makanan berserat untuk bayi 9 bulan

7 Makanan Berserat Untuk Bayi Yang Perlu Diberikan Dalam MPASI

Posted on

7 Makanan Berserat Untuk Bayi Yang Perlu Diberikan Dalam MPASI – Menyiapkan menu makanan pendamping ASI atau MPASI untuk si kecil menjadi salah satu hal yang cukup menantang untuk para ibu. Hal ini dikarenakan, bukan hanya soal menu yang kaya akan nutrisi namun juga harus disukai oleh si kecil. Selain itu tekstur-nya juga harus disesuaikan dengan kemampuan mengunyah si bayi. Dan bicara soal nutrisi yang akan diberikan kepada anak, kali ini Yuklihat.com akan memberikan beberapa informasi mengenai makanan berserat untuk bayi yang bisa kamu terapkan sendiri dirumah.

Dimana makanan-makanan ini tentu saja masih alami dan diolah menjadi MPASI untuk si kecil. Serat selain memberikan efek kenyang yang lebih lama, ternyata juga miliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan si kecil. Oleh karena itulah, sangat cocok sekali untuk dijadikan bahan utama didalam MPASI bayi, guna untuk memenuhi nutrisinya. Seperti apa saja contoh makanan makanan serat untuk bayi yang ada di artikel ini ? Silahkan disimak berikut ini.

Baca Juga : 20+1 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot Usai Olahraga

1. Alpukat

Jika kamu sangat menginginkan untuk menyajikan menu yang simpel dan mudah untuk si kecil, namun tetap ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuknya, maka alpukat menjadi pilihan yang tepat untuk itu. Alpukat menjadi altenatif serat yang baik karenakan mengandung sebanyak 2 gram serat dan juga lemak baik didalamnya. Dimana kandungan lemak baik ini tentunya sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan juga mengurangi resiko penyakit jantung.

Mengenai pengolahannya, kamu sama sekali tidak perlu mengeluarkan kemampuan ekstra untuk mengolahnya, karena cukup dengan mengambil dagingnya dan bisa langsung dimakan untuk si kecil. Namun jika kamu ingin mengolahnya dengan cara mencapurkan dengan bahan lainnya, itu tak masalah. Semuanya sesuai dengan kreasi kamu sendiri.

2. Roti Gandum

Gandum dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki nutrisi serat yang tinggi, dan sangat baik dalam menjadi makanan berserat untuk bayi 9 bulan atau diatasnya. Guna untuk mendapatkan manfaat yang tetap terjaga dari olahan gandum ini, maka pilihnya jenis roti yang terbuat dari gandum utuh, karena kandungannya seratnya masih sangat terjaga. Jika kamu adalah orang yang gampang bosan, maka roti gandum ini juga bisa diolah menjadi snack yang sehat. Seperti puding roti dan lain sebagainya. Namun sebelum memberikan olahan gandum ini kepada si kecil, pastikan dulu bahwa si kecil tidak memiliki penyakit Celiac, agar pemenuhan gizinya tidak mengganggu kesehatannya.

3. Apel

Taukah kamu, sebiji buah apel yang dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya memiliki kandungan sebanyak 3,6 – 4,4 gram dari 10 gram serat yang dibutuhkan oleh si kecil. Oleh sebab itu, mulai sekarang kamu bisa menghindari kebiasaan mengupas kulit apel yang sering dilakukan sebelum mengkonsumsi apel. Kamu bisa mencobanya memeberikan apel ini dengan memotongnya menjadi ukuran kecil yang pas digenggamnya. Atau juga bisa dengan memnghaluskan apel ini. Namun untuk lebih memastikan lagi sebaiknya cuci bersih apel terlebih dahulu sebelum dijadikan kepada si kecil.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Muka Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Jenis, Cara mencegahnya)

4. Brokoli

Brokoli biasa dikenal sebagai salah satu sayuran hijau yang memiliki manfaat baik untuk mencegah pertumbuhan kanker di tubuh. Namun ternyata selain itu brokoli juga menjadi makanan serat tinggi yang cocok untuk bayi. Didalam semangkuk brokoli ini terdapat sebanyak 5,1 gram serat yang dibutuhkan oleh si kecil. Selain itu brokoli juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh bayi guna pertumbuhan dari tulang dan juga gigi. Dan dalam sayuran ini sangat banyak manfaat yang bisa diperolah si kecil dalam tumbuh kembangnya.

5. Oatmeal

Jenis olahan makanan ini sering kali disebut-sebut sebagai salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan serat terbaik. Dimana sangat cocok untuk menjadi MPASI si kecil. Oat sendiri memiliki kandungan serat dengan jenis yang spesial, bernama beta glucan. Dimana jenis serat ini memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Salah satu manfaatnya ialah bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Dan tentunya jika berkaitan dengan sistem imun, kita sudah bisa menebak bahwa jenis serat ini bisa bermanfaat sekali untuk kesehatan si kecil. Agar tidak gampang bosan, kamu bisa mengolahnya menjadi sajian-sajian oat yang lebih menarik sesuai dengan kreasi unik kamu.

Baca Juga : 6 Cara Mengobati Diare Pada Anak + (Gejala, Penyebab, Gejala Berbahaya, Cara Mencegah)

6. Pisang

Makanan berserat untuk bayi selanjutnya adalah Pisang. Hal ini dikarenakan didalam sebuah pisang yang memiliki ukuran sedang terdapat sebanyak 3,1 gram serat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu didalam pisang juga terdapat kandungan lain bernama kalium, vitamin C, dan juga B1, dimana seperti yang diketahui kandungan-kandungan ini sangat diperlukan oleh si kecil.

7. Almond

Sama halnya seperti pisang, Almond juga mengandungan nutrisi serat yang cukup tinggi. Yakni sekitar 3 gram serat. Selain itu kandungan lemak baik, kalori dan juga protein juga terdapat didalam kacang-kacangan ini. Yang mana hal tersebut tentu saja akan memberikan efek kenyang lebih lama untuk sikecil. Selain bermanfaat untuk memenuhi gizi si kecil, rasanya yang gurih juga bisa memperkaya pengalaman si kecil soal rasa makanan. Jadi kamu bisa lebih memvariasikan menunya.

Manfaat Serat

Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang bisa si kecil dapatnya jika mengkonsumsi makanan atau olahan yang memiliki kandungan serat yang tinggi ? Silahkan disimak beberapa manfaat serat berikut ini.

Baca Juga : 19 Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi)

  • Mencegah Obesitas
    Serat bisa memberikan efek perut yang lebih cepat kenyang dengan frekuensi kenyang yang lebih lama. Selain itu, pada umumnya makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi juga mengandung kalori yang rendah. Oleh sebab itu bisa membantu bayi dalam memiliki berat badan yang normal sekaligus bisa terhindar dari obesitas.
  • Menurunkan kadar kolesterol
    Jenis serat yang mudah larut di air sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Selain itu serat ini juga akan mengikat kolesterol didalam sistem pencernaan, sehingga tidak sempat diserap oleh tubuh, dan langsung dikeluarkan oleh tubuh melalui feses.
  • Melancarkan pencernaan
    Sering kali bayi mengalami yang namanya konstipasi di awal fase MPASI. Dan oleh sebab itu ia membutuhkan banyak serat yang ampuh dalam melancarkan pencernaan. Hal ini karena sifat serat yang menyerap air, sehingga akan membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan melalui anus.
  • Mengontrol kadar gula darah
    Jenis serat yang mudah larut di air juga bisa membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Dimana hal tersebut akan membantu dalam menurunkan resiko terserang penyakit diabetes mellitus tipe 2.

Makanan berserat bikin bayi sembelit, apa benar?

makanan berserat untuk bayi 7 bulan

Seperti yang dilansirkan oleh laman hellosehat.com, jawaban dari pertanyaan diatas adalah “TIDAK”. Hampir sama dengan anak kecil dan orang dewasa, bayi juga membutuhkan asupan dari makanan yang memiliki kandungan serat, guna untuk melancarkan pencernaannya. Namun tentunya semua itu harus sesuai dengan jumlah kebutuhan serat yang dibutuhkan oleh bayi. Dimana sangat berbeda jauh dengan orang dewasa. Menurut pedoman dari AKG (Angka Kecukupan Gizi) dari kementrian kesehatan, kebutuhan serat yang harus dipenuhi bayi pada usia 7-11 bulan adalah sekitar 10 gram setiap harinya.

Walaupun sudah ditetapkan angka ini juga tergantung dari aktivitas , keaktifan, pola makan sehari-hari, dan juga kebiasaan BABnya. Ada bayi yang membutuhkan lebih banyak serat, dan tentunya ada juga yang membutuhkan sedikit pengurangan. Orang tua bisa memperkirakan itu semua, dengan cara melihat feses si kecil. Jik warnanya normal yakni kecoklatan ataua sedikit kehijauan dengan tekstur yang tidak keras, maka ini tandanya si kecl sudah memenuhi kebutuhan serat hariannya. Namun apabila fesesnya keras dan sulit dikeluarkan, maka si kecil mengalami sembelit atau kurang asupan serat.

Kebanyakan makan serat bisa bikin bayi sembelit ?

Walaupun serat sangat bermanfaat untuk pencernaan bayi, tetap saja kita sebagai orangtua harus memperhatikan porsi yang akan diberikan kepada si kecil. Kebanyakan mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi tanpa didampingi dengan asupan air putih yang pas bisa memberikan gengguan pencernaan. Hal ini karena sistem pencernaan si kecil belum sepenuhnya berfungsi secara normal guna untuk bisa mengolah asupan serat dalam jumlah yang banyak. Sama halnya dengan kekurangan serat, kebanyakan serat tanpa air putih yang cukup juga membuat bayi menjadi sembelit. Jika perut si buah hati kembung, dan sulit BAB maka ini bisa menjadi tanda bahwa ia kebanyakan mengkonsumsi serat.

Itu tadi beberapa informasi tentang 7 Makanan Berserat Untuk Bayi Yang Perlu Diberikan Dalam MPASI, yang bisa diterapkan sendiri untuk si kecil. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://www.ibudanbalita*com/artikel/7-jenis-makanan-kaya-serat-untuk-nutrisi-balita
https://hellosehat*com/pusat-kesehatan/gangguan-pencernaan/sembelit-konstipasi/mitos-makanan-berserat-bayi-sembelit/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *