manfaat kubis untuk diet

10 Manfaat Kubis Untuk Kulit, Kesehatan & Rambut

Posted on

10 Manfaat Kubis Untuk Kulit, Kesehatan & Rambut – Kubis atau kol merupakan salah satu jenis dari sayuran yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Selain sangat baik untuk sistem pencernaan, kubis yang memiliki tekstur renyah ini juga kaya akan kandungan beberapa jenis vitamin penting seperti vitamin C, E, B1, B6, dan K. Selain terdapatnya kandungan beberapa vitamin diatas, mineral yang ada didalam sayuran kubis ini juga banyak dan sangat bermanfaat sekali untuk kencatikan. Misalnya saja magnesium, sulfur, yodium, kalsium, dan juga zat besi.

Dengan terdapatnya nutrisi-nutrisi yang sepadat ini, tak heran jika sayuran kol ini memiliki banyak sekali manfaat, dan tentunya juga baragam. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat kubis untuk kecantikan kulit + manfaatnya untuk kesehatan dan rambut. Seperti apa pembahasannya ? Yuklihat.com sudah merangkumnya dibawah ini. Silahkan disimak.

Baca Juga : Perut Kembung di Pagi Hari ? Ini Dia Penyebabnya !! Serta Cara Mengatasinya

Manfaat kubis untuk kulit

manfaat kubis untuk kulit

1. Menghaluskan kulit

Kandungan nutrisi baik yang ada didalam kubis bisa membantu dalam mempercantik dan menyehatkan kulit kamu. Kamu hanya perlu memanfaatkan kubis ini menjadi masker saja, dan mengaplikasikannya di kulit wajah. Silahkan kukus kubis sebanyak beberapa lembar, hingga nantinya melunak. Setelah itu peras dan ambil airnya dengan menggunakan handuk.

Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan kompres ke area wajah dengan menggunakan handuk yang berisi resapan air rebusan kubis tadi. Diamkan semalam semalaman, kemudian di pagi harinya silahkan bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

2. Mencegah jerawat

Sulfur merupakan salah satu jenis bahan yang terkenal ampuh dalam mencegah dan mengatasi permasalahan jerawat. Dan kandungan sulfur ini ternyata juga bisa kamu temukan didalam sayuran kubis. Dan pengolahannya juga sangat mudah, yakni dengan mengolah kubis menjadi masker dan mengaplikasikannya ke wajah. Namun agar manfaatnya lebih maksimal, kamu bisa mencampurkan masker kubis dengan dengan masker-masker jenis lainnya. Seperti maskerl apel, lemon, atau bahkan wortel.

3. Melindungi kulit dari radikal bebas

Radikal bebas memang sangat tidak baik untuk tubuh, termasuk juga untuk kulit. Oleh sebab itu kamu memerlukan antioksidan yang membantu dalam melawannya. Dan kandungan antioksidan ini juga bisa kamu temukan didalam kubis. Selain antioksidan kubis juga mengandung fitokimia, dan kedua sifat ini akan menjaga kesehatan kulit, serta menangkalnya dari radikal bebas.

Baca Juga : 20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

4. Memperbaiki kondisi kulit kering

Manfaat kubis lainnya ialah membantu dalam memperbaiki kondisi kulit kering, yakni semua itu karena kandungan antioksidan juga. Dimana kamu bisa mendapatkan khasiat ini dengan mengkonsumsi jus kubis atau mengaplikasikan jus kubis ini sebagai masker di kulit.

5. Membuat kulit jadi lebih berseri

Potasium yang ada didalam sayuran kubis sangat berperan disini, yakni kandungan ini akan membantu dalam memperbaiki tekstur dan juga mencerahkan kulit kamu. Sementara itu, vitamin E didalam kubis juga membantu dalam memperbarui sel kulit kamu dan kembali merawatnya guna untuk senantiasa selalu lembut.

6. Manjadikan lebih awat muda

Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C, dan juga E yang berada didalam sayuran kubi akan sangat berperan sekali sebagai anti-aging. Dimana sifat ini akan menunda kemunculan garis halus, keruta, dan warna kulit yang tidak merata.

Baca Juga : 10 Gejala Penyakit Jantung Usia Muda + Penyebabnya !!

7. Membantu proses pemulihan kulit

Jenis-jenis masalah kulit seperti ruam merah, eczema, bercak psoriasis, dan juga kulit yang iritasi akibat dari paparan sinar matahari bisa dibantu menyembuhkannya dengan menafaatkan jus kubis. Caranya cukup membuat jus kubis lalu mengkompresnya ke area yang terdapat masalah kulit tersebut.

8. Menjadikan kulit lebih sehat

Dengan cara mengkonsumsi kubis secara teratur akan membantu kamu untuk menjadikan kulit menjadi terhindar dari masalah iritasi, jerawat, dan kekeringan, serta masalah produksi minyak yang berlebihan. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya juga membantu untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

9. Membersihkan kulit dari toksin

Mengkonsumsi jus kubis secara rutin akan membuat ginjal jadi lebih mudah dalam mencuci darah, serta juga membnatu untuk menjernihkan kulit dari dalam.

10. Menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu

Selain bisa mengatasi masalah jerawat, kubis juga bisa berperan dalam menghilangkan bopeng atau noda hitam yang begitu mengganggu penampilan. Kandungan vitamin C dan E yang ada didalam buah kubis juga akan menutrisi kulit kamu untuk mempercepat pembersihan wajah dan menghilangkan noda hitam. Vitamin K yang ada didalamnya juga ampuh untuk meminimalisir pembentukan flek hitam.

Lainnya : Manfaat kubis untuk kesehatan

manfaat kubis untuk kesehatan

Selain kubis memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, ternyata tak sampai disana manfaat kubis. Bagi kesehatanpun kubis juga memiliki banyak khasiat, apa saja itu ? Silahkan dilihat dibawah ini.

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat perlu untuk dicegah saat dini. Kamu bisa memanfaatkan sayur kubis untuk mendapatkan pencegahan dari kanker secara alami. Hal ini dikarenakan kubis memiliki kandungan glukosinolat yang cukup tinggi. Kandungan ini bersifat antikarsinogenik yang bisa menghancurkan radikal bekas didalam tubuh seseorang. Kubis ini juga dapat mencegah munculnya tumor ganas yang sering kali menjadi kanker.

Baca Juga : 15 Makanan Yang Dihindari Saat Malam Hari

2. Meningkatkan kesehatan otak

otak merupakan salah satu jenis organ vital tubuh yang sangat berperan penting. Segala jenis perintah yang ada ditubuh, semuanya bersumber dari otak. Dan oleh sebab itu otak haruslah sehat dan optimal, agar tubuh bisa lebih produktif. Kamu bisa mengkonsumsi kol guna untuk mendapatkan manfaat ini. Hal ini karena kandungan antosianin yodium dan juga vitamin K didalam kubis yang membantu kerja saraf agar memiliki daya pikir dan konsentrasi yang baik. Selain itu, kol juga bagus untuk mencegah penyakit seperti alzheimer, parkinson dan juga demensia.

3. Mengontrol tekanan darah

Setiap orang sangatlah memerlukan tekanan darah yang normal, yaitu tidak tinggi dan juga tidak rendah. Karena kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tekanan darah rendah (hipotensi) sangatlah tidak baik untuk kesehatan, karena kedua jenis tekanan darah ini merupakan penyakit. Namun karena kandungan antosianin didalam kol, akan membantu arteri untuk menjadi lebih lentur sehingga bisa lebih mudah untuk mengontrol tekanan darah.

Baca Juga : 10 Manfaat Tidur Bersama Bayi Bagi Mental & Fisik Untuk Ibu & Anak

4. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantungmu bisa membaik dengan cara selalu mengkonsumsi kubis. Terutama kubis merah, hal ini karena kubis merah kaya akan mendingan anthocyanin. Anthocyanin ini adalah zat utama yang membuat kubis berwarna merah, dan membantu untuk mencegah serangan jantung bagi para perempuan. Seperti yang dilansirkan oleh Medical News Today yang dikutip dari cnnindonesia, komponen ini sangatlah bermanfaat untuk menekan yang namanya inflamasi yang pada akhirnya mengarah pada penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan imunitas dan juga kesehatan pencernaan

Tubuh kita bisa mendpatkan manfaat kubis dari olahan seperti kimchi dan juga sauerkraut. sauerkraut sendiri merupakan olahan asam kubis yang berasal dari Jerman. Dimana hidangan ini terbuat dari potongan kol yang diiris halus, dan kemudian di simpan agak lama, guna untuk melakukan proses fermentasi dengan beragam bakteri laktat seperti Pediococcus, Leuconostoc, dan Lactobacillus.

Sedangkan untuk kimchi sendiri merupakan hidangan yang berasal dari Korea. Yang mana berisikan kubis dengan bumbu pedas yang terdiri dari kecap ikan, udang, bawang putih, bubuk cabai merah, dan juga jahe. Keduanya sama-sama memiliki kandungan probiotik yang sangat baik untuk sistem pencernaan dan juga sistem imun ditubuh kita. Enzim yang diproduksi dari mikroba tersebut selama masa fermentasi akan menjadi mineral dan vitamin yang begitu mudah untuk diserap oleh tubuh.

6. Membantu menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, mungkin mulai sekarang kamu bisa memasukkan kubis kedalam salah satu menu kamu. Hal ini dikarenakan kubis mengandung serat yang begitu tinggi. Dimana dalam secangkir kubis sajam terdapat sebanyak 2 gram serat. Kamu bisa mengolah kubis mebjadi sup kubis. Masukkan kubis kedalam menu harian kamu, yang didampingin dengan menu sayur lain, termasuk juga daging ayam, beras merah dan daging sapi.

Baca Juga : 26 Makanan Penambah Darah Secara Alami

7. Meningkatkan kesehatan penglihatan

Terdapatnya kandungan bernama lutein didalam kubis juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan penglihatan kita. Lutein bersama dengan komponen antioksidan lainnya bisa memberikan proteksi terhadap retina serta lensa mata kamu dari sinar ultraviolet. Selain itu kandungan vitamin C didalam kubis juga membantu dalam mengatasi masalah penglihatan. Pasalnya vitamin C ini sangat berperan dalam regenerasi vitamin E didalam mata.

Lainnya : Manfaat kubis untuk rambut

manfaat kubis untuk rambut

Tak hanya berperan penting untuk kesehatan dan juga kecantikan, ragamnya nutrisi yang terdapat didalam kubis juga berperan dalam kesehatan rambut kita. Apa saja manfaatnya ? Silahkan dibaca dibawah ini.

1. Manjaga rambut agar tetap lembut

Mengkonsumsi kubis mentah atau jus kubis secara terarut bisa bermanfaat sekali untuk rambut yang mengalami kekeringan. Kamu hanya perlu mengkonsumsi jus kubis yang dicampur dengan mentimun secara teratur.

2. Mencegah kerontokan rambut

Manfaat lainnya dari kubis untuk kesehatan rambut ialah untuk mejaga rambut dari kebotakan. Hal ini disebabkan oleh kandungan silikon dan sulfur didalamnya, yang sangat penting untuk kesuburan dari rambut.

Itu tadi beberapa informasi mengenai manfaat kubis untuk kulit, kesehatan dan rambut. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://www.merdeka*com/gaya/manfaat-kubis.html
https://www.merdeka*com/gaya/4-manfaat-mengejutkan-kubis-untuk-kecantikan.html
https://www.idntimes*com/life/women/annisa-fadillah/jarang-diketahui-5-manfaat-besar-masker-berbahan-kubis-untuk-wajah-c1c2/full
https://www.bola*com/ragam/read/4121061/5-manfaat-sayur-kol-mentah-bagi-kesehatan-dan-kecantikan
https://www.cnnindonesia*com/gaya-hidup/20190702141312-262-408293/6-manfaat-kubis-untuk-kesehatan
https://hellosehat*com/hidup-sehat/nutrisi/jenis-manfaat-kubis-kol/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *