manfaat mandi air dingin di malam hari

11 Manfaat Mandi Air Dingin Yang Jarang Diketahui

Posted on

11 Manfaat Mandi Air Dingin Yang Jarang Diketahui – Mandi air dingin di pagi hari memang sudah menjadi rutinitas yang sudah umum dilakukan oleh orang Indonesia. Namun terkadang, ada juga sebagian orang yang malas mandi air dingin di pagi hari karena suhu udara diluar sedang dingin. Seperti yang dilansirkan oleh medicaldaily.com yang dikutip dari grid.id, ternyata mandi air dingin di pagi hari memailiki banyak sekali manfaatnya.

Jadi bagi kamu yang malas untuk mendi di pagi hari karena airnya dingin, mungkin akan berfikir lagi karena manfaatnya ini. Kali ini Yuklihat.com akan merangkumnya untuk kamu, tentang manfaat mandi air dingin untuk tubuh. Apa saja itu ? Silahkan disimak pembahasannya berikut ini.

Baca Juga : Yuklihat, 15 Cara Diet Untuk Usia 40 Tahun

Manfaat Mandi Air Dingin

manfaat mandi air dingin untuk kulit

1. Meningkatkan kadar testosteron

Manfaat pertama mandi air dingin ialah mampu untuk meningkatkan kadar testoteron didalam tubuh. Beberapa studi yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa tubuh pria yang terpapar udara dingin akan mengalami peningkatan jumlah sperma, bentuk serta pergerakannya. Selai itu, penelitian lainnya juga mengungkapkan sebuah hal menarik, yakni seseorang pria yang jarang mandi air hangat akan mendapatkan manfaat peningkatan sperma hingga 5x lipat dari orang yang sering.

Jadi, mandi air dingin akan membuat jumlah sperma per mililiter menjadi melimpah. Namun penelitian ini masih memerlukan penelitian lanjutan, karena terpapar air dingin tidak serta merta memberikan efek peningkatan tersebut. Serta bagi pria yang memiliki gaya hidup buruk seperti merokok atau sering minum alkohol, hingga yang mengalami obesitas kemungkinan bisa memberikan efek sebaliknya bagi sel spermanya.

2. Meningkatakan energi sekaligus menghilangkan rasa sakit

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi air dingin memiliki manfaat yang hampir sama dengan kafein bagi tubuh. Yakni memberikan energi tambahan dengan cepat. Selain itu, mandi air dingin juga dipercaya mampu untuk mengurangi rasa sakit. Paparan dari air dingin akan memberikan efek pembuluh darah mejadi mengerut, yang mana akan membantu untuk mengurangi pembengkakan yang menyebabkan timbulnya rasa sakit.

Baca Juga : 8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trisemester 1 + 5 Makanan Pantangan !!

Air dingin ini juga dapat memperlambat dari kecepatan sinyal saraf ditubuh seseorang dalam melakukan impuls. Dan perlambatan dalam pengiriman sinyak rasa sakit ke otak ini akan menurunkan rasa nyeri secara alami.

3. Meningkatkan metabolisme

Air dingin bisa juga menjadi salah satu cara untuk meningkatakan metabolisme tubuh karena akan memaksa tubuh untuk bekerja dengan lebih keras dalam mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil. Namun durasinya hanya sekitar 5-10 menit saja. Dan seseorang tidak bisa mengandalkan efek peningkatakan metabolisme ini sebagai teknik untuk menurunkan berat badan.

4. Mengatasi lelah

Apa kamu termasuk orang yang kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian yang padat ? Jika iya, maka kamu bisa mencoba untuk mengatasinya dengan cara mandi air dingin. Mandi air dingin dipercaya mampu untuk mengatasi rasa lelah yang kamu alamai. Hal ini karena air dingin bisa meredakan nyeri dan juga inflamasi yang terjadi pada oto. Dengan kemampuan tersebut, maka kamu yang rutin berolahraga atau melakukan aktivitas yang berat, sangat disarankan untuk mandi menggunakan air dingin.

5. Meningkatkan kewaspadaan

Selanjutnya untuk manfaat air dingin yang cukup populer dikalangan masyarakat ialah bisa membuat orang menjadi lebih waspada. Hal ini dikarenakan paparan langsung dari air dingin bisa mendorong seseorang untuk lebih aktif secara fisik. Berdasarkan penelitian meta-analisis, mandi dengan air dingin memiliki banyak sekali efek fisiologis bagi tubuh. Seperti misalnya meningkatkan denyut jantung, tekanan darah tinggi dan juga peningkatan dari lanju pernapasan.

Baca Juga : 10 Manfaat Kubis Untuk Kulit, Kesehatan & Rambut

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang suka mandi air dingin memiliki lebih kecil risiko untuk dia bisa sakit. Walaupun mereka yang sering mandi air dingin lebih cenderung untuk tidak mudah sakit, namun mereka juga tidak melaporkan absen sakit yang lebih sedikit.

Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa dengan mandi air dingin mungkin saja bisa membuat penyakit seseorang menjadi tidak parah, sehingga memungkinkan untuk tetap melanjutkan kegiatan harian. Dan pada akhirnya, terlepas dari seberapa lama waktu mandi air dingin, hal ini tetap saja memicu kerja sistem kekebalan tubuh orang tersebut.

7. Menjaga suasana hati

Mandi air dingin juga bisa mengaktifkan sistem saraf simpatik dan juga meningkatkan ketersediaan dari neurotransmiter seperti misalnya endorfin dan juga norepinefrin. Dan hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih kecil kemungkinan untuk mengalami gejala depresi setelah mandi dengan air dingin. Akan tetapi, sangat penting untuk dicatat bahwa seseorang tidak boleh mengganti pengobatan depresi yang sudah ditentukan dengan mendi menggunakan air dingin.

8. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan dari rambut dan kulit ialah dengan mandi air dingin. Mandi dengan air dingin dipercaya bisa mengencangkan kutikula dari kulit dan rambut melalui pengerutan pembuluh darah sementara, dan hal ini terjadi selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu.

Baca Juga : Perut Kembung di Pagi Hari ? Ini Dia Penyebabnya !! Serta Cara Mengatasinya

Disaat kutikula dan juga pori kulit mengencang, maka hal ini bisa mencegah kotoran dan juga elemen berbahaya lainnya untuk menyumbat pori-pori di kulit serta kulit kepalamu. Selain itu, manfaat lainnya dari mandi air dingin ialah membantu membuat rambut menjadi tampak lebih kuat, bersinar, dan juga meningkatkan kemampuan menggenggam kulit kepala.

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Disaat seseorang mandi air dingin, maka ekspresi yang sering keluar ialah kaget. Dari kaget ini, bisa memicu jantung untuk bekerja lebih efisien dalam memompa darah keseluruh tubuh. Sirkulasi darah yang menjadi lebih lancar setelah mandi air dingin ini bisa menurunkan tekanan darah, membantu dalam membilas plak yang menumpuk di bagian pembuluh darah, selain itu juga mendorong kerja dari sistem imun tubuh untuk menjadi lebih baik. Dampak lanjutannya ialah bisa menurunkan secara drastis kadar dari asam urat selama terpapar air dingin.

10. Membantu melawan infeksi

Mandi air dingin juga bisa membuat rangsangan terhadap sel darah putih (leukosit) didalam aliran darah. Leukosit sendiri memiliki fungsi untuk melawan infeksi yang ada didalam tubuh manusia. Sehingga bisa mengurangi resiko dari flu dan juga pilek.

11. Mengurangi berat badan

Bukan berarti dengan cara selalu mandi air dingin, maka berat badan kamu akan secara ajaib langsung turun. Namun yang dimaksud disini ialah mandi air dingin bisa membantu tubuh dalam proses menurunkan berat badan. Seperti yang dilansirkan oleh Medicaldaily.com, bahwa tubuh kita memiliki sebanyak dua buah jaringan lemak, yakni lemak coklat dan lemak putih.

Baca Juga : 20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

Dimana lemak putih ini merupakan lemak yang kita dapat dengan cara konsumsi berlebihan. Dan lemak coklat sendiri merupakan lemak baik yang berguna untuk menciptakan panas didalam tubuh. Oleh sebab itu, lemak coklat inilah yang akan aktif diasaat tubuh berada dalam kondisi kedinginan. Jadi disaat seseorang mandi air dingin dipagi hari, bisa memicu aktifitas dari lemak coklat, yang mana akan memberikan dampak pada energi panas didalam tubuh.

Itu tadi beberapa manfaat mandi air dingin yang bisa kamu dapatkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://doktersehat*com/manfaat-mandi-dengan-air-dingin/
https://www.grid*id/read/04952095/7-manfaat-mandi-air-dingin-di-pagi-hari-dari-memberikan-energi-hingga-menurunkan-berat-badan?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *