fungsi ibuprofen untuk sakit gigi

Manfaat Ibuprofen Untuk Sakit Gigi Sebagai Pereda Rasa Sakit Yang Efektif

Posted on

Yuklihat.com – Sakit gigi menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh banyak orang. Mulai dari mereka yang berusia masih kecil hingga sudah dewasa. Dan mengenai penyebab dari sakit gigi ini begitu beragam. Misalnya saja karena kurangnya menjaga kesehatan dari mulut dan gigi. Dan pada akhirnya menyebabkan kuman dan juga bakteri bisa bersarang di bagian gigi. Dibagian bawang kita akan membahas lebih lengkap tentang manfaat ibuprofen untuk sakit gigi. Namun sebelum itu, mari kita terlebih dahulu mengenal sakit gigi ini. Sakit gigi ini merupakan sebuah kondisi nyeri yang dirasakan pada area sekitaran gigi dan juga rahang.

Baca Juga : Efek Samping Kesehatan & Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat Serta Pencegahannya

Dimana rasa nyeri yang timbul ini sangatlah mengganggu. Apalagi disaat malam hari. Sakit gigi memiliki beberapa pengelompokan menurut dari tingkat keparahannya. Mulai dari sakit gigi yang ringan, hingga sampai ke yang akut atau parah. Rasa nyeri yang munculpun akan bisa terus terasa sepanjang hari. Dan bisa dengan mudah muncul dan menghilang begitu saja, tanpa diketahui kapan waktu munculnya. Sakit gigi ini akan sangat terasa disaat penderitanya akan makan ataupun minum. Terutama untuk makanan dan minuman yang panas atau dingin, serta saat berbaring dimalam hari.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Serta Varian Olahannya

Disaat seseorang menbgalami sakit gigi biasanya akan sulit dibedakan apakah berasal dari gigi yang terinveksi atau rahang. Karena letak dari kedua area ini berdekatan jadinya sangat sulit untuk dibedakan. Beberapa gejala yang biasa timbul apabila seseorang mengalami sakit gigi ialah terjadia bengkah pada area sekitaran gigi yang sudah terinveksi, rasa serta bau busuk pada area gigi yang terinfeksi, terjadinya demam dan pusing. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang manfaat ibuprofen untuk sakit gigi. Sebaiknya kita melihat dahulu penyebab sakit gigi ini. Silahkan disimak.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Labu Kuning Untuk Diabetes

Penyebab sakit gigi

ibuprofen untuk sakit gigi

Sakit gigi sangatlah begitu memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap aktivitas si penderitanya. Banyak orang yang merasa tidak kuat untuk melakukan aktivitas karena rasa nyeri pada area gigi sangat menggangu. Dan apakah yang sebenarnya menjadi penyebab dari timbulnya sakit gigi ini ? Berikut adalah penjelasannya. Didalam gigi seseorang terdapat bagian bernama pulpa gigi.

Dimana ini adalah lapisan yang berasal dari struktur gigi sendiri. Yang terdiri dari pembuluh darah dan juga saraf sensitif. Dan sakit gigi ini terjadi karena bagian pulpa mengalami peradangan. Lalu bagaimana dengan penyebabnya ? Penyebab dari peradangan pada pulpa ini begitu beragam. Diantaranya :

  1. Pembusukan yang terjadi pada gigi, Biasanya kondisi ini sering kali disebabkan oleh adanya lubang pada gigi.
  2. Terjadinya penumpukan nana didalam dasar gigi dan akibatnya terjadilah infeksi karena bakteri bernama abses periapikal.
  3. Penyusutagn pada gusi.
  4. Gigi yang mengalami keretakan.
  5. Tambahan gigi yang mengalami kerusakan, apabila sebelumnya pernah melakukan tambal gigi.

Selain penyebab sakit gigi dikarenakan adanya perangan pada area pulpa gigi. Ada juga beberapa kondisi yang bisa menyebabkan nyeri sakit gigi bisa terjadi dimana rasanya menyerupai sakit gigi karena pulpa gigi. Berikut adalah diantaranya :

  1. Sinusitis.
  2. Abses periodontal, Terjadinya cedera pada area sendiri temporomandibular yakni sendiri yang menghubungan bagian rahan dengan tengkorak kepala.
  3. Pembengkakan pada area gusi atau pecahnya gusi akibat gigi yang tumbuh.
  4. Tukak gusi.
  5. Tumbuh gigi baru, biasanya ini dialami oleh bayi dan juga anak-anak.

Berikutnya kita akan melihat manfaat ibuprofen untuk sakit gigi. Silahkan disimak.

Manfaat ibuprofen untuk sakit gigi

obat ibuprofen untuk sakit gigi

Masalah sakit gigi bisa dilakukan penyembuhan dengan berbagai cara. Tergantung apa yang menyebabkan terjadinya sakit gigi tersebut. Pengobatan sakit gigi ini bisa menggunakan metode pengobatan yang alami atau herbal. Dan ada juga yang menggunakan obat-obat dari dokter atau obat buatan. Salah satunya ialah memanfaatkan obat bernama ibuprofen. Dimana bisa bermanfaat ibuprofen untuk sakit gigi. Obat ibuprofen ini bisa dipilih sebagai salah satu solusi awal penangan sakit gigi karena termasuk jenis obat anti-inflamasi atau (OAINS) yang mana akan bekerja denagn cara mengurangi hormon yang menjadi penyebab timbulnya peradangan serta rasa sakit di tibuh.

Salah satunya ialah untuk sakit gigi. Masalah rasa nyeri dan radang pada area gigi. Benar-benar memberikan efek yang amat mengganggu. Ibuprofen juga akan berperan pada produksi prostaglandin. Dimana merupakan sebuah senyawa yang menyebabkan terjadinya inflamasi serta rasa sakit. Dan prostaglandi ini akan dibantu dikeluarkan atau dilepaskan oleh ibuprofen. Selain itu beberapa gejala yang muncul disaat seseorang sakit gigi, seperti demam sakit kepala juga akan dibantu meredakannya oleh ibuprofen.

Obat ibuprofen ini hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri dan peradangan akibat sakit gigi sementara saja. Karena rasa nyeri dan sakit akibat gigi yang bermasalah sangat menjadi hal utama yang dihilangkan sebelum masuk ketahap penyembuhan. Sebaiknya untuk penyembuhan menyeluruh anda bisa datang kedokter, melakukan diagnosa terhadap penyebab sakit gigi anda, lalu kemudian mengkonsumsi resep obat yang diberikan oleh dokter.

Baca Juga : Manfaat Ibuprofen Untuk Anak, Lebih Baik Mana Dari Paracetamol ? Berserta Efek Samping & Dosis

Untuk dosis yang dapat anda konsumsi dari obat ibuprofen guna untuk mengatasi rasa sakit akibat masalah gigi ialah sebanyak 400mg (tablet) dalam tiga kali sehari (orang dewasa). Semoga informasi ini bisa membantu anda untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi, dan sekedar menambah wawasan mengenai manfaat ibuprofen untuk sakit gigi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *