penyakit influenza

Yuk Lihat, 6 Cara Mudah Untuk Terhindar Dari Influenza

Posted on

6 Cara Mudah Untuk Terhindar Dari Influenza – Influenza adalah sebuah penyakit yang tergolong kedalam salah satu penyakit infeksi yang terjadai pada saluran pernafasan akut yang disebabkan oleh serangan virus influenza. Penularan dari penyakit ini sendiri, sangatlah mudah. Yakni melalui udara, disaat si penderita berbicara, bersin atau bahkan batuk. Selain penyebarannya melalui udara, virus ini juga bisa ditularkan ke orang lain melalui kontak secara langsung, atau bahkan melalui barang-barang yang dipegang oleh si penderita sebelumnya.

Baca Juga : Awas, 4 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Tumit Pecah-Pecah

Menurut direktur dari Pengendalian Penyakit Menular Langsung, yakni Dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, penyakit influenza ini dapat disebabkan oleh adanya virus musiman, jenus virus yang sudah ada sebelumnya, atau bahkan jenis virus baru.

Cara Terhindar Dari Influenza

“Virus yang belum ada sebelumnya atau virus yang tergolong jenis baru haruslah diwaspadai karena bisa menjadi sebuah wabah” Ungkap Dr. Wiendra yang kami kutip dari liputan6 disaat wawancaranya dengan media di Kementerian Kesehatan.

Baca Juga : Ini Dia, 8 Alasan Yang Menyebabkan Tubuh Kamu Terus Lelah, Padahal Cukup Tidur

Lebih lanjutnya dia juga menjelaskan bahwa, jarak waktu dimana seseorang bisa terpapar oleh virus hingga mulai menimbulkan gejala yang bervariasi, yaitu antara satu hingga empat hari. Sementara itu untuk kasus yang terjadi karena flu burung biasanya masuk kedalam masa inkubasi yakni sekitar satu hingga sepuluh hari lamanya. Dan beberapa cara pencegahan yang cukup ampuh berikut ini bisa kamu terapkan guna untuk meminimalisir penyebaran dari penyakit ini.

Cara mencegah penularan virus influenza

Guna untuk mencegah dari penularan penyakit ini yang disebabkan oleh virus influenza, ada beberapa yang yang dapat kita lakukan dan terapkan dari itu semua, yakni adalah sebagai berikut

Baca Juga : 32 Khasiat & Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Selalu rutin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air bersih yang mengalalir.
  2. Selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan kamu dengan cara tidak membuang dahak sembarangan begitu saja, atau bahkan ludah.
  3. Bila seandainya kamu bersih atau batuk, usahakan untuk menutup hidung dan mulut menggunakan tisu. Lalu kemudian buanglah tisu tersebut ketempat sampah yang sudah disediakan. Jaga jarak kamu yang sedang menderita influenza, paling tidak satu meter jauhnya.
  4. Bila seandainya kamu mengalami gejala dari penyakit influenza ini, segeralah untuk pergi ke puskesmas, rumah sakit, klinik, atau dokter.
  5. Hindarilah kontak secara langsung dengan orang yang berasal atau baru saja balik dari negara yang sedang terjangking wabah influenza atau bahkan flu burung
  6. Waspadailah jika kamu menemukan unggas-unggas yang mati secara mendadak begitu saja, dan dalam jumlah yang banyak. Selain itu segeralah untuk melaporkan ke RT atau RW serta Puskesmas secapat mungkin.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diabetes Dan Pengolahannya

Itulah tadi “Cara mudah untuk terhindar dari influenza“. Semoga adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang berkaitan erat dengan hal ini. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga bermanfaat.

Sumber : Health.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *