cara mengobati vertigo dengan jahe

Cara Mengobati Vertigo Dengan Jahe & Manfaat Jahe Untuk Vertigo

Posted on

Cara Mengobati Vertigo Dengan Jahe – Kepala adalah salah satu bagian tubuh yang cukup sering mengalami sakit bagi kebanyakan orang. Kebanyakan orang-orang mengalami masalah sakit kepala, yang beragam juga jenis serta penyebabnya. Namun bagaimana dengan masalah kepala lainnya yakni vertigo ? Lalu sebenarnya apa itu penyakit vertigo ? Seperti yang dilansirkan oleh hellosehat, vertigo merupakan sebuah sensasi pusing yang amat terasa, seolah-olah dunia berputar-putar disekitar penderita. Dan akibatnya si penderita tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Tak hanya sulit beraktivitas, untuk sekedar istirahatpun sangat sulit rasanya, sensasi seperti ini bisa terjadi selama beberapa menit, jam atau bahkan sampai hari. Vertigo ini tidak bisa dipandang sebelah mata dan dianggap remeh. Karena bisa membuat si penderitanya sangat tidak nyaman, hingga sampai muntah-muntah karena rasa pusing yang begitu terasa.

Baca Juga : 14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Serta Penyebab & Apakah Normal ?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai vertigo, yakni terkait dengan apa penyebab dari penyakit vertigo ? atau penyebab vertigo, apa saja gejala vertiga ? serta cara mengobati vertigo dengan jahe dan cara mengolah jahe untuk obat vertigo. Seperti apa pembahasannya ? Silahkan disimak berikut ini. Yuk Lihat !!

Penyebab vertigo

cara mengolah jahe untuk obat vertigo

Berikut ini adalah penyebab-penyebab dari vertigo atau menjawab pertanyaan tentang ” Apa saja penyebab dari vertigo ” yang diketahui, silahkan disimak :

  • Labyrinthitis yaitu sebuah infeksi pada bagian telinga dalam yang memberikan pengaruh terhadap keseimbangan tubuh dan pendengaran.
  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) Merupakan gangguan terhadap keseimbangan yang menyebabkan penderitanya mengalami vertigo disaat posisi kepala berubah.
  • Penyakit Meniere yakni sebuah gangguan telingan dalam yang disebabkan oleh adanya penumpukan cairan serta perubahan terhadap terkanan yang ada pada dalam telinga. Biasanya akan muncul bersamaan dengan dengingan pada telingan (tinnitus) dan gangguan pendengaran.
  • Neuritis vestibular atau labirinitis adalah salah satu jenis gangguan pada telinga yang diakibatkan oleh infeksi pada area sekitaran saraf yang membantu keseimbangan tubuh kita.
  • Migrain atau sakit kepala
  • Dehidrasi
  • Kekurangan vitamin D
  • Kebanyakan minum-minuman beralkohol
  • Pendarahan otak
  • Cidera kepala atau leher
  • Mabuk perjalanan
  • Serta obat-obatan yang memiliki efek samping terhadap telinga.

Gejala vertigo

Jika ada yang bertanya, Apa saja gejala penyakit vertigo ? atau Geja vertigo apa saja ? maka Berikut ini adalah pembahasannya :

Baca Juga : 15 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan, Serta Harga & Cara Memasaknya

  1. Merasa benda-benda yang terdapat disekeliling menjadi berputar atau seolah-olah memberikan efek bahwa dirinya berjalan serta berpindah tempat padahal tidak kenyataannya tidak bergerak sama sekali.
  2. Tidak dapat menjaga keseimbangan tubuh, sehingga menyebabkan sulit untuk berjalan bahkan berdiri.
  3. Mual yang bahkan disertai muntah-muntah akibat dari pusing yang dialami.
  4. Gerakan mata menjadi tidak wajar, misalnya bergerak kearah kanan ke kiri atau atas kebawah dengan cepat.
  5. Telinga berdenging
  6. Munculnya keringan dingin
  7. Gangguan pada penglihatan misalnya benda-benda yang terjadi seakan-akan ganda.
  8. Berkurangnya tingkat kesadaran.

Manfaat jahe untuk vertigo

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengobati vertigo dengan jahe atau cara membuat jahe untuk obat vertigo, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang manfaat jahe untuk vertigo berikut ini.

1. Menyembuhkan vertigo disaat kambuh

Jahe bisa diolah menjadi ramuan tradisional yang bisa membantu dalam menyembuhkan vertigo disaat kambuh serta mengurangi rasa nyeri. Kamu bisa memanfaatkan tanaman ini dengan cara mengkonsumsinya secara rutin setiap harinya. Oleh sebab itu jahe menjadi salah satu tanaman obat vertigo yang ampuh atau bisa dikatakan sebagai salah satu cara mengatasi vertigo saat kambuh.

2. Membantu mencegah vertigo sering kambuh

Vertigo merupakan salah satu jenis penyakit yang sering kali bangkit atau kambuh, dan disaat kambuh kamu bisa memanfaatkan jahe untuk meredakannya. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin bisa membantu pencegahan masalah vertigo ini.

Baca Juga : 9 Cara Mencegah Stunting Pada Balita Serta Penyebab & Resikonya

3. Menguatkan daya tahan tubuh

Salah satu khasiat jahe adalah membantu untuk menguatkan tubuh. Apalagi disaat seseorang mengalami vertigo tentunya dengan nutrisi jahe yang kaya akan vitamin dan kandungan lain bisa sedikit membantu untuk membuat kondisi selepas vertigo menjadi lebih baik.

4. Merelaksasi otot tegang di kepala

Kepala merupakan salah satu penyebab vertigo disaat ada masalah kesehatan disana. Oleh sebab itu kamu perlu membuat otot kepala kamu menjadi rileks dan jauh dari masalah tegang pada area tersebut. Dan salah satu solusinya ialah dengan mengkonsumsi jahe, baik itu berupa cemilan atau mengolahnya menjadi minuman.

5. Memperbaiki masalah keseimbangan tubuh

Keseimbangan yang terganggu adalah salah satu penyebab vertigo, disaat masalah ini datang kamu bisa membantu memperbaiki masalah keseimbangan tubuh dengan bantuan jahe. Karena jahe memiliki nutrisi dan kandungan yang baik untuk masalah tersebut. Oleh sebab itu konsumsilah jahe secara rutin jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan keseimbangan tubuh kamu.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Secara Alami & Obat Apotik

Cara mengobati vertigo dengan jahe

cara membuat jahe untuk obat vertigo

Kamu yang bertanya tentang mengobati vertigo dengan apa ?maka salah satu obat alaminya ialah memanfaatkan jahe. Atau bisa dikatakan Salah satu cara mengatasi vertigo saat kambuh adalah dengan menggunakan jahe. Walaupun tidak dapat dijadikan cara menyembuhkan vertigo secara total, namun setidaknya bisa membantu mengurangi masalah tersebut. Jahe sendiri sudah umum diketahui sebagai obat alami dalam mengatasi rasa mual, muntah-muntah atau bahkan pusing.

Selain itu jahe juga dapat melancarkan peredaran darah seseorang sehingga otak bisa mendapatkan suplai oksigen yang cukup dari darah. Jika masalah vertigo kambuh yang disebabkan oleh adanya infeksi oleh virus atau bakteri fungsi jahe sebagai antiradang akan membantu sekali disini. Kamu hanya perlu mengolah jahe ini agar dapat dikonsumsi dan membantu dalam menjadi obat vertigo alami tradisional.

Cara mengolah jehe untuk obat vertigo

Selain salah satu cara mengobati vertigo dengan pijat, kita ternyata juga bisa mengandalkan bahan alami untuk menjadi obat vertigo, dan yang kita bahas kali ini adalah jahe. Jehe dengan kandungan baik serta sifatnya yang banyak untuk mengatasi berbagai permasalah kesehatan memang menjadi solusi terbaik untuk atasi vertigo. Lalu bagaimana cara mengolahnya untuk vertigo ? Berikut adalalah caranya :

Baca Juga : 23 Cara Mengatasi Rambut Lepek Dan Bau & Mengapa Rambut Cepat Bau ? Padahal Sering Keramas !

  • Menyeduh jahe yang ditumbuk atau haluskan
  • Membuatnya menjadi teh
  • Atau menambahkan campuran bahan alami lainnya seperti daun mint.
  • Memasukan kedalam sup
  • Menjadikan sebagai bumbu masakan
  • Mengolahnya sebagai cemilan
  • Atau hidangan lainnya yang menggunakan resep jahe

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai penyebab vertigo, gejala penyakit vertigo, serta cara mengatasi vertigo dengan jahe dan cara mengolah jahe untuk obat vertigo. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-vertigo-paling-ampuh/
https://www.viva*co*id/blog/kesehatan/1054958-vertigo-kambuh-segera-atasi-dengan-ramuan-jahe-ini
https://weallmadhere*com/cara-mengatasi-vertigo/
https://kumparan*com/go-dok-indonesia/atasi-vertigo-dengan-obat-alami-berikut-ini
http://manado.tribunnews*com/2017/11/16/begini-cara-mengatasi-serangan-vertigo-secara-alami-ikuti-langkahnya
https://www.kaskus*co*id/thread/59dd8c8660e24b77438b4567/tips-dahsyat-cara-mengatasisakit-kepala-vertigo-yang-mudah-dan-aman/
https://drsakitkepala*com/manfaat-jahe-untuk-vertigo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *