harga kol ungu di supermarket

15 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan, Serta Harga & Cara Memasaknya

Posted on

15 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan – Kol, kobis atau kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang sering diolah dalam bentuk makanan, dimana masakan dari negara Indonesia sering kali memasukan kubis sebagai bahan didalamnya. Namun jenis kubis atau kol yang cukup menarik ialah kol ungu. Sekarang ini kita bisa dengan mudah menemukan kol berwarna ungu ini di pasaran, baik itu di pasar tradisional ataupun supermarket.

Sayuran yang begitu populer dikonsumsi oleh masyarakat kita ini, tak banyak orang mengetahui tentang manfaat yang terkandung didalamnya. Dimana khasiat serta manfaat kol ungu tak kalah baiknya jika dibandingkan jenis kol lainnya. Beberapa jenis nutrisi baik diantaranya, vitamin (A,B,C,E,K), kalium, zat besi, riboflavin, mangan, magnesium, kalsium, folat, dan thiamin.

Baca Juga : 9 Cara Mencegah Stunting Pada Balita Serta Penyebab & Resikonya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kol ungu, harga kol ungu di supermarket, cara masak kubis ungu, serta menjawab pertanyaan ” apa beda kol ungu dan putih ?“. Namun untuk kembang kol ungu, mungkin lain kesempatan bisa kita bahas. Seperti apa saja pembehasannya, silahkan disimak berikut ini. Yuk Lihat !!

Perbedaan kol ungu dan putih

beda kol ungu dan putih

Seperti yang bisa kita ketahui, bahwa perbedaan antara kedua jenis kol yakni kol ungu dan putih yang paling mencolok ialah dari warnanya. Warna ungu yang terdapat pada kol ungu disebabkan oleh adanya senyawa bernama antosianin, yakni salah satu jenis pigmen yang mudah larut didalam air didih. Namun selain itu secara keseluruhan kol putih dan ungu sama.

Namun selain itu, jika ada orang yang bertanya tentang

Apakah perbedan kol dengan kubis ? ”

Maka jawabannya adalah kol dan kubis merupakan tanaman yang sama yakni jenis tanaman dua tahunan memiliki daun berwarna ungu atau hujau, dan biasa dimanfaatkan sebagai tanaman sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Harga kol ungu di supermarket dan pasar tradisional

Kol ungu menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup banyak diburu. Selain bisa membantu dalam memperindah masakan, ternyata kol ungu jika enak untuk dikonsumsi serta memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Namun mengenai harga kol ungu atau harga kubis ungu di supermarket atau di pasar tradisional masih bisa dikatakan wajar alias terjangkau bagi berbagai kalangan.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Secara Alami & Obat Apotik

Biasanya di supermarket kol ungu sering dijual pada rentang harga Rp 16.000 – Rp 20.000 per kg nya. Namun untuk dipasar tradisional tentunya harga yang ditawarkan lebih murah ketimbang supermarket, karena pada pembeli bisa menawar dengan harga yang lebih rendah. Dan itu semua tergantung dari seberapa pandai kamu dalam menawar.

Cara memasak kubis ungu

Cara mengkonsumsi kol ungu atau memasak kubis ungi sangatlah mudah dan sederhana. Kamu bisa mengolahnya mulai dari merebus, mencapurkan kedalam masakan berkuah seperti gulai, sayur lodeh dll, selain itu kamu juga bisa menumisnya dengan sedikit minyak atau bahkan juga bisa dikonsumsi secara langsung atau mentah-mentah menjadi salad.

Namun yang harus kamu ingat adalah, jangan sampai memasak kol atau kubis ungu terlalu lama, karena bisa mengurangi kandungan nutrisi didalamnya. Dan apabila kamu mengolahnya menjadi salad pastikanlah bahwa kol yang kamu olah dalam keadaan yang bersih serta masih segar, agar tidak terkontaminasi dengan kuman-kuman atau bakteri penyebab sakit perut.

Manfaat kol ungu

kol ungu untuk bayi

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Didalam kol ungu terkandung nutrisi baik yakni vitamin C yang menjadi antioksidan alami yang memiliki peranan penting bagi tubuh dalam memperkuat sistem kekebalan. Selain itu vitamin C juga memiliki manfaat lain yaitu menstimulasi aktivitas sel darah putih yang ada di tubuh kita, sehingga nantinya bisa memperkuat sistem imun dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Baca Juga : 23 Cara Mengatasi Rambut Lepek Dan Bau & Mengapa Rambut Cepat Bau ? Padahal Sering Keramas !

Didalam seporsi kol ungu terdapat kandungan vitamin C sebanyak 51 mg, sementara kol hijau/putih hanya sekitar 37 mg vitamin C. Oleh sebab itu dalam meningkatkan kekabalan tubuh kol ungu lebih unggul jika dibandingkan dengan manfaat kol putih dalam hal yang sama.

2. Mencegah kanker

Kol ungu memiliki peranan penting sebagai sayuran pencegah kanker. Semua itu disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya seperti anthocyanin serta indoles. Selain itu sebanyak 36 jenis dari anthocyanin juga memberikan peranan untuk membuat kubis menjadi berwarna ungu. Dan untuk indoles sendiri berperan untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara pada wanita.

3. Membantu dalam penurunan berat badan

Selanjutnya adalah manfaat kol ungu untuk diet. Kol ungu termasuk jenis sayuran yang rendah kalori namun tinggi akan serat. Hal inilah yang membantu kamu untuk kenyang lebih lama. Dan membuat nafsu makanmu menjadi lebih terkendali dibuatnya. Disisi lain, serat yang terdapat didalam kol ungu juga membantu mereka yang sedang mengalami masalah pada pencernaannya. Yakni membantu dalam melancarkan buang air besar bagi para penderita konstipasi ringan.

4. Mencegah arthritis dan peradangan

Seperti yang dilansirkan oleh The Arthritis Foundation, kol ungu sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya bagi para penderita arthritis. Hal ini karena kandungan bernama fitonutrien didalam kol ungu yang membantu untuk menurunkan peradangan kronis yang terjadi. Selain itu senyawa sulforaphane juga berperan dalam membunuh peradangan didalam tubuh.

Baca Juga : 9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Bayi & Apakah Salmon Bahaya Untuk Bayi ?

5. Mengobati maag

Sebagian besar asam amino yang bernama glutamin bisa dengan mudah didapatkan dari kol ungu. Kandungan ini sangat membantu dalam mengatasi peradangan akibat sakit maag. Dengan mengolah kol ungu menjadi jus maka ini bisa menjadi obat rumahan yang ampuh atasi maag kamu.

6. Menurunkan resiko osteoporosis

Sayuran ini juga berisikan beberapa mineral penting seperti vitamin K, kalsium, mangan, serta magnesium. Yang mana semua nutrisi ini sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang kita. Sekaligus membantu dalam menjaga kepadatan mineral tulang. Dengan cara mengkonsumsi kol ungu secara teratur, akan membantu tubuh untuk terhindar dari osteoporosis, resiko arthritis dan masalah gangguan tulang lainnya.

7. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme sendiri merupakan mekanisme yang dimiliki oleh tubuh dalam mengolah kalori menjadi energi. Dan kubis merah atau kol ungu adalah salah satu sayuran yang membantu dalam meningatkan metabolisme dalam tubuh. Sayuran ini begitu kaya akan kandungan vitamin B kompleks yang membantu dalam metabolisme sel tubuh kita.

Baca Juga : 14 Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil Serta Bahayanya !!

8. Makanan otak

Tingginya nutrisi vitamim K dan zat bernam antosianon didalam kol ungu disebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental serta meningkatkan konsentrasi kamu. Selain iut sayuran ini juga membantu dalam mencegah kerusakan saraf, dan menurunkan resiko terkena demensia, dan Alzheimer.

9. Membantu detoksifikasi tubuh

Kandungan vitamin C didalam kol ungu atau kubis ungu membuatnya memiliki manfaat sebagai penghilang racun yang berasal dari radikal bebas dan asam urat. Sehingga tubuh akan semakin terjaga dari masalah kesehatan yang disebabkan oleh radikal bebas dan asam urat.

10. Meringankan sakit kepala

Kompressan yang dibuat dari daun kol ungu akan bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami sakit kepala. Penerapannya sangatlah sederhana, yakni tinggal kamu hancurkan kubis ungu, masukkan kedalam kair, dan kompres di tahu. Selain itu kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus kol ungu dan mengkonsumsinya setiap hari guna meringankan masalah sakit kepala kamu.

Baca Juga : 32 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan, Kecantikan & Kesuburan

11. Pembentukan sel darah merah

Terdapatnya zat besi didalam kol ungu akan membantu dalam pembentukan sel darah merqah, sekaligus membuat aliran oksigen keseluruh tubuh menjadi lancar. Sehingga hal ini menjadi salah satu manfaat kol ungu untuk ibu hamil. Dimana para ibu hamil membutuhkan nutrisi zat besi ini.

12. Nutrisi mata

Selain meningkatkan pembentukan sel darah merah, kol ungu juga mengandung rebovlavin yang membantu dalam mempertajam penglihatan seseorang, mencegah masalah katarak, sehingga sangat baik bagi para lansia.

13. Kesehatan janin

Selanjutnya adalah manfaat kol ungu untuk bayi, sebab asam folat didalamnya akan membantu perkembangan otak bayi semenjak masih janin. Oleh sebab itu para calon ibu disarankan memberikan nutrisi ini kepada bayinya atau dia konsumsi sendiri untuk janin didalam kandungan.

Baca Juga : 32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan & Kecantikan, Serta Cara Makannya

14. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini memang bisa dialami oleh siapa saja, namun bisa diperlambat datangnya penuaan dini ini dengan memanfaatkan kol ungu. Kol ungu dengan kandungan antioksidan yang cukup kaya akan menghambat hal tersebut, karena salah satu penyebab penuaan dini adalah karena radikal bebas yang masuk ke tubuh.

15. Sebagai anti inflamasi

Kol ungu juga mengandung fitonutrien yakni anti peradangan atau disebut juga sebagai anti inflamasi yang membantu untuk mencegah serta mengobati peradangan yang terjadi seperti radang sendi atau rematik secara alami tentunya.

Itu tadi beberapa manfaat kol ungu untuk kesehatan, cara memasak kubis ungu, serta harga kol ungu di supermarket dan tradisonal. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://id.mastodoc*com/why-does-cauliflower-turn-purple-49397
https://www.merdeka*com/sehat/manfaat-kol-ungu-kln/meningkatkan-metabolisme.html
https://www.liputan6*com/health/read/2246294/cari-tahu-5-manfaat-kesehatan-dari-kol-ungu
https://jagad*id/khasiat-manfaat-sayur-kol-ungu-dan-putih-untuk-kesehatan-tubuh-manusia/
http://sharingdisana*com/2013/05/29/khasiat-makan-kubis-ungu-bagi-kulit-dan-pencegahan-kanker/
https://www.khasiatsehat*com/khasiat-dan-manfaat-kubis-ungu/
http://www.wibowo*co/manfaat-kol-ungu-untuk-kesehatan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *