bagaimana cara menurunkan tekanan darah

,

32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

32 Cara Menurunkan Tekanan Darah – Didalam ilmu kesehatan darah tinggi dikenal dengan nama hipertensi. Dan menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang. Penyakit ini seperti namanya, disebabkan oleh ukuran tensi darah tinggim atau naiknya tekanan darah. Cara menurunkan tekanan darah tinggi ini sangatlah beragam. Mulai dari memanfaatkan 8 makanan penurun tekanan darah tinggi, menggunakan obat tekanan darah tinggi yang bagus, menggunakan obat penurun tensi darah di apotik, hingga menggunakan jus untuk menurunkan darah tinggi ini.

Pada umumnya gejala yang sering muncul disaat tensi naik atau tekanan darah naik ialah, mudah merasa lelah, terasa sakit di bagian kepala, leher dan kepala yang terasa berat, jantung yang berdenyut secara tidak teratur, gangguan peng;lihatan dan gejalan lainnya. Lalu bagaimana cara menurunkan darah tinggi diusia muda atau dewasa yang baik ? Salah satu langkah yang sering kali diterapkan untuk menurunkan atau mencegah datangnya penyakit darah tinggi ini ialaha membatasi konsumsi makanan dengan kandungan garam yang berlebihan. Namun menerapkan cara ini saja tidaklah cukup, kamu bisa menambahkan cara-cara lain yang diharapkan mampu untuk mengembalikan tekananan darah ke keadaan normal.

Baca Juga : 22 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami & Efektif

Lalu berapa tekanan darah normal ? Pada orang dewasa yaitu berkisar pada angka 120/88 mm Hg, dan jika sudah menyentuh angka 120-139/80-89, maka sudah memasuki tahap prehipertensi, namun jika sudah 140-159/90-99 maka kamu sudah memasuaki stage 1 dari penyakit tekanan darah tinggi, dan apabila sudah menyentuh angka 160/100 ke atas, maka sudah memasuki stage 2 dari penyakit ini. Lalu bagaimana cara menurunkan tekanan darah secara alami ? Berikut adalah pembahasannya, silahkan disimak.

Penyebab tekanan darah tinggi

Sebelum kita lebih lanjut membahas tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi, maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang penyebab dari tekanan darah tinggi ini. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

  • Faktor keturunan
  • Faktor usia atau umur dari seseorang
  • Pengaruh dari stres
  • Pola makanan yang tidak sehat
  • Terlalu banyak mengkonsumsi sodium
  • Kebiasaan minum minuman beralkohol
  • Kebiasaan merokok

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan buah-buahan

bagaimana cara menurunkan tekanan darah pada ibu hamil

1. Buah alpukat

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat pertama yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Didalam buah ini terdapat banyak sekali kandungan dan nutrisi baik, seperti diantaranya vitamin E, C, kalsium, serta serat. Dan beberapa kandungan inilah yang bisa diandalkan untuk membuat tekanann darah kamu yang tinggi menjadi turun.

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

2. Buah mengkudu

Buah mengkudu bagi sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi. Karena disaat buahnya sudah matang, buang mengkudu memiliki aroma khas yang cenderung kurang sedap bagi kebanyakan orang. Namun ternyata dibalik itu, buah mengkudu bisa dijadikan sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Selain itu buah ini juga memiliki khasiat untuk mengeluarkan racun dari tubuh kita, sekaligus melancarkan peredaran darah.

3. Buah pisang

Rasanya, pisang sudah begitu umum untuk diketahui oleh setiap orang. Karena buah pisang menjadi salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kandungan baik yang cukup kaya didalam pisang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan tubuh. Seperti misalnya kandungan potasium dan juga kalium yang terdapat didalam buah ini yang bisa digunakan untuk mengendalikan tekanann darah, sekaligus menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan cepat. Buah pisang akan membantu untuk menyeimbangkan efek garam dan membuat fungsi dari organ ginjal kita jadi bisa bekerja dengan optimal.

4. Buah kiwi

Salah satu khasiat dari buah kiwi ialah bisa dijadikan cara menurunkan tekanan darah secara alami. Hal ini dikarenakan didalam buah kiwi terkandung beberapa nutrisi baik, diantaranya vitamin C yang cukup tinggi, potasium dan juga sifat antioksidan yang mana sangat berguna sekali untuk tubuh. Dan salah satu keguaannya ialah bisa membantu untuk mengontrol tekanann darah agar tetap terjaga dan normal.

5. Buah jeruk

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa didalam buah jeruk terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Namun tak hanya itu, buah jeruk juga kaya akan kandungan potasium dan juga kalium. Dan kandungan ini bisa membantu untuk membuat peredaran darah menjadi lancar dan bisa mengontrol tekanan darah. Oleh sebab itu, buah jeruk bisa dijadikan salah satu cara menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Baca Juga : 36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

6. Buah blewah

Buah blewah merupakan sebuah buah yang berasal dari tumbuhan yang sama dengan nama buahnya. Dan biasanya buahnya ini sering kali dijadikan sebagai bahan pembuat minuman penyegar di wilayah asia tenggara. Namun dibalik rasanya yang segar, buah ini ternyata juga bisa menjadi cara menurunkan tekanan darah alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasiumnya yang tinggi. Sehingga bermanfaat untuk menurunkan tensi.

7. Buah melon

Selain buah bleweh, ternyata buah melon juga memiliki manfaat yang cukup efektif dalam menjadi cara menurunkan tekanan darah secara alamiah. Hal ini tak lain karena kandungan potasium yang terdapat didalam buah ini. Kamu hanya perlu mengolah buah melon menjadi jus yang lezat yang menyegarkan, atau bahkan jika tidak ingin repot, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung.

8. Buah semangka

Semangka mengandung beberapa zat baik, diantaranya vitamin A, kalium, serat dan juga lycopene. Yang mana zat-zat ini dapat berguna untuk para penderita hipertensi. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas florida, Amerika. Mengungkapkan bahwa didalam buah semangka juga mengandung asam amino serta L-citrulline yang dapat diandalkan sebagai salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yg alami.

9. Buah anggur

Sekilas mungkin kita akan berfikir bahwa anggur sangat menyegarkan dan sangat cocok dibuat menjadi minuman. Namun selain itu ternyata anggur juga berkhasiat dalam menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi dgn alami. Buah anggur cukup kaya akan kandungan bioflavonoid yang memberikan pengaruh baik untuk tensi disaat kamu konsumsi. Selain itu, anggur juga mengandung sebanyak 166 mh kalium atau sekitar 4 % nilai kalium harian yang dianjurkan oleh dokter.

Baca Juga : 37 Cara Menghilang Jerawat Secara Alami, Efektif Dan Mujarab

10. Jambu biji

cara ampuh menurunkan tekanan darah tinggi lainnya adalah dengan menggunakan jambu biji. Hal ini semakin diperkuat dengan dilakukannya penelitian di klinis India. Dan didapatkan hasil bahwa dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin, maka kamu tidak perlu kawatir lagi dengan peningkatan tekanan darah, karena jambu biji dapat mengontrol tekanan darah kamu, sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaanmu.

11. Blueberry

Buah blueberry termasuk salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidannya. Dimana kandungan antioksidan ini, salah satu manfaatnya ialah sebagai cara ampuh menurunkan tekanan darah. Disaat kamu mengkonsumsi buah ini secara rutin dan teratur, maka nantinya antioksidannya akan berperan penting dalam mengontrol tensi dan menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuhmu.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan sayuran

bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi bagi ibu hamil

12. Bayam

Cara cepat menurunkan tekanan darah secara alami selanjutnya ialah dengan menggunakan sayur bayam. Bayam merupakan salah satu jenus sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, didalam bayam juga terdapat kandungan kalium yang memiliki peranan penting untuk menurunkan tekanan darah kamu yang tinggi.

13. Bawang merah

Bawang putih memang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya ialah bawang putih bisa membantu untuk mencegah terjadinya pemebekuan darah sekaligus berguna untuk menekan efek yang ditimbulkan dari tekanan darah yang tinggi. Oleh sebab itu bawang putih bisa menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan buah dan sayuran. Kamu bisa menambahkan bawang putih yang lebih pada masakan, atau mengolahnya menjadi olahan lainnya, guna untuk menstabilkan tensi.

Baca Juga : Tidak Selalu Jantung ! Yuk Kenali, 7 Penyebab Nyeri Dada Yang Kamu Alami

14. Tomat

Kandungan mineral dan juga vitamin didalam sayuran tomat memang tak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan mineral dan vitamin tersebut ialah, vitamin C, magnesium, kalsium, dan juga kalium. Oleh sebab itu tomat sering kali dimanfaatkan untuk menjadi cara menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi tomat secara rutin selama 4 bulan memiliki peranan penting untuk menurunkan tekanan darah diastolik, yang rata-rata akan turun sebanyak 4 point. Sekaligus membantu untuk menurunkan tekanan darah sistolik yang rara-rata akan turun sebanyak 10 point.

15. Buncis

Salah satu jawaban yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan “bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi ?” ialah dengan mengkomsumsi buncis. Buncis merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan mineral dan juga vitamin didalamnya. Sekaligus bisa dimanfaatkan untuk dijadikan solusi dalam mengatasi masalah tensi tinggi.

16. Kentang

Didalam kentang terkandung nutrisi karbohidrat yang tinggi sekaligus magnesium dan potasium. Dan senyawa didalam kentang inilah yang memiliki peranan cukup baik dalam menjadi cara menurunkan tekanan darah secara cepat.

17. Seledri

Solusi lain untuk menjadi cara menurunkan tekanan darah yg cepat ialah dengan menggunakan seledri. Seledri merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan kalsium dan juga kalium yang banyak dan kaya. Pemanfaatannya sangatlah mudah yaitu kamu tinggal menambahkan seledri didalam menu makanan, guna untuk mengendalikan atau mengontrol tekanan darahmu.

Baca Juga : Lakukan 6 Gerakan Sederhana Ini !! Agar Tubuhmu Tetap Bugar Saat “Ngantor”

18. Kedelai

Hampir sama halnya dengan seledri, ternyata kedelai juga memiliki nutrisi kalium dan juga magnesium yang tinggi. Kedua bahan ini sangat berguna bagi penderita hipertensi. Sebab kedelai dapat menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat. Sekaligus membantu untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap normal.

19. Mentimun

Siapa yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini. Selain biasa dijadikan masakan yang enak dan minuman yang segar, ternyata mentimun juga bisa menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi yang cepat. Hal ini tak lain karena mentimun memiliki kandungan potasium yang tinggi. Dan pemanfaatannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu memasukkan mentimun kedalam menu makanan kamu.

Cara menurunkan tekanan darah dengan olahan makanan

bagaimana cara mengurangi tekanan darah tinggi

20. Minyak zaitun

Minyak zaitun memang terkanal berkat khasiatnya yang amat begitu baik untuk tubuh, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Kandungan sifat antioksidan didalam minyak zaitun yang tinggi memiliki peranan yang baik dalam mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Selain itu minyak zaitun juga baik untuk kesehatan dari jantungmu.

21. Roti gandum

Para penderita tekanan darah tinggi, atau hipertensi sebaiknya mulai mengganti sarapan yang sebelumnya berupa nasi menjadi roti gandum. Hal ini dilakukan karena roti gandum memiliki manfaat yang dapat mengontrol tensi yang cukup baik.

Baca Juga : Jangan Remehkan, 5 Biji-Bijian Ini “Mujarab” Untuk Jaga Kesehatan Jantungmu !

22. Oatmeal

Selain roti gandum, salah satu produk olahan gandum lainnya yang bisa bermanfaat untuk penderita hipertensi adalah oatmeal. Jika kamu merasa roti gandum menjadi makanan pengganti nasi kurang pas, maka oatmeal bisa menjadi pilihan lain.

23. Yogurt

Yogurt sendiri merupakan olahan susu yang memiliki kandungan kalium, kalsium dan magnesium yang kaya, Sehingga sangat bisa diandalkan untuk para penderita hipertensi. Namun perlu di ingat bahwa, pilihlah yogurt tawar tanpa tambahan gula.

Cara menurunkan tekanan darah dengan gaya hidup sehat

bagaimana cara untuk menurunkan tekanan darah

24. Hidari konsumsi daging merah

Daging merah memang enak jika diolah dalam berbagai olahan. Namun ternyata daging merah seperti daging kambing dan sapi menjadi salah satu pantangan untuk orang-orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan didalam daging merah terkandungan nutrisi lemak omega-6 yang mana lemak ini merupakan lemak trans yang bisa memberikan peningkatakan terhadap tekanan darah. Oleh sebab itu cara menurunkan tekanan darah tinggi dg cepat ialah dengan menghindari daging merah.

25. Hidari konsumsi gula yang berlebihan

Gula dapat memberikan efek peningkatan terhadap tekanan darah. Oleh sebab itu kamui dianjurkan untuk mengurangi konsumsi terhadap gula yang berlebihan, sebagai salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yg cepat. Mulailah untuk mengurangi gula pada makanan dan minuman yang sering kamu konsumsi. Atau jika seandainya kamu sangat sulit untuk terlepas dari rasa manis, maka gantilah dengan gula yang rendah akan kalori yaitu gula jenis stevia.

Baca Juga : Mengejutkan ! Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menjadi ‘Racun’ Saat Dimasak !

26. Hindari konsumsi kafein

Untuk kamu yang berprofesi sebagai pekerjaan kantoran, atau yang sering lembur. Kafein seperti kopi, teh dan lainnya merupakan teman yang pas untuk menemani rutinitas lembur kamu. Namun ternyata kafein mengandung zat-zat yang bisa memberikan efek peningkatan terhadap tekanan darahmu secara cukup signifikan. Sehingga kamu harus mengurangi pengkonsumsi kafein ini. Mulailah beralih ke minuman pemompa energi lain yang rendah gula, seperti air lemon atau susu murni.

27. Hindari konsumsi alkohol

Alkohol jelas-jelas memberikan efek yang cukup signifikan terhadap peningkatan tekanan darah tinggi. Dan sangat tidak cocok bagi kamu yang sedang berupaya menurunkan tekanan darah. Selain meningkatakan tekanan darah, alkohol juga memberikan efek buruk lainnya, seperti mempersempit pembuluh arteri.

28. Konsumsi suplemen minyak ikan

Salah satu penyebab dari tinggimnya tekanan darah seseorang ialah karena adanya peradangan di arteri. Menurut sebuah riset, mengatakan bahwa mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa memberikan penurunan terhadap peradangan tersebut didalam tubuh. Oleh sebab itu, kamu bisa mengkonsumsi sebanyak 1000 mg minyak ikan pada setiap harinya, guna untuk menjaga tekanan darahmu.

29. Olahraga rutin

Penyebab lain dari tingginya tekananan darah ialah karena kurangnya bergerak. Oleh sebab itu mulai sekarang lakukan olahraga selama 30 hingga 60 menit dalam perharinya, guna untuk menurunkan tekanan darah sebanyak 4-9 mmHg. Namun apabila kamu termasuk orang yang sudah lama tak aktif, maka lakukanlah rutinitas sehat ini secara perlahan-lahan. Tak perlu langsung memulainya dengan olahraga berat, tapi mulailah dari yang ringan-ringan seperti berenang, jogging atau bahkan mendaki.

Baca Juga : Jangan Abaikan, 9 Jenis Rasa Sakit Ini Bisa Mengindikasikan Ada Masalah Serius Di Tubuhmu !

30. Hindari stres dan beban pikiran

Stres dan juga beban pikiran adalah salah satu pemicu terjadinya peningkatan terhadap tekanan darah. Dan apabila stres serta beban pikiran ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka peningkatan tekanan darahmu akan semakinb signifikan. Sehingga sangat penting sekali untuk menghindari stres ini. Dengan cara memulai untuk mencari tau penyebabkan, serta lakukan aktifitas yang membuat dirimu menjadi lebih rileks di sela-sela rutinitas bekerja.

31. Berhenti merokok

Seperti yang tertera pada labelnya, bahwa rokok menjadi penyebab dari timbulnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tak hanya perokok aktif saja, orang-orang yang terkena paparan asap rokok atau perokok pasif juga memiliki peluang yang sama dalam peningatkan tekanan darah, dan sebaiknya kamu mulailah untuk berhati-hati. Serta selalu hindari asap rokok ini, guna untuk membuat tekanan darahmu normal kembali.

32. Diet mayo

Diet mayo merupakan rangkaian dari diet yang menghilangkan kandungan garam dan juga gula disetiap makanan yang di konsumsi. Garam seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa bisa memberikan efek peningkatakan terhadap tekanan darah. Oleh sebab itu kamu yang sedang mencari cara untuk menurunkan tekanan darah, bisa mencoba untuk menerapkan diet mayo ini.

Itu tadi beberapa cara menurunkan tekanan darah secara alami dan mujarab yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantumu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *