Manfaat & Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Obat Telinga

Manfaat & Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Obat Telinga

Posted on

Yuklihat.com – Manfaat bawang putih untuk kesehatan dan pengobatan memang sudah banyak dilakukan penelitian terkait dengan hal ini. Selain biasanya banyak para orang tua, atau koki yang melakukan kegiatan memasak yang memasukkan bawang putih sebagai salah satu bumbu atau rempah-rempah yang penting didalam masakan mereka. Dan tujuannya tak lain untuk menciptakan sebuah masakan yang lebih enak, mulai dari aroma yang dicium hingga peningkatakan pada rasa.

Baca Juga : Manfaat & Khasiat Bawang Putih Untuk Flek Hitam Di Wajah

Selain sebagai bahan masak, bawang putih juga sering dimanfaatkan untuk obat dan kesehatan. Misalnya saka manfat bawang putih ini dapat menjadi vigra alami, dan dimanfaatkan untuk meningkatkan vitalitas pada pria. Selain manfaat itu, ternyata orang-orang dan pakar kesehatan juga sering memanfaatkan bawang putih ini untuk mengobati masalah yang terjadi pada telinga. Misalnya saja sakit pada area dalam telinga seseorang. Semua ini tentu saja dilandasi dengan alasan yang jelas.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Bahayanya

Didalam bawang putih terkandungn berbagai sifat yang bermanfaat seperti misalnya, sifat anti bakteri, anti jamur, anti mikroba, dan juga antioksidan. Dimana semua sifat ini mampu dalam mengatasi berbagai infeksi yang terjadi termasuk pada telinga seseorang. Selain itu, kandungan beberapa jenis vitamin dan nutrisi lainnya, seperti vitamin B6, C, kalsium, potasium, dan juga potasium juga dapat memberikan peningatakan terhadap kekebalan tubuh kita.

Baca Juga : 7 Manfaat & Khasiat Bunga Ekor Kucing Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Dan faktanya sekitar berbad-abad yang lalu, manusia dari berbagai penjuru dunia sering memanfaatkan bawang putih sebagai obat guna untuk mengatasi penyakit, seperti radang ternggorokan, sinus, sakit kepala dan infeksi telinga. Dan kali ini manfaat bawang putih untuk telinga-lah yang akan kita bahas lebih dalam.

Manfaat bawang putih untuk telinga

Manfaat & Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Obat Telinga

Infeksi pada telinga sebetulnya ialah sebuah jenis gangguan yang biasanya umum terjadi. Dan penyebabnnya-pun salah satunya ialah dari akumulasi cairan yang terdapat pada telinga yang ada di area tengah. Selain itu penyebab lainnya yang dapat memicu terjadinya infeksi ini ialah adanya virus, dan beberapa penyakit yang dapat memicu ini semua, seperti, demam, alergi, flu, bakteri, hingga sampai kemasukan debu. Lalu apakah bawang putih ini dapat bermanfaat untuk telinga ?

Baca Juga : Efek Samping Kesehatan & Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat Serta Pencegahannya

Tentu saja bisa, dimana peran bawang putih ialah untuk melakukan pembasmian dan membunuh kuman yang bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah gangguan pada telinga seseorang. Selain membasmi bawang putih juga dapat membersihkan telinga anda dengan cara yang alami. Semua itu dikarenakan adanya berbagai kandungan baik didalam bawang putih, termasuk diantaranya kandungan asam fosfor yang dipercaya mampu dalam mengatasi masalah ini.

Cara memanfaatkan bawang putih untuk telinga

Masalah infeksi yang terjadi pada telinga memang cukup mengganggu bagi kebanyakan orang. Dan ternyata masalah yang terjadi di area telinga ini terutama bagian dalam haruslah diperhatikan dengan seksama dan benar-benar. Agar keterlambatan penanganan yang lebih serius tidak terjadi pada anda. Selain bisa menggunakan obat yang disediakan oleh dokter, anda juga dapat manfaatkan bawang putih dalam mengatasi masalah yang terjadi pada arena telinga anda dengan begitu mudah. Berikut adalah caranya, silahkan disimak dan diterapkan.

1.Memanfaatkan bawang putih untuk telinga

  • Silahkan terlebih dahulu anda siapkan bawang putih yang sudah dikupas.
  • Selanjutnya potonglah bawang putih tersebut dan memilih bagian umbi bagian tengahnya serta pastikan pas masuk didalam telinga anda.
  • Selanjutnya balutlah bawang putih tadi dengan kain kasa.
  • Dan kemudian masukkan kedalam telinga anda, tidak usah terlalu dalam.
  • Dan yang paling penting pastikan anda dapat mengambilnya dengan mudah nantinya dan masih “nongol” keluar.
  • Fungsi kain kasa sendiri agar mempermudahkan anda dalam melakukan pengangkatan bawang putih jika sudah selesai.
  • Diamkanlah bawang putih tadi sekitar semalaman.
  • Angkatlah besok paginya.

Cara ini bisa membantu anda dalam membersih telinga anda, dan membuatnya menjadi lebih lembut serta bersih. Selain itu cara ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi pada telinga dan menyehatkan telinga anda. Masalah sakit kepalapun juga bisa terbantu dengan cara ini.

2.Memanfaatkan bawang putih dengan minyak zaitun untuk telinga

  • Terlebih dahulu, siapkanlah satu siung bawang putih dan juga 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak wijen.
  • Selanjutnya panaskan minyak zaitun/wijen tadi dengan cincangan bawang putih didalamnya.
  • Jangan lupa gunakan api kecil didalam memanaskannya sekitar kurang lebih 20 menitan, agar nantinya kandungan bawang putih dapat meresap ke minyak tadi.
  • Setelah itu, silahkan anda saring.
  • Dan simpan ramuan tersebut didalam lemari es, karena jika terlalu lama di luar dan suhu ruangan luar ramuan ini beracun.
  • Sesudah cukup dingin, silahkan anda teteskan sebanyak 2 tetes ramuan minyak tadi ke telinga anda.

Altenatif lainnya yang dapat anda coba ialah dengan cara tanpa memanaskan, yakni hanya merendam cincangan bawang putih tadi didalam minyak zaitun sekitar 2-3 jam. Lalu kemudian teteskanlah ke telinga. Cara ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada telinga anda.

3.Memanfaatkan bawang putih menjadi minyak untuk telinga

Silahkan langsung saja anda aplikasikan beberapa tetes dari minyak bawang putih kebagian dalam telinga anda menggunakan bantuan dari pipet atau cotton ball. Dan nantinya akan timbul sensasi hangat dan seketika biasanya rasa sakit akan mereka. Untuk penerapan menggunakan catton ball, silahkan anda diamkan didalam telinga sekitar kurang lebih 30 sampai dengan 35 menit lamanya.

4.Memanfaatkan bawang putih dengan garam untuk telinga

Silahkan anda didihkan bawang putih sebanyak 3-5 siung didalam air sekitar kurang lebih 5-7 menit lamanya. Selanjutnya lumatkan bersama dengan garam, dan masukkanlah kedalam kain kasa, dan letakkan dengan posisi berlawanan dari area telinga yang terinfeksi sekitar beberapa menit. Dan ualangi cara ini hingga mereda.

Manfaat & Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Obat Telinga

Hal yang perlu diperhatikan

Dari beberapa cara yang dapat anda lakukan diatas, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yakni

  1. Selalu gunakan bawang putih yang masih dalam kondisi segar. Semua itu dikarenakan kandungan gizi dari bawang putih segar lebih baik dari para yang kering atau yang sudah sebelumnya diremas.
  2. Jangan sampai anda meneteskan cairan apapun, jika anda mencurigai adanya cidera pada area gendang telinga anda. Atau lebih baik silahkan konsultasi kedokter.
  3. Perawatan menggunakan bawang putih ini tidak hanya dilakukan dalam sekali saja, namun harus berkali-kali. Dan tergandung dari infeksi yang anda alami.
  4. Sebelumnya pastikan kondisi telinga anda dalam keadaan yang sudah bersih. Agar tidak terjadi infeksi lainnya.

Jika seandainya cara diatas sudah anda terapkan dengan baik, namun infeksi atau masalah yang anda alami masih saja belum hilang. Silahkan konsultasilah ke dokter. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *