10 manfaat buah tin

32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan & Kecantikan, Serta Cara Makannya

Posted on

32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan – Pernahkah kamu mendengar nama buah tin ? Tentunya sebagian orang sudah cukup familiar dengan nama buah yang satu ini. Dikarenakan manfaat buah tin dalam Al Quran juga sudah dijelaskan. Buah tin adalah sebuah nama dari salah satu jenis buah yang berasal dari daerah Asia Bara yang bisa untuk dikonsumsi, atau dalam bahasa ilmiah buah tin disebut Ficus Carica. Penggunaan nama buah ini dengan sebutan “tin” berasal dari bahasa arab. Pada dasarnya pohon buah tin masih satu kerabat dengan keluarga pohon beringin yang banyak ditemui pada daerah Afganistan hingga sampai ke Balkan. Namun sekarang ini sudha mulai dibudidayakan diseluruh negara di dunia termasuk juga Indonesia.

Di negara kita, sudah banyak dilakukan budidaya dari buah ini. Sehingga sudah tidak sulit lagi dalam menemukan bibit dari pohon tin, ataupun buahnya yang langsung dijual. Dan untuk bibitnya sendiri, pada umumnya dijual dalam tiga jenis yakni bibit buah tin merah, ungu, serta hijau atau bibit tin green Yordania. Pohon dari buah tin ini-pun juga akan selalu berbuah pada sepanjang tahunnya, hal ini tak lain dikarenakan buah tin termasuk kedalam buah yang berjenis musiman. Yang begitu unik dari buah tin ini adalah dari warnanya. Dimana semakin hitam buah tin maka rasa yang dihasilkan akan semakin manis. Dan hal inilah yang membuat banyak orang tertarik dengan rasa buah tin ini, seperti yang dijelaskan dalam kitab suci Al Quran.

Baca Juga : 9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak Secara Alami

Dan mengenai harga buah tin ini,bisa dikatakan tidak terlalu mahal, dan masih dibatas wajar mulai dari 15 ribu untuk yang ukuran kecil, hingga 125 ribu / kg untuk harga buah tin kering. Lalu bibitnya, buah tin yang berjenis green jordan dihargai 60 ribu, bibi jenis tin purple jordan 90 ribu, dan bibit fig negron 300 ribu per kilogramnya. Tentunya harga tersebut sangat pantas jika kita melihat menfaat nantinya yang bisa kita dapatkan dari buah tin ini.

Cara makan buah tin

manfaat buah tin untuk kesuburan

Seperti yang dilansirkan dari wikihow, cara makan buah tin ada dua cara, yakni berdasarkan kondisi dari buah itu sendiri. yang pertama dari buah tin segar serta satu lagi adalah buah tin kering. Dan berikut adalah cara makan buah tin segar dan kering. Silahkan disimak.

Baca Juga : 13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

Cara makan buah tin segar :

  • Bisa memakannya secara utuh
  • Bisa menyajitkan bersama dengan keju yang rasanya kuat.
  • Bisa dengan direbus terlebih dahulu
  • Bisa diawetkan terlebih dahulu
  • Bisa ditambahkan kedalam kue atau roti

Cara makan buah tin kering

  • Bisa dimakan secara langsung
  • Bisa direndam dalam air terlebih dahulu
  • Bisa ditambahkan kedalam kue atau roti
  • Bisa ditambahkan kedalam bubur atau oatmeal
  • Bisa dimasukkan kedalam yogurt atau keju cottage

Manfaat buah tin untuk kesehatan

manfaat buah tin dan zaitun

Kita sudah sampai pada inti dari artikel ini yakni mengenai manfaat buah tin, namun yang dibahas bukan hanya 10 manfaat buah tin saja namun sebanyak 40 manfaat buah tin, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. Walaupun sering kali manfaat buah tin dan zaitun sering digabungkan, akan tetapi pada artikel ini hanya akan membahas buah tin saja. Seperti apa manfaat buah tin untuk tubuh ? Yuk lihat :

1. Mengatasi hipertensi dan jantung koroner

Manfaat buah tin yang pertama ialah untuk membantu dalam mengatasi masalah hipertensi dan juga jantung koroner. Disaat pembuluh darah seseorang mengalami penyempitan, maka nantinya akan timbul peningkatan pada tekanan darah seseraorang. Dan apabila hal seperti ini dibiarkan begitu saja, maka penyakit jantung koroner lah yang akan datang, dimana jantung koroner menjadi salah satu penyakit berbahaya yang patut diwaspadai. Terdapatnya beberapa jenis mineral alami didalam

2. Mencegah serangan jantung

Jenis penyakit berbahaya yang patut diwaspadai lagi yakni, serangan jantung. Saking mematikannya penyakit yang satu ini, kurang dari 1 menit seseorang bisa mati. Oleh sebab itu pencegah sejah dini wajib dilakukan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah tin. Manfaat buah tin untuk serangan jantung dibuktikan Didalam hasil penelitian yang dilakukan Arab Saudi, ternyata didalam buah tin terdapat senyawa kalium tinggi yang bisa memberikan peranan penting untuk menurunkan kadar natrium didalam tubuh. Dan bahkan para ahli disana menyarankan untuk mengkonsumsi minimal 1x sehari buah tin, guna untuk mengurangi resiko serangan jantung.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan & Pengobatan

3. Mencegah kanker mematikan

Kanker menjadi penyakit no 2 mematikan didunia. Dan untuk penyebabnyapun sangatlah beragam, mulai dari radikan bebas hingg penyebab tertentu. Untuk membantu dalam mencegah resiko kanker ini, maka kamu dengan sering mengkonsumi buah tin. Hal ini dikarenakan bauh tin mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu kandungan yang bernama polyfeno, sebuah serat larut yang ada didalam buah tin dipercaya bisa membnatu untuk mencegah kanker kolon (usus besar) dengan cukup efektif.

4. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Para ahli berpendapat bahwa kandungan serat laru yang terdapat didalam buah tin berupa pektin bisa membantu untuk menurunkan kadar dari kolesterol didalma tubuh seseorang. Proses ini terjadi dengan cara membuang semua kolesterol yang ada didalam tubuh dengan cara sistem ekskresi. Baik itu berupa air seni, keringat ataupun bahkan buang air besar.

5. Baik untuk penderita diabetes

Bagi para penderita diabetes, biasanya dokter akan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Namun istimewanya buah tin memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang tidak menaikkan kadar gula didalam darah. Selain kedua kandungan ini serat larut juga membantu proses penyerapan gula didalam tubuh menjadi terhambat dikarenakan pencernaan yang semakin optimal. Menurut para ahli, buah tin cukup efektif dalam mencegah penyakit diabetes, asalkan tidak secara berlebihan mengkonsumsinya.

6. Mencegah keropos dan menguatkan tulang

Salah satu khasiat dan manfaat buah tin bagi kesehatan ialah membantu dalam menguatkan tulang serta mencegahnya dari pengeroposan tulang. Dengan secara rutin mengkonsumsi buah tin maka kamu bisa terhindari dari penyakit tulang. Salah satunya ialah osteoporosis. Hal ini disebabkan karena buah tin mengandung nutrisi kalsium yang tinggi, dan bahkan menurut para ahli gizi kandungan kalsium dan fosfor didalam buah tin lebih tinggi jika dibanding susu.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

7. Meninggikan badan secara alami

Mendapatkan tinggi badan yang ideal memang menjadi harapan banyak orang. Dan salah satu manfaat buah tin kering atau segar ialah membantu meninggikan badan secara alami. Dan lagi peranan ini dipegang oleh beberapa mineral alami yang terdapat didalam buah tin. Seperti, magnesium, mangan, kalsium fosfor, dll. Mengkonsumsi buah tin bisa dijadikan pilihan bagi mereka yang alergi susu.

8. Menggemukkan badan

Selain untuk menguruskan badan, ternyata program diet sehat juga bisa dilakuakn untuk menggemukan badan orang yang kurus. Dan salah manfaat buah tin adalah untuk hal ini. Caranya sangatlah sederhana, kamu hanya perlu mengkonsumsi buah tin dan susu secara bersamaan sebelum tidur. Dan cara ini sudah banyak dibuktikan, sehingga dapat menaikan berat badan sebanyak 2kg didalam waktu seminggu.

9. Mengatasi insomnia atau susah tidur

Berikut untuk manfaat buah tin arab adalah bisa membantu untuk atasi masalah susah tidur, atau insomnia. Beberapa pemicu insomnia diantaranya, stres, kafein, trauma, dll. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale, buah tin memiliki kandungan senyawa bernama tryptophan yang cukup bisa diandalkan untuk membuat tubuh tenang, rileks, serta menyamankan pikiran seseorang. Sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia.

10. Mengatasi anemia atau kekurangan darah

Orang-orang yang mengalami anemia atau kekurangan darah bisa dibantu mengatasinya dengan buah tin. Hal ini dikarenakan manfaat buah tin adalah sebagai pengoptimalan didalam pembentukan hemogoblin darah seseorang. Selain itu buah tin juga tinggi akan kandungan zat besi yang menjadi bahan utama dalam pembentukan hemogoblin darah.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

11. Sumber nutrisi yang cukup baik dan lengkap

Salah satu terkenalnya Manfaat buah tin antara lain sebagai sumber nutrisi yang lengkap dan baik untuk tubuh. Sebab buah tin tidak mengandung kolesterol, lemak jahat dan garam. Namun melainkan kalium, serat yang kaya kalsium yang tinggi. Selain itu kandungan sodium didalma buah tin juga tergolong rendah. Tak hanya itu buah tin juga mengandung senyawa bernama benzadehida (senyawa anti-kanker), serta beberapa jenis vitamin (A,B, dan C).

12. Mengatasi sembelit atau susah BAB

Kamu yang sedang mengalami masalah susah BAB atau sembelit mungkin bisa memilih buah tin sebagai solusi alaminya. Jika banyak orang yang bertanya “apa manfaat buah tin, untuk perut ?” mungkin ini adalah salah satu jawabannya. Buah tin bisa membantu untuk melancarkan pencernaan dan menyembuhkan semeblit kronis secara alami, karena sifat dari seratnya yakni laktasif.

13. Baik untuk wasir dan ambeien (lihat hadist diatas)

Didalam penelitian menyebutkan bahwa buah tin memiliki kandungan senyawa flavonoid yang tinggi, dan mampu untuk mencegah radikal bebas serta peradangan seperti wasir dan ambeien. Manfaat buah tin buat tubuh ini bisa dengan mudah kamu rasakan manfaatnya dengan cara mengkonsumsi min 1 buah tin pada setiap harinya.

14. Mencegah tumor jinak dan ganas

Selain kanker, ternyata pertumbuhan dari sel secara tidak normal juga bisa menyebabkan timbulnya masalah tumor. Dan salah satu jenis tumor adalah tumor jinak, atau tumor yang tidak merusak jaringan yang ada disekitarnya. Masalah tumor jinak ini bisa dibantu mengatasinya dengan bantuan buah tin, yakni karena manfaatnya. Didalam buah tin terkandung phenol dan juga benzaldehide yang dipercaya bisa menghentikan pertumbuahn dari parasit, tumor, dan juga virus yang bisa menyebabkan timbulnya tumor jinak. Tak hanya itu kandungan antioksidan didalam buah tin juga membantu untuk mencegah munculnya tumor ganas.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

15. Mengatasi gangguan sistem pernapasan

Asma menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh banyak orang. Asma ini sendiri adalah penyakit sesak napas yang disebabkan oleh ada infeksi peradangan pada saluran pernapasan tubuh seseorang, atau lebih tepatnya berada pada saluran penuju alveolus atau paru. Buah tin bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi gangguan ini dengan adanya sifat antibakteri dan antiseptik yang terdapat didalam buah tin.

16. Mengobati bisul dan abses

Abses dan bisul merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang terjadi karena adanya infeksi atau alergi terhadap bakteri/kuman tertentu. Dengan bantuan zat antibakteri yang ada didalam buah tin, akan membantu untuk atasi masalah penyakit kulit ini. Caranya ialah dengan mengoleskan buah tin yang sudah dihaluskan secara merata kebagian kulit yang terdapat bisul atau absesnya. Setelah itu diamkan hingga kering, kemudian silahlan bersihkan dengan cara membilasnya dengan air hangat.

17. Mengobati sakit tenggorokan

Tenggorokan kurang lembab atau kita lebih sering mengenalnya dengan tenggorokan kering bisa menyebabkan terjadinya rasa sakit pada area tersebut. Dan bahkan apabila dibiarkan begitu saja, dan menjadi semakin parah maka pendarahan bisa saja terjadi. Penyakit tenggorokan biasanya disebut dengan istilah sore throat. Kandungan lendir yang cukup tinggi didalam buah tin, bisa membantu untuk menjadi pelembab secara alami, dengan cara mengolah buah tin menjadi jus.

18. Mampu menurunkan berat badan

Kombinasi antara buah tin dengan susu sangatlah baik untuk meningkatkan berat badan kamu. Namun apabila kamu hanya mengolah buah tin menjadi jus saja, maka efeknya sangatlah baik untuk menurunkan berat badan. Menurut ahli rises diet sehat Dr OZ, kandungan serat yang berada didalam buah tin bisa membantu untuk mengikat lemak didalam tubuh kamu, serta membuangnya melalui sistem pencernaan. Guna untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, jangan lupa menyandingkan jus buah tin ini dengan olahraga yang rutin tentunya.

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

19. Mencegah kanker prostat

Kanker prostat bisa menyerang siapa saja, baik itu perempuan atau pria yang berusia disekitar 30 tahunan keatas. Guna untuk menghindari penyakit ini maka kamu disarankan untuk mengkonsumsi buah tin. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, didalam buah tin terkandung senyawa coumarins yang akan sangat membantu dalam mencegah penyakit kanker prostat pada usia lebih 30 tahun keatas.

20. Meningkatkan kekuatan pria ketika di ranjang

Hubungan antara suami istri akan semakin harmonis disaat pasangan pria memiliki staminan atau kekuatan yang baik di ranjang. Dan salah satu sulusi yang bisa dipilih untuk meningkatkan kelemahan tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah tin. berikut adalah cara pengolahannya dari manfaat buah tin untuk kesuburan :

  • Siapakan terlebih dahulu buah tin sebanyak 2-3 buah yang masih segar,dan silahkan ambil dagingnya.
  • Selanjutnya rendamlah daging buah tin tersebut kedalam 1 gelas susu selama semalaman.
  • Dan disaat pagi harinya silahkan konsumsi susu dengan daging buah tin tersebut secara rutin.

21. Baik untuk ibu sedang hamil dan baru saja melahirkan

Khasiat berikutnya adalah manfaat buah tin untuk ibu hamil. Buah tin dengan kandungan asam folat, serat, kalsium, protein dan kandungan mineral alami lainnya memang sangat membantu sekali untuk mengoptimalkan pertumbuhan dari janin yang ada didalam kandungan. Tak hanya untuk janin, buah tin dengan kandungan zat besi juga bermanfaat bagi ibu yang baru saja melahirkan, guna untuk membantu dalam memenuhi seorang ibu yang mengalami defisiensi (kekurangan) banyak dari zat besi.

22. Membuat berbagai olahan makanan lezat

Selain bermanfaat untuk kesehatan buah tin juga bisa diolah dan menjadi makanan yang enak. Buah tin bisa dijadikanm sebagai pengganti gula atau pemanis, sebab rasa buah tin yang sudah manis. Biasanya buah tin diolah menjadi riton, puding, taart, jeli, selaidan lain sebagainya. Kamu pun bisa memanfaatkan manisnya buah tin ini untuk masakan.

Baca Juga : 36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

23. Baik untuk dikonsumsi siapa saja

Dengan adanya berbagai macam kandungan nutrisi yang cukup lengkap, membuat buah tin bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Mulai dari anak-anak, para remaja, dewasa dan bahkan lansia. Bagi anak-anak buah tin akan membantu dalam memaksimalkan pertumbuhan mereka, untuk remaja sebagai diet atau kecantikan, dan lansia untuk membantu dalam mengurangi penuaan dini. Selain itu manfaat yang luar biasa dari tanaman tin ini adalah daunnya yakni sebagai obat herbal.

24. Mampu menurunkan tingkat trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis kolesterol jahat yang ada didalam tubuh kita. Dimana semakin tinggi lemak jahat/kolesterol jahat ini maka akan semakin berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu kolesterol jahat ini harus segera diturunkan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi teh dari daun tin. Selain itu mineral yang terdapat didalam teh ini juga cukup baik untuk menyegarkan tubuh kita.

25. Meluruhkan batu ginjal

Khasiat daun pohon tin atau ara berikutnya adalah untuk meluruhkan batu ginjal. Didalam daun pohon teh ara/tin terkandung senyawa bernama saponin dan alkaloid yang memiliki sifat sebagai diuretik, dan sifat inilah yang memiliki peranan penting dalam melarutkan kotoran dan juga batu pada ginjal secara maksimal. Kamu bisa mengolah daun tin ini dengan cara merebusnya lalu mengkonsumsinya secara rutin pada setiap harinya, yaitu minimal sebanyak 1 kali dalam seharinya.

26. Mengontrol kadar gula dalam darah

Daun ara atau daun tin juga memiliki manfaat lain yakni untuk mengontrol kadar gula didalam darah. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang tidak teratur/terkontrol. Dimana daun tin mampu untuk meningkatkan sensitivitas dari hormon insulit didalam tubuh, yang berfungsi untuk memecah glukosa didalam tubuh kita.

Baca Juga : 37 Cara Menghilang Jerawat Secara Alami, Efektif Dan Mujarab

27. Meningkatkan sistem imun tubuh (kekebalan)

Beberapa senyawa seperti polifenol, bio-flavanoid , antioksidan dan juga vitamin C didalam buah tin bermanfaat sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Sehingga nantinya tubuh akan semakin kuat dalam menangkal berbagai macam jenis penyakit, baik itu yang ringan ataupun yang berat sekalipun.

Manfaat buah tin untuk kecantikan

manfaat buah tin dalam al quran

28. Mempercepat penyembuhan luka baru

Berbagai jenis luka seperti luka sayatan benda tajam, luka bakar, dan jenis luka lainnya ternyata bisa disembuhkan dengan cepat oleh buah tin. Hal ini disebabkan karena buah tin mengandung sifat alami sebagai antiseptik yang mana salah satu dari fungsinya adalah untuk menyembuhkan luka. Dan manfaatnya akan terasa semakin maksimal, apabila kamu secara langsung mengoleskannya kebagian luar luka, walaupun akan terasa sedikit perih.

29. Mencegah penuaan pada wanita menopause

Gejala penuaan yang diderita oleh seseorang memang menjadi sesuatu yang wajar. Namun kamu bisa menghambatnya dengan cara mengkonsumsi buah tin setiap hari. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang sering mengkonsumsi buah yang kaya akan serat seperti buah tin, maka akan mendapatkan manfaat dalam mengurangi efek penuaan yang lebih baik dari para orang tidak. Dan bahkan para ahli juga berpendapat bahwa buah tin akan membuat orang yang mengkonsumsi akan terlihat lebih awet muda.

30. Merawat kesehatan dan kecantikan kulit

Kandungan senyawa coumarins tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker prostat saja, namun juga bisa membantu untuk merawat kesehatan dari kulit kamu. Hal ini disebabkan karena coumarins memiliki sifat alami sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas penyebab kulit menjadi rusak. Dan bahkan kandungan vitamin C yang tinggi didalam buah tin ini juga dipercaya bisa mencerahkan kulit seseorang dengan mengoptimalkan regenerasi dari sel baru pada kulit.

Baca Juga : Tidak Selalu Jantung ! Yuk Kenali, 7 Penyebab Nyeri Dada Yang Kamu Alami

31. Membersihkan penyumbatan pori dan mengatasi jerawat

Munculnya masalah jerawat salah satunya disebabkan oleh adanya penyumbatan yang terjadi pada area pori-pori seseorang oleh minyak dan juga sisa-sisa kotoran yang menempel pada area kulit. Semakin banyak minyak dan juga kotoran pada area kulit wajah, maka akan semakin tinggi resiko jerawat muncul. Namun masalah ini bisa kamu atasi dengan bantuan buah tin.

Kandungan mineral alkali didalam buah tin akan berfungsi sebagai pengontrol pH kulit kamu. Selain itu kandungan ini juga akan membantu untuk membersihkan kulit kamu dari pori-pori yang mengalami masalah penymbatan secara alami. Caranya cukup dengan mengkonsumsi buah tin setiap harinya, atau bisa dengan mengoleskan buah tin kewajah selama 15 hingga 30 menit dalam seharinya.

32. Memperkuat rambut

Terakhir adalah manfaat buah tin untuk rambut. Buah tin bisa membantu untuk memperkuat serta melembapkan rambut, serta memberikan rangsangan kesuburan untuk rambut. Beberapa jenis mineral baik yang terdapat didalam buah tin menjadi bukti nyata bahwa buah tin bisa membantu dalam menjaga rambut kamu agar selalu sehat. Kandungan tersebut diantaranya, vitamin B, C, kalsium, magnesium, selenium, tembaga, dan seng.

SUMBER:
https://www.merdeka*com/sehat/manfaat-buah-tin-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-kln/memperkuat-rambut.html
https://notepam*com/manfaat-buah-tin/
https://www.kelambit*com/manfaat-buah-tin-dan-daunnya/#6_Mencegah_keropos_dan_menguatkan_tulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *