cara mengobati suara serak karena batuk

19 Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi)

Posted on

19 Cara Mengobati Suara Serak – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai berbagai hal mengenai suara serak, yakni mulai dari penyebab suara seraK, bagaimana gejala suara serak, cara mengobati suara serak dengan cepat, hingga cara mencegah suara serak atau cara mencegah agar tidak suara serak. Semua poin-poin ini akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Namun sebelum lanjut sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu suara seratk. Berikut adalah penjelasannya, Yuk Lihat !!

Seperti yang dimuat pada laman wikipedia.org, suara serak atau bahasa ilmiahnya Hoarseness merupakan sebuah perubahan kualitas suara, mulai dari suara yang lemah hingga kasar. Atau bisa dikatakan sebagai kelainan yang terletak disekitaran area saluran vokalis, mulai dari daerah rongga mulut hingga ke paru-paru.

Masalah suara serak ini terkadang bisa membuat seseorang menjadi terdengar lebih menarik, akan tetapi jika dibiarkan begitu saja, seperti yang dilansirkan kan hellosehat.com, hal ini bisa membuat tenggorokkan menjadi lemah dan lelah karena adanya tenaga ekstra yang dikeluar oleh paru-paru. Lalu sebenarnya apa penyebab suara serak ini ? Penjelasannya sebagai berikut.

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami & Tradisional + (Penyebab & Gejala)

Apa penyebab suara serak ?

Pada umumnya suara serak adalah sebuah hal yang wajar dialami oleh seseorang apabila adanya cedera atau iritasi yang terjadi pada pita suara. Suara serak ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor serta kondisi, seperti adanya radang tenggorokan akut (rada pita suara) yang sering kali disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan atas karena virus, atau juga bisa karean seringnya mengeluarkan suara keras, berteriak atau bernyanyi. Selain itu ada juga penyebab lainnya dari suara serak, yaitu :

  • Alergi
  • Refluks asam lambung (GERD)
  • Trauma atau cedera pada laring atau pita suara
  • Gangguan pada tiroid
  • Merokok
  • Adanya iritasi pada saluran pernapasan
  • Kondisi saraf seperti stroke dan penyakit parkinson

Apa gejala suara serak ?

Masalah suara serak biasanya dimulai dengan munculnya beberapa gejala atau ciri-ciri yang cukup umum. Seperti kondisi suara yang terdengar pecah atau kasar, perubahan nada atau volume dari suara, kesulitan dalam mengelyarkan suara pada saat hendak berbicara. Selain itu beberapa gejala seperti sakit pada kerongkongam, gatal diarea tersebut, hingga perih seperti terbakar.

Umumnya dokter akan memberikan beberapa pertanyaan mengenai hal yang kamu lakukan sehingga membuat suaramu menjadi serak. Dan biasanya proses pemeriksaan ini akan terfokus pada daerah sekitaran kepala dan leher.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami & Medis + (Gejala, Penyebab, Komplikasi)

Ada juga beberapa kasus yang membuat dokter menggunakan tabung lentur yang berukuran panjang dan terang (cangkupan serat optik) yang akan dimasukkan kedaerah tenggorokan. Hal ini bertujuan unuk mendeteknis kelainann atau apakah ada masalah di kerongkongan kamu.

Cara mengobati suara serak secara alami

cara menyembuhkan suara serak dalam waktu 1

1. Perbanyak minum air putih

Cara menyembuhkan suara serak dengan cepat yang cukup umum disarankan oleh dokter adanya memperbanyak konsumsi air mineral. Peradangan yang terjadi di laring akan membuat jaringan didalamnya tidak bisa berfunsi dengan normal sehingga membuat kamu sulit berbicara dengan jelas, ungkap tutur Joshua B. Silverman, MD, PhD, selaku kepala departemen telinga, hidung, dan tenggorok (THT) di Long Island Jewish Medical Center yang kamu kutip dari hellosehat.com

Mengkonsumsi air putih dimaksudkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, karena disaat seseorang mengalami suara serak, maka mulut mereka dan daerah sekitaran itu akan sangat kering. Kurangnya asupan air mineral ini tentunya secara otomatis akan membuat laring, tenggorokan menjadi semaki kering, sehingga membuat suara kamu menjadi sulit untuk dikembalikan.

2. Minum-minuman yang hangat

Selain dengan memperbanyak konsumsi air putih, obat suara serak karena batuk selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi minuman yang hangat. Kamu bisa mengambil segelas air putih hangat, susu hangat atau bahkan teh hangat. Selain dengan minuman hangat. Kamu juga bisa memvariasikannya dengan makanan yang berkuah, seperti sop sayuran atau sup kaldu. Hal ini dikarenakan cairan yang hangat akan mampu dalam melegakan tenggorokan yang mengalami masalah iritasi. Dan sebaiknya, kamu harus menghindari minuman kopi, soda, teh hitam atau minuman dengan kandungan kafein lainnya yang malahan akan membuat dehidrasi.

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami, Medis & Altenatif + Cara Mencegahnya

3. Jaga lingkungan tetap lembap

Lingkungan yang lembab akan membantu untuk menjadi salah satu cara mengobati suara serak karena batuk atau penyebab lainnya. Hal ini dikarenakan udara yang kamu hirup akan turut masuk kedalam tenggorokan kamu, sehingga akan memenuhi laring. Dan oleh sebab itu, kamu sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kelembaban dari ruangan yang sedang kamu tempati, serta buatlah udaraha disekitaran itu tetap lembab selama dalam proses penyembuhan suara hilang kamu. Kamu bisa meletakkan humidifier dibeberapa bagian dari rumah, guna untuk menjaga kelemambapannya, sekaligus memberikan efek untuk melegakan saluran pernapasan.

4. Hindari alkohol dan rokok

Alih-alih membantu untuk membuat tenggorokan tetap lembab dan terhidrasi, minum alkohol dan merokak malah memperparah suara kamu yang hilang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, rokok dan alkohol akan memberikan efek dehidrasi sehingga memperbutuk iritasi pada area tenggorokanmu. Oleh sebab itu cara mengobati suara serak yang wajib kamu lakukan adalah menghindari kedua gaya hidup ini.

Selain memperburuk iritasi dan membuat dehidrasi, rokok dan alkohol juga akan membuat proses penyembuhan suara yang hilang menjadi semakin lambat atau bahkan lebih cenderung menjadi semakin sulit. Tak hanya itu, kamu juga tidak dianjurkan untuk berada di lingkungan perokok aktif selama dalam proses pemulihan berlangsung.

5. Istirahatkan suara kamu

Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan agar suara serat bisa kembali dengan cepat. Sebab, jika terlalu sering menggunakan suaramu, maka hal tersebut hanya akan meenghambat proses penyembuhan suara serak. Oleh sebab itu, mulailah untuk puasa biaca sementara waktu hingga suara kamu kembali seperti sedika kala. Akan tetapi puasa bukan berarti dilarang berbica, kamu masih bisa berbicara namun aturlah volumenya dengan kondisi tenang, tidak usah berbisik-bisik. Karena jika berbisih malahan akan membuat pita suara bekerja lebih keras dari pada saat kamu menggunakan volume normal.

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia 30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Pencegahan)

6. Jahe

Cara alami mengobati suara serak selanjutny adalah dengan mengkonsumsi jahe. Didalam jahe terdapat kandungan senyawa keton yang bernama zingerin, dimana senyawa inilah yang menyebabkan rasa pedas pada jahe. Sehingga sangat cocok untuk menhangatkan tubuh serta mengatasi suara serak. Kamu hanya perlu mengolah jahe dengan cara merebus sebanyak 3 ruas jari jahe dengan 2 gelas air putih dengan api kecil. Sebelumnya jangan lupa menggeprek jahe terlebih dahulu agar sari dari jeh bisa keluar pada saat direbus. Silahkan konsumsi minuman ini sebanyak 3 kali sehari hingga suaramu kembali.

7. Madu

Madu memang terkenal karena khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu kandungan madu yang sangat berguna adalah antioksidan, dimana senyawa ini bisa menangkal radikal bebas penyebab peradangan. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang mengalami suara serak. Kamu hanya perlu mengambil 1 sendok madu, lalu silahkan konsumsi sebanyak 3x dalam sehari.

8. Air jeruk nipis

Selanjutnya untuk cara menyembuhkan suara serak dalam waktu 1 hari adalah dengan memanfaatkan air jeruk nipis. Buah dengan daing putih kehijauan ini sangat kaya akan vitamin C dan asam nitratnya. Oleh sebab itu sangat cocok untuk kamu olah menjadi obat untuk suara serak dengan bahan alami. Pengolahannya sendiri sangatlah mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan jeruk nipis dengan 1 gelas air, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Silahkan konsumsi air ini sebanyak 2x sehari hingga suara serak hilang.

9. Larutan air garam

Garam yang dilarutkan kedalam air juga bisa menjadi cara mengobati suara serak secara alami. Hal ini karena garam akan membantu dalam melembabkan kembali pita suara kamu yang kering, sekaligus mempercepat proses pemulihan suara. Kamu bisa menggunakan garam yang dapur yang banyak dijual bebas di warung-warung. Caranya, silahkan siapkan 1 sendok teh garam dapur, lalu larutkan kedalam 1 gelas air, dan gunakan air larutan tersebut untuk berkumur-kumur sebanyak 3x dalam sehari.

Baca Juga : Mujarab, Ini Dia 32 Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Cepat & Ampuh Serta (Gejala & Pencegahannya)

10. Kencur

Hampir sama dengan jahe, kencur juga merupakan bahan alami yang memiliki sifat menghangatkan tubuh. Sering kali banyak kita jumpai minuman atau obat-obatan yang terdapat kandungan kencur didalamnya. Hal ini bukan tanpa alasan, didalam kencur terdapat senyawa alkaloid dan minyak atsiri yang sering digunakan untuk stimulan. Guna untuk mendapatkan manfaatnya untuk mengatasi suara serak, kamu bisa merebus sebanyak 2 ruas jari kencur, yang sebelumnya sudah digeprek. Selanjutnya tambahkan juga garam dengan 2 gelas air dengan api kecil. Silahkan saring air rebusan tersebut dan diamkan hingga tidak panas lagi, dan silahkan konsumsi.

11. Kunyit

Kunyit biasa dimanfaatkan sebagai salah satu rempah-rempah untuk jamu dan obat-obatan herbal. Didalam kunyi terdapat kandungan kurkumin dan minyak atsiri yang bisa mengobat berbagai penyakit, salah satunya untuk mengobati suara serak. Rebuslah 2 ruas jari kunyit (sebelumnya sudah di geprek) dan 2 gelas air dengan api kecil hingga mendidih. Tambahkan garam, dan diamkan hingga menyisakan 1 gelas air. Diamkan hingga tidak panas lagi dan silahkan konsumsi sebanyak 2x dalam sehari.

12. Akar manis

Akar manis adalah salah satu tanaman polong-polongan. Dan biasanya digunakan untuk pemanis pada permen atau minuman. Namun selain itu, ternyata akar manis juga bisa dimanfaatkan untuk obat, yaitu obat suara serak. Siapkan 500ml air didalam panci. Dan masukkan sebanyak 1 sendok bubuk akar manis atau sama dengan 2-3 batang akar manis. Tunggu selama 15-20 menit, saring lalu konsumsi selagi hangat. Minumlah ramuan ini sebanyak 2x sehari hingga suara serak kamu hilang.

13. Daun mint

Didalam daun mint terdapat senyawa dengan sifat anti-mikroba yang akan membantu untuk memperlambat pertumbuhan dari bakteri dan jamur. Biasanya daun mint ini sering digunakan dalam campuran pasta gigi, aromaterapi, balsem dan penambah rasa makanan atau minuman, dan juga obat-obatan. Kamu juga bisa mengolah daun mint ini untuk atasi suara serak dengan cara menyeduhnya. Minumlah air seduhan daun mint sebanyak 2x dalam sehari hingga suara kamu kembali normal.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis (Penyebab,Gejala,Pencegahan)

14. Uap panas

Selain bisa membuat nafas menjadi lega disaat pilek, uap panas juga bisa kamu manfaatkan untuk cara mengatasi suara serak secara tradisional. Kamu hanya perlu menyiapkan baskom kecil yang berisikan air panas, dan posisikan wajah dekat dengan baskom tapi jangan terlalu dekat karena bisa membuat wajah menjadi panas. Selanjutnya siapkan handuk, dan tutupi belakang kepala agar uapnya secara maksimal dapat kamu hidup. Lakukan cara ini selama 10-15 menit. Selain itu, kamu cuga bisa menambahkan daun mint, aroma esensial lainnya atau irisan kulit jeruk.

15. Makan makanan yang mudah ditelan

Suara serak terkadang juga diiringi dengan sulitnya dalam menelan makanan. Oleh sebab itu kamu bisa meringankan itu semua dengan memilih makanan yang lunak saja di setiap menu makan kamu. Makan lunak yang bisa kamu seperti misalnya bubur ayam dll.

16. Hindari obat kumur

Kamu sebaiknya menghindari berbagai prodak obat kumur disaat kamu sedang mengalami suara serak. Hal ini karena kebanyakan obat kumur yang beredar memiliki kandungan alkohol didalamnya. Dan alkohol ini bukannya memiliki efek baik untuk suara serak akan tetapi malahan akan memperparah iritasi yang kamu alami.

17. Bawang putih

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. Bawang putih memang terkenal karena senyawa yang bersifat anti-mikroba didalamnya. Dimana sifat ini akan membantu untuk mengatasi virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu bawang putih juga ampuh untuk pelega suara serak. Kamu bisa mengolahnya dengan cara mencapurkan bawang putih yang sudah dipotong, cuka apel dan air suling. Masukkan kesemua bahan ini dalam toples dan kocok lalu diamkan selam 4 jam. Setalh itu tambahkan madu. Silahkan konsumsi ramuan ini sebanyak 1-3 sendok makan setiap 6-8 jam sekali. Selain itu kamu juga bisa mengunyah langsung bawang putih secara perlahan hingga halus lalu menelannya.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

18. Bawang merah

Tak hanya bawang putih, bawang merah juga memiliki manfaat untuk meredakan suara serak. Hal ini karena bawang merah memiliki kandungan yang bisa cukup diandalkan untuk mengatasi perangan pada pita suara secara alami. Pengolahannya sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 3-4 siung bawang merah ukuran sedang dengan 3 cangkir air. Selanjurnya silahkan masak hingga menyisakan 1 gelas saja. Silahkan konsumsi selagi hangat. Selain itu kamu juga dapat menambahkan satu sendok madu dan beberapa air perasan lemon untuk menambah rasa.

19. Hangatkan tubuh dengan yoga

Seperti yang dilansirkan oleh wikihow.com, Kamu bisa memilih yoga untuk menghangatkan tubuh agar mempercepat penyembuhan suara serak. Yoga ini sangat bagus dalam memberikan isyarat kepada diafragma agar bekerja kembali. Selain itu bagi kamu yang sering sakit, yoga juga bisa menjadi pilihan untuk membuat tubuh rileks dengan mudah.

Cara mencegah suara serak

cara mengobati suara serak

Pada dasarnya kamu bisa mencegah masalah suara serak ini apabila kamu sudah tau faktor resikonya. Contohnya disaat kamu mengalami gejala radang tenggorokan seperti sakit kepala dan demam, maka sebaiknya segeralah obati tenggorokan tersebut agar kamu tidak mengalami suara serak. Namun selain itu ada beberapa cara lainnya yang bisa kamu coba untuk mencegah suara serak. Sebagai berikut :

  • Jangan sering berteriak-teriak atau berbica dengan keras dalam jangka waktu yang lama. Jika terpaksa, maka kamu bisa menggunakan mikrofon atau pengeras suara lainnya.
  • Melatih suara dengan guru menyanyi terkadang juga membantu, jika kamu adalah seseorang dibidang tersebut. Hal ini dimaksudkan agar bisa melatih suara tanpa harus mengalami serak.
  • Menghentikan kebiasan merokok atau menjauhi asap rokok adalah cara terbaik dalam mencegah suara serak, bahkan cara ini bisa mencegah perkembangan dari kanker laring
  • Terkadang orang dengan suara serak disebabkan oleh adanya refluks dari asam lambung (GERD), atau asam lambung. Kamu bisa menjaga pola makan dengan menghindari kafein, makanan pedas dan alkohol.

Itu tadi beberapa cara mengobati suara serak, lengkap dengan gejala, penyebab dan cara mencegahnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-dan-mengobati-suara-serak/
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengembalikan-suara-hilang/
https://www.merdeka*com/sehat/kehilangan-suara-karena-serak-sembuhkan-dengan-5-ramuan-alami-ini/bawang-merah.html
https://id.wikihow*com/Memulihkan-Suara-yang-Hilang
https://bacaterus*com/tips-menghilangkan-suara-serak/
https://health.detik*com/hidup-sehat-detikhealth/d-1363645/menyembuhkan-suara-serak-atau-hilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *