Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 1

8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trisemester 1 + 5 Makanan Pantangan !!

Posted on

8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trisemester 1 + 5 Makanan Pantangan !! – Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang memasuki tahap trisemester pertama haruslah makanan yang memiliki nutrisi tinggi, seperti protein, karbohidrat, serat, lemak sehat, mineral dan juga vitamin. Tak hanya baik untuk si ibu, namun nutrisi ini sangat disarankan untuk perkembangan si janin. Pada fase tiga bula pertama dari kehamilan, adalah fase yang begitu penting untuk pertumbuhan dan perkembanbgan dari kandungan. Dan pada periode inilah berlangusng pembentukan dari organ-organ si janin.

Oleh sebab itu apabila si ibu tidak menerapkan pola hidup sehat, termasuk juga salah satunya mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, maka sel-sel dari janin akan terhambat perkembangannya. Dan bahkan bisa membuat organ dari si janin mengalami permasalah atau bahkan kerusakan karena tidak dapat terbentuk dengan baik. Akibatnya, si janin bisa cacat bawaan lahir atau bahkan keguguran.

Baca Juga : 10 Manfaat Kubis Untuk Kulit, Kesehatan & Rambut

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan hal tersebut, terutama untuk makanan yang baik untuk ibu hamil trisemester pertama kehamilan. Apa saja makanan yang baik tersebut ? Kali ini yuklihat.com sudah merangkumnya untuk kamu. Silahkan disimak dibawah ini.

Makanan sehat ibu hamil trisemester 1

Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

1. Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi pada fase ini, seperti misalnya bayam, brokoli, kale, sawi dan juga kubis. Semua itu karena jenis sayuran ini memiliki banyak sekali nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Yakni diantaranya vitamin C, K, serat, zat besi, folat, kalium dan juga antioksidan. Selain itu kandungan serat yang tinggi juga akan membantu si ibu agar tidak terkena masalah sembelit saat hamil. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau akan menurunkan resiko bayi yang lahir dengan berat badan rendah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan disini seperti kedelai, kacang polong, kacang panjang, lentil dan kacang tanah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal ini tak lain karena kandunagn folat yqang terdapat didalanya, dimana kandungan ini begitu tinggi didalam kacang-kacangan. Folat juga berperan aktif untuk mencegah si bayi terkena masalah cacat tabung saraf, serta lahir dengan berat badan yang kurang.

3. Buah-buahan

Hampir sama dengan sayur-sayuran, buah-buahan juga kaya dengan mineral, serat dan vitamin, dimana semua itu dapat menjaga sistem pencernaan serta mencegah konstipasi. Lalu untuk jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil di trisemester pertama, diantaranya pepaya, jeruk, melon, mangga, stoberi, pisang, alpukat, dan kiwi. Sangat disarankan agar ibu hamil mengkonsumsi 5 buah porsi buah dengan warna yang berbeda pada setiap harinya.

Baca Juga : Perut Kembung di Pagi Hari ? Ini Dia Penyebabnya !! Serta Cara Mengatasinya

Tak hanya buah yang segar, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi olahannya seperti jus buah. Namun yang perlu diingat disini ialaha, pastikan buah tersebut dicuci terlebih dahulu hingga bersih, sebelum benar-benar memakan dan mengolahnya. Hindari juga penambahan pemanis atau gula didalam buah yang akan dimakan. Karena hal ini bisa meningkatkan kadar dari gula darah dan merusak gigi.

4. Susu atau produk olahan susu

Susu atau berbagai produk olahan susu seperti keju dan juga yogurt, sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada trisemester pertama. Ini semua karena susu sangat kaya akan protein dan kalsium yang memang pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh pertumbuahan dari si janin serta menjaga kesehatan dari si ibu. Selain itu susu juga mengandung fosfor, magnesium, vitamin C, dan juga zinc, serta probiotik yabng sangat mendukung kesehatan dari sistem pencernaan.

Namun kamu haruslah memilih produk susu atau olahannya yang memiliki kandunbngan gula serta lemak yang rendah. Serta selalu hindari mengkonsumsi produk olahan yang tida dipasteurisasi, guna untuk menghindari resio terkena bakteri yang berbahaya bagi ibu dan janinnya.

5. Telur, ikan dan daging

Telur, ikan dan juga daging ialah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh itu hamil trisemester pertama. Semua itu karena makanan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan juga sumber protein yang baik untuk perkembangan otak janin dan juga sistem sarafnya. Selain itu, jenis ikan yang sebaiknya dikonsumsi ialah ikan tanpa adanya kandungan merkuri, seperti kembung, lele, nila, mas, mujair, tuna, dan salmon. Lalu untuk telur dan daging menjadi sumber protein dengan kalitas tinggi.

Selain itu kandungan vitamin C dan juga zat besi didalamnya juga baik untuk menjegah anemia pada ibu hamil. Sekaligus menurunkan resiko bayi lahir dengan kondisi prematur atau lahir dengan berat badan yang rendah atau tinggi. Namun kamu wajib memastikan kembali terlebih dahulu, disaat akan mengolah bahan ini, yakni memastikan bahwa bahwa bahan ini dimasak dalam kondisi yang benar-benar matang atau dimasak dengan baik.

6. Makanan sumber karbohidrat

Makan dengan kandungan karbohidrat seperti kentang, nasi, roti, biskuit dan juga sereal. Nutrisi karbohidrat ini juga diperlukan oleh ibu hami guna sebagai tenaga dalam beraktivitas. Selain itu, karbohidrat juga dibutuhkan oleh janin agar dapat terbentuk organnya dengan baik selama masa trisemester pertama dari kehamilan. Hal yang tak kalah penting diperhatikan selama masa trisemester pertama dari kehamilan ialah untuk memastikan asupan cairan harian selalu tercukupi. Paling tidak ibu hamil membutuhkan sebanyak 8-10 gelas dalam seharinya agar tetap terhidrasi.

Baca Juga : 20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

7. Lemon dan air kelapa

Kedua jenis buah ini, bisa menjadi pilihan bagi para ibu hamil. Hal ini dikarenakan kedua buah ini bisa membantu dalam mengatasi mual di masa trisemester pertama kehamilan. Selain itu air kelapa juga membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan mencegahnya dari dehidrasi.

8. Barries

Pada masa trisemester pertama ini ibu hamil juga dianjutkan untuk banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C nya. Salah satu sumber yang kaya akan nutrisi tersebut adalah berry. Selain vitamin C berry juga kaya akan antioksidan. Dan termasuk kedalam jenis buah yang rendah akan glikemik yang akan berfungsi untuk membuat ibu hamil menjadi kenyang lebih lama.

Baca Juga : 10 Gejala Penyakit Jantung Usia Muda + Penyebabnya !!

Tambahahan : Makanan yang dihindari saat trisemester 1

larangan ibu hamil trimester pertama

Selain beberapa jenis makanan diatas yang disarankan untuk ibu hamil trisemester pertama. Ternyata ada juga beberapa makanan yang dihindari oleh ibu hamil. Berikut adalah listnya.

1. Makanan laut yang mengandung merkuri

Pada dasarnya makanan laut mengandung protein yang kaya serta kandungan omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin dan juga kandungan. Akan tetapi taukah kamu jika ada jenis ikan yang mengandung merkuri. Terdapat beberapa jenis ikan yang mengandung zat ini seperti ikan mackerel, hiu dan juga pedang. Apabila usia dari ikan tersebut semakin tua, maka semakin tinggi juga kadar merkuri didalamnya. Dan sebaiknya para ibu hamil menghindari ikan-ikan tersebut.

2. Makanan laut yang mentah atau dimasak setengah matang

Kamu yang pecinta seafood atau sushi dan sedang hamil sebaiknya hati-hati. Ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi makanan dengan tingkat kematangan yang rendah atau bahkan makanan yang masih mentah. Semua itu karena ikan sebenarnya mengandung berbagai macam bakteri dan juga virus. Dan mikro organisme ini tidak akan mati apabila tidak dimasak dengan suhu tinggi. Oleh sebab itulah, ibu hamil sangat dianjurkan menghindari makanan jenis ini.

3. Asupan vitamin A yang berlebihan

Ibu yang memasuki usia trisemester pertama tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi secara berlebihan. Karena bisa menyebabkan kecacatan pada janin. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin A tinggi sewajarnya saja.

Baca Juga : 15 Makanan Yang Dihindari Saat Malam Hari

4. Daging atau telur yang belum matang dan gosong

Hampir sama dengan makanan laut yang mentah atau setengah matang, ibu hamil juga diwajibkan untuk menghindari makanan jenis ini. Selain belum matang, makanan yang terlalu matang atau gosong juga wajib dihindari karena bisa menyebabkan keracunan bagi si ibu atau janinnya.

5. Makanan yang tidak steril

Makanan yang bersih juga higienis adalah pilihan yang benar untuk ibu hamil, hal ini ditujukan untuk menjaga kesehatan janin dan ibunya. Didalam keadaan hamil muda, ibu hamil akan dengan mudah terkena serangan dari bakteri dan virus. Oleh sebab itu selalu perhatikanlah kehigienisan serta kebersihan dari makanan yang akan dikonsumsi.

Itu tadi beberapa infomasi terkait makanan Makanan sehat ibu hamil trisemester 1 serta makanan yang dihindari ibu hamil trisemester 1. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemuka informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://www.alodokter*com/beragam-makanan-untuk-ibu-hamil-trimester-pertama
https://www.halodoc*com/4-makanan-wajib-ibu-hamil-di-trimester-pertama
https://www.popmama*com/pregnancy/first-trimester/bagasdharma/makanan-yang-sebaiknya-dihindari-ibu-hamil-pada-trimester-pertama/full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *