diet sehat untuk wanita usia 40 tahun

Yuklihat, 15 Cara Diet Untuk Usia 40 Tahun

Posted on

15 Cara Diet Untuk Usia 40 Tahun – Memang tak bisa dipungkiri, pada usia yang sudah menginjak usia kepala empat, sangat sulit untuk melakukan program diet jika dibandingkan usia yang masih 20 tahun-nan. Hal ini dikarenakan program diet yang dilakukan juga sangat berbeda tentunya. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka proses metabolisme dari seseorang tersebut juga akan mengalami perubahan. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang menginjak usia 40 tahun.

Melakukan program diet yang sangat berbeda dari orang-orang yang memiliki usia yang lebih rendah. Seperti yang dilansirkan oleh WebMD, yang dikutip dari liputan6, bahwa metabolime seseorag akan melambat sebanyak 5 persen di setiap dekade umurnya. Dan berikut ini yuklihat.com akan merangkumnya untuk kamu tentang Cara diet untuk usia 40 tahun. Seperti apa rangkumannya ? Silahkan dibaca dibawah ini.

Baca Juga : 8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trisemester 1 + 5 Makanan Pantangan !!

Cara Diet Untuk Usia 40 Tahun

cara menurunkan berat badan di usia 40an

1. Pahami faktanya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai cara menurunkan berat badan usia 40 tahun adalah dengan memahami faktanya. Yakni pada usia yang sudah menginjak kepala empat ini, fluktuasi hormon dan juga fungsi metabolisme tubuh akan tidak semaksimal usia yang lebih muda. Jadi akan sangat mudah sekali untuk menaikan berat badan pada usia ini, namun sangat sulit untuk menurunkannya.

2. Lakukan olahraga yang tepat

Dikarenakan metabolisme yang lambat, tubuh seserang yang memasuki usia 40an tak hanya memerlukan kardio harian sebesar 30 menit saja. Namun juga sekaligus membutuhkan sebanyak empat hingga lima sesi latihan dari ketahanan mingguan, yaitu seperti sit up, clams, step up, dan juga push up.

Hal ini dilakukan untuk menjaga masa otot dan juga membantu untuk membakar lebih banyak kalori harian. Selain itu, dengan berjalan sebanyak 10 ribu langkah setiap harinya juga menjadi cara bagus guna untuk membantu metabolisme tubuh agar tetap dalam kondisi yang fit.

3. Tetapkan target yang realistis

Dengan mematok harus kurus dalam waktu satu minggu akan membuat kamu menjadi semakin stres. Oleh sebab itu lebih baik kamu menetapkan target yang lebih realistis, seperti misalnya dalam satu minggu harus kurang sebanyak dua kilo kalori. Hal ini menjadi sebuah tujuan yang lebih sehat, guna untuk membantu kamu dalam membangun gaya hidup yang lebih bugar dan sehat dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga : 10 Manfaat Kubis Untuk Kulit, Kesehatan & Rambut

4. Minum vitamin

Sangat penting untuk diketahui oleh banyak wanita yang menginjak usia 40 tahunan. Dimana pada usia ini sangat memerlukan asupan vitamin B12, kalium, kalsium, omega 3 dan juga probiotik yang ada didalam makanan. Kamu bisa mendapatkan semua jenis vitamin ini dengan mengenalkan komposisi dari makanan yang kamu konsumsi. Misalnya saja alpukat, kacang, yogurt dan lainnya.

5. Hidup teratur

Makan dengan teratur tetap menjadi prioritas usia guna untuk menjalankan diet usia 40 tahun ini. Melewatkan jam makan hanya akan mengganggu metabolisme dari tubuh kamu, karena tubuh tidak bisa menyimpan lebih banyak lemak. Oleh sebab itu jangan sampai tinggalkan sarapan dan jangan mengkonsumsi camilan pada malam harinya.

6. Jangan lupa istirahat

Beauty sleep tak hanya memiliki efek baik untuk kesehatan kulit saja, namun juga membantu untuk membuat tubuh mu menjadi lebih ramping serta sehat. Penelitian menyebutkan bahwa kurangnya tidur bisa mendorong otak untuk membuat keputusan yang buruk serta membuat kamu menjadi lebih mudah lapar. Dan akibat dari lapar ini akan membuat kau menjadi makan secara belebihan. Oleh sebab jauhilah komputer dan ponsel kamu disaat akan tidur.

Baca Juga : Perut Kembung di Pagi Hari ? Ini Dia Penyebabnya !! Serta Cara Mengatasinya

7. Turunkan suhu

Udara yang dingin akan membuat tubuhmu lebih mudah untuk membakar lemak, bahkan pada saat tidur sekalipun. Hal ini dikarenakan suhu yang panas akan membuat tubuh menjadi bekerja lebih keras. Para ilmuan-pun juga menyarankan agar suhu didalam rumah tetap dibawah 19 derajat.

8. Minum yang cukup

Jika kamu sering kali mengalami mudah kembung, maka jangan lakukan cara yang salah dengan mengurangi konsumsi air. Malahan sebaiknya, minum air yang banyak akan membantu tubuh untuk mengurangi masalah kembung tersebut. Selain itu air juga membantu tubuh dalam melancarkan proses detoksifikasi. Dengan cara mengkonsumsi segelas air putih akan membantu untuk mengurangi nafsu makan dan juga jumlah kalori yang kamu konsumsi akan semakin sedikit. Selain itu minum air dingin juga membantu kamu untuk bisa membakar lebih banyak kalori di tubuh.

9. Cek kesehatan secara rutin

Walaupun kamu sudah menerapkan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun, namun tetap saja tidak mendapatkan hasil yang baik. Itu berarti kamu perlu perawatan untuk tiroid dan hati. Oleh sebab itu konsultasikanlah hal ini dengan dokter, tentang perubahan dari gaya hidup diet, yang memungkinkan untuk kamu lakukan.

Baca Juga : 20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

10. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur

Jika kamu adalah tipe orang yang sering rewel dengan buah dan sayuran di masa muda. Maka hal ini sebaiknyak kamu jauhi pada usia 40-n. Karena pada usia ini, kamu harus lebih banyak mengkonsumsi buah dan juga sayuran. Sebab, nutrisi dan juga sifat antioksidan yang ada didalam buah dan sayur akan membantu tubuh untuk menstabilkan fluktuasi hormon. Serta memberikan peningkatan pada metabolisme tubuh kamu sampai batas tertentu.

11. Makan lebih sedikit

Disaat kamu memasuki usia 40-an, maka sangat disarankan untuk kamu mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi (walaupun itu sehat). Namun kamu juga harus tetap memastikan bahwa tubuh sudah mendapatkan cukup nutrisi. Dengan menerapkan cara ini, maka jumlah dari kelori tubuhmu akan semakin berkurang, sehingga akan sangat berperan penting untuk menurunkan berat badan.

12. Masak dirumah

Metabolisme tubuh pada masa muda memang lebih baik, dan karena itulah sering kali kamu makanan banyak tak akan memberikan peningkatan secara signifikan pada berat badam. Namun pada usia 40 tahun, metabolisme ini akan semakin lambat. Apalagi jika mengkonsumsi junk food, akan semakin mempermudah kenaikan berat badan. Maka solusi terbaiknya adalah makan sehat dirumah. Sebab kamu lebih bisa memilih bahan yang baik untuk berat badan kamu.

Baca Juga : 10 Gejala Penyakit Jantung Usia Muda + Penyebabnya !!

13. Jangan lewatkan sarapan

Hal ini merupakan aturan umum yang wajib kamu ketahui jika ingin menurunkan berat badan. Namun sering kali orang-orang yang sudah memasuki usia 40 tahun lebih cenderung untuk melewatkan ini. Karena mereka sibuk dalam mengurus anak, masakan, pekerjaan, dan lainnya. Namun walaupun begitu, kamu sebaiknya jangan melewatkan sarapan ini. Hal ini karena sarapan sangat berperan sekali dalam memperlambat laju metabolisme tubuh dan mencegah penurunan berat badan.

14. Kurangi asupan alkohol

Kamu yang sering mengkonsumsi alkohol, sebaiknya mulai sekarang kurangilah jika kamu ingin cepat menurunkan berat badan di usia 40-an. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh akan menjadi lebih lambat karena alkohol. Selain itu, sebagaimana yang umum diketahui, bahwa alkohol juga memberikan efek buruk bagi kesehatan.

15. Hindari stres

Stres akan membuat kamu menjadi lebih cenderung untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang tak baik untuk kesehatan dan berat badan. Dan hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sulit dalam memecah lemak. Maka solusinya kamu bisa mencoba yoga, meditasi, melakukan pernapasan dalam, berjalan-jalan, atau bahkan membaca buku yang kamu sukai. Walaupun demikian cara menghilangkan stres bagi setiap orang memang berbeda-beda, oleh sebab itu, gunakanlah cara yang cocok untukmu.

Itu tadi 15 cara diet untuk usia 40 tahun yang bisa kamu terapkan sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://www.liputan6*com/lifestyle/read/3373358/8-cara-efektif-turunkan-berat-badan-di-usia-40
https://www.ayobandung*com/read/2018/06/21/34417/7-cara-menakjubkan-turunkan-berat-badan-setelah-usia-40-tahun
https://www.klikdokter*com/info-sehat/read/3623787/8-kiat-menurunkan-berat-badan-di-usia-40-an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *