manfaat ibuprofen untuk anak

Manfaat Ibuprofen Untuk Anak, Lebih Baik Mana Dari Paracetamol ?

Posted on

Yuklihat.com – Disaat sikecil terkena demam, banyak dari para orang tua merasa cemas dan panik akan hal imi. Maklum saja, kondisi anak yang memiliki panas demam tinggi bisa mengancam nyawanya. Dan tak heran para orang tua memilih untuk menggunakan obat penurun panas sebagai altenatif pilihan pertama misalnya saja ibuprofen atau bahkan paracetamol. Kedua jenis obat ini bisa dengan mudah kita temui dipasaran. Dan bisa dipilih sesuai dosis dan efek yang baik yang diberikan. Berbicara tentang manfaat ibuprofen untuk anak atau bahkan paracetamol memang sangat perlu diperhatikan.

Baca Juga : Efek Samping Kesehatan & Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat Serta Pencegahannya

Karena semua itu tergantung kegunaan dan funsinya. Dan fungsi dan efek apa yang ingin anda dapatkan. Seperti yang dikemukakan oleh dr. Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC. Dimana di Indonesia sendiri obat yang digunakan untuk penuruan panas memang lebih familiar adanya kandungan paracetamol didalamnya. Dimana paracetamol sendiri lebih banyak digunakan karena jenis obat yang satu ini lebih dahulu untuk ditemukan dan diperkenalkan di Indonesia.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Serta Varian Olahannya

Dia juga menggarisbawahi, bahwa baik itu antara jenis obat penurun panas paracetamol ataupun bahkan ibuprofen tidak ada yang benar-benar memiliki efek baik didalam melakukan penyembuhan. Karena semuanya terkantung dari sebera banyak gejala panas yang keluar, serta pemberian dosis kepada si anak. Dimana fungsi kedua obat ini hanya menjadi pilihan pertolongan pertama kepada anak disaat mereka terkena demam panas. Berikutnya kita akan melihat pembahasan tentang manfaat ibuprofen untuk anak dan juga paracetamol. Silahkan disimak

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Labu Kuning Untuk Diabetes

Manfaat ibuprofen untuk anak dan paracetamol

Manfaat Ibuprofen Untuk Anak, Lebih Baik Mana Dari Paracetamol

Pemilihan kedua jenis obat ini memang sering dilakukan oleh para orangtua untuk mengatasi panas demam yang terjadi pada anak. Walaupun kedunya memiliki kekurangan, akan tetapi tetap saja ibuprofen dan juga paracetamol selalu digunakan karena menjadi pertolongan pertama dalam masalah demam pada anak.

Kita mulai dari paracetamol, jika dibandingakan dengan ibuprofen jenis obat paracetamol ini memang lebih memiliki efek samping yang lebih minim dan sedikit. Dimana paracetamol ini memiliki dua manfaat yakni dapat menurunkan demam serta memberikan efek untuk mengurangi rasa sakit sehingga anak yang sedang demam akan lebih terasa nyaman. Mengenai cara penggunaannya.

Obat ini bisa ditetapkan dengan cara dikonsumsi melalui mulut atau anus. Pemilihan pengkonsumsian paracetamol di anus biasanya dipilih apabila anak terus-terusan saja menjadi mual dan juga muntah. Manfaat paracetamol yang begitu berguna ialah disaat-saat menangani beberapa penyakit tertentu yakni seperti misalnya demam berdarah, karena pemilihan paracetamol disaat seorang anak menderita demam berdarah adalah solusi yang pas untuk mencabut panas mereka. Walaupun efek baiknya sedikit labih lama dari pada jenis obat ibuprofen.

Berikutnya ibuprofen apakah manfat ibuprofen untuk anak lebih banyak dari paracetamol ? Tentu saja tidak begitu berbeda jauh. Biasanya keunggulan utama dari ibuprofen ini adalah kemampuannya untuk menurunkan panas yang lebih cepat dan tanggap. Namun untuk penerapannya sendiri jenis obat ibuprofen ini hanya bisa dilakukan kepada anak yang berusia lebih dari 6 bulan. Itu semua karena efek samping yang cukup kuat dari jenis obat ini. Namun yang menjadi hal terpenting dari pemberian jenis obat ibuprofen untuk anak ialah apabila suhu demam dari tubuh anak melampaui suhu 38,5 derajat. Jika seandainya suhu anak anda masih dibawah angka tersebut, anda hanya cukup mengkompress saja dengan air hangat.

Efek samping & dosis ibuprofen dan paracetamol untuk demam anak

manfaat ibuprofen untuk demam anak

Pemilihan obat yang tepat guna untuk menjadi pertolongan pertama pada anak ialah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Para ibu dituntut harus tetap dan sigap dengan permasalahan panas demam pada si kecil. Memilih jenis obat paracetamol ayau ibuprofen disaat pertolongan pertama bisa menjadi altenatif. Sebelumnya kita sudah melihat tentang “Manfaat ibuprofen untuk anak dan paracetamol”.

Dimana masing-masing obat ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Serta sangat bisa diharapkan pada kondisi dan sebaiknya perapan ini harus menurut resep dokter. Berikut ini kita akan melihat efe samping dan juga dosis dari ibuprofen serta paracetamol untuk demam anak. Silahkan disimak.

1. Efek samping & dosis ibuprofen untuk demam anak

Obat penuruan demam dan penghilang rasa nyeri serta perangan ini memiliki beberapa efek samping yang bisa diderita oleh si kecil. Dimana sebagai orang tua, kita dituntut untuk sigap dalam melihat efek samping dari sebuah obat. Selain efek baiknya saja. Dan berikut adalah efek samping obat ibuprofen

  • Rasa mual dan terjadinya muntah
  • Perut menjadi kembung
  • Nyeri yang terjadi pada ulu hati
  • Gangguan pada pencernaan
  • Diare serta konstipasi
  • Sakit dibagian kepa
  • Tukak pada lambung
  • Muntah darah
  • Tinja menjadi berawarna hitam atau disertai dengan darah

Lalu berapakah dosis yang sebaiknya digunakan untuk obat ibuprofen ini kepada sikecil ?

Dosis ibuprofen jenis oral untuk demam :
Anak-anak yang berusia 6 bulan sampai dengan 12 tahun bisa mengkonsumsi sebanyak 10 mg/kg setiap 6-8 jam. Dan untuk dosis maksimalnya didalam sehari ialah 40 mg/kg

2. Efek samping & dosis paracetamol untuk demam anak

Obat peracetamil termasuk golongan obat analgesik atau perada nyeri, dan juga antipiretik atau penurun demam. Pemiliki dosis yang tepat, serta mengenal apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan oleh jenis obat ini. Sangatlah perlu diperhatikan oleh orangtua, disaat sianak sedang menderita demam. Berikut adalah efek samping paracetamol untuk demam anak.

  • Penuruanan jumlah dari sel-sel darah, yakni pada sel darah putih atau bahkan trombosit
  • Muncul ruam, terjadinya pembengkakak, atau bahkan kesulitan bernafas karena anak menderita alergi
  • Tekanan darah rendah atau hipotensi, dan jantung menjadi berdetak dengan cepat (takikardi). Kerusakan bisa terjadi pada hati dan ginjal, apabila menggunakan obat ini secara berlebihan.
  • Bisa terjinya overdosis jika menggunakannya lebih dari 200mg/kgnya. Atau yang lebih dari 10 gram didalam 24 jam.

Dosis paracetamol untuk anak:

  • Usia 2-3 bulan setelah imunisasi : 60 mg tiap 4-6 jam
  • Usia 3-6 bulan : 60 mg tiap 4-6 jam
  • Usia 6-24 bulan : 120 tiap 4-6 jam
  • Usia 2-4 tahun : 180 tiap 4-6 jam
  • Usia 5-6 tahun : 240 tiap 4-6 jam
  • Usia 6-8 tahun : 240-250 tiap 4-6 jam
  • Usia 8-10 tahun :360-375 tiap 4-6 jam
  • Usia 10-12 tahun : 480โ€“ 500 tiap 4-6 jam
  • Usia 12-16 tahun : 480 โ€“ 750 tiap 4-6 jam

Itu tadi “Manfaat Ibuprofen Untuk Anak” dan juga manfaat paracetamol untuk anak. Serta efek samping dan juga dosis yang aman untuk digunakan untuk sikecil. Kedua jenis obat ibu tentu memiliki efeknya masing-masing. Jika sampai si kecil mendapatkan efek samping yang begitu banyak segeralah berhenti mengkonsumsi obat tersebut, dan segera bawa kedokter. Sebaiknya konsultasilah kedokter anda sebelum memutuskan untuk menggunakan obat sebagai pertolongan pertama jika anak anda menderita demam. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *