manfaat buah plum dan cara mengkonsumsinya

24 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Posted on

24 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui – Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin kurang familiar dengan buah plum. Padahal manfaat buah plum sangat banyak sekali dan begitu baik untuk kesehatan, bahkan bisa digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan. Buah plum sendiri merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari negara barat. Yakni seperti di Amerika dan Eropa. Buah plum ini sangat kaya akan kandungan antioksidan yang begitu berperan dalam menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh kita.

Tingginya kadar antioksidan didalam buah plum ini menjadikan buah yang termasuk kedalam genus Prunus dari keluarga Rosaceae ini punya kemampuan yang cukup dapat diandalkan untuk mengatasi permasalahan kerusakan sel dan juga jaringan tubuh. Lalu seperti apa saja kandungan didalam buah plum ? Berikut adalah beberapa nutrisi yang terkandung didalam buah plum.

Baca Juga : 11 Manfaat Mandi Air Dingin Yang Jarang Diketahui

Kandungan buah plum

Buah plum sangat begitu kaya dengan antioksidan, namun ternyata tak hanya itu hal yang baik dari buah plum ini. Beberapa jenis vitamin dan juga mineral yang baik bagi tubuh juga terdapat didalamnya. Seperti misalnya vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, C, K, serat, magnesium, kalium, mangan, zat besi, fosfor, dan juga seng.

Dan dari kandungan-kandungan baik inilah kita bisa mendapatkan beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Kali ini Yuklihat.com akan merangkumnya untuk kamus tentang manfaat buah plum untuk kesehatan. Apa saja itu ? Silahkan disimak dibawah ini.

Manfaat buah plum untuk kesehatan

manfaat buah plum untuk pria

1. Atasi obesitas

Manfaat buah plum yang pertama yaitu bisa membantu untuk mengatasi permasalahan obesitas. Didalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi buah plum bisa membantu dalam melawan yang nama sindrom metabolik. Dan hal ini bisa terjadi karena adanya senyawa bioaktif didalamya. Selain itu senyawa flavanoid dan juga komponen fenolik seperti misalnya asam kloragenat, antosianin, kuersetin dan juga katekin yang terdapat didalam buah plum juga baik untuk penderita obesitas.

Dimana kandungan-kandungan ini bersifat anti-obesitas dan anti-inflamasi bagi sel termasuk juga sel-sel lemak. Selain itu buah plum juga bisa mencegah penderita obesitas dari permasalahan-permasalahan yang lebih serius, seperti misalnya diabetes, gangguan kolesterol dan juga penyakit kardiovaskular. Oleh sebab itu bagi kamu yang obesitas, mungkin kamu bisa mengkonsumsi buah plum sebagai solusi alaminya.

2. Mengontrol diabetes

Seperti yang sudah disinggung sedikit pada bagian no 1, bahwa buah plum bisa membantu dalam memerangi masalah diabetes. Hal ini dikarenakan efek bernama antihiperglikemik. Dimana dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak dari buah plum bisa membantu untuk mengurangi kadar gula darah dan juga trigliserida didalam tubuh seseorang. Selain itu flavanoid yang terdapat didalamnya juga membantu dalam memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin didalam tubuh. Sekaligus membantu untuk meningkatkan insulin didalam tubuh.

3. Mencegah osteoporosis

Senyawa flavanoid yang terkandung didalam buah plum seperti asam caffeic ternyata bisa membantu untuk menghambat yang namanya kerusakan terhadap jaringan pada tulang, sekaligus memberikan pencegahan terhadap penyakit osteoporosis bagi wanita yang sudah memasuki pascamenopause. Sedangnya kandungan polifenol yang bersama dengan kandungan kalium didalam buah plum juga mendorong untuk pembentukan tulang, memberikan peningkatan terhadap kepadatan tulang, dan juga mencegah masalah tulang keropos yang disebabkan oleh adanya kekurangan hormon bernama ovarium. Dengan mengkonsumsi buah plum secara teratur maka akan membantu pemulihan tulang secara alami dan mencegah osteoporosis.

4. Malancarkan pencernaan

Dengan mengkonsumsi buah plum yang kaya akan serat ini bisa menjadi salah satu resep untuk melancarkan sistem pencernaan kamu. Hal ini tak lain karena kandungan serat yang terdapat didalam buah plum ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah plum hitam atau merah bisa meregulasi saluran pencernaan seseorang, dan zat bernama sorbitol serta isatin-lah yang berperan disini, sehingga masalah pencernaan seperti sembeli bisa dihindari. Selain itu berkat kemampuan ini, buah plum sering dipakai untuk bahan dalam program diet (dalam batas normal) karena manfaatnya ini.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Berbagai macam penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa kandungan flavanoid didalam buah plum sangat efektif untuk memberikan perlindungan terhadap kemampuan kogitif seseorang yang terkait dengan usianya. Selain itu senyawa bernama Fitonutrien yang ada didalam buah plum juga mambantu dalam mengurangi peradangan yang terjadi di area neurologis guna untuk meningkatkan fungsi belajar dan memori seseorang. Dan apabila dikonsumsi secara rutin maka buah plum hitam bisa membantu dalam mencegah gangguan neurodegeneratif yang terkait dengan usianya.

Baca Juga : Yuklihat, 15 Cara Diet Untuk Usia 40 Tahun

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lainnya dari buah plum ialah membantu dalam meningkatkan resistensi terhadap infeksi dan juga peradangan didalam tubuh. Dan manfaat ini didapatkan berkat kandungan vitamin C yang cukup kaya didalam buah plum. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa buah plum mengandung nitix oxide yang bisa menghalangi pertumbuhan dari sel tumor.

7. Menjaga sistem saraf

Buah plum juga mengandung vitamin B6 didalamnya yang mana salah satu fungsi dari vitamin ini ialah membantu transmisi sinyal saraf dan juga membantu melancarkan sistem saraf didalam tubuh seseorang. Manfaat lainnya dari buah plum ialah membantu pertumbuhan normal pada otak dan membentuk hormon yang memperngaruhi suasana hati seseorang. Selain itu senyawa bernama tryptophan dan juga asam amino juga terdapat didalamnya, sehingga akan membantu tubuh untuk memproduksi neurotransmitter serotonin yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas tidur, kontraksi dan juga nafsu makan.

8. Membantu pembentukan sel darah merah

Buah plum juga mengandung nutrisi mineral yang beragam salah satunya ialah kandungan zat besi dan tembaga yang bisa membantu pembentukan sel darah merah dan juga membuat sirkulasi darah menjadi sehat. Kandungan tembaga didalam buah plum juga bertindak seperti antioksidan yang sangat berguna untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Karena manfaatnya ini buah plum bisa mencegah kamu dari masalah anemia dan osteoarthritis.

9. Meringankan gejala influenza

Buah plum juga memiliki kemampuan untuk lawan virus influenza. Dimana zat yang berperan disini mengandung molekul seperti lectin yang dapat menghambat dan juga mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

10. Mengontrol tekanan darah

Terdapatnya kandungan kalium didalam buah plum sangat baik untuk mengontrol tekanan darah. Buah plum ini juga bisa menyingkirkan natrium disaat buang air kecil dan juga mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Dan disaat tekanan darah kamu bisa dikontrol dengan baik maka penyakit seperti stroke juga akan ikut dicegah.

Baca Juga : 8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trisemester 1 + 5 Makanan Pantangan !!

11. Menjaga keseimbangan elektrolit

Kandungan nutrisi bernama potasium yang terdapat didalam buah plum juga sangat efektif untuk memberikan perlindungan terhadap sel dan juga jaringan tubuh. Lalu manfaat lainnya dari nutrisi ini ialah untuk mengatur kontraksi dari otot dan juga menyeimbangi berbagai macam zat kimia didalam tubuh kita. Dimana pada akhirnya akan menjaga keseimbangan dari elektrolit secara keseluruhan.

12. Membantu menyerap zat besi

Buah plum hitam bisa membantu untuk menyerap zat besi sehingga sangat berguna untuk mencegah kamu dari masalah kekurangan darah atau anemia, menjaga sel darah didalam tubuh, kuku, kulit, dan juga rambut. Kandungan vitamin C didalam buah ini juga dapat diserap dengan baik oleh tubuh, maka mineral lainnya seperti zat besi juga bisa diserap dengan mudah tanpa ada halangan. Oleh sebab itu kamu sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah plum guna untuk mendapatkan nutrisi vitamin C-nya.

13. Menjaga kesehatan kulit

Buah plum juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Hal ini tak lain karena nutrisi didalamnya salah satunya vitamin dan mineral yang cukup kaya didalam buah ini. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan bisa membantu untuk memproduksi kolagen dan menjaga keelastisan dari kulit kamu. Tak hanya itu, buah plum juga membantu dalam mengurangin permasalahan seperti bintik-bintik hitam dan juga kerutan yang terjadi, dan semua ini bisa diatasi berkat nutrisi anti-penuaan didalam buah plum. Ekstrak buah plum juga biasa digunakan didalam berbagai macam produk perawatan kulit.

14. Menangkal radikal bebas

Beberapa nutrisi seperti vitamin C dan juga senyawa-senyawa fitonutrien seperti misalnya cryptoxanthin, lutein, zeaxanthin, dan juga asam klorogenik yang ada didalam buah plum merah memiliki kualitas antioksidan yang begitu baik dan sangat efektif untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas yang disebut dengan superoxide anion radicals. Selain itu kandungan bernama fenol didalam buah plum juga bermanfaat untuk memperluas efek perlindungan terhadap lemak esensial di bagian neuron dan juga membran sel terhadap cedera yang disebab oleh masala stres oksidatif.

15. Baik untuk perkembangan janin

Dengan mengkonsumsi setidaknya 2-3 buah plum didalam seminggu selama kehamilan adalah cara sehat bagi janin ibu. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika para ibu memasukkan buah plum kedalam daftar menu harian. Mengkonsumsi buah plum secara teratur akan membantu untuk membuat janin menjadi semakin sehat dan juga mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit bawaan. Selain itu karena kandungan antioksidan yang kaya, buah plum sangat baik untuk menangkal berbagai macam infeksi selama masa kehamilan.

Baca Juga : 10 Manfaat Kubis Untuk Kulit, Kesehatan & Rambut

16. Baik untuk kondisi psikologis

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa buah plum merah memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan psikologis. Beberapa pakar juga mengatakan bahwa, buah plum bermanfaat juga untuk mengurangi rasa kecemasan dan juga stres, yang mana kedua hal ini sangat memainkan peranan penting terkait dengan kesehatan dari mental seseorang.

17. Menjaga keseimbangan asam basa didalam tubuh

Buah plum juga mengandung kalium yang merupakan salah satu zat elektrolit yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk fungsi sel dan juga menjaga jaringan tubuh agar lebih efisien. Dengan mengkonsumsi buah plum yang tinggi akan kandungan kalium akan membantu dalam mengatur kontraksi otot dan juga menjaga keseimbangan asam basa didalam tubuh.

18. Mencegah degenerasi makula

Karena terdapatnya kandungan vitamin A didalam buah plum dan juga kandungan beta-karoten, maka buah plum memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan penglihatan dan mencegah degenerasi makula yang terikat dengan usia. Tak hanya itu, beberapa zat seperti Lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang ada didalam jaringan makula retina dan bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV.

19. Membantu pembekuan darah

Manfaat lainnya dari buah plum yang jarang diketahui ialah untuk membantu pembekuan darah secara normal. Manfaat ini merupakan peranan dari viamin K yang ada didalam buah plum. Disaat tubuh kita kekurangan nutrisi vitamin K maka tubuh akan kehilangan darah yang berlebihan. Dan masalah kesehatan seperti tulang yang lemah akan terjadi.

20. Mencegah gangguan jantung

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa jika kamu rutin untuk mengkonsumsi buah plam kering, maka kamu bisa mendapatkan manfaat peningkatan terhadap fluiditas darah di dalam arteri. Efek dari perlindungan ini akan sangat membantu sekali dalam mencegah berbagai macam jenis gangguan pada jantung. Termasuk diantaranya serangan jantung, aterosklerosis, dan jaga stroke.

Baca Juga : Perut Kembung di Pagi Hari ? Ini Dia Penyebabnya !! Serta Cara Mengatasinya

21. Mengatur tingkat kolesterol

Sebuah penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa buah plum merah bisa membantu untuk mencegah sebuah kondisi bernama hiperkolesterolemia dan juga hiperlipidemia. Dari penelitian itu menemukan bahwa buah plum juga bermanfaat untuk mempertahankan kadar dari plasma dan juga kolesterol hati yang sehat. Selain itu kandungan serat didalam buah plum juga bisa memberikan efek perlindungan terhadap kesehatan jantung dan juga mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat didalam tubuh, dan membantu untuk meningkatkan HDL atau kelesterol baik didalam tubuh kita.

22. Mengurangi kecemasan

Manfaat lain dari buah plum ialah membantu untuk mengatasi gangguan kecemasan berlebihan. Semua ini merupakan peranan dari antioksidan dari asam klorogenik dan juga efek anxiolytic. Yang mana kedua zat ini akan membantu dalam menyembuhkan prilaku yang terkait dengan kecemasan dan juga kerusakan yang disebabkan oleh stres soksidatif.

23. Anti kanker

Buah plum juga berperan dalam mencegah perkembangan kanker didalam tubub kita. Menurut penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa buah plum mengandung komponen bernama epicatechin yang akan membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah plum yang kaya akan antioksidan dan juga fitonutrien ini termasuk kedalam jenis asam klorogenat dan neo-klorogenik. Dimana ini merupakan zat yang memiliki efek kuratif pada sel kanker payudara, tanpa merusak sel-sel yang ada di tubuh.

24. Manjaga kesehatan mata

Nutrisi vitamin A dan juga beta karoten didalam buah plum juga berperan untuk menjaga kesehatan mata. Buah plum segar yang mengandung vitamin A yang tinggi, bahkan sekitar 5%. Oleh sebab itu nutrisi ini sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan mata.

Cara memilih, menyimpankan & mengolah buah plum

manfaat buah plum merah untuk diet

Kamu bisa memilih buah plum merah yang dengan kondisi yang sedikit keputihan seperti diberikan bedak. Dan hindari juga buah plum yang sudah memar atau lunak, karena buah plum yang matang dan siap makan maka tidak akan begitu lunak. Selain itu buah plum yang baik juga memiliki aroma yang manis.

Buah plum ini bisa kamu simpan di kulkas. Sementara itu untuk buah plum yang masih bertekstur sedikit keras maka kamu bisa menyimpannya didalam kantong kertas yang mana memiliki suhu kamar hingga benar-benar matang. Buah plum ini juga dapat kamu simpan didalam suhu kamar selama beberapa hari.

Baca Juga : 20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

Selain itu, buah plum akan sangat bagus untuk dikonsumsi secara langsung. Atau juga bisa kamu lakukan pengolahan dengan cara merebus, dipanggang atau bahkan ditumis. Dan berikut ini adalah beberapa jenis variasi pengolahan buah plum yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Silahkan disimak.

  • Menambahkan sepotong plum kedalam air teh atau air mineral
  • Menambahkan buah plum kedalam sajian salad
  • Menambahkan buah plum kedalam sajian yogurt atau bahkan granola disaat sarapan
  • Menambahkan buah plum kedalam smoothie

Efek samping jika mengkonsumsi buah plum secara berlebihan

manfaat buah plum merah segar

Walaupun kaya akan manfaat, namun setiap sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, dan begitu juga buah plum. Dan berikut ini adalah efek samping jika mengkonsumsi buah plum secara berlebihan.

1. Menigkatkan berat badan

Walaupun buah plum membantu tubuh untuk menurunkan berat badan, akan tetapi jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak wajar maka bisa memberikan efek sebaliknya. Dimana sebanyak enam buah plum mentah, mengandung sekitar 137 kalori dan juga 21,7 gram gula. Dan dalam satu porsi jus dari buah plum ini juga mengandung sekitar 182 kalori. Oleh sebab itu janganlah berlebihan dalam mengkonsumsi buah plum ini.

2. Hindari saat diare

Kandungan serat yang tidak larut didalam buah plum bisa memberikan efek buruk terhadap kamu yang sedang diare. Inilah yang menjadi alasan kenapa kamu perlu menghindari buah plum disaat sedang diare. Hal ini dikarenakan terdapatnya sifat pencahar didalam buah plum. Dan bahkan bauh plum bisa menjadi obat pencahar alami karena adanya senyawa bernama sorbitol. Jadi apabila pengkonsumsian buah plum tidak diatur dan dilakukan secara berlebihan, maka bisa memberikan efek diare yang semakin buruk.

3. Memicu alergi

Buah plum kering juga mengandum sulfit yang mana bisa mencegah dari oksidasi fenol. Dan hal ini bisa menggelapkan buah dan juga mengubah warnanya menjadi soklat. Dan seseorang yang memiliki kepekaan terhadap zat sulfit ini harus berhati-hati karena bisa memicu reaksi alergi, termasuk juga salah satunya serangan anafilaksis yang cukup parah.

Baca Juga : 10 Gejala Penyakit Jantung Usia Muda + Penyebabnya !!

4. Menyebabkan gas di usus

Buah plum mengandung karbohidrat yang cukup kompleks dan juga gula yang tidak sepenuhnya akan hancur di saluran pencernaan orang yang mengkonsuminya. Jadi dikarenakan gula yang sudah mencapai bagian usus besar, maka bakteri akan mulai memberikan makan kepada karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Dan bakteri ini sangat bertanggung jawab atas gas yang terdapat di perut dan menyebabkan kembung.

5. Menimbulkan masalah ginjal

Buah ini juga memiliki kandungan oksalat yang akan menumpuk dan mengkristal jika dikonsumsi secara berlebihan. Dan akibatnya akan terjadi masalah kesehatan. Seperti misalnya komplikasi ginjal atau bahkan kantung empedu. Orang yang sudah menderita masalah ini sebaiknya menghindari pengkonsumsian buah plum.

Itu tadi beberapa info terkait dengan manfaat buah plum untuk kesehatan, cara mengolah, cara memilih, cara menyimpannya dan efek sampingnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://doktersehat*com/benarkah-buah-plum-dapat-menurunkan-berat-badan/
https://www.alodokter*com/manfaat-buah-plum-bagi-kesehatan-tubuh-anda

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *