni dengan mengambil 1 siung bawang putih dan merah, lalu silahkan geprek dan letakkan kearea gigi yang terasa nyeri.

Ekstrak dari bawang merah dan putih ini akan masuk ke selah-selah gigi dan membantu dalam mengurangi rasa nyeri. Hal ini disebabkan karena kedua jenis bawang ini memiliki sifat alami sebagai anti inflamasi yang sangat membantu sekali dalam meredakan rasa nyeri.

5. Jeruk nipis

Silahkan kamu potong jeruk nipis menjadi 6 bagian kecil dan letakkan potongan kecil tadi ke area gigi yang sakit. Lalu selanjutnya silahkan peras airnya secara perlahan hingga memasuki area gigi yang sakit. Lakukan cara ini selama beberapa kali sampai rasa nyerinya mulai mereda. Selain memberiken efek penghilang rasa sakit, jeruk nipis juga membantu untuk membuat mulut anak menjadi lebih fresh. Kombinasikan juga jeruk nipis dengan bahan lainnya seperti daun sirih agar efeknya semakin maksimal.

Baca Juga : 14 Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil Serta Bahayanya !!

6. Minyak kelapa

Caranya adalah dengan meneteskan minyak kelapa pada bola kapas berukuran kecil, dan hangatkan sebentar dengan api lilin. Setelah itu tempelkan pada area gigi yang nyeri dan suruh anak untuk menggigitnya. Tunggu beberapa saat sampai minyak kelapa meresep ke area gigi dan gusi. Minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO), merupakan salah satu bahan alami yang cukup banyak manfaat. Selain untuk meredakan sakit gigi minyak kelapa juga membantu dalam perawatan kulit dan menjaga kesehatan jantung.

7. Garam

Larutkan sebanyak 1 sendok teh garam kedalam segelas air hangat. Lalu gunakan air ini untuk berkumur-kumur ke si anak. Lakukan sebanyak beberapa kali sampai rasa nyerinya berkurang. Garam memiliki efek baik dalam mengobati sakit gigi, kandungan yodium yang tinggi merupakan senyawa yang paling berperan dalam menangani masalah nyeri pada gigi.

8. Daun jarak

Daun jarak juga terkenal sebagai obat antinyeri alami yang bisa didapatkan dengan mudah. Selain membantu dalam meredakan nyeri daun jarak juga tidak memiliki efek samping. Pemanfaatannya sendiri adalah dengan mematahkan bagian daun atau batang dari jarak hingga getahnya keluat, lalu teteskan pada area gigi yang sakit. Atau juga bisa dengan meneteskan getahnya pada bola kapas dan teteskan pada area gigi anak yang sakit.

Baca Juga : 32 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan, Kecantikan & Kesuburan

Obat sakit gigi anak 4 tahun di apotik

obat sakit gigi berlubang

9. Alphamol

Obat ini juga biasa dikenal sebagai obat sakit kepada, pereda demam dan sakit gigi untuk anak. Biasanya anak yang berusi 4 tahun bisa memberikan dosis 1 sendok sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seharinya. Dan dijual dengan harga dikisaran Rp 8.500 – Rp 10.000.

10. Biogesic syrup

Adalah obat anak serta dewasa yang juga hadir dalam kemasan syrup untuk anak-anak. Hampir sama dengan Alphamon, obat bernama biogesic ini juga membantu dalam atasi sakit kepala, demam, dismenore dan juga artritism. Dan anak pada usia 4 tahun diberikan sebanyak 5 hingga 10 ml dalam 3-4 kali seharinya, sebelum atau sesuai makan. Obat ini biasa dijual dengan harga Rp 30.000 – Rp 35.000.

11. Cupanol

Cupanol adalah obat untuk sakit gigi pada anak, dengan kemasan berjenis syrup yang memiliki ukuran 60 ml. Anak pada usia 1 sampai 6 tahun bisa diberikan dosis setengah sendok sebanyak 3 hingga 4 kali seharinya. Dan harga jualnya biasanya sekitar Rp 21.000.

Baca Juga : 32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan & Kecantikan, Serta Cara Makannya

12. Parasetamol biogesic anak

Walaupun sering dimanfaatkan sebagai obat penurun demam, ternyata obat ini juga ampuh untuk atasi sakit gigi pada anak. Dengan kandungan zat antiseptic yang baik, dimana fungsinya membantu untuk meminimalisir peradangan akibat sakit gigi. Selain itu obat ini juga hadir dengan kemasan syrup berbagai rasa buah yang tentunya disukai anak-anak. Harga sekitar Rp 23.000 sampai Rp 30.000.

13. Dumin syrup

Hadir dengan bentuk syrup yang membantu dalam mengurangi rasa sakit pada anak. Biasanya anak berusia 1 sampai 6 tahun bisa mengkonsumsi dosis sebesar 5 ml sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Obat ini bisa kamu peroleh di apotik dengan harga dikisaran Rp 24.000 sampai Rp 26.000.

14. Dapyrin syrup

Obat yang hadir dengan kemasan 60 ml dan dalam kemasan syrup ini memiliki kandungan paracetamol didalamnya. Dimana ampuh untuk atasi sakit gigi pada anak. Bisa diminum sebanyak 1-2 sendok pada anak-anak berusia sekitar 2 hingga 6 tahun dalam seharinya sebanyak 3-4 kali. Diapotik biasanya obat ini dijual pada harga Rp 7.500 – Rp 9.000.

Baca Juga : 9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak Secara Alami

15. Fevrin syrup

Bisa dikonsumsi untuk anak berusia 1 sampai 12 tahun, dan pada anak umur 4 tahun diberikan dosis sebanyak 5 hingga 10 ml dalam seharinya sebanyak 3-4 kali. Diapotik biasa dijual pada harga Rp 15.000 – Rp 18.000.

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai cara mengobati sakit gigi pada anak secara alami, obat sakit gigi pada anak secara alami, cara alami mengobati sakit gigi pada anak kecil serta obat sakit gigi anak di apotik. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.supernaturalsuperserious*com/2018/09/obat-sakit-gigi-untuk-anak-4-tahun-di-apotik.html
https://hellosehat*com/hidup-sehat/gigi-mulut/tips-atasi-sakit-gigi/
https://hamil*co*id/anak/cara-mengobati-anak-sakit-gigi
https://bidanku*com/pertolongan-pertama-ketika-anak-mengalami-sakit-gigi
https://doktersehat*com/obat-sakit-gigi-anak/
http://nakita.grid*id/read/026504/obat-alami-ini-ampuh-atasi-sakit-gigi-pada-anak?page=all
http://informasitips*com/cara-alami-mengobati-sakit-gigi-pada-anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *