manfaat buah belimbing, manfaat belimbing wuluh bagi wanita hamil

14 Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil Serta Bahayanya !!

Posted on

14 Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil – Pada saat masa kehamilan seorang wanita, tentunya menjaga kesehatan merupakan sebuah hal yang begitu penting dan wajib dilakukan. Hal ini tak lain untuk menjaga kesehatan janin agar tidak terganggu perkembangannya. Dan makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena seorang wanita yang sedang hamil haruslah memperhatikan mana makanan yang menjadi pantangan dan mana yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Salah satu jenis makanan yang menjadi pantangan atau anjuran untuk dikonsumsi ialah buah. Dan tentunya kita mesti bisa memilih buah yang duanjurkan untuk dikonsumsi serta menjauhkan buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Dan salah satu jenis buah yang memiliki khasiat baik ialah belimbing. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah belimbing untuk ibu hamil muda atau tua, serta apakah bahaya jus belimbing untuk ibu hamil ? Semua itu akan kita bahas pada kali ini.

Baca Juga : 32 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan, Kecantikan & Kesuburan

Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari daerah Asia Tenggara, yang mana memiliki kandungan serta nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita, termasuk juga ibu hamil. Dan bahkan menurut wikipedia, buah belimbing menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat sejak tahun 2007 lalu. Selain manfaatnya yang luar biasa, ternyata belimbing juga cukup banyak diminati oleh banyak orang karena rasanya yang lezat dan cukup banyak disukai oleh orang-orang.

Manfaat buah belimbing bagi ibu hamil

bolehkah ibu hamil muda makan belimbing

1. Sumber vitamin A yang baik

Didalam belimbing terkandungan nutrisi vitamin A yang cukup dapat diandalkan bagi tubuh. Selain itu senyawa beta karoten juga terdapat didalamnya yang mana kedua nutrisi ini akan membantu untuk menjaga kesehatan mata serta perkembangan janinnya. Selain itu vitamin A juga membantu ibu hamil agar nafsu makannya menjadi meningkat, sebab seorang ibu hamil haruslah banyak mengkonsumsi nutrisi demi kesehatan dan perkambangan janinnya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika ada yang bertanya ” apa manfaat buah belimbing bagi ibu hamil ? ” mungkin ini adalah salah satu jawabannya, yakni meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan yang berperan disini adalah antioksidan didalam belimbing yang mampu untuk menjaga kesehatan tubuh, dan menjaga proses dari metabolisme tubuh ibu hamil. Menjaga kekebalan tubuh sangat penting bagi seorang ibu hamil, sebab cara ini adalah cara paling efektif untuk menangkal banyak penyakit yang akan menyerang dan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Baca Juga : 32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan & Kecantikan, Serta Cara Makannya

3. Vitamin C

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil dan janin berikutnya adalah sebagai sumber vitamin C tubuh. Vitamin C sebagai antioksidan alami didalm tubuh dapat memberikan penjagaan alami tubuh ibu hamil dari serangan radikal bebas dan penyakit. Sehingga masalah serangan bakteri atau virus bisa diminimalisir. Selain itu kandungan antioksidan ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker, serta menjadi detoksifikasi alami didalam tubuh.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Berikutnya untuk manfaat buah belimbing bintang untuk ibu hamil ialah sebagai penurun kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Hal ini diperankan oleh zat pektin yang membantu metabolisme lemak didalam tubuh pada organ hati. Dan selanjutnya kolesterol akan dipecah menjadi asam empedu dan dikeluarkan dari tubuh. Dan diharapkan bisa menurunkan kolesterol secara perlahan-lahan.

5. Menjaga kesehatan saluran cerna

Terdapatnya kandungan serat didalam buah belimbing membantu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serta serat ini juga memiliki peran sebagai pencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil. Tak hanya itu manfaat buah belimbing bagi ibu hamil muda atau tua lainnya ialah untuk menjaga kesehatan usus dengan cara melindungi mukosa atau selaput lendir pada permuaan usus besar dari paparan zat yang dapat meracuni sel.

Baca Juga : 9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak Secara Alami

6. Melindungi kerusakan hati termasuk dari alkohol

Alkohol memang sudah umum diketahui memiliki banyak efek negatif bagi tubuh, termasuk untuk ibu hamil. Namun bagi kamu yang tidak sengaja mengkonsumsinya bisa memanfaatkan buah belimbing untuk membantu mempercepat proses penghilangannya. Didalam belimbing terkandung zat pektin yang bisa berfungsi untuk menurunkan kadar alkohol didalam tubuh serta juga memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya hepatitis.

7. Kalium

Selain kaya akan antioksidan, ternyata belimbing juga memiliki kandungan kalium yang cukup baik untuk kesehatan. Kalium bisa membantu untuk menjaga tekanan darah ibu hamil tetap stabil yang berarti buah belimbing untuk hipertensi sangat baik dan menghindari resiko serangan jantung atau stroke. Selain itu kalium juga membantu untuk menjaga keseimbangan elektrolit didalam tubuh, dan membuat ibu hamil bisa melakukan aktivitasnya tanpa mudah lemas dan kurang bersemangat.

8. Zat besi

Kandungan zat besi didalam belimbing merupakan salah satu jenis mineral baik yang bisa kamu termukan. Dimana memiliki manfaat untuk pembentukan sel darah merah pada ibu hamil, serta mencegah dari penyakit anemia pada ibu hamil. Pada ibu hamil, biasanya masalah anemia sering kali terjadi yang mana salah satu penyebabnya karena makanan yang dikonsuminya kurang asupan zat besi. Namun kamu bisa melengkapi asupan tersebut dengan mengkonsumsi belimbing.

Baca Juga : 13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

9. Kalsium

Manfaat dari kalsium juga bisa kamu dapatkan dari buah belimbing. Dimana seperti yang sudah kita ketahui, kalsium membantu dalam meningkatkan kesehatan tublang dan gigi ibu hamil serta pertumbuhan janinnya. Selain itu kalsium juga membantu untuk mencegah osteoporisis.

10. Melancarkan buang air kecil

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan sebelumnya bahwa belimbing cukup kaya akan kalium, yang mana salah satu manfaatnya ialah membantu melancarkan proses buang air kecil, dan sangat bagus untuk kesehatan ginjal ibu hamil. Selain itu kandungan ini juga mencegah terjadinya penumpukan cairan didalam tubuh yang bisa menyebabkan sesak atau anggota badan lainnya menjadi terlihat bengkak.

11. Melawan batuk

Bagi para ibu hamil yang sedang mengalami masalah batuk, mungkin belimbing bisa menjadi solusi yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga masalah batu pada tenggorokan akan teratasi secara alami dan membuat tenggorokan menjadi lega.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan & Pengobatan

12. Menyembuhkan infeksi pada mulut

Mengkonsumsi buah belimbing ternyata juga membantu untuk mengatasi masalah radang atau infeksi yang sering terjadi pada area mulut dengan cepat, misalnya seperti sariawan. Hal ini lagi-lagi dikarenakan oleh kandungan antioksidan dan vitmain C didalam buah belimbing ini.

13. Pengatur mood

Sering kali ibu hamil memiliki mood yang berubah-rubah. Dan dengan mengkonsumsi buah belimbing akan membantu untuk memberikan pengembalian atau mengontrol mood ibu hamil dengan lebih baik. Perubahan mood yang sering pada ibu hamil ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan. Selain itu belimbing juga membantu untuk mengatasi rasa kecemasan atau stres.

14. Rendah kalori

Buah belimbing juga termasuk salah satu menu makanan yang sehat bagi ibu hamil. Semua itu karena kandungan kalori yang rendah didalam buah belimbing ini, serta baik untuk ibu pasca melahirkan yang ingin diet kalori.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

Bahaya belimbing !!

boleh ga ibu hamil makan buah belimbing

Banyak sekali mungkin pertanyaan yang terkait dengan bahaya belimbing ini. Seperti “ boleh ga ibu hamil makan buah belimbing ?, bolehkah ibu hamil makan belimbing wuluh ?, bolehkah ibu hamil muda makan belimbing ?, dll. Dan jawabannya akan dibahas dibawah ini.

Buah belimbing memang memiliki kandungan baik untuk kesehatan namun disisi lain juga memiliki efek buruk atau bahaya bagi kesehatan. Seperti yang kami kutip pada artikel milik ibu anita tentang bahaya buah belimbing, yakni temannya masuk UGD gara-gara mengkonsumsi belimbing. Dan jawaban dari kasus tersebut ialah karena Asam Oxalat, dimana cukup tinggi didalam belimbing. Dimana bagi para penderita penyakit ginjal dilarang untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat ini. Selain itu belimbing juga mengandung racun yang bisa mempengaruhi otak serta syaraf bernama neurotoksin dimana bagi para penderita penyakit ginjal racun ini tidak dapat disaring oleh ginjal dan dibuang, sehingg efeknya akan kerasa.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Oleh sebab itu bagi kamu penderita masalah ginjal tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah belimbing ini karena akan memberikan diatas.

Lalu bagaimana dengan efek samping buah belimbing bagi ibu hamil ? tentunya tidak ada, kecuali ibu hamil tersebut menderita masalah penyakit ginjal. Lalu bagaimanya dengan belimbing wuluh ? Belimbing wuluh masih bisa dikonsumsi oleh ibu hamil selayaknya buah-buahan asam lainnya, namun tidaklah boleh berlebihan.

Itu tadi pembahasan tentang manfaat buah belimbing, manfaat belimbing wuluh bagi wanita hamil, serta bahaya belimbing bagi kesehatan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hamil*co*id/nutrisi-ibu-hamil/buah-sehat/manfaat-buah-belimbing-untuk-ibu-hamil
https://hamil*co*id/nutrisi-ibu-hamil/makanan-sehat/manfaat-buah-belimbing-bagi-ibu-hamil
https://www.tandalagihamil*com/2017/05/manfaat-bahaya-buah-belimbing-untuk-ibu-hamil.html
https://www.prenagen*com/id/5-khasiat-buah-belimbing-untuk-konsumsi-ibu-hamil
https://www.kehamilanku*web*id/2018/09/1001-manfaat-buah-belimbing-untuk-kesehatanibu-hamil-kecantikan.html
http://ibudanmama*com/kehamilan/ensiklopedia-kehamilan/8-manfaat-buah-belimbing-bagi-kehamilan/
https://www.indonews*co*id/menguak-fakta-11-manfaat-buah-belimbing-bagi-ibu-hamil/
http://ibuhamil*com/diskusi-umum/9176-yang-perlu-di-hindari-selama-hamil.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *