Apa manfaat dari buah delima

32 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan, Kecantikan & Kesuburan

Posted on

32 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan – Jika mendengar nama delima mungkin sebagian besar dari kita akan mengingat tentang sebuah buah yang merah, memiliki isi banyak berbentuk biji-biji didalamnya. Namun jika ditanya apa manfaat dari buah delima ? mungkin tak semua orang mengetahuinya. Tak heran buah yang bernama latin pomegranate ini sudah begitu akrab ditelinga kita, dikarenakan sudah lama dibudidayakan dinegara ini. Akan tetapi tak sedikit dari kebanyakan orang yang merasa ribet dengan buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan delima memiliki biji-biji dengan ukuran yang kecil dan banyak. Serta biji tersebut cukup keras untuk dikonsumsi.

Baca Juga : 32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan & Kecantikan, Serta Cara Makannya

Lalu bagaimana cara makan buah delima ini ? Tentunya selain dengan cara mengkonsumsinya secara langsung, kita masih bisa mengolah buah delima menjadi olahan yang lebih gampang lagi, serta sama sekali tidak menghilangkan nutrisi penting yang terkandung didalamnya. Dan cara pengolahan buah delima yang akan kita bahas ini, sangatlah gampang dan bisa kamu lakukan sendiri dirumah dengan mudahnya. Yaitu dengan cara mengolah buah delima menjadi jus.

Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang jual jus delima kemasan yang tentunya lebih praktis, baik itu untuk yang jual jus delima merah ataupun putih. Akan tetapi jika seandainya kita masih bisa membuatnya sendiri, kenapa harus dibeli ? Ditambah lagi dengan cara mengolah jus delima menjadi jus sendiri dirumah, kita lebih tau akan campuran apa saja yang kita masukkan kedalamnya, yang mana kita bisa dengan mudah menerapkan cara buat jus delima asli dan alami.

Cara membuat jus delima

  • Silahkan siapkan bahan-bahannya, yakni 1 buah delima, air sebanyak 240ml, gula sesuai selera, serta tambahan lainnya, seperti susu/madu.
  • Langkah pertama, silahkan potong buah delima, dan keluarkan bijinya dari kulit buahnya.
  • Berikutnya masukkan kedalam blender, dan tambahkan gula serta bahan tambahan seperti madu/susu.
  • Silahkan blender hingga halus.
  • Dan sajikan.

Kandungan buah delima

Setelah melihat cara membuat jus delima diatas, selanjutnya kita perlu mengetahui apa saja kandungan nutrisi baik yang terdapat didalam buah yang satu ini. Berikut adalah daftar kandungan giziĀ  yang ada didalam buah delima :

Baca Juga : 9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak Secara Alami

  • Serat
  • Vitamin K
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin A
  • Vitamin B3 (niasi)
  • Vitamin B9 (asam folat)
  • Fitonutrien
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Polifenol
  • dll

Jika melihat berbagai macam kandungan gizinya diatas, tentunya kita bisa menebak bahwa jus dari buah delima tentunya memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan ? Berikut adalah manfaat jus delima putih atau merah untuk kesehatan.

Manfaat jus buah delima untuk kesehatan

manfaat jus delima putih

1. Melawan obesitas

Salah satu manfaat buah delima bila dikonsumsi dalam bentuk jus adalah untuk melawan obesitas. Mengkonsumsi 8 ons jus delima didalam perharinya diperkirakan mampu untuk mencegah berat badan yang berlebihan. Selain itu jus delima juga mampu untuk melawan rasa lapat dengan memberikan sensasi kenyang. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2016 lalu oleh Queen Margaret University, Edinburgh, Skotlandia. Para peneliti mendapati otang yang mengkonsumsi jus delima setiap hari menjadi tidak sering merasa lapat, hasrat untuk makannya menjadi berkurang serta menjadi lebih cepat kenyang. Diperkirakan hal ini dikarenakan pengaruh kandungan polifenol didalamnya yang dapat menekan rasa lapar.

2. Mencegah penyakit jantung

Studi lain yang menyebutkan tentang manfaat jus buah delima adalah studi yang dilakukan di Amerika Serikat mendapati bahwa orang yang mengkonsumsi 800 mg minyak dari delima setiap harinya selam 4 pekan mengalami penurunan trigliserida serta memberikan peningkatan rasio antara trigliserida-kolesterol baik. Dari studi tersebut juga merangkum bahwa konsumsi setengah gelas jus buah delima dan kurma pada setiap harinya, diketahui bisa melindungi diri dari penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Dan lagi-lagi ini semua dikarenakan manfaat antioksidan yang terdapat didalam delima.

Baca Juga : 13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

3. Melawan kanker payud*ra

Salah satu khasiat jus delima untuk wanita adalah melawan kanker payud*ra, hal ini dikarenakan sebuah kandungan bernama fitokimia yang mampu untuk memperlambat perkembangak berbagai jenis kanker payud*ra. Hal ini dipertegas oleh studi tahun 2010 lalu, yang mengatakan bahwa ellagitannin bisa membantu untuk mengurangi perkembangan dari kanker payud*ra yang jenis sensitif pada estrogen. Ellagitannin dipercaya bekerja dengan cara menghalau aromatase-enzim yang menjadi kunci utama yang digunakan oleh tubuh untuk membuat estrigen. Dan zat ini juga lah yang mencegah perkembangbaiakan dari sel kanker serta perkembangan reseptor estrogen.

4. Meningkatkan daya ingat

Manfaat jus delima merah atau putih selanjutnya ialah membantu dalam meningkatkan daya ingat. Senyawa polifenol didalam delima dipercaya mampu untuk mejaga kesehatan dari otak kamu. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 silam, mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi sebanyak 1 cangkir buah delima selama empat pekan akan membantu untuk meningkatkan kemampuan dari daya ingat verbal ataupun visual orang dewasa yang mengaku ada masalah pada daya ingatnya.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan & Pengobatan

5. Melawan artritis

Khasiat jus delima campur madu salah satunya ialah untuk atasi peradangan arthritis yang terjadi akibat dari pola makan yang kurang baik. Delima memiliki kandungan antiradang yang bisa membantu untuk menetralisasi serta mengurangi peradangan yang terjadi. Studi pada tahun 2016 lalu menemukan bahwa ekstrak dari delima mampu dalam mengurangi gejala stres oksidatif dan artritis rheumatoid. Kamu hanya perlu mengkonsumsi jus buah delima ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

6. Sumber vitamin dan mineral penting

Selanjutnya untuk khasiat jus delima asli ialah sebagai sumber dari vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Hal ini dikarenakan didalam buah delima memiliki ratusan biji dan kulit yang bisa dimakan. Dan biji serta kulit inilah yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti mineral, vitamin K, vitamin C, protein dan serat. Bahkan kandungan nutrisi vitamin C yang terdapat didalam buah delima ini sangat tinggi dan bisa memenuhi sebesar 30% kebutuhan dari vitamin C tubuh dalam 1 hari hanya dengan 1 cangkir buah delima.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

7. Menjaga keseimbangan gula darah

Walaupun buah delima mengandung fruktosa, akan tetapi kandungan ini berbeda dengan buah yang lainnya. Dengan meminum jus buah delima maka tidak akan mengakibatkan kenaikan dari gula darah seseorang. Hal ini terbukti dari para pasien diabetes yang meminum jus buah delima pada setiap hari selama seminggu, dan mereka sama sekali tidak mengalami kenaikan kadar gula darah secara begitu signifikan.

8. Menjaga kestabilan tekanan darah

Jus dari buah delima juga terkenal berkat kemampuannya yang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nutrisi didalamnya dapat bermanfaat dalam menjegah penggumpalan atau pengentalan terhadap darah didalam pembuluh darah kita. Oleh seba itu darah akan semakin encer dan membuat sirkulasinya semakin lancar. Selain itu jus buah delima juga mampu untuk atasi gangguan pada pembuluh darah seseorang.

9. Menurunkan resiko kanker

Selain bisa melawan kanker payud*ra ternyata jus buah delima juga bisa menurunkan resiko kanker lainnya. Hal ini tak lain karena kandungan antioksidannya bisa mengatasi radikal bebas yang menjadi pemicu timbulnya kanker. Selain itu buah delima juga bisa menetralkan toksin serta memberikan peningkatan terhadap kekebalan tubuh.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

10. Membantu penyembuhan infeksi

Masa penyembuhan akibat infeksi dari virus atau bakteri bisa dibantu penyembuhannya secara alami dengan jus buah delima. Hal ini tak lain karena delima memiliki sifat antibakteri dan antimokroba yang bisa membantu dalam melawan virus dan juga kuman penyebab infeksi.

11. Mencegah anemia

Salah satu khasiat jus delima untuk ibu mengandung atau hamil ialah membantu untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi didalamnya akan berfungsi untuk meningkatkan produksi dari sel darah merah didalam tubuh. Dan tak hanya ibu hamil, namun orang biasa yang menderita anemia juga bisa mengkonsumsi jus delima ini.

12. Menurunkan kolesterol

khasiat jus delima untuk lelaki atau wanita lainnya adalah sebagai penurun kolesterol. Hal ini terbukti lewat sebuab penelitian yang menyuruh pasien untuk mengkonsumsi jus delima, dan hasilnya adalah kadar LDL atau kolesterol jahat didalam tubuh pasien menjadi turun.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

13. Suplemen yang baik untuk ibu hamil

Kandungan gizi yang baik menjadi manfaat jus delima untuk ibu hamil yang paling banyak diketetahui oleh banyak orang. Tentunya seorang ibu hamil haruslah memenuhi gizinya dengan baik untuk pertumbuhan janin. Dan kandungan-kandungan baik didalam jus delima bisa cukup diandalkan untuk memenuhi itu semua. Selain itu kalium didalam jus delima juga membantu dalam meredakan kaki ibu hamil yang sering kram. Tak hanya itu mengkonsumsi jus delima secara rutin juga membantu untuk menurunkan kelahiran prematur.

14. Sebagai anti aging untuk kulit

Tingginya kandungan antioksidan didalam buah delima sangatlah memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk mengatasi masalah penuaan pada kulit. Kami hanya perlu mengkonsumsi jus delima secara rutin pada setiap harinya untuk mengatasi masalah seperti keriput dan garis-haris halus pada kulit. Namun tak hanya itu, jus delima juga akan membantu proses dari regenerasi sel kulit, serta mengatasi noda hitam.

15. Memudarkan bekas luka

Kamu yang mengalami masalah bekas luka, mungkin bisa memanfaatkan buah delima sebagai solusi alaminya. Hal ini karena jus delima bisa membantu regenerasi kulit hingga sampai kelapisan dalam. Selain itu delima juga mampu meningkatkan produksi dari kolagen pada kulit, dan membuat kulit terhindari dari efek sinar matahari secara langsung.

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

16. Mencegah alzheimer

Penyakit alzheimer mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun masalah ini bisa dibantu pencegahannya dengan memanfaatkan jus buah delima. Hal ini lagi-lagi karena kandungan antioksidan yang tinggi didalam buah delima itu sendiri.

17. Melancarkan sistem pencernaan

Selalu rawat sistem pencernaanmu secara alami dengan mengkonsumsi jus buah delima. Solusi alami ini akan sangat membantu sekali untuk kesehatan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu juga berguna untuk mencegah inflammatory bowel disease (IBD).

Manfaat buah delima untuk kesuburan

kandungan buah delima

18. Meningkatkan lobido

Menurut sebuah penelitian dari Queen Margaret University di Edinburgh, jus buah delima bisa memiliki fungsi sebagai afrosidiak alami serta membantu untuk meningkatkan gairah seksual pada pria. Hasil penelitian ini didapat setelah menunjuk pria untuk mengkonsumsi jus delima secara rutin pada setiap harinya selam 15 hari. Dan hal ini mendapatkan hasil dengan melonjaknya hormon testosteron yang mampu untuk membuat libido seseorang meningkat.

Baca Juga : 36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

19. Meningkatkan kualitas sp*rma

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menyatakan bahwa minum jus buah delima pada setiap paginya bisa membantu meningkatkan konsentrasi dari sp*rma pria. Serta membantu meningkatkan kepadatan sel sp*rmatogenik hingga lapisan germina yang membuat produksi sp*rma menjadi meningkat.

20. Membantu atasi ejakulasi dini

Minum jus delima ternyata juga membantu untuk terhindari dari masalah ejakulasi dini. Semua itu karena kandungan nitrat didalam jus delima yang akan mmebantu untuk meningkatkan aliran darah kealat kelam*n. Namun juga bisa mengurangi masalah stres oksidatif yang menjadi salah satu penyebab dari ejakulasi dini.

Baca Juga : 37 Cara Menghilang Jerawat Secara Alami, Efektif Dan Mujarab

Manfaat lainnya jus delima untuk kesehatan

Bagaimana cara makan buah delima
21. Membantu meredakan sakit maag
22. Membantu untuk sembuhkan diare dan perut melilit
23. Mengurangi peradangan dinding pembuluh darah
24. Mengurangi penyumbatan arteri
25. Menghalau radikal bebas
26. Sebagai antivirus, antimikroba dan antibakteri alami
27. Mengatasi penggumpalan darah
28. Sumber serat yang baik
29. Mencegah kerusakan pada tulang
30. Mencegah kerontokan
31. Menghindari dehidrasi
32. Mencegah cacingan pada anak

Itu tadi pembahasan tentang 32 manfaat jus delima untuk kesehatan, kecantikan & kesuburan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://id.wikihow*com/Membuat-Jus-Delima
https://womantalk*com/health-fitness/articles/ini-manfaat-hebat-bila-sering-konsumsi-jus-delima-D40Le
https://www.dream*co*id/fresh/7-manfaat-rutin-minum-jus-delima-170925t.html
https://www.merdeka*com/sehat/pria-wajib-minum-jus-delima-untuk-dapatkan-manfaat-seksual-ini.html
http://cintaihidup*com/10-manfaat-jus-delima-bagi-kesehatan/
https://nusantaranews*co/buah-delima-kandungan-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *