Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

11 Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Posted on

11 Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Diabetes – Diabetes merupakan sebuah penyakit kronis yang mana ditandai dengan tingginya kadar gula darah akibat dari resistensi insulin di tubuh si penderita. Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, namun dengan perubahan pola makan akan sangat membantu sekali dalam mengendalikan gejala dari diabetes itu sendiri. Selain dituntut untuk selalu cermat dalam memilih makanan dan minuman yang aman gunuk gula darah, pengidap penyakit ini juga harus berusaha dalam menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Dan seperti apakah makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes tersebut ? Kali ini Yuklihat.com akan merangkumnya, silahkan disimak.

Makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes

Tidak semua makanan yang umum dikonsumsi pada kehidupan sehari-hari akan langsung dengan cepat memberikan peningkatan terhadap kadar gula darah seseorang. Karena kelompok makanan yang harusnya dihindari oleh penderita penyakit ini ialah makanan dengan jenis tinggi akan kalori dari gula sederhana dan juga karbohidrat. Dan kebanyakan dari makanan yang mengandung kalori dan juga karbohidrat juga dapat memiliki kadar yang bervariasi. Akan tetapi para penderita diabetes sangatlah ditekankan untuk bisa menghindari segala bentuk produk pangan yang tinggi akan kandungan kedua bahan ini, yakni gula dan kalori.

Makanan yang seperti ini sering dikelompokan kedalam jenis makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Dimana sejatinya asupan gula sederhana dari makanan ini sangat mudah untuk diolah oleh tubuh dalam menjadi glukosa sehingga akan sangat cepat menaikkan kadar gula darah seseorang. Berikut adalah beberapa daftar yang menjadi pantangan tersebut.

Baca Juga : 12 Manfaat Bermain Game Untuk Kesehatan

1. Nasi putih dan makanan yang berbahan dasar dari tepung terigu

Pasta, roti dan juga nasi putih menjadi jenis sumber utama dari karbohidrat sederhana. Jika dibandingkan dengan karbohidrat jenis lain, maka karbohidrat sederhanalah yang paling cepat untuk diserap oleh tubuh dan diolah menjadi gula. Oleh sebab itu tepung terigu, roti putih dan juga nasi putih menjadi pantangan makanan yang palung umum untuk para penderita diabates seperti dilansirkan oleh laman American Diabetes Association yang dikutip dari hellosehat.com.

Ditambah lagi akumulasi dari karbohidrat sederhana juga dapat bersumber dari makanan lainnya. Walaupun makanan ini menjadi pantangan untuk para penderita diabetes, bukan berarti pasta tepung terigu dan juga nasi putih tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Kamu masih bisa mengkonsumsinya, namun harus dalam porsi yang lebih sedikit. Guna mengurangi konsumsi terhadap makanan ini, kamu bisa menggantinya dengan makanan yang lebih kaya serat dan juga protein.

Dengan mengganti nasi, bisa menjadi cara aman untuk mengurangi rasa lapar, dan sekaligus memberikan menstabilkan gula darah kamu. Supaya kadar gula darah tidak naik dengan drastis, kamu bisa menggunakan nasi putih yang dicampur dengan nasi merah, ubi jalar atau jagung. Kamu juga bisa mengganti roti putih dan juga pasta tepung dengan pasta gandum dan juga roti gandum yang tentunya kebih sehat.

2. Minuman manis

Tidak hanya dari makanan, penderita diabetes juga harus mematuhi aturan untuk tidak semabarangan mengkonsumsi minuman. Jeni minuman yang menjadi pantangan disini ialah segala jenis minuman yang sifatnya manis atau yang ditambah dengan gula, baik itu minuman alami ataupun yang buatan. Beberapa contoh minuman seperti itu ialah, sirup, minuman bersoda, hingga kopi kemasan yang siap minum, hingga minuman yang kesannya, lebih sehat sekalipun, seperti misalnya jus kemasan dan susu kemasan.

Minuman yang seperti ini pada umumnya dibuat oleh pabrik menggunakan banyak pemanis buatan atau gula yang bisa memberikan peningkatan terhadap citrarasa sekaligus memperpanjang umur dari minuman. Mengkonsumsi minuman yang memiliki asupan gula berlebihan ini akan dengan mudah menaikan gula darah kamu. Dan efek ini akan sangat terlihat dengan mudah bagi para penderita diabetes yang kadar gulanya sangat rentan naik. Guna untuk mengetahui seberapa banyak kandungan gula didalma minuman ini, kamu bisa melihatnya dari komposisi atau informasi nilai gizi produk yang ada di kemasannya.

Kamu juga harus berhati-hati dengan kemasan minuman yang tidak memberikan tulisan “gula” didalam labelnya, karena ini bukan berarti minuman tersebut terhindar dari kandungan gula sama sekali. Biasanya nama lain dari gula akan dengan mudah mengcohmu. Diantaranya, sirup jagung tinggi fruktosa, sukrosa, sirup maple, sirup agave, glukosa, dekstrosa, sirup malt, galaktoa, dan maltose.

3. Makanan kaya lemak trans

Pantangan selanjutnya untuk para penderita diabetes ialah, makan dengan kandungan lemak trans. Beberapa jenis makanan yang kaya akan lemak trans menjadi pantangan utama dari penderita diabetes diantaranya, kentang goreng, keripik kentang kemasa, dan juga gorengan. Kombinasi minyak goreng dengan karbohidrat yang tinggi dari kentang inilah yang menjadi faktor utama yang meningkatkan kadar gula darah sehingga sangat di pantangkan untuk penderita diabetes.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Kulit Kering Megelupas Pada Bayi Secara Alami

Walaupun tidak secara langsung menaikkan kadar dari gula darah seseorang, akan tetapi lemak trans ini akan memicu resistensi insulin dan juga sindrom metabolik. Lemak trans ini juga memberikan peningkatan terhadap resiko dari kerusakan pembuluh darah kamu, sekaligus mengurangi kadar dari kolesterol baik atau HDL. Dengan selalu mematuhi pantangan dari makanan yang tinggi akan kandungan leman trans ini juga bisa membantu untuk mencegah kerusakan dari pembuluh darah akibat dari penyakit diabetes. Terutama bagi para penderita diabetes yang memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskuler.

4. Buah kering

Buah memang menjad cemilan yang sehat bagi penderita diabetes. Namun jika seandainya buah yang dimaksud adalah buah kering, maka yang didapat justru sebaliknya, yakni menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Buah kering ini diproses sedemikian rupa guna untuk menghilangkan sebagian besar dari kadar air yang terdapat didalam buah, sehingga yang tersisa dari buah tersebut hanyalah kandungan gula alaminya saja.

Dari proses pengeringan inila sebagian besar dari kandungan gizi serta vitamin yang terdapat didalam buah akan ikut menguap. Selain itu produsen biasanya juga lebih cenderung untuk menambahkan bahan-bahan yang semakin memperburuk, yakni gula tambahan, guna untuk memperbagus proses pengawetan dan menambah cita rasanya. Dan hasilnya, buah-buahan kering ini justru berpotensi untuk meningkatkan kadar gula darah.

Kandungan gula yang tinggi ini juga menjadi alasan utama kenapa buah kering menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Memang kebanyakan buah segar itu memiliki kandungan gula. Namun jika dibandingkan dengan buah kering, gula yang terdapat didalam buah-buahan segar jauh lebih sedikit dan lebih sehat untuk diabetesi.

5. Sirup agave, sirup maple, madu

Mungkin sebagian dari kamu menganggap bahwa madu, sirup maple, dan juga sirup agace merupakan pemanis alami yang baik untuk penderita diabetes. Dan faktanya, bahan-bahan ini sering kali digunakan untuk pengganti gula pasir. Ketiga bahan ini sebenarnya menjadi pantangan bagi penderita diabetes, karena sama-sama memiliki kadar gula yang tinggi, bahkan todal dari karbohidratnya sendiri, lebih tinggi dari pemanis altenatif.

Contohnya saja, satu sendok makan gula pasir memiliki sebanyak 12,6 gr glukosa, sedangkan di madu sebesar 17 gr. Lalu untuk sirup agave sebesar 16 gr, dan sirup marple diangka 13 gr. Oleh sebab itu ketimbang mengganti gula pasir dengan pemanis-pemanis ini, lebih baik kamu mengurangi pengkonsumsian makanan bergula.

6. Kopi dengan topping

Lidah kamu mungkin sudah begitu familiar dengan yang namanya racikan kopi-kopi yang biasanya terdapat di kedai-kedai kopi Akan tetapi topping tambahan seperti misalnya krimer, sirup, karamel susu atau whipped cream ternyata juga menjadi biang dalam peningkatan gula darah kamu. Begitu juga dengan kopi yang kamu racik sendiri dirumah dengan menggunakan krimer atau gula pasir.

Baca Juga : 7 Makanan Berserat Untuk Bayi Yang Perlu Diberikan Dalam MPASI

Oleh sebab itu, tah heran jika kopi-kopi kekinian sekaran ini juga ditetapkan sebagai salah satu makanan pantangan bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena adanya tambahan gula. Jika seandainya kamu mengalakinya dengan cara menggantinya menjadi kopi hitam atau espresso tanpa adanya tambahan pemanis apapun, maka itu lebih baik. Namun yang harus diperhatikan juga ialah, seberapa banyak kamu mengkonsumsinya. Kafein yang terdapat didalam kopi juga dapat memberikan pengaruh terhadap kadar gula darah.

7. Saus sambal botol dan tomat

Makan gorenang memang sangat nikmat sekali jika dicocok ke saus sambal atau saus tomat. Akan tetapi taukah kamu bahwa kedua jenis dari saus ini menjadi salah satu pantangan untuk penderita diabetes. Ternyata didalam 2 sendok saus tomat tersebut terdapat sebanyak 16 gram gula. Jika hal ini dikombinasikan dengan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, misalnya saja nasi atau bahkan kentang goreng maka total kandungan gula yang kamu konsumsi bisa jadi lebih tinggi.

Jika kamu memang harus membeli saus botol, maka kembali lagi, silahkan periksalah terlebih dahulu bahan yang terdapat didalam kemasan dari saus tersebut. Dan bagi kamu yang menderita penyakit diabetes bisa mengakalinya dengan cara membuat saus sendiri dirumah. Dengan cara ini maka pilihan bahan yang kamu gunakan dalam pembuatan akan bisa diseleksi dengan ketat, serta bisa masuk dalam porsi yang sesuai.

8. Saus salad (dessing)

Semangkok sayuran segar memang bukan menjadi pantangan bagi penderita penyakit diabetes. Akan tetapi semua itu akan lain cerita jika kamu menyiramnya dengan saus dressing botolan. Prinsipnya hampir sama dengan saus sambal dan saus tomat botolan. Saus dressing ini tak hanya memiliki kandungan gula yang cukup banyak, namun juga tinggi akan garam serta lemak. Agar salad yang kamu konsumsi tak menjadi pantangan lagi, maka kamu bisa gunakan minyak zaitun dan juga minyak kelapa asli untuk dressing.

Baca Juga : 20+1 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot Usai Olahraga

9. Yoghurt rasa buah

Yoghurt memang memiliki rasa yang disukai oleh banyakan orang. Namun dibalik itu ternyata yoghurt rasa buah terbuat dari susu yang rendah lemak dan juga sarat akan kandungan gula dan karbohidrat. Oleh sebab itu jenis makanan ini dimasukkan kedalam salah satu makanan pantangan untuk penderita diabetes. Secangkir yoghurt rasa buah saja terdapat sebanyak 47 gram gula. Yang mana didalamnya hampir sekitar 81% dari kalori yang berasal dari gula.

10. Sereal manis

Sereal merupakan salah satu jenis makanan yang juga tergolong pantangan bagi si penderita diabetes. Hal ini karena didalam sereal terdapat kandungan karbohidrat yang lebih banyak dari pada yang lain. Selain itu karbohidrat juga hampir tidak memiliki kandungan protein didalamnya. Dimana protein ini sediri menjadi salah satu nutrisi yang betanggung jawab dalam menjaga kadar gula darah agar tetap dalam keadaan stabil.

11. Makanan ringan dalam kemasan

Makan ringan yang terdapat didalam kemasan bukanlah menjadi pilihan yangg baik. Hal ini karena makanan ini terbuat dari tepung olahan yang hanya memberikan sedikit nutrisi. Selain itu didalam makanan ini juga terdapat banyak karbohidrat yang bisa memberikan peningkatan terhadap kadar gula darah seseorang.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Muka Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Jenis, Cara mencegahnya)

Pantangan makanan penderita diabetes, tak hanya makanan manis

Perhatikan Apa Saja Pantangan Diabetes

Selama ini sering kali dianggap bahwa makanan manis merupakan satu-satunya pantangan bagi pendertita diabetes, dan ternyata semua itu tidak sepenuhnya benar. Orang yang menderita diabetes pada umumnya masih tetap harus mengontrol makanan dan juga minuman manis atau yang mengandung gula lainnya. Hanya saja, mereka juga harus tetap memilih jenis makanan dengan porsi dan takaran yang tepat, agar tidak berlebihan.

Jika kamu masih kawatir tentang makanan yang menjadi pantangan masuk kedalam menu diet diabetes mu, maka konsultasikanlah ke dokter ahli gizi. Dan selalu ingatlah tentang prinsip pantangan untuk penderita diabetes tak hanya mengenai makanannya saja, namun juga dari cara pengolahan dan penyajiannya.

Sekian informasi mengenai makanan pantangan bagi penderita diabetes yang wajib dihindari. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://hellosehat*com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/pantangan-makanan-untuk-penderita-diabetes/
https://wow.tribunnews*com/2018/08/27/10-makanan-yang-perlu-dihindari-oleh-penderita-diabetes?page=all
https://www.tokopedia*com/blog/pantangan-makanan-diabetes-hlt/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *