makanan yang dihindari saat malam hari

15 Makanan Yang Dihindari Saat Malam Hari

Posted on

15 Makanan Yang Dihindari Saat Malam Hari – Apa kamu termasuk salah satu orang yang suka ngemil dimalam hari sebelum tidur ? Memang pada dasarnya makan sesuatu sebelum memang tidak dilarang, namun akan tetapi kamu harus lebih berhari-hari tentang hal ini, karena ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi atau dilarang untuk dikonsumsi sebelum tidur. Hal ini karena disaat tidur, metabolisme tubuh seseorang akan menjadi melambat. Dan seharusnya tubuh harus lebih bisa untuk fokus beristirahat dan bukan untuk mencerna makanan.

Selain itu, disaat terjadinya proses detoksifikasi didalam tubuh kita, akan semakin lebih bagus apabila kita memberikan waktu jeda lebih lama antara waktu makan dan waktu tidur kia. Yakni ialah sekitar kurang lebih dua jam sebelum kamu akan tidur. Lalu apa sajakah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat akan tidur ? Yuklihat.com akan merangkumnya untuk kamu, silahkan disimak

Baca Juga : 10 Manfaat Tidur Bersama Bayi Bagi Mental & Fisik Untuk Ibu & Anak

Makanan yang harus dihindari saat malam

makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat akan tidur

1. Pizza

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Memang benar, makan pizza pada saat malam hari sangatlah menggoda, namun hal tersebut sebaiknya harus kamu hindari untuk dilakukan, apalagi ngidam makan pizza sebelum tidur. Saus tomat yang terdapat didalam pizza bisa membuat kamu menjadi sakit perut di tengah malamnya. Kamu tentunya tidak mau untuk terbangun tidur di tengah malam karena perutmu yang sakit dan harus segera pergi ke toiler. Selain itu mengkonsumsi pizza pada malam hari juga akan memberikan penambahan kalori yang begitu banyak, dan tubuh kamu tidak memerlukan kalori sebaik itu untuk tidur. Hal ini terjadi karena pizza disajikan dengan sajian berbagai macam topping diatasnya atau bahkan tambahan ekstra keju mozzarella.

2. Sereal manis

Tak masalah jika seandainya kamu ingin mengkonsumsi sereal sebelum tidur, akan tetapi usahakanlah agar sereal yang akan kamu konsumsi tersebut memiliki kandungna gula yang rendah, kaya akan kandungan serat seperti jenis corn-flakes. Kamu harus menghindari sereal manis, karena sereal jenis ini akan secara langsung dicerna oleh tubuhmu, sehingga bisa memberikan efek penghambatan pada produksi hormon tidur. Dan jika kamu tidak bisa tidur, mungkin kamu akan dengan mudah tergiur dengan makanan lainnya sepanjang malam. Dimana hal tersebu tak baik untuk kesehatan.

3. Dark chocolate

Kamu suka coklat ? Dan kamu sering menikmatinya dimalam hari ? Mungkin hal seperti ini harus kamu hindari mulai sekarang. Walaupun pada dasarnya didalam coklat terkandung nutrisi yang membantu hormon bahagia dan tidur lebih nyenyak. Namun faktanya coklat terutama dengan jenis dark chocolate tidak hanya memiliki kandungan kalori yang tinggi, namun juga kandungan kafein didalamnya.

Dan kandungan kafein ini tentunya akan membuat efek kamu lebih awas dan berenergi, bukan malah menjadi lebih mengantuk. Bahkan didalam coklat ini juga terdapat kandungan theobrominem, dimana ini merupakan salah satu jenis stimulan yang akan membuat tubuhmu menjadi selalu terjaga. Sehingga sangat besar kemungkinannya bahwa kamu akan mengalami gangguan tidur, dan meningkatkan denyut dari jantung.

4. Minuman energi

Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak bahwa minuman jenis ini memiliki efek untuk menambah energi atau sebagai stimulan didalam tubuhmu. Minuman berenergi biasanya mengandung kafein, dan total kafein yang terdapat didalam 8 ml minuman ini sama dengan jumlah kafein yang terdapat didalam kopi epresso. Dan sebaiknya kamu menghindari minuman ini pada malam hari, bahkan kamu juga disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dipagi hari.

Baca Juga : 26 Makanan Penambah Darah Secara Alami

5. Makanan pedas

Memang sangat menggoda sekali jika mengkonsumi mie instan yang ditambahkan dengan potongan cabai pada malam sebelum tidur, atau membeli semangkuk bakso yang diberikan ekstra sambal didalamnya. Atau bahkan ngemil keripik pedas sambil menonton televisi atau film favoritmu di malam hari. Udara dingin pada malam hari akan membuat kita menjadi ingin makan yang segar-segar, seperti misalnya saja makanan berkuah atau makanan yang pedas.

Walaupun pada dasarnya makanan pedas bisa membantu dalam meningkatkan selera makan, akan tetapi hal ini perlu kamu hindari saat malam. Karena kamu bisa megalami kesulitan tidur, akibat lambung yang terasa panas setelah kamu mengkonsumsi makanan pedas.

6. Minuman berkarbonasi

Softdrink memang menggoda sekali untuk diminum pada malam hari. Selain menyegarkan softdrink atau minuman bersoda juga sangat praktis untuk dikonsumsi. Apalagi jika minuman soda disajikan dalam keadaan dingin, tentunya akan memuaskan dahaga kamu dengan segera. Akan tetapi mulai sekarang sebaiknya kamu menghindari minuman ini, karena kandungan kalorinya yang banyak.

Sehingga mengkonsumsinya pada saat sebelum tidur bukan menjadi waktu yang tepat. Terutama jika kamu memiliki masalah dengan berat badan. Didalam soda juga terkandung natrium benzoat dan bahan kimia lainnya yang bisa memberikan efek buruk terhadap saluran pencernaanmu. Selain itu, bahan kimia ini juga dapat menstimulasi refluk asam lambung kamu, dimana hal ini bisa menyebabkan kamu mengalami masalah panas pada lambung.

7. Ayam

Ayam goreng menjadi makanan yang sering dijumpai di mana saja, baik itu ditempat makan di pinggir jalan, di restoran fastfood atau bahkan yang kamu goreng sendiri dirumah. Dan lagian menggoreng ayam sendiri dirumah juga tidak memerlukan waktu yang lama. Ditambahkan lagi penyajiannya dengan nasi atau kentang, tentunya akan semakin nikmat. Akan tetapi dibalik semua kenikmatan itu, ayam merupakan salah satu jenis makanan yang memperlambat pencernaan kamu disaat mengkonsumsinya pada malam hari.

Baca Juga : 11 Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Hal ini dikarenakan ayam memiliki kandungan protein yang bersifat kontraproduktif. Dan hal ini bisa menyebabkan tubuhmu menjadi tidak bisa fokus dalam mengistirahatkan, namun malah mencerna makanan tersebut. Apalagi mengkonsumsinya bersamaan dengan karbohidrat tentunya akan membuat terjadi ketidakseimbangan pada proses pencernaan tubuh.

8. Wine

Wine memang sangat mudah dijumpai pada malam hari, apalagi ada istilah “end your day with a glass of wine”. Namun akan tetapi pada dasarnya berbagai jenis alkohol memang bukan menjadi ide yang bagus untuk dikonsumsi untuk membuat kamu lebih cepat tidur. Proses metabolisme pada tubuh akan berjalan lebih cepat disaat kamu mengkonsumsi alkohol.

Selain itu proses tidur kamu akan menjadi terganggu karena kamu akan terbangun setiap saat sepanjang malam. Hal ini semakin memperburuk kualitas tidurmu. Fakta lainnya ialah minum wine juga bisa menyebabkan seseorang menjadi mendengkur parah disaat tertidur, dan tentu saja pasanganmu akan menjadi terganggu oleh dengkuran tersebut.

9. Kopi

Kopi memang menjadi pilihan yang terbaik pada malam hari guna untuk menemani hari-hari kamu disaat kamu merasa sudah tidak bertenaga. Hal ini karena kopi mengandung kafein yang bisa membuat tubuh menjadi tetap terjaga, denyut jantung menjadi lebih cepat dan tubuh lebih awas. Ini semua karena kafein merupakan salah satu jenis central nervous stimulan.

Namun sering kali kita memerlukan kopi disaat sedang mengerjakan tugas sekolah, kuliah ataupun deadline pekerjaan, atau bahkan saat bersantai dan mengobrol bersama teman. Akan tetapi sebenarnya mengkonsumsi kopi pada malam hari adalah hal buruk untuk dilakukan, tidak peduli apapun alasannya. Itu semua tak lain karena kopi bisa meningkatkan denyut jantung dan bisa membuat kamu menjadi cemas dan gelisah. Ditambahkan lagi kamu akan mengalami kesulitan tidur.

Baca Juga : 12 Manfaat Bermain Game Untuk Kesehatan

10. Burger

Burger menjadi altenatif makanan disaat kamu tidak ingin ribet, karena tinggal pesan dan hisa langsung disantap. Namun sayangnya didalam burger terkandung lemak jenuh yang tinggi, dan makanan ini juga mengandung lemak yang membuat sistem pencernaan kamu menjadi bekerja lebih keras. Dan lagi-lagi hal tersebut menganggu kualitas tidur kamu. Lemak jenuh ini juga akan membuatmu menjadi tetap terjaga. Tubuh kamu akan menjadi lebih lelah karena tidak bisa fokus guna untuk beristirahat pada waktu yang semestinya.

11. Keju

Keju memiliki potensi yang besar dalam membuat tubuhmu semakin gemuk. Hal ini tak lain tak bukan karena kandungan lemak yang terdapat didalamnya. Selain itu keju juga bisa membuatmu menjadi merasa ingin makan terus menerus karena rasanya yang begitu enak. Tak hanya itu, mengkonsumsi keju juga bisa menyebabkan kamu menjadi mimpi buruk. Hal ini dikarenakan adanya kandungan jamur yang memiliki efek psikoatif dan juga tyramine, dan bahan kimia ini dikenal sebagai neurotransmiter. Selain itu, keju juga memiliki rasa asin, leak, dan juga kolesterol yang tinggi dimana hal tersebut bisa menyebabkan peningkatan terhadap resiko penyakit jantung.

12. Buah-buahan asam

Buah-buahan seperti jeruk, anggur dan juga nanas sebaiknya kamu konsumsi pada siang hari saja. Hal ini tak lain karena rasa asamnya yang bisa menyebabkan masalah pada lambut jika kamu konsumsi pada malam hari. Dan akibatnya kamu akan mengalami masalah maag dan juga kembung di perut yang akan membuat kamu tidur dengan tidak nyaman. Selain itu jika kamu memang kepengen mengkonsumsi buah, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah kecil saja pada saat malam hari. Hal ini tentunya tak akan menghilangkan manfaat dari buah walaupun dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

13. Steak atau sate daging

Selain ayam olahan daging seperti steak dan juga sate sebaiknya juga harus kamu hindari pada malam hari sebelum tidur. Hal ini narekan daging sangat sulit dicerna oleh sistem pencernaan kamu, selain itu kandungan bernama triptofan dan juga zat besi juga bisa menyebabkan tidur kamu menjadi terganggu dan bahkan bisa menyebabkan kram jika kamu konsumsi sebelum tidur. Tak hanya itu, lemak dan juga protein yang terkandung didalam daging merahpun juga akan mengganggu kesehatanmu, serta memiliki efek menaikan berat badan.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Kulit Kering Megelupas Pada Bayi Secara Alami

14. Nasi dan pasta

Kebiasaan untuk makan malam dengan menggunakan pasta atau nasi pada dasarnya bisa membuat kesehatanmu menjadi berkurang dan bisa memberikan kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh adanya karbohidrat dalam jumlah yang tinggi yang terkandung didalam pasta dan nasi. Dan hasilnya karbohidrat itu jadi sulit dicerna dan menyebabkan kenaikan berat badan.

15. Roti

Roti terkenal karena kemudahannya dalam menaikkan berat badan. Hal ini tak lain karena kandungan karbohidrat didalamnya dan juga ragi yang tinggi. Dan hal inilah yang menyebabkan kamu menjadi sangat mudah untuk merasa lapar, bahkan setelah kamu selesai memakai roti. Siklus cepat lapat inilah yang membuat asupan kalorimu menjadi terlalu banyak dan cepat menaikan berat badan.

Jika kamu memang dalam menjalan program menggemukan badan, tak masalah untuk mengkonsumsi roti pada sandwitch atau roti manis lainnya pada malam hari. Namun jika tidak, kamu kamu disarankan untuk hanya mengkonsumsi oat guna untuk membuat perut kenyang lebih lama.

Itu tadi beberapa makanan yang dihindari saat malam hari. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://hellosehat*com/hidup-sehat/nutrisi/larangan-makanan-sebelum-tidur/
https://www.hipwee*com/tips/9-makanan-yang-sebaiknya-kamu-hindari-pada-malam-hari/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *