manfaat ikan salmon bagi bayi

9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Bayi & Apakah Salmon Bahaya Untuk Bayi ?

Posted on

9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Bayi – Penting bagi seorang wanita yang sudah memiliki anak bayi untuk memperhatikan nutrisi yang diberikan kepada bayinya. Dan bahkan tak hanya sudah lahir, orangtua haruslah memberikan nutrisi-nutrisi terbaik untuk bayi semenjak di masih dalam kandungan. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk membuat bayi bisa tumbuh dengan optimal serta sehat. Dan disaat bayi bisa tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas karena mendapatkan nutrsi yang baik serta sehat karena asupan makanan yang baik, menjadi sebuah rasa kepuasan tersendiri bagi orangtua.

Salah satu jenis nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk dapat terus berkembang dan menjasi anak yang cerdas adalah nutrisi untuk otaknya. Salah satu sumber nutrisi yang baik untuk otak bayi ialah dari ikan salmon. Dan Apa manfaat ikan salmon bagi bayi ? Pada artikel inilah kita akan membahasnya. Adapun pertanyaan-pertanyaan seperti cara memasak ikan salmon untuk bayi, khasiat ikan salmon untuk bayi 6 bulan, serta apakah ada bahaya ikan salmon untuk bayi ? Semua itu akan kita bahas pada artikel ini, dan silahkan disimak.

Baca Juga : 14 Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil Serta Bahayanya !!

Namun sebelum itu sebaiknya ikan mengenal terlebih dahulu ikan salmon ini. Menurut wikipedia ikan salmon merupakan jenis ikan yang termasuk kedalam famili salmonide, serta termasuk spesies anadromous yakni salah satu spesi yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon sendiri lahir di air tawar, lalu bermigrasi ke air laut, dan kemudian kembali lagi ke air tawar untuk bereproduksi. Sebelum kita membahas mengenai manfaat ikan salmon untuk bayi 6 bulan, 9, dan 10, terlebih dahulu mari kita lihat tentang bagaimana cara memasak ikan salmon untuk bayi agar nutrisi terbaik dari ikan ini bisa didapatkan. Silahkan disimak berikut ini.

Cara memasak ikan salmon untuk bayi

Pengolahan ikan salmon yang benar sangatlah diperlukan. Karena jika sampai salah dalam melakukan pengolahan maka nutrisi yang terdapat didalam ikan salmon bisa terbuang percuma. Bagi kamu yang memiliki bayi, ikan salmon bisa diolah dengan cukup merebusnya saja, lalu mencampurkan dengan nasi atau mpasi. Namun jika anak kamu sudah memasuki usia balita, maka bisa diolah menjadi nugget atau dibuat sup agar anak jadi lebih tertarik dengan rawsanya.

Manfaat ikan salmon bagi bayi

manfaat ikan salmon untuk bayi 9 bulan

1. Meningkatkan kecerdasan otak

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi ialah salmon. Manfaat dari kandungan omega 3 ini adalah membantu dalam mengoptimalkanm otak bayi dan membuatnya lebih cerdas. Oleh sebab itu meningkatkan kecerdasan otak menjadi salah satu manfaat ikan salmon untuk bayi 10 bulan atau dibawahnya. Tidak hanya baik untuk bayi, salmon juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang diperlukan dalam perkembangan janin serta otaknya bisa terpenuhi, sehingga bisa dilahirkan dengan kondisi yang optimal. Oleh sebab itu, jadikanlah salmon sebagai salah satu menu makanan bayi kamu.

Baca Juga : 32 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan, Kecantikan & Kesuburan

2. Membantu mengoptimalkan penglihatan pada bayi

Tidak hanya karena kandungan omege 3 yang tinggi, ternyata manfaat ikan salmon untuk bayi 9 bulan lainnya ialah untuk mengoptimalkan penglihatan bayi. Hal ini disebabkan oleh kandungan bernama DHA dan AHA yang penting bagi bayi. Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki bayi yang sudah dapat mencerna makanan maka masukkan salmon kedalam menunya, agar penglihatannya menjadi baik.

3. Mencegah penyakit jantung

Salah satu manfaat ikan salmon bagi bayi 8 bulan atau dibawahnya ialah Menjaga kesehatan jantung mulai dari masih bayi merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Sebab penurut penelitian penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, baik itu orang dewasa hingga bayi. Untuk itu, kesehatan dari jantung anak semenjak dia masih bayi haruslah lebih diperhatikan dengan seksama. Salah satu nutrisi yang membantu kesehatan jantung bayi ialah ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan yang bisa menghancurkan lemak jagat yang bisa menyumbat saluran arteri. Sehingga masalah ini bisa diantisipasi dengan baik oleh ikan salmon.

Baca Juga : 32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan & Kecantikan, Serta Cara Makannya

4. Mencegah penyakit kulit pada bayi

Berikutnya menfaat ikan salmon untuk bayi umur 7 bulan ialah sebagai pencegah penyakit kulit pada bayi. Manfaat ini diperolah karena kandungan omega 3 didalam salmon. Yang mana kandungan ini akan membantu kulit bayi jadi lebih terjaga dari berbagai masalah termasuk penyakit kulit. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa kulit bayi sangat begitu sensitif jadi para orangtua perlu memberikan nutrisi lebih untuk kulit sang bayi, salah satunya dari ikan salmon.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Jika ada yang bertanya tentang ” Ikan apa saja yang bagus untuk bayi? “, maka salah satu jawabannya adalah ikan salmon. Walupun diluar sana cukup banyak artikel yang membahas tentang ikan tuna dengan judul ” Manfaat ikan tuna untuk bayi “. Akan tetapi kandungan didalam salmon tidak boleh diabaikan begitu saja. Karena salah satu manfaat ikan salmon untuk bayi ialah sebagai penjaga daya tahan tubuhnya. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi bernama DHA, yang sebelumnya sudah pernah kita singgung. DHA akan membantu dalam menjaga sistem imun bayi menjadi lebih baik dan tak mudah sakit. Oleh sebab itu sangat disarankan sekali bagi para ibu untuk memberikan ikan salmon ke bayi mereka agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Baca Juga : 9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak Secara Alami

6. Mencegah penyakit

Masalah kesehatan pada bayi adalah hal yang paling rawan. Seperti pembahasan sebelumnya, yakni manfaat salmon untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. Dimana selain DHA, kandungan asam amino didalam salmon juga memiliki peranan nyata dalam menjaga kesehatan dan saluran pencernaan bayi. Tak hanya itu beberapa penyakit juga bisa dicegah dengan kandungan ini, seperti kardiovaskular, radang sendiri, hingga diabetes.

7. Sumber omega 3 yang tinggi

Jika membahas mengenai nutrisi omega 3 maka salmon adalah juarannya, dan disusul oleh sarden. Kandungan omega 3 sangatlah banyak manfaatnya seperti membantu dalam pertumbuhan bayi, matanya, otak, serta saraf bayi.

Baca Juga : 13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

8. Meningkatkan daya fokus

Tak hanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecerdasan, salmon juga bisa diandalkan untuk meningkatkan daya fokus dan juga daya kreatifitas dari seorang anak. Hal ini diperankan lagi oleh nutrisi omega 3 dan juga kandungan DHA didalam ikan salmon. Sehingga menjadi salah satu manfaat ikan salmon untuk bayi 1 tahun atau dibawahnya.

9. Mencegah eksim

Eksim sendiri merupakan masalah kesehatan yang membuat penderitanya menjadi gatal-gatal. Dan biasanya sering diderita oleh bayi dan balita. Salah satu solusi untuk menangkal masalah ini ialah dengan mengkonsumsi ikan tuna atau salmon.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan & Pengobatan

Usia berapa bayi boleh makan ikan salmon ?

manfaat ikan salmon untuk bayi 10 bulan

Pemberian ikan salmon sebagai MPASI (makanan pengganti ASI) untuk bayi bisa mulai dilakukan pada saat pengenal makanan padat pertama pada anak yakni sekitar usia 6 bulan seperti yang dilansirkan oleh situs hellosehat.

Namun yang perlu kamu ingat disini ialah apakah si bayi alergi dengan ikan salmon atau tidak, jika tidak maka lanjutkan. Tapi apabila alergi segera hentikan.

Apakah bahaya salmon bagi bayi ?

manfaat ikan salmon untuk bayi 6 bulan

Kebanyakan orang merasa sedikit resah tentang bahaya salmon yang disebabkan oleh kandungan merkuri didalamnya. Namun penyataan ini diluruskan oleh ahli gizi Rita Ramayulis DCN MKes yang dikutip dari tribunnews pada artikel berjudul Ini Manfaat Ikan Salmon Buat Anak

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

Menurut Rita ikan yang memiliki kandungan merkuri masih dapat dikonsumsi oleh manusia, asalkan masih dalam batas aman. Dan ikan salmon menjadi salah satu ikan dengan kandungan merkuri yang masih rendah karena berada dilaut dalam, sehingga masih aman dikonsumsi setiap hari.

Itu tadi pembahasan tentang manfaat ikan salmon untuk bayi, cara memasak ikan salmon untuk bayi serta menjawab pertanyaan apakah salmon berbahaya untuk bayi?. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://bidanku*com/kapan-bayi-boleh-diberi-ikan
https://zonamama*com/jangan-salah-apakah-bayi-boleh-diberi-ikan/
https://hamil*co*id/bayi/makanan-bayi/manfaat-ikan-salmon-untuk-bayi
https://www.halodoc*com/4-manfaat-ikan-salmon-untuk-bayi
https://bidanku*com/forum/showthread.php?209-Manfaat-Ikan-Salmon-Bagi-Pertumbuhan-Bayi
http://www.solusisehatku*com/manfaat-ikan-salmon-dan-ikan-tuna-untuk-perkembangan-anak
https://health.detik*com/berita-detikhealth/d-2294723/rutin-makan-ikan-salmon-tiap-minggu-buat-anak-lebih-mudah-konsentrasi
http://www.tipsanakbayi*com/2017/04/4-manfaat-ikan-untuk-mpasi-bayi-resep.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *