manfaat daun alpukat untuk hipertensi

,

36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

36 Manfaat Daun Alpukat – Buah alpukat memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun bagaimana dengan daunnya ? Daun dari tanaman yang bernama lati Persea amricana miller ini merupakan tanaman asli yang berasal dari Meksiko. Namun sekarang ini alpukat sudah bisa ditemukan di berbagai negara, dan bahkan lebih populer dineraga asalnya. Salah satunya alpukat sudah dapat dibudidayakan di negara kita Indonesia. Perlu kamu ketahui, orang-orang zaman dahulu sering kali menggunakan daun alpukat ini sebagai pengobatan alami.

Dan itu semua sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia di masa lampau. Jika kita membahas mengenai tanaman dengan biji bulat cukup besar ini, mungkin yang terlintas pertama kali didalam pikiran alah olahan jus alpukat. Memang tak bisa dipungkiri jika jus alpukat sangat terkenal karena kelezatannya. Dan tak jarang banyak orang yang menggemarinya. Untuk daunnya sendiri, didalam daun alpukat terkandung sebuah zat yang bernama querstin. Dimana zat yang satu ini termasuk kedalam senyawa flavonol terbesar.

Baca Juga : 37 Cara Menghilang Jerawat Secara Alami, Efektif Dan Mujarab

Dimana manfaatnya sangat membantu sekali untuk menangkat radikal bebas yang mudah masuk begitu saja didalam tubuh kita. Namun selain itu, zat ini juga berguna untuk mencegah penyakit degeneratif. Tak hanya itu, daun alpukat yang terasa pahit ini juga memiliki khasiat sebagai diuretik bagi tubuh kita, sekaligus membantu untuk membunuh berbagai macam jenis bakteri yang merugikan.

Senyawa polifenol didalanya juga kaya, dan bahkan lebih banyak ketimbang buah anggur, teh, bawang, dan lainnya. Apakah cuman itu manfaat daun alpukat ? Tentu saja tidak, berikut adalah Khasiat dan manfaat daun alpukat untuk kesehatan. Yuk lihat !!

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan

manfaat daun alpukat dan cara pengolahannya

1. Manfaat daun alpukat untuk menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan bahwa daun alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan kadar lemak berlebih didalam tubuh seseorang, sekaligus memberikan tekanan terhadap nafsu makan. Penelitian lain yang dimuat dalam laman Curejoy.com juga menyebutkan bahwa daun alpukat bisa membantu mengurangi berat badan, setelah sebelumnya dilakukan uji coba terhadap hewan.

Dimana hewan (tikus) tersebut yang mengalami kolesterol tinggi dapat diobati dengan bantuan ekstra daun alpukat. Dan hasilnya, bahwa daun alpukat terdapat nutrisi penting yang bisa meningkatkan metabolisme lemak, sehingga lemak yang menumpuk dapat terpecah.

Cara pengolahan daun alpukat untuk diet :

  • -Siapkan daun alpukat secukupnya, dan silahkan cuci bersih terlebih dahulu.
  • Setelah itu silahkan rebus hingga mendidih dengan air.
  • Saring dan masukkan kedalam gelas, dan silahkan minum.
  • Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan campuran teh, dan madu.

2. Manfaat daun alpukat untuk sakit kepala

Seperti yang dilansirkan oleh laman boldsky.com daun alpukat mampu untuk mengobati sakit kepala yang sedang kamu derita. Caranya ialah dengan mengolahan daun alpukat menjadi teh alpukat. Hal ini karena daun alpukat mengandung nutrisi antioksidan yang tinggi dimana memiliki fungsi untuk memperbaiki serta memaksimalkan aliran oksigen ke daerah kepala kita.

Dengan lancarkan aliran oksigen ini, maka hal ini bisa mengatasi dan mencegah terjadinya sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan, migrain, sinusitis dan lainnya. Selain itu, sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) juga bisa diredakan oleh daun alpukat ini.

Baca Juga : Tidak Selalu Jantung ! Yuk Kenali, 7 Penyebab Nyeri Dada Yang Kamu Alami

3. Manfaat daun alpukat untuk mencegah resiko stres

Terdapatnya kandungan zat aktif yang cukup beragam yakni, alkaloida, saponin, querstin dan flavanoid memiliki manfaat penting untuk mengatasi berbagai penyakit serta masalah kesehatan lainnya. Salah satunya untuk mencegah perkembangan dari oksidatif stres yang sangat berkaitan erat dengan masalah penyakit.

Kandungan antioksidan didalam daun alpukat ini juga memabntu untuk melancarkan alirah darah serta oksigen ke otak, yang memabntu untuk menghambat pelepeasan dari hormon kortisol didalam tubuh. Dimana hormon inilah yang menjadi pemicu stres yang kamu alami.

4. Manfaat daun alpukat untuk mengurangi serta meredakan sakit gigi

Kebanyak dari kita mungkin sudah pernah merasakan yang namanya sakit gigi. Dimana penyebab umumnya ialah karena gigi berlbuang, adanya peradangan pada area gusi dan lain sebagainya. Sakit gigi ini tentu akan memberikan efek cukup mengganggu, karena bisa menghambat si penderita dalam melakukan aktifitas. Dan sebaiknya, para penderita sakit gigi disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang manis.

Dan pastikan agar bagian gigi yang sakit tidak disenggol, karena akan menimbulkan rasa sakit yang menganggu. Selain sakit gigi bisa diatas dengan obat penghilang rasa sakit, ternyata ada cara alami yang bisa kamu terapkan sendiri. Yakni dengan membuat teh daun alpukat. Teh dari daun alpukat ini akan membantu untuk mengurangi peradangan disekitar area gigi dan gusi, serta meredakan nyeri yang muncul.

Baca Juga : Lakukan 6 Gerakan Sederhana Ini !! Agar Tubuhmu Tetap Bugar Saat “Ngantor”

5. Manfaat daun alpukat untuk mencegah dan membasmi batu ginjal

Penyakit batu ginjal memang sering kali menjadi masalah yang serius. Dimana material keras yang menyerupai batu terbentuk didalam ginjal. Dan material ini terbentuk karena sisa-sisa dari zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal itu sendiri lalu mengendap dan membentuk kristal. Masalah batu ginjal ini tidak boleh dianggap remah karena lama-kelamaan bisa semakin besar dan semakin merasakan sakit serta nyeri yang lebih parah, dan bahkan bisa menyebabkan komplikasinya.

Mengenai pengobatannya, sekarang ini sudah banyak cara mengobati penyakit ini. Namun pengobatan alaminya tetap bisa diandalkan. Yakni dengan memanfaatkan daun alpukat, yang memiliki senyawa bernama alkoloid yang dapat mekerja secara menyeluruh untuk menghancurkan batu ginjal sedikit demi sedikit. Selain itu senyawa ini juga berfungsi untuk memaksimalkan kinerja dari ginjal kamu. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara mengolahan daun alpukat untuk mengobati batu ginjal :

  • Siapkan sebanyak 5-8 lembar daun alpukat yang masih segar.
  • Cuci bersih, dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Selanjutnya silahkan rebus dengan 1 gelas air.
  • Biarkan mendidih, dan menyisakan setengah gelas.
  • Saring lalu konsumsilah secara rutin dua kali dalam sehari.

6. Manfaat daun alpukat untuk mengobati bengkak

Pembengkakan yang biasanya terjadi di area kaki akan membuat si penderita kesulitan dalam beraktivitas. Namun daun alpukat bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan dan nutrisi baik didalam daun alpukat bisa membantu mengempeskan pembengkakan yang terjadi, serta membantu untuk meredakan nyeri yang kamu rasakan. Berikut adalah cara pengolahannya.

Baca Juga : Jangan Remehkan, 5 Biji-Bijian Ini “Mujarab” Untuk Jaga Kesehatan Jantungmu !

Cara memanfaatkan daun alpukat untuk mengobati bengkak :

  • Siapkan daun alpukat secukupnya.
  • Lalu silahkan tumbuk hingga halus dan lumat.
  • Selanjutnya silahkan tempelkan kebagian kulit kamu yang terdapat bengkaknya.
  • Bungkus dengan perban, dan diamkan sekitar 3-4 jam lamanya.

7. Manfaat daun alpukat untuk meredakan nyeri asam urat

Penyakit asam urat membrikan rasa nyeri yang begitu mengganggu, dan juga rasa panas diarea persendian. Walaupun seluruh bagian sendi tubuh memiliki potensi untuk merasakan nyeri asam urat ini, akan tetapi pada umumnya, bagian sendi seperti, lutut, penggelangan kaki, jari tangan, dan jari kakilah yang sering merasakan nyeri penyakit ini. Namun kamu dapat mencoba daun alpukat untuk dijadikan obat asam urat secara alami. Dengan cara mengolahnya sebagai berikut.

Cara mengolah daun alpukat untuk obat asam urat :

  • Siapkan daun alpukat sebanyak 25 gram.
  • Lalu silahkan kamu potong-potong, serta rebus didalam 4 gelas air.
  • Selanjutnya biarkan hingga mendidih dan hanya menyisakan air sebanyak 2 gelas saja.
  • Setelah itu, silahkan angkat dan saring air rebusan tersebut.
  • Diamkan hingga dingin, dan minumlah.

8. Manfaat daun alpukat untuk menghilangkan sakit pinggang

Sakit pinggang bisa memberikan dampak yang begitu mengganggu. Yakni menghambat dalam melakukan pekerjaan dan aktivitas. Namun kamu bisa memanfaatkan daun alpukat. Dimana daun alpukat memiliki khasiat untuk meredakan nyeri yang terjadi. Semua itu berkat senyawa bernama pinene yang membantu untuk menurunkan gejala rasa sakit diseluruh tubuh, termasuk juga nyeri sakit pinggang. Pengolahannya sebagai berikut.

Baca Juga : Mengejutkan ! Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menjadi ‘Racun’ Saat Dimasak !

Cara memanfaatkan daun alpukat untuk menghilangkan sakit pinggang :

  • Siapkan daun alpukat sebanyak 5 lembat, dan silahkan cuci dengan air mengalir.
  • Kemudian rebus dengan satu gelas air.
  • Diamkan hingga mendidih, dan hanya menyisakan setengah gelas saja.
  • Dan silahkan konsumsi air tersebut.

9. Manfaat daun alpukat untuk mengobati sariawan

Sariwan walaupun tidak berbahaya untuk kesehatan, akan tetapi cukup mengganggu. Apalagi disaat secara berbicara atau disaat makan. Makanan enak-pun akan terasa tidak nikmat akibat ulah sariawan ini. Sariawan ini disebabkan oleh baktri yang memberikan efek merusakan bagian rongga mulit. Namun kandungan polifenol didalam daun alpukat dapat membantu untuk menyembuhkan sariawan secara alami dan tanpa efek samping. Caranya sebagai berikut.

Cara mengobati sariawan dengan daun alpukat :

  • Siapkan daun alpukat secukupnya.
  • Cuci bersih, lalu gigit dan kunyah hingga halus.
  • Atau juga bisa menumbuknya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya tempelkan pada area sariawan di mulut kamu.
  • Terapkan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

10. Manfaat daun alpukat untuk melancarkan haid

Beberapa penyebab yang membuat haid menjadi tidak lancar uaitu karena kelelahan, ketidakseimbangan hormon didalam tubuh seseorang, obesitas atau kegemukan dan sering mengalami emosi atau sering marah-marah. Namun kamu bisa membantu untuk melancarkan masa haidmu dengan memanfaatkan daun alpukat. Caranya sebagai berikut.

Baca Juga : Jangan Abaikan, 9 Jenis Rasa Sakit Ini Bisa Mengindikasikan Ada Masalah Serius Di Tubuhmu !

Cara melancarkan haid dengan daun alpukat :

  • Siapkan daun alpukat secukupnya dan juga madu 1 sendok teh.
  • Cuci bersih daun alpukat, dan rebus dengan 1 gelas air.
  • Diamkan hingga mendidih dan hanya menyisakan setengah gelas saja.
  • Tambahkan madu, dan aduk hingga rata.
  • Diamkan hingga sejenak agar tidak terlalu panas, dan silahkan konsumsi secara rutin pada setiap harinya.

11. Manfaat daun alpukat untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi

Kondisi kronis dimana tekanan datang pada dinding dari arteri meningkat sangatlah tidak bisa dipandang sebelah mata. Masalah hipertensi ini sangatlah berbahaya karena bisa menimbulkan komplikasi berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan bahkan kematian. Penyebab dari penyakit yang satu inipun juga beragam, mulai dari asupan makanan yang tidak sehat, kurang berolahraga hingga obesitas.

Namun kamu bisa membantu untuk menurunkan kembali tekanan darah dengan cara mengkonsumsi daun alpukat. Daun alpukat memiliki senyawa bernama limonene yang bisa menjadi obat alami untuk kembali menstabilkan tekanan darah, dan membantu untuk mencegah hipertensi. Berikut adalah cara pengolahannya.

Cara menurunkan tekanan darah dengan daun alpukat :

  • Siapkan daun alpukat secukupnya, berserta air 2 gelas.
  • Silahkan panaskan air dalam panci.
  • Cuci bersih daun alpukat dan rebus didalam panci hingga mendidih dan hanya menyisakan setengahnya saja.
  • Setelah itu, saring dan silahkan konsumsi secara rutin pada saat pagi dan malam hari.

12. Manfaat daun alpukat untuk kesehatan lambung

Dengan cara mengkonsumsi secara rutin teh dari daun alpukat, maka bisa membantu untuk menjaga kesehatan lambungmu. hal ini tak lain karena kandungan antioksidan didalamnya. Selain itu daun alpukat juga membantu untuk mencegah terjadinya luka pada lambung atau iritasi pada area lambang. Resiko dari kerusakan pada lambung, iritasi, serta luka sering kali diakibatkan oleh pengkonsumsian makanan yang bersifat asam dan pedas. Kandungan baik didalam alpukat juga membantu untuk mengobati masalah asam lambung dan penyakit maag secara alami.

Baca Juga : Sering Sakit Kepala Di Saat Hamil ? Yuk Kenali Alasannya

13. Manfaat daun alpukat untuk mengatasi konstipasi dan rasa tidak nyaman di perut

Masalah konstripasi yang sedang dialami oleh seseorang akan membuat perut menjadi tidak merasa nyaman, sehingga akan menghambat akvitas sehari-hari si penderitanya. Seperti yang dilansirkan oleh laman Boldsky.com bahwa kombinasi antara madu dan daun alpukat memiliki kandungan antioksidan dan serta amat begitu kaya. Sehingga dapat menjadi pelumas usus kita, dan membuat tinja menjadi lebih lembut. Selain itu, hal ini juga membantu untuk mengeluarkan feses lebih mudah, dan membuat kita terhindar dari masalah sembelit.

14. Manfaat daun alpukat untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ pencernaan

Didalam laman Boldsku.com, menyatakan bahwa daun alpukat kaya yang dicampurkan dengan madu (dibuat teh) memiliki nutrisi serat dan antioksidan yang amat baik. Sehingga manfaat ini akan membantu untuk merangsang produksi dari cairan pencernaan agar menjadi lebih sehat. Sehingga kinerja dari sistem pencernaan kita menjadi lebih baik dan optimal. Tak hanya itu, perpadua antara madu dan daun alpukat juga dapat mengobati sakir perut, termasuk juga yang disebabkan karena masalah keasaman dan gastritis.

Baca Juga : Waspada, 7 Bahan Kimia Penyebab Diabetes Ini Menghantui Disekitar Kita

15. Manfaat daun alpukat untuk mengobati infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang memberikan efek rasa sakit yang sangat amat mengganggu. Seperti memberikan sensai terbakat pada area genital. Namun dengan mengkonsumsi daun alpukat, bisa membantu untuk membasmi bakteri penyebab dari masalah ini, sehingga secara perlahan namun pasti akan membantu untuk menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit yang muncul.

16. Manfaat daun alpukat untuk mencegah masalah kejang-kejang

Salah satu pengobatan tradisional dari Afrika menggunakan daun alpukat sebagai salah satu bahan obatnya, dimana yang bertujuan untuk mengobati masalah kejang atau epilepsi, terutama untuk anak-anak. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa daun alpukat bisa mengobati masalah kejang-kejang yang mana dilakukan pada obyek penelitian hewan. Hewan (tikus) diberikan ekstrak dari daun alpukat, dan ditemukan bahwa daun alpukat bisa mencegah aktivitas neurotransmitter pada otak dan membuat fungsi akvitas saraf menjadi optimal.

Baca Juga : Jarang Diketahui, 8 Manfaat Sehat Ini Bisa Kamu Dapatkan Dari Campuran Madu Dan Lidah Buaya

17. Manfaat daun alpukat untuk membantu mengatasi diabetes

Laman Curejoy.com mengungkapkan bahwa daun alpukat dapat membantu para penderita diabetes. Hal ini karena kandungan didalamnya, yang mana memberikan efek penurunan terhadap gula darah atau hipoglikemik. Didalam sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan, mendapatkan kesimpulan bahwa efek hipoglikemik bisa dirasakan tergantung dosis yang diberikan. Dan untuk penurunan gula darah sendiri bisa dirasakan sekitar enam jam setelah satu kali pemberikan dosis dari ekstrak daun alpukat.

18. Manfaat daun alpukat untuk saluran pernafasan

Infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan pada umumnya sering kali menyerang bagian dari hidung atau faring yang mana memberikan efek seperti demam atau bahkan keadaan lemas yang membuat malas untuk beraktivitas. Namun kamu bisa memanfaatkan daun alpukat untuk mengatasi masalah saluran pernafasan ini secara alami, berikut adalah caranya.

Baca Juga : Selamat Tinggal Kafein, Ini Dia 5 Minuman Sehat Yang Mampu Buatmu Semangat Di Pagi Hari

Cara mengatasi infeksi saluran pernafasan dengan daun alpukat :

  • Siapkan daun alpukat muda secukupnya.
  • Silahkan cuci bersih, dan rebus dengan panci sebanyak 1 gelas air.
  • Diamkan hingga mendidih dan hanya menyisakan setengahnya saja.
  • Tambahkan madu untuk penambah rasa, dan silahkan konsumsi.

19. Manfaat daun alpukat untuk menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi air rebusan daun alpukat atau teh daun alpukat bisa membantu untuk menurunkan kolesterol secara alami. Hal ini disebakan oleh kandungan antioksidan yang kaya didalamnya. Sehingga bisa menstabilkan kadar kolesteri didalam tubuh. Selain itu, senyawa bernama limonene juga berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol tota dan trigliserida secara efektif. Jika kolesterol turun, maka penyakit bahaya seperti stroke dan jantung bisa di minimalisir resikonya.

20. Manfaat daun alpukat untuk mencegah penyakit degeneratif

Terdapatnya senyawa bernama flavanol didalam daun alpukat mempunya sebuah mekanisme untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit degeneratif, salah satunya yaitu osteoarthritis. Serta manfaat lainnya dari daun alpukat juga bisa menjadi bahan alami untuk mencegah masalah penuaan dini.

Baca Juga : 33 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Ampuh

Manfaat lainnya dari daun alpukat untuk kesehatan

manfaat daun alpukat untuk kulit

Selain beberapa manfaat utama diatas, yang bisa menjadikan solusi alami, dan cukup baik untuk kesehatan. Ternyata daun alpukat masih memiliki manfaat luar biasa lainnya, yang tak kalah berkhasiatnya dari daftar diatas. Apa saja manfaat lain dari darun khasiat ini ? Berikut adalah diantaranya.

Baca Juga : 10 Obat Tradisional Untuk Atasi Batuk Kering

21. Manfaat daun alpukat untuk diuretik
22. Manfaat daun alpukat untuk menghambat pertumbuhan bakteri
23. Manfaat daun alpukat untuk mengurangi serangan asma
24. Manfaat daun alpukat untuk menurunkan resiko kanker
25. Manfaat daun alpukat untuk membantu proses detoksifikasi
26. Manfaat daun alpukat untuk mengobati diare
27. Manfaat daun alpukat untuk mengatasi susah tidur
28. Manfaat daun alpukat untuk menghaluskan kulit
29. Manfaat daun alpukat untuk mencegah kulit kering
30. Manfaat daun alpukat untuk menjaga kesehatan rambut
31. Manfaat daun alpukat untuk mengobati gigi berlubang
32. Manfaat daun alpukat untuk meningkatkan kesuburan wanita
33. Manfaat daun alpukat sebagai sumber asam oleat yang tinggi
34. Manfaat daun alpukat untuk menghitamkan rambut
35. Manfaat daun alpukat sebagai sumber lemak tak jenuh
36. Manfaat daun alpukat untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah

Itu tadi beberapa khasiat dan manfaat daun alpukat untuk kesehatan yang bisa kamu buktikan sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *