makanan penambah darah paling ampuh

26 Makanan Penambah Darah Secara Alami

Posted on

26 Makanan Penambah Darah Secara Alami – Anemia atau yang juga sering dikenal dengan sebutan kurang darah merupakan sebuah kondisi kurangnya sel darah merah sehat didalam tubuh seseorang dari jumlah yang semestinya. Anemia menyebabkan oksigen yang ada didalam tubuh menjadi kurang, sehingga mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen untuk masuk kedalam otak, dan dari sanalah muncul pusing, mudah ngantuk dan bahkan sakit kapala. Penyebab utama dari anemia ini harus diketahui terlebih dahulu, jika ingin melakukan pengobatan.

Biasanya para dokter akan memberikan vitamin yang didalamnya terkandung zat besi dan juga vitamin B, dimana kedua kandungan ini akan membantu dalam menjaga sistem dari dalam. Akan tetapi, terkadang kamu juga bisa membantu dalam menjaga kondisi kesehatanmu berdasarkan makanan yang kamu pilih. Dan semua itu bukan hanya dari kandungan banyak gula saja, namun orang anemia juga memerlukan yang namanya vitamin B, mineral, zat besi dan juga zinc guna menjaga kesehatan agar tubuh mereka tetap dalam keadaan fit.

Baca Juga : 11 Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Dan jika belum terlalu parah, maka dokter akan memberikan obat guna untuk mendorong pembentukan sel darah merah, jika produksi darah didalam tubuh belum terlalu kurang. Dan berikut ini Yuklihat.com sudah merangkumnya untuk kalian, tentang makanan yang membantu untuk menambah darah. Apa saja ? Silahkan disimak dibawah ini.

Makanan Penambah Darah Secara Alami

1. Kurma

Didalam kurma memang terbanyak banyak sekali mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dan menurut pengobatan islami sendiri kurma juga terkenal karena banyak manfaatnya, termasuk juga untuk mengatasi kurang darah. Selain kaya akan mineral, kurma juga memiliki beberapa nutrisi penting lainnya untuk tubuh, seperti protein, serat, tembaga, zat besi dan juga vitamin B6. Kamu bisa mengkonsumsi sebanyak 2 sendok makan kurma setiap harinya, guna untuk memperbaiki kondisi anemia yang kamu alami, serta untuk menjaga kesehatan tubuh agar selalu fit sepanjang harinya.

2. Daging merah

Sudah sangat umum sekali disarankan untuk para penderita anemia untuk mengkonsumsi daging merah. Hal ini karena didalam daging merah terdapat kandungan B12 yang sangat kaya. Selain itu vitamin B12 ini juga membantu dalam meningkatkan fungsi dari sum-sum tulang belakang, karena nutrisi ini bisa memproduksi sel darah merah yang normal. Daging merah yang berasal dari sapi, kambing dan domba memiliki kadar mineral yang tinggi, seperti zinc dan juga zat besi.

Sehingga darah normal yang diproduksi akan menjadi normal dan memiliki fungsi yang bagus untuk tubuh. Namun yang wajib kamu ketahui disini ialah, terkadang daging merah juga bisa meningkatkan kolesterol. Oleh sebab itu silahkan cek kesehatan kamu terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi daging merah secara rutin.

3. Kacang hijau

Kacang hijau memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Misalnya saja kandungan vitamin B9 dan juga asam folat yang membantu dalam meningkatkan jumlah hemogoblin didalam tubuh atau sel darah merah didalam tubuh. Selain itu baik kacang hijau, kacang merah, ataupun kacang polong juga memiliki kandungan nutrisi yang sama bagusnya. Sekarang tinggal kamu yang memilih mana yang lebih kamu sukai untuk dimasukkan kedalam menu makanan harian.

Baca Juga : 12 Manfaat Bermain Game Untuk Kesehatan

4. Gandum

Jika kamu sudah dipastikan mengalami yang namanya difesiensi zat besi atau anemia, maka kamu bisa memilih gandum sebagai salah satu solusi alaminya. Kamu bisa membeli olahan atau membuatnya sendiri untuk menu harian kamu. Seperti misalnya sereal atau roti gandum. Didalam gandum sendiri terdapat kandungan mineral tembaga yang tinggi, dan ini sangat bagus untuk mengatasi masalah anemia. Dan bisa dikatakan sebagai salah satu makanan penting untuk menambah darah bagi penderita anemia.

5. Ayam

Dalam daging unggas ayam terdapat kandungan vitamin B12 dan juga B6 yang baik untuk tubuh. Hampir sama halnya dengan daging merah, daging ayam juga memiliki protein yang membantu akan dalam menjalani masa pertumbuhan. Selain itu, bagi orang-orang yang menderita anemia, vitamin B6 ini juga bagus untuk memproduksi sel darah merah. Oleh sebab itu, kamu bisa lebih teliti lagi dalam memilih menu makanan agar masalah kurang darah yang kamu alami bisa cepat teratasi.

6. Wortel dan tomat

Wortel dan tomat ialah sumber dari vitamin A nabati yang sangat membantu dalam penyerapan zat besi didalam tubuh kita. Dan bagi orang yang mengalami defiensi zat besi, biasanya juga sering diberikan vitamin A. Namun sayangnya walaupun sudah banyak mengkonsumsi zinc dan zat besi, tubuh masih belum mampu dalam menyerap itu semua. Oleh sebab itu peranan vitamin A sangat penting. Jadi mulai sekarang kamu bisa lebih rutin lagi mengkonsumsi dua sayuran ini untuk untuk mengatasi anemia yang kamu derita.

7. Kacang lentil

Didalam 100 gram kacang lenting terdapat 369 mg kalium, 0 kolesterol, 8 gram serat, 2 mg natrium, 9 gram protein, dan juga 20 gram karbohidrat. Selain itu kacang lentil juga kaya akan vitamin dan mineral lainnya, seperti vitain C dan A, Kalsium, magnesium dan zat besi. Kandungan gizi inilah yang mendukung peningkatan terhadap zat besi didalam darah kamu guna untuk membantu sumsum tulang agar dapat memproduksi lebih banyak sel darah merah yang mengandung hemoglobin.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Kulit Kering Megelupas Pada Bayi Secara Alami

8. Minyak zaitun

Minyak zaitu kaya akan nutrisi vitamin E yang memiliki peranan penting untuk melindungi membran dari sel darah merah, dari yang namanya kerusakan oksidatif. Sehingga nantinya akan sangat bagus guna untuk mencegah dari yang namanya anemia. Kamu perlu mengetahui tentang hubungan antara vitamin E dengan anemia. Dimana bagi mereka yang kekurangan vitamin E, maka resiko mereka terkena anemia himoltik pada tubuhnya akan semakin meningkat.

Anemia himotik merupakan salah satu kondisi dimana sel darah merah didalam tubuh menjadi rapuh dan mudah sekali mengalami kerusakan sehingga memberikan efek penurunan terhadap fungsinya. Dan hal ini pada akhirnya sangat mempengaruhi jumlah dari sel darah merah itu sendiri. Selain minyak zaitun sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan vitamin E ini ialah, berasal dari kacang-kacangan, susu dan juga alpukat.

9. Stroberi

Stroberi kaya akan kandungan vitamin C, dan salah satu peranan vitamin C ialah untuk membantu kelancaran dari proses penyerapan zat besi didalam tubuh manusia. Selain dari buah ini, kamu juga bisa menemukan nutrisi vitamin C dari nanas, jeruk, paprika, mangga atau brokoli. Kandungan yang terdapat di sayur dan buah-buahan diatas juga tak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan stroberi.

10. Bayam

Kekurangan zat besi memang menjadi pemicu anemia atau kekurangan darah. Oleh sebab itu sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Salah satunya bisa kamu termui dari sayuran bayam. Didalam banyak banyak sekali mengandung nutrisi yang baik, serta juga rendah akan kalori. Sayuran ini dikenal berkat beberapa nutrisi baik didalamnya, seperti vitamin A, B9, E, kalsium, zat besi neta karoten dan juga serat.

Baca Juga : 7 Makanan Berserat Untuk Bayi Yang Perlu Diberikan Dalam MPASI

Penelitian juga menyebutkan bahwa setenagh cangkir dari bayam rebus memiliki kandungan zat besi sekitar 3,2 mg. Oleh sebab itulah bayam ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita anemia. Kamu bisa mengolahnya menjadi santapan lezat dan memasukkannya kedalam menu makan kamu.

11. Madu

Madu juga memiliki kandungan zat besi, mineral dan vitamin yang kaya. Setidaknya sekitar 0,42 mg zat besi terdapat di 100 gram madu. Tak hanya itu, madu juga mengandung tembaga dan juga magnesium yang akan membantu dalam meningkatkan hemoglobin. Dan salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat dari madu ini ialah dengan menambahkannya kedalam jus lemon, yakni sebanyak satu sendok makan. Atau juga bisa langsung mengkonsumsinya di setiap pagi hari.

12. Kismis

Buah kering ini ternyata juga bisa menjadi bahan makanan yang bisa membantu dalam menambah darah. Hal ini dikarenakan didalam kismis juga kaya akan zat besi. Didalam 2/3 gelas kismis terkandung sekitar 2 gram zat besi. Kamu bisa menikmati manfaat dari kismis dengan cara menambahkannya kedalam kue, oatmeal, sereal dan campuran olahan lainnya.

13. Biji labu

Biji labu biasanya sering diolah menjadi kuaci, selain enak dan mudah didapatkan, ternyata biji labu juga memiliki manfaat yang banyak. Didalam sekitar 28 gram biji labu terkandung sekitar 4,2 mg zat besi. Dan jika kamu mengkonsumsi biji labu, maka tubuh bisa dengan lebih mudah untuk memproduksi lebih banyak hemoglobin. Selain cukup kaya akan zat besi, biji labu juga mengandu beberapa nutrisi baik lainnya, seperti seng, vitamin K, dan mangan yang vbisa meningkatkan hemoglobin juga.

14. Delima

Buah nan cantik berwarna merah ini ternyata juga bisa dijadikan sumber nutrisi bagi tubuh. Terutama untuk mengatasi masalah anemia. Pasalnya didalam delima terkandung zat besi, kalsium, dan vitamin C serta nutrisi lainnya. Zat besi yang banyak ini bisa menjadi salah satu makanan altenatif guna untuk menambah darah. Dengan mengkonsumsi delima setiap paginya, maka kebutuhan zat besi setiap hari bisa terpenuhi. Dan akan membuat tubuh tidak gampang lelah.

Baca Juga : 20+1 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot Usai Olahraga

15. Buah bit

Umbi-umbian yang berwarna merah ini mampu dalam meningkatkan hemoglobin didalam tubuh orang yang mengkonsumsinya. Hal ini karena buah bit kaya akan asam folat, zat besi, kalium dan lainnya. Dan salah satu cara yang umum dilakukan untuk mengolah buah ini ialah dengan cara membuatnya menjadi jus. Namun karena buah ini memiliki aroma dan rasa yang khas, tak jarang orang juga sering mencapurnya dengan perasan lemon, guna untuk meminimalisir hal tersebut.

16. Alpukat

Selain rasanya yang lezat, alpukat uga menjjadi salah satu buah yang mampu dalam menaikan kadar hemoglobin didalam darah. Hal ini dikarenakan didalam alpukat terdapat nutrisi mineral dan zat besi yang bermanfaat untuk itu. Selain menambah dara, alpukat juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, dan menurunkan kadar kolesterol secara alami.

17. Brokoli

Brokoli memang terkenal karena manfaatnya. Dan salah satu manfaat dari brokoli ini ialah untuk membantu dalam menambah darah. Kandungan zat besi, dan beberapa jenis vitamin lainnya, termasuk juga vitamin C bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak hemoglobin. Selain bisa menambah darah, brokoli juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa mencegah tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

18. Tahu

Olahan makanan yang terbuat dari kedelai ini sering kali ditemukan di daerah Asia. Namun ternyata tahu menjadi salah satu sumber kalsium, tiamin dan magnesium. Kalsium ini sangat berperan dalam memproduksi hemoglobin. Selain itu tahu juga mengandung senyawa isoflavon, yang mana bisa membantu dalam menurunkan resiko osteoporosis.

19. Cokelat

Tak hanya memiliki rasa yang enak, ternyata coklat juga memiliki gizi tinggi. Namun tentunya kamu juga harus memperhatikan jenis coklat yang dikonsumsi. Dan jenis coklat yang paling sehat adalah jenis dark coklat. Karena didalam dark coklat seberat 28 gram memiliki kanudngan zat besi sebanyak 3,3 mg. Selain itu coklat jenis ini juga mengandung, probiotik, berbagai macam vitamin dan juga magnesium.

Dengan mengkonsumsi dark coklat kamu bisa menambah darah, dan mengurangi resiko serangan jantung serta stoke. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa cokelat yang kamu konsumsi ini memiliki kandungan kakao lebih 70%, guna untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Muka Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Jenis, Cara mencegahnya)

20. Jambu biji

Buah yang satu ini terbukti memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menambah darah. Selain itu kandungan zat besi yang terdapat didalam jambu biji juga melimpah, dan bisa dimanfaatkan untuk menjadi obat dari penyakit demam berdarah (DBD). Walaupun demikian, sebaiknya konsumsi jambu biji yang memiiki warna merah karena kandungan vitamin C.

21. Pisang

Didalam pisang terkandun nutrisi zat besi yang cukup kaya. Selain zat besi beberapa nutrisi penting bagi tubuh lainnya, juga terdapat didalam pisang. Seperti vitamin, kalium dan juga mineral penting bagi tubuh. Dan nutrisi ini sangat membantu untuk mengoptimalkan produksi hemoglobin didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang secara rutin, maka kamu bisa mengatasi dan mencegah datangnya anemia.

22. Buah naga merah

Dari warnanya saja sudah terlihat, bahwa buah naga merah merupakan sebuah buah yang memiliki manfaat untuk menjadi penambah darah. Dimana semua itu terbukti, karena buah naga merah terdapat beberapa nutrisi penting untuk itu, seperti kalium, fosfor, zat besi dan berbagai jenis vitamin yang ada didalamnya.

23. Daun singkong

Bagi kebanyakan orang Indonesia, mungkin sudah begitu familiar dengan daun yang satu ini. Biasanya daun ini sering kali dimanfaatkan sebagai konsumsi karena harganya yang terjangkau dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi masalah anemia. Daun singkong memiliki beberapa nutrisi seperti vitamin C, B1, zat besi, fosfor, protein dan juga lemak.

Baca Juga : 6 Cara Mengobati Diare Pada Anak + (Gejala, Penyebab, Gejala Berbahaya, Cara Mencegah)

24. Semangka

Selain rasanya yang menyegarkan, semangka juga kaya akan kandungan zat besi. Dimana kandungan ini sangat berguna untuk menambah darah. Selain zat besi, vitamin C didalamnya juga tinggi yang mampu untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi tersebut. Dengan beitu disaat mengkonsumsi semangka kamu akan mendapatkan dua manfaat tersebut sekaligus yang baik untuk kesehatan.

25. Jeruk

Tak hanya terkenal dengan vitamin Cnya aja, ternyata jeruk juga kaya akan asam folat. Kandungan tersebut sangat beguna untuk membantu dalam mengikat oksigen, sehingga nantinya bisa mempercepat proses pembentukan sel darah merah didalam tubuh.

26. Anggur

Hampir sama dengan jeruk, didalam anggur juga terdapat kandungan asam folat. Dimana walaupun bentuknya kecil, akan tetapi didalam satu gelas anggur mengandung sebanyak 21 mg asam folat, serta untuk vitamin A nya sendiri sangat beguna untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Itu tadi beberapa makanan penambah darah yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Semoga dengan adanya arikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://www.idntimes*com/health/medical/m-tarmizi-murdianto/makanan-penambah-darah-untuk-melawan-anemia
https://www.popmama*com/life/health/vidya-diassuryaningrum/makanan-penambah-darah-untuk-mengatasi-anemia
https://brilicious.brilio*net/kuliner-kesehatan/10-makanan-alami-penambah-darah-cocok-untuk-penderita-anemia-1904049.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *