bagaimana cara menyembuhkan sariawan dgn cepat

,

20 Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat Dan Mujarab

20 Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat – Sariawan merupakan salah satu masalah yang sering kali membuat orang yang merasakannya jadi tidak nyaman. Oleh sebab itu si penderita akan berusaha agar dengan cepat menyelesaikan persoalan ini. Biasanya sering kali sariawan ini muncul dengan awal terjadinya peradangan pada daerah yang berada disekitaran rongga mulut, misalnya saja seperti bibir yang menjadi kering serta menjadi pecah-pecah, dan lain sebagainya.

Namun pada dasarnya sariawan sendiri adalah salah satu jenis penyakit yang menyebabkan luka pada mulut, dimana luka ini berbentuk seperti sebuah bulatan yang cekung, warnanya terlihat kemerahan, dan juga terkadang disertai dengan rasa nyeri yang cukup amat mengganggu. Rasa nyeri ini akan semakin terasa disaat si penderita sedang memakan sesuatu yang bisa memancingnya seperti makanan pedas, atau minuman asam.

Baca Juga : 30 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat Dan Mujarab

Dan rasa inilah yang menyebabkan si penderita menjadi berkurang nafsu makannya. Pada pembahasan kali ini kita akan melihat tentang cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan ampuh. Apa saja caranya ? Silahkan simak berikut ini. Namun sebelum itu, mari kita mengenal terlebih dahulu sariawan ini dan apa penyebabkan. Berikut adalah penjelasannya.

Penyebab sariawan

cara cepat menyembuhkan sariawan dengan cepat

Didalam bahasa dokternya sariawan ini dikenal dengan nama stomatitis, dimana merupakan sebuah pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada sekitaran area mulut dan juga lidah. Lalu apa yang menjadi penyebab sariawan ini bisa muncul ? Berikut adalah beberapa penyebabnya.

  1. Sariawan terjadi karena salah satu bagian dari mulut tergigit, akibat makan atau menguyah yang terlalu cepat. Atau juga bisa hal ini terjadi karena makan sambil mengobrol.
  2. Kekurangan nutrisi vitamin B12, zat besi dan juga vitamin C, dimana nutrisi-nitrisi inilah yang membantu untuk menjaga kesehatan dari mulut kamu.
  3. Penggunaan produk pembersih mulut yang tidak pas atau tidak sesuai dengan mulut si penggunanya, biasanya ini terjadi pada produk sikat gigi, pasta gigi, atau mouthwash.
  4. Disebabkan oleh mengkomsumsi makanan yang sifatnya terlampau asam atau bahkan pedas.
  5. Dikarenakan ulah virus, yang menjadi penyebab dari sariawan. Dan biasanya virus sariawan ini terdiri dari beberapa macam jenis virus didalam tubuh si penderitanya.
  6. Akibat jamur, hampir sama dengan virus, namun kali ini penyebab sariawan adalah jamur. Dan biasanya jamur ini akan menyerang disaat seseorang sedang lemah-lemahnya sistem kekebalan tubuhnya atau masalah lainnya yang memungkinkannya untuk harus mengkonsumsi antibiotik dosis tinggi.
  7. Akibat bakteri, biasa bakteri penyebab sariawan berasal dari masalah lainnya di mulut. Seperti sakit pada tenggorokkan atau penyakit lainnya yang disebabkan ulah bakteri.
  8. Non infeksi, yang mana biasanya terjadi paling banyak akibat luka pada area mulut yang berulang, walaupun penyebab ini sangat jarang ditemui, karena biasanya luka akan hilang dalam tempo waktu 2 minggu.
  9. Masalah sistem pencernaan, biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya nutrisi seperti miacin, riboflavin dan berbagai jenis nutrisi dan vitamin lainnya.

Baca Juga : 30 Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat Dan Terbukti

Sering kali masalah sariawan bisa sembuh dengan sendirinya. Seiring dengan berjalannya waktu yakni sekitar 10 sampai dengan 14 hari lamanya. Akan tetapi bagi kebanyakan orang, masalah sariawan ini bisa memberikan rasa yang amat tidak nyaman.

Apalagi jika diiringi dengan rasa perih pada bagian sariawan disaat mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Namun ada beberapa cara alami yang bisa kamu terapkan untuk menjadi cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan efektif. Apa saja cara yang kita lakukan ? Berikut adalah diantaranya.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat

bagaimana cara mengobati sariawan agar cepat sembuh

1. Air kelapa

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat tanpa rasa sakit berikut ini mungkin adalah cara yang paling enak. Dimana tidak, kamu hanya diminta untuk mengkonsumsi air kelapa muda saja. Tentunya kebanyakan orang menyukai air kelapa muda. Berikut adalah cara penerapan air kelapa untuk menyembuhkan sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan kelapa muda :

Baca Juga : 21 Cara Memerahkan Bibir Secara Cepat Dan Ampuh

  • Silahkan siapkan air kelapa muda 1 gelas, sebaiknya gunakan air kelapa muda yang masih segar.
  • Selanjutnya kumur-kumurlah air kelapa ini secara rutin pada setiap harinya.
  • Kamu juga bisa menelannya, dan meminum air kelapa muda ini secara rutin.

2. Jambu air

Jambur air merupakan salah satu tanaman yang banyak dikenal luas oleh banyak orang. Termasuk juga kita masyarakat Indonesia. Jambu air sendiri memiliki manfaat alami guna untuk dijadikan salah satu cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan aman. Berikut adalah cara penggunaannya.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan jambu air :

  • Silahkan ambil kulit pada batang jambu air, sebanyak 10 gr. Dan bersihkan.
  • Berikutnya tumbuklah kulit yang sudah kamu ambil tadi hinbgga halus, dan rebus dengan 1/2 gelas air. Dan saring.
  • Gunakan air rebusan kulit batang jambu air ini untuk berkumur-kumur pada setiap harinya.

3. Kopi bubuk

Mungkin kopi sudah menjadi minuman yang rutin dikonsumsi oleh sebagian masyarakat indonesia. Selain biasa dijadikan teman bergadang, kopi juga memiliki manfaat lain lho, yakni sebagai cara menyembuhkan sariawan di lidah dan dibagian lainnya pada mulut kamu. Cara penerapannya adalah sebagai berikut

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan kopi bubuk :

  • Siapkan bubuk kopi secukupnya.
  • Lalu aplikasikan bubuk kopi yang sudah disiapkan tadi pada area sekitaran sariawan kamu.
  • Diamkan selama beberapa menit, lalu kemudian kumur-kumurlah dengan air mineral.
  • Terapkan cara ini sebanyak pada setiap harinya agar efeknya semakin optimal.

4. Air garam

Penyedap rasa yang satu ini sering kali digunakan oleh para ibu untuk mendapatkan rasa yang lebih enak pada masakannya. Namun ternyata garam juga memiliki manfaat yang baik sebagai obat. Dimana garam bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menyembuhkan sariawan dengan cepat tanpa obat. Berikut adalah cara penerapannya.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan air garam :

Baca Juga : 25 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Dan Ampuh

  • Siapkan garam sebanyak dua sendok makan.
  • Kemudian larutkanlah air garam tadi dengan setengah gelas air panas, hingga merata
  • Tunggu hingga hangat, dan kemudian gunakan air garam ini sebagai obat kumur tiga kali dalam sehari.

5. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu olahan susu yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan tidak perih. Semua itu karena yogurt ini mengandung khasiat yang berguna untuk menyeimbangkan bakteri yang terdapat di mulut, sehingga membantu untuk membunuh bakteri jahat penyebab sariawan dan mempercepat penyembuhannya.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan yogurt :

  • Siapkan yogurt secukupnya, sebaiknya gunakan yogurt yang masih murni tampa campuran bahan lainnya.
  • Oleskan yogurt tadi ke bagian sariawan kamu, dan diamkan selama beberapa saat. Kamu juga bisa mengkonsumsi yogurt seperti biasanya.
  • Lakukan cara ini setiap hari secara rutin.

6. Menggunakan bahan tradisional

Selain bisa menggunakan yogurt kamu bisa menjadi altenatif lain dalam menjadi cara menyembuhkan sariawan tanpa rasa sakit dengan menggunakan campuran beberapa bahan tradisional. Yakni seperti dengan ekstrak biji anggur, lidah buaya, dan minyak pohon teh. Caranya sebagai berikut

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dengan bahan tradisional :

  • Siapkan bahan-bahannya, yakni gel lidah buaya, ekstrak biji anggur, dan minyak pohon teh.
  • Campurkan kesemua bahan ini hingga merata, dan kemudian aplikasikan pada sariawan kamu.
  • Lakukan cara ini setiap harinya hingga sembuh.

7. Bawang dan pepaya

Bawang dan juga pepaya juga bisa dijadikan cara menyembuhkan sariawan dengan cepat secara alami yang bisa kamu coba. Kedua bahan ini memiliki manfaat untuk mempercepat pengobatan. Caranya adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga : 26 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Metode Medis

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan bawang dan pepaya :

  • Siapkan bahannya yakni bawang putih dan pepaya.
  • Haluskan kedua bahan ini hingga halus dan oleskan pada sariawan kamu.
  • Lakukan pengolesan ini secara rutin pada setiap harinya.

8. Tomat

Tomat mengandung zat-zat yang bersifat antioksidan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan cara menyembuhkan sariawan tanpa obat kimia. Cara penerapannya sangat sederhana untuk kamu lakukan sendiri. Berikut adalah caranya.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan tomat :

  • Siapkan tomat, kemudian silahkan kamu haluskan hingga menjaga jus tomat.
  • Gunakan jus tomat ini sebagai obat kumur, dan lakukan secara rutin pada setiap harinya.

9. Daun kemangi dan kunyit

Kedua bahan ini memiliki manfaat yang sangat beragam untuk pengobatan. Salah satunya bisa dijadikan sebagai salah satu cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan ampuh. Cara pengolahannya adalah sebagai berikut.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan daun kemangi dan kunyit :

  • Silahkan siapkan sebanyak 4-5 lembar daun kemangi, air mineral dan juga bubu kunyit.
  • Rebuslah kesemua bahan tadi hingga hanya menyisakan setengah airnya.
  • Airnya inilah yang akan digunakan sebagai obat kumur pada setiap harinya secara rutin.

10. Baking soda

Baking soda sering kali dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalam kesehatan dan kecantikan. Salah satunya sebagai cara menyembuhkan sariawan dengan cepat secara alami. Baking soda akan membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan yang kamu derita. Cara penerapannya sangatlah sederhana, berikut caranya.

Baca Juga : 22 Cara Memutihkan Ketiak Secara Cepat Dan Mujarab + 10 Tips Mencegah Ketiak Hitam

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan baking soda :

  • Siapkan baking soda secukupnya dan juga air mineral.
  • Silahkan rebus kedua bahan ini hingga larut baking sodanya.
  • Gunakan air rebusan baking soda sebagai obat kumur untuk mengatasi sariawan kamu.

11. Termulawak

Temulawak sering dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu tradisonal. Namun selain itu, termulawak juga bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah sariawan yang sedang kamu alami. Berikut adalah cara pemanfaatannya.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan temulawak :

  • Siapkan satu buah temulawak dan lalu iris tipis-tipis, satu buah asam jawa dan sedikut gula aren.
  • Silahkan kamu rebus kesemua bahan tadi hingga mendidih.
  • Selanjutnya konsumsilah ramuan ini setiap harinya, untuk mengobati sariawan kamu.

12. Kaki kuda atau pegagang

Bahan-bahan alami kaki kuda atau juga sering dikenal dengan nama pegagang memiliki banyak sekali manfaat untuk pengobatan. Salah satunya sebagao obat untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat dan muhajarab. Kamu hanya perlu melakukan pengolahan sederhana dengan tanaman ini. Dan berikut adalah caranya.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan kaki kuda atau pegagang :

  • Siapkan segenggam daun pegagang, dan silahkan kamu keringkan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya rebus daun ini sekitar 15 menit lamanya
  • Dan minumlah air rebusan tersebut untuk mengobati sariawan yang sedang kamu derita.

13. Temu kunci

Penerapan temu kunci untuk mengobati sariawan mungkin terdengar asing bagi sebagai orang. Temu kunci akan bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan yang sedang kamu derita dengan cepat dan tentunya aman. Berikut adalah cara pengolahannya.

Baca Juga : 20 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Cepat Dan Efektif + 17 Tips Memiliki Lengan Proporsional

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan temu kunci :

  • Siapkan sebanyak satu rimpang temu kunci
  • Cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian
  • Kunyah dan konsumsilah tanaman ini agar masalah sariawanmu cepat sembuh.

14. Delima putih

Penamaan delima putih diberikan sesuai dengan warna dari buah delima ini. Delima putih bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah sariawan dengan ampuh dan mujarab. Penerapannya sebagai berikut.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan delima putih :

  • Siapkan sebanyak dua buah delima putih ini.
  • Ambil bijinya dan kemudian haluskan.
  • Selanjutnya rebus dengan air hingga mendidih
  • Gunakan air rebusan ini sebagai obat kumur untuk mengatasi sariawanmu

15. Kembang sepatu

Biasanya tanaman kembang sepatu sering dimanfaatkan untuk mengobati demam anak-anak. Namun selain itu kamu juga bisa memanfaatkan untuk mengatasi sariawan yang sedang kamu derita. Caranya sebagai berikut.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan kembang sepatu :

  • Siapkan daun bunga sepatu sebanyak 1 genggam, dan cuci hingga bersih.
  • Lalu rebuslah daun bunga sepatu ini sekitar 15 menit lamanya, saring dan ambil airnya.
  • Minumlah airnya ini secara teratur pada setiap harinya.

16. Daun sirih hijau

Sirih memiliki kandungan yang bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Dan salah satunya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah sariawan yang cukup mengganggu. Caranya sebagai berikut.

Baca Juga : 40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan daun sirih hijau :

  • Silahkan kamu siapkan sebanyak dua lembar dari sirih hijau
  • Cuci hingga bersih daun siri hijau tadi
  • Lalu konsumsilah dengan cara mengunyahnya dimulut hingga lumat
  • Diamkan sebentar lalu buang
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

17. Daun jambu biji

Pemanfaatan daun jambu biji yang terkenal ialah untuk mengobati sakit demam berdarah. Namun tanpa banyak diketahui, ternyata daun jambu biji juga berguna untuk mengatasi masalah sariawan yang mengganggu. Caranya sebagai berikut.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan daun jambu biji :

  • Siapkan sebanyak 1 genggam daun jambu biji dan sepotong kulit dari batangnya
  • Selanjutnya rebus dengan 1 liter air kedua bahan tadi hingga mendidih
  • Berikutnya saring dan konsumsilah air rebusan tersebut secara rutin pada setiap harinya.

18. Mentimun

Sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui tentang manfaat mentimun untuk mengobati sariawan yang menjengkelkan. Caranya sangatlah mudah untuk kamu terapkan sendiri, berikut adalah caranya silahkan disimak.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan mentimun :

  • Ambilah sebanyak 2 buah mentimun segar, cuci hingga bersih
  • Setelah itu kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung
  • Konsumsilah mentimun ini sebanyak 2 buah pada setiap harinya.

19. Tanaman adas

Mungkin banyak orang yang tak menyangka bahwa tanaman adas bisa menjadi salah satu solusi untuk menangani masalah sariawan dengan cepat dan efektif. Pemanfaatan tanaman inipun sangatlah sederhana dan mudah untuk dilakukan, berikut adalah caranya.

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

Cara menyemguhkan sariawan dengan cepat menggunakan tanaman adas :

  • Siapkan 1 sendok teh adas, 1 cangkir dari daun belundas, dan juga 2 biji kapulaga
  • haluskan kesemua bahan ini, dan berikan sedikit garam, dan seduh dengan segelas air panas.
  • Setelah itu, silahkam kamu minum pada setiap harinya untuk menghilangkan sariawan kamu dengan cepat.

20. Asam jawa

Asam jawa sering dijadikan salah satu bahan untuk meningkatkan rasa dari sebuah masalah, lebih tepatnya untuk masakan yang berkuah. Selain tambahan pada masakan, asam jawa memiliki manfat lain, yakni untuk menyembuhkan sariawan yang kamu alami. Berikut adalah caranya

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan asam jawa :

  • Siapkan daun asam jawa dan juga kunyit
  • Selanjutnya rebuslah dengan 4 gelas air hingga nantinya hanya tersisa setengah saja
  • Kemudian, minumlah air ini sebanyak 2 kali dalam seharinya, yakni pada pagi dan juga sore harinya.

Itu tadi beberapa cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan mujarab menggunakan bahan alami. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu dari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *