manfaat buah pir untuk kecantikan

20 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

Posted on

20 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan – Hampir sama dengan kebanyakan jenis buah-buahan lainnya, buah pir juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu dari manfaatnya ialah membantu dalam menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Buah pir sendiri berasa dari kata peer yang merupakan salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia. Hal ini dikarenakan rasa dari buah ini yang begitu khas dan sangat identik dengan banyak air, manis dan masir. Buah pir ini sebenarnya berasal dari Eropa Barat, Afrika Utara dan juga Asia.

Dan dikarena iklim di Indonesia yang tropis membaut buah ini bisa hidup subur. Ada banyak sekali jenis dari buah pir dan salah satunya bahkan bisa betahan hidup dalam kondisi cuaca yang begitu dingin. Jenis buah pir yang umum ada di Asia termasuk juga di Indonesia ialah jenis buah Pir Nashi atau nama lainnya Pyrus pyrifoli.

Baca Juga : 24 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Buah pir jenis ini biasanya disantap secara langsung atau juga bisa diolah terlebih dahulu menjadi sup buah, namun manfaat yang ada didalamnya tetap akan didapatkan bagi tubuh. Dan kali ini Yuklihat.com akan merangkumnya untuk anda tentang manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu ? Silahkan dibawah dibawah ini

Manfaat buah pir untuk kesehatan

manfaat buah pir kuning untuk kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol

Buah pir memiliki kandungan yang bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh seseorang. Dan kandungan ini ialah pektin dalam jumlah yang tinggi. Pektin sendiri merupakan jenis serat yang bisa ditemukan didalam berbagai macam jenis buah pir. Pektin ini akan menghancurkan kolesterol jahat dan membuatnya tidak bisa memasukin aliran darah. Hingga pada akhirnya kolesterol jahat ini bisa dikeluarkan dari tubuh.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi didalam buah pir sangatlah berharga bagi tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang dikenal ampuh dalam meningkatkan sstem kekebalan tubuh. Didalam buah pir yang memiliki ukuran sedang mampu dalam memberikan 12% asupan harian dari vitamin C yang direkomendasikan. Jadi kamu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mengkonsumsi buah pir secara rutin.

3. Meningkatkan energi

Buah pir tentunya juga mengandung glukosa yang biasa kita peroleh dari makaan sehari hari. Dan fungsi dari glukosa ini apabila dibakar oleh tubuh ialah untuk menjadi bahan bakar bagi tubuh. Buah pir ini akan menyediakan energi bagi tubuh dengan kapasitas yang cukup tinggi. Yakni sekitar 17 gram, didalam buah pir yang berukuran sedang. Oleh sebab itu buah pir bisa membantu dalam menambah energi harian kamu.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Pir juga mengandung zat bermanfaat lainnya yang bernama boron. Boron sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang membantu dalam memfasilitasi penyerapan kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Mineral ini juga mendukung beberapa jenis mineral baik lainnya, yakni memperkuat efek dari magnesium, kalsium dan vitamin D. Oleh sebab itu boron ini sangat baik untuk mendukung kesehatan dari tulang dan membantu pengobatan osteoporosis

5. Menjaga kesehatan usus besar

Didalam buah pir juga terkandung serat yang cukup kaya. Didalam didalam buah pir yang berukuran sedang saja mengandung sekitar 22% dari jungan sehat harian yang direkomendasikan utuk tubuh. Sehingga kandungan serat yang cukup kaya ini akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan dari usus besar.

Baca Juga : 11 Manfaat Mandi Air Dingin Yang Jarang Diketahui

6. Menjaga daya penglihatan

Porsi harian untuk konsumsi buah pir akan membantu dalam melindungi kesehatan dari mata kamu, sekaligus mencegah masalah penglihata yang biasanya sangat berkaitan dengan usia. Senyawa antioksidan yang cukup kaya ini akan membantu tubuh dalam menghambat kerusakan dari sel akibat radikal bebas. Dimana secara substansial akan membantu dalam mengurangi kemungkinanan untuk degenerasi makula yang terkait dengan usia pada mata seseorang.

7. Mengurangi resiko kanker

Senyawa penting lainnya dari buah pir bernama Quercetin yang mana merupakan salah satu zat antioksidan yang memiliki efek sebagai anti-kanker. Quercetin ini nantinya akan menampilkan sebuah mekanisme perlindungan sel. Dimana mekanisme ini hampir mirip dengan peranananya dalam menangkal radikal bebas. Kerusakan yang terjadi karena radikal bebas yang tidak bisa dikontrol ini akan menimbulkan masalah salah satunya ialah kanker. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi buah pir secara reguler maka bisa membantu tubuh untuk menghambat aktivitas dari radikal bebas sehingga pada akhirnya bisa mengurangi risiko dari kanker.

8. Anti-inflamasi alami yang baik

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian atas, bahkan didalam buah pir terdapat kandungan vitamin C dan juga Quercetin yang sangat berguna sebagai anti-oksidan. Namun ternyata zat antioksidan ini juga memiliki potensi besar sebagai agen dari anti-inflamasi. Oleh sebab itu sifat anti-inflmasi dari senyawa yang terkandung didalam buah pir ini nantinya akan membantu dalam mengobati beberapa kondisi peradangan seperti misalnya peradangan prostat dan juga rheumatoid arthritis.

9. Mengontrol tekanan darah

Senyawa antioksidan lainnya yang terkandung didalam buah pir bernama glutathione, diaman zat ini akan menurunkan tekanan darah seseorang yang tinggi. Selain itu zat antioksidan quercetin juga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Suplemen-suplemen yang mengandung senyawa-senyawa ini akan memabntu pasie tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu kamu yang sedang menderita tekanan darah tinggi, bisa mengontrolnya secara alami dengan mengkonsumsi buah pir.

Baca Juga : Yuklihat, 15 Cara Diet Untuk Usia 40 Tahun

10. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitan menyebutkan bahwa zat quercetin yang terkandung didalam buah pir bisa mendukung fungsi dari arteri yang ada di jantung, sehingga bisa mencegah terjadinya aterosklerosis. Dimana ini merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan penumpukan plak yang terjadi di arteri. Dengan mengkonsumsi beberapa porsi dari buah pir, akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan dari “pipa” anda, yang pada akhirnya bisa membantu dalam menurunkan risiko dari penyakit jantung.

11. Buah Hypoallergenic

Buah pir pernah dipuji sebagai salah satu buah hypoallergenic dimana ini merupakan salah satu jenis buah yang tidak memicu reaksi alergi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan quercetin yang terdapat didalam buah pir diketahi dapat menghalangi produksi histamin, yaitu sebuah bahan kimia yang bertugas untuk menginduksi respon alergi dari tubuh seseorang. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak dokter yang sering merekomendasikan buah pir karena rendah alergi.

12. Mengontrol diabetes

Buah pir merupakah buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabates. Hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi dan termasuk kedalam makanan yang rendah akan glisemik, dan sangat sering dianjurkan untuk konsumsi guna untuk menjaga kadar gula darah pasien penderita diabetes agar tetap dalam kondisi yang stabil. Rendahkan glisemik ini berarti bahwa gula yang terdapat didalam buah ini bisa dipecah secara perlahan-lahan dan bertahap dalam memasuki aliran darah.

Sehingga gula darah tidak mengalami lonjakan yang begitu cepat. Dan tentunya hal ini akan mengontrol kadar gula darah si penderita diabetes. Selain itu buah pir merah juga mengandung anthocyanin, dimana ini merupakan zat antioksidan yang membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin, dimana akan membantu dalam mengurangi resiko diabates. Bahkan sebuah studi yang dilakukan di Hardvard University, menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Baca Juga : 8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trisemester 1 + 5 Makanan Pantangan !!

13. Bermanfaat selama kehamilan

Pir juga menyedikan banyak nutrisi yang memiliki dosis yang sehat dan juga sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Pir ini menjadi sumber yang cukup alami untuk vitamin B9(asam folat) yang dikenal berkat manfaatnya untuk melindung bayi dari cacat tabung saraf.

14. Mengatasi kulit berminyak

Kandungan vitamin dan juga mineral didalam buah pir yang tinggi, merupakan salah satu ingredient yang begitu baik untuk masker wajah. Kamu bisa mencapurkan buah pir dengan madu dan juga fresh cream, dan kemudian menghaluskan kesemua bahan tersebut. Selanjutnya kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah sebanyak tiga kali dalam seminggunya, guna untuk mengatasi masalah minyak yang berlebih.

15. Melembutkan bibir

Berkat kandungan yang bernama latic acid yang terdapat didalam buah pir, maka buah pir bisa menjaga kesehatan dari sel-sel yang terdapat di bibir. Selain itu zat baik ini juga mebantu dalam menjaga hidrasi dari bibir agar tidak kering. Namun kamu juga harus tetap banyak minum, agar manfaatnya sebagai maksimal.

16. Mengatasi rambut kering

Buah pir matang juga mengandung zat bernama sorbitol yang memiliki cara kerja sebagai moisturizer alami bagi kulit yang ada di kepala dan juga akar rambut. Selain itu vitamin C didalam buah pir juga bekerja sebagai antioksidan yang begitu baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan dari sel rambut.

Baca Juga : 10 Manfaat Kubis Untuk Kulit, Kesehatan & Rambut

17. Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi didalam buah pir tentunya sangat banyak manfaatnya. Salah satunya untuk menurunkan berat badan. Selain itu kalori yang rendah, dan kadar air yang tinggi juga bermanfaat untuk tubuh. Kombinasi inilah yang semakin membuat manfaat buah pir semakin maksimal untuk dijadikan sebagai salah satu jenis camilan diet yang sehat dalam menurunkan berat badan.

18. Mencegah sembelit

Lagi-lagi karena kandungan seratnya yang tinggi. Buah pir juga bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan sembeli. Namun selain itu pektin yang ada didalamnya juga bermanfaat bagi perut. Karena zat ini akan dianggap sebagai ziuretik alami yang akan memiliki efek pencahar tingkat ringan.

19. Baik untuk otak

Mengkonsumsi buah pir yang memiliki ukuran sedang, kamu bisa mendapatkan asupan copper atau mineral minor harian sekitar kurang lebih 15 persen. Kandungan dari copper ini sangat baik untuk memperbaiki kekuatan sistem saraf dan menjaga kinerja dari otak.

Baca Juga : Perut Kembung di Pagi Hari ? Ini Dia Penyebabnya !! Serta Cara Mengatasinya

20. Detox

Pergerakan usus yang teratur dan kuat sangat penting sekali untuk ekresi racun harian. Hal ini terjadi melalui empedu dan juga tinja. Buah pir mengandung sebanyak 84 persen air, oleh sebab iut, maka pir bisa membantu dalam menjaga kotoran tetap lembut dan juga menyiram sistem pencernaan dari racun harian.

Itu tadi beberapa informasi terkait dengan manfaat buah pir untuk kesehatan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bemanfaat.

SUMBER :
https://pemkomedan*go*id/artikel-12735-13-manfaat-buah-pir-bagi-kesehatan-tubuh.html
https://www.cosmopolitan*co8id/article/read/3/2020/17395/tak-disangka-ini-12-manfaat-buah-pir-untuk-kesehatan
https://www.cnnindonesia*com/gaya-hidup/20191029165625-255-443855/9-manfaat-buah-pir-untuk-kesehatan
https://hellosehat8com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-pir/
https://doktersehat*com/buah-pir-buah-segar-yang-baik-untuk-kesehatan-tubuh-kita/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *