manfaat quaker oatmeal untuk bayi

Manfaat Quaker Oat Untuk Bayi Dan Resepnya Sebagai MPASI

Posted on

Yuklihat.com – MPASI memang biasanya dijadikan pilihan oleh kebanyakan ibu disaat bayinya sudah berusia lebih dari 6 bulan. Disaat usia yang seperti ini mereka sudah bisa untuk diberikan MPASI yakni makanan pendamping asi. Fungsi dari MPASI sendiri ialah agar membantu memenuhi kebutuhan gizi dari sikecil agar dapat terus kompleks. Semua itu tentu saja akan memiliki peran penting didalam menjaga serta mempertahankan proses dari pertumbuhan dan perkembangan dari tubuh bayi.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Ibuprofen Untuk Haid Serta Efek Sampingnya

Salah satu makanan yang cocok untuk dijadikan MPASI bagi bayi ialah oatmeal. Oatmeal ini dapat diolah untuk bayi dalam bentuk bubur, sehingga dapat dengan mudah untuk dikonsumsi oleh bayi. Selain itu, pertimbangan untuk memberikan oatmeal ini kepada si bayi ialah karena dasar khasiat dan manfaat yang terdapat didalam oatmeal tersebut, dimana sangat dibutuhkan oleh bayi. Dan kali ini kita akan membahas tentang manfaat quaker oat untuk bayi. Dimana menjadi salah satu merk oatmeal yang cukup populer dan banyak dicari-cari.

Baca Juga : Efek Samping Kesehatan & Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat Serta Pencegahannya

Walaupun pada iklannya sendiri oatmel quaker oat ini ada juga orang dewasa yang mengkonsumsinya. Akan tetapi pada dasarnya manfaat quaker oat untuk bayi juga terdapat didalam oatmeal ini. Apa sajahkah manfaat yang bisa kita dapatkan dari oatmeal merk ini untuk bayi ? Dan bagaimanakah resep pengolahannya ? Berikut adalah manfaat quaker oat untuk bayi, berserta cara pengolahannya, Silahkan disimak.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Serta Varian Olahannya

Manfaat quaker oat untuk bayi

manfaat quaker oat untuk balita

1. Manfaat quaker oat untuk bayi karena membantu untuk meningkatkan fungsi otak

Mengkonsumsi oat secara rutin untuk bayi, ternyata dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan fungsi otak dari si buah hati. Dimana semua ini dinyatakan dari sebuah penelitian yang mengatakan bahwa 20 persen fungsi otak dapat meningkat disaat mengkonsumsi oatmeal. Dan semua itu diuji dengan cara disuruh mengerjakan tugas-tugas yang memerlukan daya fokus dan juga daya ingat yang tinggi. Diduga ini semua terjadi karena oatmeal mampu memberikan sumber energi yang lebih pada otak, dibanding jenis sumber energi lainnya pada makanan.

Dengan ini semua, diharapkan bayi yang mengkonsumsi oat secara rutin dan teratu, bisa membuat bayi tersebut untuk tumbuh dan menjadi seorang anak yang cerdas serta kritis didalam berfikir. Dengan kandungan nutrisi baik didalam oatmeal ini akan membuat sibayi tercukupi semua kebutuhannya, dan membuat perkembangan fungsi otaknya semakin membaik.

2. Manfaat quaker oat untuk bayi karena membantu untuk pertumbuahan tulang

Didalam oatmeal quaker oat, terkandungan berbagai macam jenis mineral yang begitu tinggi. Seperti misalnya kandungan mineral kalsium. Dimana kalsium sendiri ialah salah satu jenis mineral yang sangat bermanfat untuk pertumbuhan tulang pada manusia termasuk bayi. Didalam masa pertumbuhannya, bayi akan dengan cepat untuk tumbuh tulangnya dan dimasa inilah pertumbuhan tulang paling baik. Oleh sebab itu dengan memberikan oatmeal maka bisa memberikan suplai yang tinggi untuk nutrisi didalam bayi, duna untuk membantu pertumbuhan tulangnya dengan baik.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Labu Kuning Untuk Diabetes

3. Manfaat quaker oat untuk bayi karena membantu untuk pertumbuhan gigi

Disaat bayi, menjadi masa untuk awal dari pertumbuhan semuanya termasuk gigi. Hampir mirip dengan tulang, bahwa manfaat jenis mineral kalsium sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dari gigi pada bayi. Pada umumnya secara perlahan=lahan gigi pada bayi akan tumbuh, mulai dari bagian depan, hingga sampai kebelakang atau bagian gigi geraham. Dan sampai pada usia remaja atau beranjak dewasa, dimana pada saat ini seseorang akan tumbuh gigi molar 3, yaitu geraham sebagai urutan yang terakhir.

4. Manfaat quaker oat untuk bayi karena meningkatkan sistem imun

Manfaat lainnya dari oatmeal quaker oat ialah bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun pada bayi. Semua ini sudah dijelaskan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Italia, dimana dia mengatakan didalam berbagai jenis oat terkandungn nutrisi beta glukan, yang mana mampu untuk memberikan peningkatakan terhadap sistem kekebalan bayi dari berbagai serangan mikroorganisme. Dan penelitian ini sudah diterbitkan didalam sebuah artikel kesehatan di tahun 2009 yang lalu.

Dengan selalu menjaga daya tahan tubuh bayi. Maka sibayi akan dapat terhindar dari berbagai macam infeksi yang menyebabkan penyakit. Seperti dari mikroorganisme (virus, jamur, bakteri, parasit). Semua ini tentu saja sangat diperlukan mengingat daya tahan bayi masihlah belum sempurna jika dibandingkan orang dewasa. Oleh sebab itu, mengkonsumsi MPASI oatmeal seperti quaker oat sangatlah membantu bayi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

5. Manfaat quaker oat untuk bayi karena sumber antioksidan

Oatmeal sendiri merupakan salah satu jenis MPASI yang bisa memberikan energi tambahan untuk bayi, dan mampu untuk menjadi penangkal berbagai macam radikal bebas yang menyerang. Efek dari radikal ini akan memberikan gangguan terhadap beberapa sistem fungsi dari tubuh, sehingga bisa menyebabkan muncul berbagai macam penyakit.

Dengan menangkal radikal bebas tersebut, tubuh akan lebih kuat untuk bertahan dari serangan penyakit, dimana radikal bebas ini bisa ditanggal dengan zat antioksidan. Dimana salah satu sumbernya untuk bayi adalah dari oatmeal quaker oat.

6. Manfaat quaker oat untuk bayi karena bermanfaat untuk melindungi jantung dan pembuluh darah

Di masa bayi ini, merupakan masa dimana organ-organ didalam tubuh manusia belum dapat berfungsi secara maksimal. Dan tentu saja menjaga kesehatan tubuh serta organ ini semenjak bayi adalah hal yang wajib. Salah satunya ialah dari organ jantung. Didalam oatmeal terkandung nutrisi yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari jantung. Selain itu oatmeal sendiri juga memiliki zat yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Dimana zatnya sendiri bernama avenanthramides. Dimana zat ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah serta jantung bayi. Nantinya zat ini akan memproduksi melekul tertentu dan dapat mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah arteri. Hal seperti ini tentu saja dapat berdampak baik untuk kesehatan jantung, dan mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dari kedua organ penting ini.

7. Manfaat quaker oat untuk bayi karena melancarkan pencernaan

Selain dikarenakan kandungan dan juga nutrisi baik didalam oatmeal, yang membuat MPASI ini sering diberikan untuk bayi. Ternyata oatmeal juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi. Semua itu karena oatmeal ini sangat mudah untuk dicerna disaluran pencernaan bayi yang belum maksimal. Selain itu, oatmeal juga kaya akan serat, yang mana akan membantu untuk selalu menjaga saluran pencernaan dari bayi dan membuatnya untuk bisa selalu bekerja dengan semestinya. Sehingga masalah-masalah pencernaan tidak terjadi pada bayi.

8. Manfaat quaker oat untuk bayi karena mencegah terjadinya anemia

Walaupun anemia pada bayi cukup sedikit terjadi, akan tetapi hal ini bisa saja diderita bayi dimanapun. Mengkonsumsi oatmeal bisa membantu bayi untuk mencegah terjadinya masalah ini. Semua itu dikarenakan kandungan zat besi dan juga asam folat yang terdapat didalam oat ini cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik didalam menjaga dan mempertahankanjumlah dari sel darah merah yang terdapat didalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya anemia pada seorang bayi.

9. Manfaat quaker oat untuk bayi karena bisa mengurangi terjadinya asma

Bayi yang memiliki riwayat atau garis keturunan dari orangtuanya yang mengalami asma atau alergi memang sangat patut untuk diwaspadai. Karena penyebaran dari kedua orangtua mereka bisa saja sampai kepada bayi atau anak tersebut. Terjadinya perubahan pada suasana lingkungan dan juga paparan tertentu bisa menyebabkan asma atau alergi pada bayi menjadi kambuh.

Namun dengan bantuan dari nutrisi yang terdapat didalam oatmeal maka, masalah penyakit keturunan ini bisa diminimalisir resiko terjadi pada bayi. Selain itu, oatmeal yang mampu untuk meningkatkan sistem imun tubuh jugaakan mengurangi terjadinya serangan penyakit ini.

Setelah sebelumnya kita sudah melihat tentang “Manfaat quaker oat untuk bayi”. Maka pada pembahasan berikut ini kita akan melhat tentang “Resep quaker oat untuk bayi” Silahkan disimak dan diterapkan.

Resep quaker oat untuk bayi

manfaat quaker oat untuk anak

Manfaat quaker oat untuk bayi sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, dan pada bagian ini kita akan melihat beberapa resep olahan oatmeal quaket oat yang disukai oleh bayi, dan tentunya memiliki nutrisi yang baik untuk sikecil. Silahkan dilihat, semoga bermanfaat

1. Resep quaker oat untuk bayi (Quaker Oat campur Bakso)

Bahan-bahannya :

  • Margarin 25 gr
  • Bawang bombay 1/2 bh
  • Seledri 2 helai
  • Batang bawang prei 2 batang
  • Tulang ayam secukupnya
  • Air panas 1 liter
  • Merica 1/2 sendok teh
  • Quaker quick Cooking Oatmeal 125 gr
  • Bakso secukupnya

Cara pembuatannya:

  • Panaskan margarin didalam wajan.
  • Selanjutnya tumislah bawang bombay, bawang prei, seledri dan juga tulang ayam.
  • Lalu masukkan satu liter air yang sudah siapkan tadi.
  • Tunggu hingga mendidih.
  • Setelah itu masukkan merica.
  • Setelah cukup lama sesudah mendidih tadi, saringlah rebusan tadi sebagai kandulnya.
  • Selanjutnya silahkan aduk Quaker quick Cooking Oatmeal didalam air kaldu panas yang sudah kita masak sebelumnya.
  • Tambahkan baksi yang sudah dipotong kecil-kecil.
  • Angkat dan hidangkan.

2. Resep quaker oat untuk bayi (Quaker Oat Buah)

Bahan-bahannya :

  • Air 200 ml
  • Quaker quick Cooking Oatmeal 25 gr
  • Kurma diiris kecil 50 gr
  • Jeruk mandarin kaleng 100 gr
  • Bubuk kayu manis 1/2 sendok teh
  • Susu 50 ml

Cara pembuatannya:

  • Silahkan rebuslah air bersamaan dengan Quaker quick Cooking Oatmeal hingga mengental.
  • Setelah itu masukkan kurma dan juga jeruk mandarin kaleng.
  • Berikutnya tambahkan bubuk kayu manis
  • Selanjutnya angkat dan simpanlah didalam mangkok.
  • Sementara itu panaskanlah susu.
  • Lalu tuangkanlah ke dalam bubur buah qyaker.
  • Hidangkan untuk si kecil.

Anda juga bisa menciptakan resep lainnya dengan mencairkan quaker dengan ASI anda.

Itulah tadi “Manfaat quaker oat untuk bayi” dan juga beberapa “Resep quaker oat untuk bayi” yang bisa anda buat sendiri untuk si kecil. Semoga informasi ini menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *