cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami

,

30 Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat Dan Terbukti

30 Cara Menurunkan Kolesterol – Jika mendengar sekilas tentang kata “kolesterol” kebanyakan orang akan berfikiran bahwa ini merupakan sebuah kondisi yang mana sangat membahayakan untuk tubuh. Namun faktanya, anggapan seperti ini tidak sepenuhnya bisa dikatakan benar, dan tidak pula salah. Dimana kolesterol sendiri memiliki manfaat baik untuk tubuh kita.

Hanya saja, jika kadar kolesterol ini masih dalam batas yang normal. Kolesterol baru bisa dikatakan berbahaya apabila sudah merada diatas batas normal didalam tubuh kita, atau bisa dikatakan sudah berlebihan kadarnya. Lalu sebenarnya apa sih kolesterol itu ? Kenapa banyak sekali penyakit yang berkaitan dengan kolesterol ini ?

Baca Juga : 21 Cara Memerahkan Bibir Secara Cepat Dan Ampuh

Dan apabila sudah membahayakan apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkannya ? Semua pertanyaan ini akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Sebelum itu, mari kita mengenal apa itu kolesterol. Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Apakah kolesterol itu ?

cara menurunkan kolesterol tinggi

Kolesterol pada dasarnya adalah sebuah zat yang sejenis lemak yang bernama lipid, dan zat ini diproduksi oleh organ hati kita. Sebenarnya, kolesterol sendiri tidaklah membahayakan bagia tubuh kita, malahan justru bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, jika kadar dari kolesterol ini dalam batas wajar, alias tidak berlebihan.

Kolesterol sangat bermanfaat untuk tubuh, karena bisa membantu proses dari pembentukan hormon dan juga vitamin D. Dan bahkan kolesterol ini juga memiliki kemampuan untuk membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi ke tubuh kita. Jika seandainya kadar kolesterol sudah berlebihan didalam tubuh, inilah yang berbahaya.

Karena kolesterol akan mengalur keselurun pembuluh darah kita, dengan keadaan yang sedang terbungkus oleh protein. Dan kombinasi kolesterol dan protein ini disebut dengan nama lipoprotein. Lipoprotein ini juga terbagi kedalam dua bagian, pertama yaitu low-densotity lipoprotein (LDL) dan yang kedua adalah high-density-lipoprotein (HDL). Lalu apa sih LDL dan HDL ? Yuk lihat penjelasannya.

Baca Juga : 25 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Dan Ampuh

Apa sih LDL dan HDL itu ?

LDL dan HDL adalah pembagian jenis dari lipoprotein yang sudah kita bahas sebelumnya. Kedua jenis dari lipoprotein inilah yang menjadi faktor penentu apakah sebuah kolesterol bisa dikatakan baik (berdampak baik) bagi tubuh, atau malahan sebaliknya yakni berdampak buruk bagi tubuh. Dan berikut ini adalah pembahasan tentang LDL dan HDL ini.

LDL : LDL sendiri sering kali disebut dengan nama kolesterol jahat. Mengapa disebut demikian ? Jawabannya adalah karena LDL ini dihasilkan dari jenis lipoprotein yang membawa kolesterol menuju ke daerah artei pada pembuluh darah seseorang. Dan jika seandainya kadar LDL ini sudah banyak, maka yang terjadi adalah penumpukan kolesterol di bagian dinding pembuluh darah kita. Akibatnya, laju dari alirah darah kita menjadi terganggu atau terhambat dan timbulnya sebuah efek buruk, yakni terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya didalam tubuh kita.

HDL : Kebalikan dari LDL, HDL sendiri sering kali disebut dengan nama kolesterol baik. Semua itu dikarenakan jenis dari lipoprotein ini akan membantu untuk membawa kolesterol dari arteri pembuluh darah kita, ke organ hati. Dan nantinya kolesterol yang berhasil dibawah oleh HDL inilah yang akan disingkirkan oleh organ hati kita.

Baca Juga : 26 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Metode Medis

Penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi

cara menurunkan kolesterol jahat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka kita sudah mengenal tentang apa sih kolesterol ini sebenarnya, dan tidaklah selamanya kolesterol ini memiliki dampak buruk bagi tubuh kita. Yang perlu kita perhatikan adalah kadar dari kolesterol LDL ini atau kolesterol jahat. Apabila sudah berlebihan bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Apa saja penyakitnya ? Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit ini terjadi karena adanya penumpukan dari kolesterol disekitaran area pembuluh darah kita. Dan penumpukan dari kolesterol tersebut, akan menyebabkan timbulnya plak. Yang mana berdampak buruk pada sirkulasi darah ke jantung. Jika seandainya sirkulasi darah ini sudah terganggu, dan sudah tidak mampu lagi untuk bekerja dengan semestinya, maka disinilah asal mula dari timbulnya serangan jantung.

2. Stroke

Seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa otak kita memerlukan yang namanya pasokan oksigen dan juga nutrisi yang cukup dari darah. Semua itu bertujuan agar nantinya otak bisa berfungsi dengan maksimal. Disaat sirkulasi aliran darah ke otak mengalami gangguan atau hambatan akibat dari plak yang terbentuk didalam pembuluh darah.

Maka hal ini tentu saja akan menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi ke otak menjadi terganggu. Jika sudah dalam kondisi seperti ini yang terjadi malahan sel-sel yang terdapat didalam otak menjadi mati sehingga menimbulkan penyakit stroke, dan bahkan berujung dengan kematian.

Baca Juga : 22 Cara Memutihkan Ketiak Secara Cepat Dan Mujarab + 10 Tips Mencegah Ketiak Hitam

3. Angina

Angina atau juga sering dikenal dengan nama angin duduk, merupakan sebuah rasa nyeri yang terjadi dibagian dada. Dan penyakit ini disebabkan oleh otot-otot jantung yang kekurangan pasokan oksigen dari darah. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika kolesterol menumpuk di pembuluh darah, maka akan timbul plak yang menghambat sirkulasi darah ke otot jantung kita. Biasanya para penderita angina akan mengalami rasa nyeri pada lengan, punggung dan juga rahangnya.

Faktor penyebab meningkatnya kadar kolesterol

cara menurunkan kolesterol dengan cepat

Setelah sebelumnya kita melihat tentang berbagai penyakit yang terjadi akibat dari kolesterol tinggi. Maka tentunya kamu tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Guna untuk membuat kadar kolesterolmu tidak meningkat, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa faktor yang menjadi penyebab dari meningkatnya kolesterol tersebut. Apa saja ? Berikut adalah diantaranya.

1. Gaya hidup yang tidak sehat

Memang tidak bisa dibantah lagi, bahwa gaya hidup seseorang yang tidak sehat menjadi penyebab utama dari kadar kolesterol yang menjadi meningkat secara drastis. Kebiasaan seperti malas berolahraga, merokok, dan juga minum-minuman beralkohol sudah terbukti menurunkan kadar HDL dan malah meningkatkan LDL didalam darah.

Selain itu, kebiasaan minum-minuman beralkohol dan merokok juga bisa membuat dinding pada pembuluh darah serta mempercepat proses dari pembentukan plak pada pembuluh darah. Jika sudah begini, maka sirkulasi darah ke organ-organ vital tubuh akan menjadi terganggu dan terhambat.

2. Mengkonsumsi makanan tinggi lemak

Jika seandainya kamu termasuk orang-orang yang sangat menyukai makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti pada daging jeroan, maka sebaiknya kamu harus berhati-hati dan membatasi kebiasaan tersebut. Lemak jenuh yang menjadi sumber utama dari kolesterol jahat akan menghambat pembuluh darah kamu. Sehingga nantinya pembuluh darah akan tersumbat oleh berbagai plak dan membuat sirkulasinya menjadi tidak berjalan dengan lancar.

Baca Juga : 20 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Cepat Dan Efektif + 17 Tips Memiliki Lengan Proporsional

3. Memiliki riwayat diabetes

Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes biasanya akan memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi secara otormatis jika dibandingkan denagn orang yang tidak memiliki riwayat. Dan bahkan para penderita diabetespun memiliki peluang sebanyak 5 kali lebih tinggi ketimbang orang-orang yang tidak terkena diabetes. Disaat seseorang menderita diabetes, maka kadar dari glukosanya sangat sulit untuk terkontrol. Dan kadar glukosa yang tinggi ini juga bisa menimbulkan pembentukan plak pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah didalam tubuh.

4. Obesitas

Orang-orang yang memiliki berat badan dalam jumlah yang berlebih memiliki resiko tinggi untuk terjadinya peningkatan kadar kolesterol didalam tubuhnya. Semua itu karena orang-orang dengan berat badan berlebih lebih cenderung memiliki kadar LDL yang tinggi, sedangkan untuk HDLnya malahan rendah. Seperti yang sudah kita tau bahwa jika LDL tinggi yang terjadi adalah penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Jika sudah begitu, plak-plak jahat akan terbentuk dan menyumbat sirkulasi dari darah. Akibatnya resiko terkenal serangan jantung akan semakin tinggi.

5. Faktor genetik

Selain karena beberapa hal ditas, kadar kolesterol yang tinggi juga bisa terjadi akibat dari faktor genetik. Atau sudah semenjak lahirnya. Kondisi yang seperti ini dikenal dengan istilah familial hupercholesterolaemia. Kondisi ini dikarenakan orangtua atau sanak saudara yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Oleh sebab itu orang-orang yang memiliki masalah familial hypercholesterolaemia akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkenal penyakit jantung saat usia muda.

Bagaimana cara mendiagnosa kadar kolesterol dalam tubuh ?

Mengentahui tentang berapa banyak kadar kolesteri didalam tubuh sangatlah penting dan amat perlu untuk diketahui. Semua itu menjadi langkah yang sangat penting, karena berpengaruhi terhadap langkah apa yang kita lakukan dikemudian harinya. Namun sayangnya, kita tidak bisa menemukan gejala apapun terkait dengan tingginya kadar kolesterol didalam tubuh.

Baca Juga : 40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

Satu-satunya cara ialah dengan mengunjungi dokter dan melakukan tes darah. Disaat melakukan tes darah, kadar kolesterol seseorang akan diukur dengan satuan miligram per desiliter (mg/dL). Dan disaat menerima hasilnya, kamu akan mendapati jumlah dari :

  • Jumlah total kolesterol dalam darah : Hasil yang akan didapatkan ialah dari kombinasi LDL, HDL, dan 20 % trigliserida didalam darah.
  • Trigliserida : Merupakan lemak yang ada didalam darah seseorang. Biasanya kadar dari trigliserida tidak lebih dari 150 mg/dL.
  • HDL : Semakin tinggi kadar HDL ini maka akan semakin bagus. Untuk laku-laki sendiri ialah 55 mg/dL. Sedangkan perempuan adalah sebesar 45 mg/dL.
  • LDL : Kebalikan dari HDL, jika semakin kecil LDL maka akan semakin bagus. Jika kamu tidak memiliki riwayat penyakit jantung, maka jumlah dari LDL ialah tidak boleh melebihi 130 mg/dL. Namun bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung tidak boleh lebih dari 100 mg/dL.

Cara menurunkan kolesterol dengan makanan

cara menurunkan kolesterol ldl

Jika sebelumnya kita sudah mengenal cukup jauh, tentang apa itu kolesterol dan penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kolesterol tinggi. Maka bagian ini, kita akan membahas tentang cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan-makanan penurun kolesterol. Apa saja caranya ? Silahkan simak berikut ini.

1. Oatmeal

Salah satu makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat sarapamn ialah oatmeal. Oatmeal sendiri akan membantu untuk menurunkan kadar dari kolesterol yang ada didalam tubuh kamu. Semua itu dikarenakan oatmeal mengandung senyawa bernama beta-glucan yang akan membantu untuk menyerap LDL dan membantu untuk mengeluarkannya dari tubuh.

Bahkan pada ahli menyampaikan bahwa dengan mengkonsumsi oatmeal secara ritin selama 6 minggu secara rutin bisa memberikan penurunan kadar LDL didalam darah sebanyak 5,3%. Oleh sebab itu, salah satu cara menurunkan kolesterol bisa dengan mengkonsumsi oatmeal, dan mulai sekarang gantilah sarapanmu dengan oatmeal, jika kamu benar-benar ingin untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

2. Ikan salmon

Apakah yang menyebabkan ikan salmon bisa menurunkan kadar kolesterol ? Maka jawabannya ialah karena kandungan omega 3 didalamnya yang sangt tinggi. Omega 3 sendiri akan membantu untuk meningkatkan HDL didalam darah kamu. Dan hasilnya tentu saja adalah penurunan kadar kolesterol.

Sebuah studo yang dilakukan oleh Universitas Loma Linda menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega 3 didalamnya, maka kadar HDL akan meningkat sebesar 4%. Cara menurunkan kolesterol dengan salmon, tak menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan omega 3, kamu masih bisa menggantinya dengan daging merah dengan kandungan yang sama.

3. Almond

JIka kamu termasuk orang yang gemar ngemil, mungkin kamu bisa mencoba ngemil almond. Almond ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Ada dua alasan kenapa kacang almond ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol kamu, yaitu :

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

  • Almon memiliki kandungan asam lemak tak jenuh didalamnya, diaman mampu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL didalam tubuh.
  • Asam lemak tak jenuh didalam almond akan membantu untuk membuat kolesterol jahat atau LDL menjadi teroksidasi. Jika LDL bisa teroksidasi dengan cepat maka penumpukan plak pada pembuluh darah bisa kita hindari

Dari beberapa stusi yang sudah dilakukanpumn juga banyak yang menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi sebanyak setengah mangkuk almond, maka kadar kolesterol didalam tubuh akan berkurang sekitar 10 %. Walaupun almond menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami yang efektif. Akan tetapi patut kamu ingat bahwa almond ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

4. Walnut

Selain bisa menggunakan almond, cara menurunkan kolesterol dengan cepat juga bisa kamu lakukan dengan menafaatkan walnut. Walnut sendiri merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Diabetes Care.

Menyatakan bahwa mengkonsumsi walnut secara rutin pada setiap harinya akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat didalam darah seseorang sebanyak 10 %. Semua itu dikarenakan walnut sendiri memiliki kemampuan yang cukup dapat diandalkan untuk meningkatkan HDL didalam darah kita.

5. Teh hijau

Mungkin minum teh menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat disetiap harinya. Tapi taukah kamu, teh hijau memili manfaat luar biasa untuk menurunkan kada kolesterol didalam tubuh kita ? Semua itu berkat kandungan senyawa-senyawa baik yang memiliki fungsi sebagai antioksidan.

Beberapa senyawa baik tersebut diantaranya, riboflavin, dan juga polifenol. Selain itu, antioksidan didalam teh hijau ini dipercaya sangat baik untuk mencegah peningkatan LDL didalam tubuh kita. Penyataan ini dikuatkan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh negara Jepang.

Dimana dalam studi tersebut mendapatkan hasil bahwa kadar kolesterol didalam darah bisa turun sebanyak 5 % berkat teh hijau ini. Selain itu, teh hijau juga merupakan salah satu minuman yang memiliki kalori sangat rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi setiap harinya.

6. Jeruk

Buah jeruk mungkin terkenal berkat vitamin C nya, dimana sangat banyak bermanfaat untuk tubuh dan kecantikan. Namun taukah kamu didalam buah jeruk ini terdapat sebuah kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol seseorang. Berikut adalah 2 alasan yang mendasari kenapa jeruk baik untuk dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami.

  • Jeruk memiliki kandungan senyawa pectin, dimana senyawa ini adalah salah satu jenis serat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar dari LDL didalam darah kita.
  • Jeruk ini juga memiliki kandungan phytosterol. Menurut beberapa studi, senyawa ini jika dikonsumsi sebanyak 2 gram didalam tubuh, bisa bermanfaat untuk menurunkan LDL didalam darah sebanyak 8 %.

7. Tomat

Memang sudah tidak bisa diragukan lagi, manfaat dari buah tomat. Dan salah satunya ialah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Semua itu karena terdapatnya senyawa bernama likopen didalam buah tomat. Senyawa ini merupakan suatu pigmen yang bisa memberikan warna merah pada tomat.

Baca Juga : 43 Cara Menghilangkan Kutu Yang Ampuh, Mujarab, Dan Efektif Beserta Telurnya

Dan menurut sebuah studi yang sudah dipublikasikan pada British Journal of Nutrition, menyatakan bahwa tomat bisa diandalkan untuk menurunkan kolesterol hingga mencapai 17 %. Oleh sebab itu tomat bisa menjadi pilihan kamu sebagai cara menurunkan kolesterol didalam tubuh dengan cepat.

8. Jambu

Selain jeruk, jenis buah-buahan lainnya yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan koleterol dengan cepat dan aman ialah dengan mengandalkan buah jambu. Hampir sama halnya dengan tomat, didalam jambu, terdapat kandungan likpen yang cukup tinggi. Dan bahkan jambu merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan likopen yang paling tinggi. Oleh sebab itu, tak heran jika jambu bisa menjadi pilihan altenatif nan alami untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat dan ampuh.

9. Anggur merah

Anggur merah menjadi salah satu jenis buah-buahan yang bisa dengan mudah kamu temukan di Indonesia. Buah ini memiliki salah satu manfaat yang sangat menakjubkan. Yakni sebagai cara menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universidad Complutense de Madrid menyimpulkan bahwasanya anggur merah jika dikonsumsi secara rutin bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar LDL didalam darah sebesar 9%.

Dan tak hanya itu, masih didalam hasil studi yang sama, bahwa pasien penderita kolesterol tinggi ternyata juga bisa mengalami penurunan kadar LDL didalam tubuhnya sebesar 12% setelah mengkonsumsi agunggu merah ini.

10. Bawang putih

Jika kamu ingin mencegah pembengkakan kadar kolesterol, maka kamu bisa menambahkan bawang putih didalam setiap masakan kamu. Bawang putih memiliki banyak sekali senyawa yang akan sangat beguna menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara efektif didalam pembuluh darah seseorang. Jika plak ini tidak terbentuk maka kamu tentunya akan terhindari dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Baca Juga : 19 Cara Mengecilkan Paha Dengan Cepat Dan Alami

Sebuah studi yang sudah dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine mendapatkan kesimpulan bahwa bawang puting ini bisa membantu untuk menurunkan sebanyak 9 % kadar kolesterol didalam tubuh. Guna untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, maka konsumsilah sebanyak 2 siung bawang putih pada setiap harinya.

11. Bayam

Bayam memang sudah lama diketahui memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Hampir sama dengan bawang putih, juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menghadapi bahaya akibat dari penumpukan kolesterol didalam darah secara berlebihan. Dimana penumpukan ini menjadi cikal bakal dari berbagai penyakit berbahaya. Bayam mengandung senyawa bernama lutein yang mana akan mencegah pembentukan dari plak di dinding-dinding pembuluh darah kita.

Dan hasilnya berbagai masalah atau penyakit komplikasi akibat kolesterol tinggi juga bisa dicegah dengan bayam ini. Oleh sebab itu bayam bisa menjadi cara menurunkan kolesterol dengan tepat dan aman yang bisa kamu terapkan sendiri. Berbagai macam studi juga telah menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lutein yang tinggi secara rutin, akan membantu untuk mengurangi kemungkinan terjangkit penyakit jantung di masa depan.

12. Kedelai

Berbagai bahan makanan yang berbahaya dasar kedelai seperti tahu atau bahkan susu kedelai, memiliki manfaat baik untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Kedelai bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh karena kanudngan asam lemak omega 3, serat, dan juga protein.

Seperti yang dilansirkan oleh WebMD, yang dikutip dari Ohgitu.di, kedelai ini bisa membantu untuk menurunkan kadar LDL didalam darah sebesar 3%. Walaupun tidak begitu signifikan, mengingat seringnya masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi olahan makanan dari kedelai, akan membuat angka 3% tadi menjadi luar biasa untuk menurunkan kadar kolesterol.

13. Alpukat

Salah satu jenis buah yang menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara efekti dan alami ialah dengan memanfaatkan alpukat. Ada 2 alasan kenapa alpukat ini bisa menjadi pilihan kamu untuk menurunkan kolesterol secara alami.

  • Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh didalamnya, sehingga bisa membantu untuk meningkatkan HDL serta menurunkan LDL.
  • Didalam alpukat juga terdapat senyawa bernama beta-sitosterol, yang bermanfaat untuk menekan jumlah dari kolesterol yang diserap dari makanan yang kamu konsumsi. Sehingga produksi dari kolesterol bisa ditekan.

Baca Juga : 7 Cara Diet 8 Jam Yang Benar Dan Aman Untuk Membakar Timbunan Lemak

Akan tetapi, patut kamu ketahui bahwa buah alpukat memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, konsumsilah dengan wajar.

14. Minyak zaitun

Minyak segudang manfaat ini juga bisa kamu andalkan untuk menjadi cara menurunkan kolesterol dengan mudah dan cepat. Berikut 2 alasan kenapa minyak zaitun cocok untuk dikonsumsi guna menurunkan kadar kolesterol.

  • Minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan didalamnya, dan juga lemak tak jenuh. Dimana kedua senyawa ini dapat menekan kadar LDL didalam darah, serta menambah kadar HDL.
  • Minyak zaitun juga mengandung senya bernama phenolics. Senyawa ini bisa membantu untuk mencegah pembentukan plak didalam pembuluh darah, akibat dari kolsterol yang tinggi.

Guna untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya kamu mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan disetiap makanan pada setiap harinya.

15. Cokelat

Mungkin cara menurunkan kolesterol yang mujarab ini menjadi kabar gembira bagi pada penggemarnya, yakni cokelat. Rasanya yang enak dan membuat ketagihan dari coklat ini ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol didalam darah. Berikut adalah alasan kenapa coklat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

  • Coklat memiliki kandungan senyawa phytosterol, yang mana menurut studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan senyawa ini bisa membantu untuk menurunkan kada LDL didalam darah sebesar 16%.
  • Didalam coklat juga terkandung sifat antioksidan yang tinggi dan juga lemak tak jenuh. Dimana kedua zat ini bisa membantu dalam menambah kadar HDL didalam tubuh kita.

16. Berry

Berbagai macam jenis buah berry, baik itu dari strowberry, blueberry, ataupun blackberry sama-sama memiliki kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya. Dan kandungan dari antioksidan inilah yang memiliki manfaat luar biasa untuk menurunkan kadar LDL didalam pembuluh darah kita.

Selain itu, para ahli kesehatan juga menyatakan bahwa buah bery sangat bisa dindalkan untuk menyokong dari kinerja hati seseorang. Jika seandainya organ vital kita seperti hati misalnya, mampu dalam bekerja secara maksimal, maka tentu saja akan semakin mudah untuk menyingkirkan kolesterol jahat didalam tubuh kita. Oleh sebab itu, cara menurunkan kolesterol dengan berry bisa kamu coba mulai sekarang.

17. Apel

Apel memang sangat mudah untuk ditemukan di negara kita ini. Kamu yang ingin menurunkan kadar dari kolesterol jahat bisa mencoba cara menurunkan kolesterol dengan apel ini. Karena apel sendiri menjadi opsi termudah dan sangat nikmat untuk di konsumsi. Didalam apel, terkandung nutrisi polifenol yang begitu tinggi.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Perut Dengan Minum Jus Mentium Setiap Malam, Beserta Resepnya

Seperti yang kita ketahui bahwa polifenol ini merupakan salah satu senyawa antioksidan yang bisa membantu untuk mencegah pembentukan dari plak jahat didalam pembuluh darah kita, akibat dari penumpukan kolesterol. Tips bagi kamu yang ingin mengkonsumsi apel, sebaiknya konsumsilah buah apel sekalian dengan kulitnya. Karena kandungan polifenol yang paling banyak ialah dari kulitnya ini.

18. Flaxseed

Mungkin sebagian dari kita masih begitu asing mendengar nama flaxseed. Flaxseed sendiri merupakan salah satu jenis dari biji-bijian yang bisa menjadi cara menurunkan kolesterol dengan cepat dan mujarab. Dari namanya kita bisa mengetahui, bahwa flaxseed berasal dari biji bunga flax. Dan berikut adalah manfaat flaxseed untuk menurunkan kolesterol didalam tubuh kita.

  • Flaxseed memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang begitu tinggi. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa omega 3 sangat berguna untuk meningkatkan kadar HDL didalam darah kita.
  • Flaxseed sendiri juga kaya akan serat, sehingga bisa membantu untuk mencegah penyerapan dari kolesterol jahat secara berlebihan oleh tubuh kita.

Pengolahannya sendiri, kamu hanya perlu mencampurkan biji ini ke makanan kamu, misalnya pada oatmeal, sereal atau bahkan yogurt.

19. Kembang kol

Seperti sayuran pada umumnya, kembang kol juga memiliki beragam manfaat dan khasiat yang begitu baik untuk tubuh. Salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh kita. Dan berikut dalah manfaatnya.

  • Phytosterol didalam kembang kol sangat berguna untuk mencegah penyerapan kolesterol secara berlbihan oleh usus halus seseorang.
  • Kembang kol memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat begitu untuk meningkatkan kadal HDL dan mengurangi kadar LDL didalam darah kita
  • Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan didalam kembang kol juga membantu untuk mencegah peningkatan kadar LDL didalam darah seseorang.

20. Minyak ikan

Sering kali minyak ikan digunakan untuk penambah nafsu anak. Akan tetapi ternyata minyak ikan juga bermanfaat sebagai cara menurunkan kolesterol berlebih yang cukup cepat. Semua itu dikarenakan minyak ikan mengandung nutrisi asam lemak omega 3 yang begitu tinggi. Sehingga asam lemak inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar HDL didalam darah seseorang, sekaligus memberikan efek penuruan terhadap LDL didalam darah.

Cara menurunkan kolesterol dengan gaya hidup

cara menurunkan kolesterol alami dan cepat

Selain bisa menerapkan pola makan yang sehat didalam menurunkan kadar kolesterol kamu juga bisa menerapkan gaya hidup sehari setiap harinya. Pada dasarnya menurunkan kadar kolesterol ini bukanlah sebuah hal yang sulit, namun hanya perlu sedikit niat dan tekat yang kuat untuk melakukannya, guna untuk memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan. Lalu apa saja gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol ini ? Yuk lihat.

Baca Juga : 4 Cara Diet Air Putih Menyenangkan, Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

21. Berolahraga

Tentunya hal ini sangat umum sekali untuk diketahui, dimana salah satu cara menurunkan kolesterol yang begitu manjur untuk diterapkan ialah dengan berolahraga dengan rutin. Kamu bisa menerapkan beberapa jenis olahraga sederhana seperti lari, renang, dan juga bersepeda, guna untuk dapat meningkatkan HDL didalam darah.

Seperti yang sudah sering disebutkan pada pembahasan sebelumnya bahwa HDL tinggi memiliki manfaat yang baik untuk menindungi pembuluh darah dari berbagai plak akibat dari LDL yang tinggi. Guna untuk menurunkan kolesterol ini, kamu tidak perlu untuk melakukan olahraga keras. Cukup dengan 30 menit melakukan olahraga ringan, rasanya sudah cukup baik untuk menurunkan kadar kolesterol kamu. Jangan lupa untuk mencoba berbagai variasi olahraga lainnya, agar kamu tidak merasa jenuh.

22. Berhenti merokok

Sudah menjadi rahasia umum rasanya, jika kebiasaan merokok menimbulkan banyak efek buruk bagi kesehatan dimasa depan. Jika kamu memiliki masalah kolesterol tinggi dan kebetulan kamu adalah seorang perokok, maka cara menurunkan kolesterol yang paling efektif ialah dengan menghentikan kebiasan tersebut. Memang menghentikan kebiasan ini sangatlah berat bagi para perokok, namun niat dan kegigihanmulah yang dapat diandalkan disini.

Merokok hanya akan memberikan percepatan proses pembentukan dari plak akibat kolesterol di pembuluh darah kita. Jika terdapat pembuluh darah, maka tentunya sirkulasi dari darah akan terganggu dan membuat jantung menjadi tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Dari keadaan inilah yang akan menimbulkan efek penyakit jantung.

23. Beralih menjadi vegetarian

Tingginya kadar LDL didalam darah biasanya disebabkan oleh peningkatan lemak jenuh didalam tubuh akibat mengkonsumsi olahan daging. Maka oleh sebab itu, kamu harus membatasi pengkonsumsian olahan daging ini sebagai cara menurunkan kolesterol yang mujarab. Jika kamu sudah terlanjut memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka kamu bisa beralih untuk menjadi vegetarian, dan banyak-banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang sehat.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Demam Secara Alami Menggunakan Bahan Dapur

24. Hindarilah stres

Taukah kamu, bahwa salah satu penyebab dari tingginya kadar kolesterol ialah karena stres ? Sudah banyak hasil penelitian yang menyebutkan bahwa stres berperan penting terhadap melambungnya kadar kolesterol didalam tubuh seseorang. Salah satunya ialah dari peneltian yang diterbitkan dalam Journal of Chronic Diseases, bahwasanya para siswa yang mengalami peningatakan kadar kolesterol secara signifikan disaat masa ujian.

Selain itu penetlian yang dilakukan oleh P.T.Wertlake dan rekan-rekannya menyatakan bahwa stres bisa memberikan peningkatan kadar kolesterol didalam darah sebanyak 10 %. Oleh sebab itu, cara menurunkan kolesterol yang tepat ialah dengan memastikan kamu tidak dalam keadaan yang stress.

25. Tidur dalam waktu yang cukup

Hal ini memang terdengar sepele, nama faktanya waktu tidur yang baik sangatlah bermanfaat untuk menutunkan kolesterol didalam tubuh. Seperti yang dilansrikan oleh Heathline yang dikutip dari OhGitu.id, waktu tidur seseorang yang hanya sebentar ataupun yang lama sangat berpengaruh pada peningatakan trigliserida dana juga produksi dari HDL dalam darah.

Sebuah penelitian yang diterbirkan dalam Journal of Cardiovascular Nursing menyatakan bahwa waktu tidur yang kurang dari enam jam, bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kurangilah kebiasaan bergadang kamu, kamu ini merupakan cara menurunkan kolesterol dengan cara sederhana.

Cara menurunkan kolesterol dengan obat

cara menurunkan kolesterol alami

Menerapkan gaya hidup sehat sera pengkonsumsian makanan yang memiliki manfaat baik dalam menurunkan kadar kolesterol merupakan cara alami yang mudah untuk dilakukan. Hanya saja ada beberapa kasus yang masih kurang dengan penerapan sepeti ini. Dan pada akhirnya harus memilih untuk mengkonsumsi obat-obat khusus penurun kolesterol. Apa saja cara menurunkan kolesterol dengan obat ini ? Berikut adalah diantaranya.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

26. Suplemen niacin

Cara menurunkan kolesterol dengan obat yang pertama ialah dengan mengkonsumsi suplemen niacin. Obat jenis ini bisa kamu temukan diberbagai apotek terdekat, dan manfaatnya untuk menurunkan kolesterolpun cukup bisa diandalkan. Suplemen ini akan meningkatkan produksi dari HDL atau kolesterol baik didalam darah.

Semakin banyak HDL didalam tubuh, maka semakin banyak pula kolesterol yang dapat disingkatkan. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Association Journal menyimpulkan bahwa suplemen niasin bisa memberikan peningkatkan produksi HDL hingga 20% banyaknya.

27. Aspirin

Aspirin sendiri merupakan jenbis obat yang digunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala. Namun disaat seorang memiliki kolesterol tinggi terkadang dokter juga menganjurkan untuk mengkonsumsi obat ini, namun dalam dosis yang kecil. Hal ini dikarena aspirin memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Jika darah seorang tidak membeku, maka resiko terkenal jantung koroner bisa diminimalisir.

28. Statin

Obat ini cukup populer, sebagai salah satu jenis obat yang sering diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol didalam darah dengan cepat. Semua itu dikarenakan obat ini dapat menghalangi kinerja dari enzim yang terdapat didalam hati, yang mana memiliki tugas untuk memproduksi kolesterol. Jika sudah seperti ini, maka produksi dari kolesterol bisa ditekan dan menjadi berkurang.

Baca Juga : 13 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Secara Alami Dan Tanpa Efek Samping

Biasanya dokter, hanya akan merekomendasi statin ini kepada para pasien yang memiliki resiko tinggi untuk terkenal penyakit jantung. Efek samping yang sering timbul dari penggunaan obat ini ialah, gangguan pencernaan dan juga sakit kepala.

29. Ezitimibe

Salah satu obat yang menjadi cara menurunkan kolesterol yang cukup ampuh ialah bernama ezitimibe. Dimana obat jenis ini sering dimasukkan kedalam resep obat pasien dengan kolesterol tinggi. Usus halus nantinya akan bekerja untuk menyerap kolesterol yang diproduksi oleh hati. Dan selanjutnya kolesterol ini akan disalurkan ke darah.

Dan apabila kolesterol yang diserap oleh usus terlalu banyak, maka otomatis akan terjadi penumpukan pada pembuluh darah. Dan disinilah peranan obat ezitimibe diperlukan. Obat ini akan mengurangi proses penyerapan kolesterol oleh usus. Dan hasilnya, kolesterol pada pembuluh darah menjadi berkurang.

30. Alirocumab

Selain beberapa obat diatas, penurun kolesterol juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan alirocumab. Dimana obat ini tidak untuk dikonsumsi, melainkan diterapkan dengan cara disuntikan. Obat ini akan membantu untuk meningatkan kinerja dari hati dalam menyerap LDL didalam tubuh. Dan hasilnya, adalah kadar kolesterol bisa tersikulasi di pembuluh darah bisa berkurang. Obat ini biasanya disarakan untuk pasien yang menderita kolesterol tinggi karena faktor genetik, dan mereka memiliki alergi terhadap obat penurun kolesterol lainnya.

Itu tadi beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami, gaya hidup sehat, sera pengobatan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *